Curug Leuwi Hejo

2 min read

Wisata Curug Leuwi Hejo Bogor

Bogor terkenal sebagai kota yang memiliki beragam destinasi wisata, baik berupa wisata alam maupun wisata buatan. Karena hal itulah kota Bogor mendapat julukan sebagai kota wisata. Salah satu wisata alam Bogor yang memiliki daya tarik tersendiri adalah Curug Leuwi Hejo. Dengan keindahan pemandangan alam yang dimiliki curug ini, rasanya tak berlebihan apabila sebagian orang menyebutnya sebagai “Green Canyon” Bogor.

Kota Bogor merupakan kota penyangga kegiatan perekonomian kota Jakarta, karena memang letaknya yang tidak terlalu jauh. Hal itulah yang menjadikan Bogor sebagai destinasi wisata apabila akhir pekan bagi sebagian besar warga Jakarta. Jadi jangan heran apabila weekend sudah tiba, maka kota Bogor akan sangat ramai dengan kendaraan yang mayoritas berasal dari Jakarta dengan plat B.

"Wisata

Curug Leuwi Hejo berada di daerah sekitaran Sentul. Lokasinya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Bogor. Memang sebagai salah satu kota metropolitan, pemandangan alam seperti sawah akan sulit dijumpai ketika perjalanan menuju Curug ini. Namun Anda dapat menikmati keindahan panorama gunung yang menjadi simbol kota Bogor, yaitu gunung Pangrango dan gunung Gede.

Beberapa Informasi Seputar Curug Leuwi Hejo

Sejarah Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan bagian dari aliran sungai Cileungsi. Leuwi Hejo memiliki arti sebagai kolam yang berwarna hijau, lebih tepatnya hijau toska. Warna hijau dari kolam pemandian ini adalah karena pantulan dari sinar matahari. Selain itu Curug ini juga sering disebut dengan curug Bengkok, karena air terjun mengalir melewati bebatuan sehingga terlihat tidak lurus alias bengkok.

Kolam pemandian Leuwi Hejo memiliki air yang jernih dan dingin. Saking jernihnya, kita bisa melihat dasarnya yang berupa bebatuan dan juga berupa tanah. Anda harus memiliki kondisi fisik yang bagus saat berenang ditempat ini, karena tak jarang pengunjung yang berenang menggigil karena kedinginan.

Rute Perjalanan dari Jakarta Menuju Curug Leuwi Hejo

Bagi Anda yang berdomisili dari sekitaran Jakarta, Depok, Tangerang atau Bekasi dapat melalui tol Jagorawi kemudian keluar di pintu tol Sentul City menuju arah Jungle Land atau Giant. Setelah bertemu Polsek Babakan Madang, Anda bisa lurus terus kearah Gunung Pancar. Lokasinya berada di kanan jalan, Anda akan mendapati plang yang bertuliskan Selamat Datang di Obyek Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong.

Panorama Air Terjun Leuwi Hejo
Panorama Air Terjun Leuwi Hejo

Disarankan untuk menggunakan sepeda motor, karena ada beberapa jalan yang sempit. Selain itu lokasi parkir mobil juga cukup jauh, sehingga pengunjung harus melanjutkan dengan jalan kaki menuju Curug Leuwi Hejo. Untuk angkutan umum juga belum cukup direkomendasikan. Kebanyakan transportasi umum tidak akan sampai di area yang terdapat Plang selamat datang karena sepinya penumpang.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Alam Curug Leuwi Hejo

Untuk harga tiket relatif murah, Anda akan dikenakan Rp. 15.000 per orang untuk memasuki kawasan wisata air terjun Leuwi Hejo. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor biaya parkirnya Rp. 8.000, sedangkan untuk mobil biaya parkirnya sebesar Rp. 10.000. Harga tiket masuk serta biaya parkir bisa saja berubah ketika musim liburan tiba, karena pengunjungnya akan semakin ramai.

Fasilitas Yang Ada di Curug Lewui Hejo

Tidak hanya memberikan pemandangan alam yang mempesona. Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas penunjang bagi pengunjung agar merasa nyaman dan betah. Selain area parkir yang luas, berikut ini beberapa fasilitas penunjang yang tersedia.

  1. Toilet
  2. Gazebo
  3. Warung Makan
  4. Mushola

Menikmati Pesona Curug Leuwi Hejo

Dari area parkir, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Medan yang dilalui berupa jalan tanah yang menanjak. Anda akan ditemani dengan suara gemuruh air, udara yang sejuk serta rindangnya pepohonan sekitar yang membuat perjalanan tidak terasa berat. Suasana yang asri, udara yang segar bebas dari polusi serta sejuknya air menjadi obat paling mujarab untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari – hari.

"Berenang

Banyak orang menyebut Curug Leuwi Hejo sebagai Little Green Canyon. Karena memang secara kasat mata mirip dengan Green Canyon yang ada di Sukabumi, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Disarankan untuk berlibur ke objek wisata ini ketika musim kemarau, sehingga aksesnya lebih mudah karena kondisi jalanan yang kering.

Penginapan Sekitar Air Terjun Leuwi Hejo

Bagi Anda yang ingin menikmati lebih lama kesegaran dan keindahan curug ini, terdapat hotel maupun homestay di sekitaran air terjun Leuwi Hejo. Harga yang ditawarkan sangat beragam, mulai sekitar 300 ribu hingga 1 juta rupiah untuk satu malam. Fasilitas yang didapatkan kurang lebih sama seperti penginapan pada umumnya. Antara lain kolam renang, sarapan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pesona Wisata Coban Rais Batu Malang

Itulah informasi terkait objek wisata alam Curug Leuwi Hejo Bogor. Destinasi wisata yang cocok bagi Anda untuk menghilangkan penat ataupun stress akibat rutinitas. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuah sampah pada tempatnya.

Pantai Mengiat Nusa Dua

wisataExpo
3 min read

Paralayang Puncak

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Surabaya

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *