Daftar Paket Wisata Bromo

5 min read

Wisata Bromo Bukit Mentigen

Salah satu wisata di Jawa Timur yang saat ini sedang populer tak hanya di kalangan anak muda dan remaja melainkan juga di kalangan orang dewasa adalah wisata Bromo. Seperti sebuah bunga yang sedang mekar, saat ini harumnya wisata Bromo sedang tercium di seluruh pelosok negeri. Keindahan alamnya yang menyemburkan daya tarik tak ada duanya menjadi banyak alasan para pecandu wisata lagi dan lagi berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Terlebih jalur wisata Bromo semakin lama semakin banyak yang bisa dilewati. Sehingga pemandangan baru yang tidak biasa berpotensi kita dapatkan ketika akan berwisata di kawasan wisata Gunung Bromo dengan melewati jalur yang berbeda. Karenanya, berwisata di Bromo tak hanya harus menghabiskan waktu untuk menikmati wisata puncak Bromo, melainkan kita juga bisa menikmati aneka spot wisata yang lainnya di Bromo. Dalam paket wisata Bromo yang ditawarkan, biasanya ada beberapa spot wisata terbaik yang direkomendasikan di jelajahi. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Paket Wisata Bromo yang Harus Dijelajahi

Tempat wisata Bukit Mentigen Bromo

Objek wisata Bromo pertama yang bisa menjadi andalan Anda adalah Bukit Mentigen. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah wisata bukit di Bromo yang lokasinya di bawah gunung Bromo. Bukit Mentigen merupakan salah satu wisata Gunung Bromo yang memiliki kelebihan dengan suasana sejuk dan keindahan yang sangat menggoda.

Banyak pengunjung yang juga sengaja mengambil waktu berkemah ketika senja untuk menikmati pesona keindahan yang ditemukan. Bukit Mentigen merupakan view point untuk melihat sunrise yang terletak di kawasan taman nasional Bromo.

Wisata Bromo Bukit Mentigen
Wisata Bromo Bukit Mentigen

Anda yang berwisata di salah satu spot terbaik Bromo, waktu terbaik yang bisa Anda pilih yaitu ketika dini hari sebelum matahari terbit. Selain bisa didatangi dengan mudah, wisata ini juga menjadi salah satu rute alternatif ketika seorang pendaki professional memilih untuk tidak naik Jeep.

Dari area hotel daerah Cemoro Lawang Probolinggo, para pendaki cukup berjalan menuju ke Gunung Bromo secara langsung. Yang lebih menyenangkan ketika liburan disini adalah karena rute ini termasuk sebuah rute pendek. Sehingga Anda tidak perlu menyewa kendaraan roda 2.

Tempat wisata Bukit Teletubbies

Walau namanya masih terkesan seperti tempat wisata anak, akan tetapi sebenarnya tempat wisata Bukit Teletubbies tidak banyak dikunjungi anak – anak. Penampakan bukit Teletubbies yang disertai padang savana menjadikan tempat ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta fotografi.

Tidak jarang juga tempat ini dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Saat musim hujan, rumput hijau khas pegunungan tumbuh dengan subur dan segar. Namun ketika musim gugur, pemandangan berubah menjadi serba cokelat seperti berada di savana Afrika.

Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies

Keindahan alam yang luar biasa disini juga sangat cocok untuk menjadi latar belakang foto romantic untuk dua orang insan yang dimadu kasih. Karena itu banyak pasangan kekasih yang juga datang berlibur kesini di hari libur mereka. Bahkan Bukit Teletubbies merupakan salah satu wisata Bromo yang banyak dikunjungi para artis dari berbagai belahan dunia. Karena masih berada di area gunung, udara sejuk yang diselimuti dengan kabut tipis pagi hari akan mampu melepaskan penat Anda.

Tips mengunjungi Bukit Teletubbies
Tidak ada canopy ataupun pohon tinggi yang bisa untuk bernaung dari sinar matahari, karena itu sebaiknya Anda membawa sunglasses, topi ataupun sunblock. Kamera jangan sampai tertinggal untuk mengabadikan kindahan dan keromantisan Savana / Bukit Teletubbies Bromo.

Tempat wisata Padang Rumput Savana Bromo

Selain wisata puncak Bromo yang bisa Anda datangi, tempat wisata menarik lainnya yang dapat menjadi tujuan wisata Anda adalah Padang Rumput Savana Bromo. Padang Rumput Savana Bromo lokasinya berada di sebelah tenggara Gunung Bromo. Disini para traveler bisa mengambil foto sepuas mungkin dengan berbagai macam pose dengan latar belakang padang rumput yang luas.

Dengan didominasi tanaman jenis pakis, ilalang, lavender serta rerumputan lainnya membuat kawasan ini seperti karpet hijau raksasa. Layaknya pemandangan di dataran tingggi New Zealand atau Skotlandia. Keistimewaan lain dari Padang Rumput Savana Bromo adalah akan Anda temukan tebing – tebing kokoh yang menjulang tinggi disini.

Padang Rumput Savana Bromo
Padang Rumput Savana Bromo

Terlebih pegunungan kecil yang menyajikan fenomena alam sempurna akan menjadikan lokasi ini tampak seperti dongeng atau sebuah setting film dalam dunia fantasi. Hal ini karena area savana yang ada disini sangat luas sehingga menjadikan banyak pengunjung merasa sedang tidak berada di Gunung Bromo, melainkan berada di tempat lain seperti benua Afrika.

Bagi Anda yang tertarik datang berkunjung ke Padang Rumput Savana Bromo, terlebih dahulu Anda harus menghabiskan perjalanan melewati padang pasir dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Jika Anda berkenan jalan kaki, tidak masalah yang penting fisik Anda kuat karena rutenya masih jauh dari wisata puncak Bromo. Sehingga Anda harus pertimbangkan hal tersebut matang – matang.

Tempat wisata Gunung Penanjakan Bromo

Gunung Penanjakan merupakan tujuan wisata Bromo selanjutnya yang harus Anda sambangi. Sebenarnya ada Gunung Penanjakan 1 dan 2. Akan tetapi yang lebih terkenal adalah Gunung Penanjakan 2. Gunung Penanjakan 1 merupakan bagian dari rangkaian area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TN – BTS yang ada di Wonokitri, Pasuruan. Anda akan temukan pemandangan matahari terbit (sering dikenal dengan sebutan The Famous Of Sunrise) ditunjang dengan keindahan alam khas yang menjadikan para traveler selalu ingin mampir kesini setiap kali melakukan pendakian di Gunung Bromo.

Gunung Penanjakan Bromo
Gunung Penanjakan Bromo

Gunung Penanjakan 2 lokasinya berada di Desa Seruni, Sukapura. Disini traveler dapat menyaksikan juga pesona Gunung Batok, Gunung Semeru dan Gunung Kursi. Mobil Jeep juga harus disiapkan ketika pengunjung ingin menuju ke Gunung Penanjakan 2. Setelah memarkir mobil Jeep, ada beberapa tangga untuk menuju ke Gunung Penanjakan yang harus ditempuh kemudian dalam 10 sampai dengan 15 menit lokasi yang dituju bisa Anda lihat.

Rute menuju Puncak Penanjakan 1 Wisata Bromo dapat ditempuh melalui 3 jalur

  1. Dari Pasuruan melalui Tosari dan Purwodadi.
  2. Dari Malang melalui Tumpang. Jalur ini tidak terlalu banyak dilalui pengunjung dikarenakan akses yang masih kurang mendukung.
  3. Dari Probolinggo melalui Cemara Lawang.

Tempat wisata B29 Argosari

B29 Argosari merupakan salah satu titik nyaman yang bisa Anda dapatkan ketika sedang melakukan camping. Puncak ini memang merupakan puncak paling tinggi diantara puncak – puncak yang lain. Bahkan ketinggian dari B29 Argosari berada diatas Penanjakan 1, yaitu sekitar 2900 meter dpl. Dengan ketinggian yang tidak main – main maka sangat wajar jika kawasan ini diberi julukan “Negeri Diatas Awan”. Cocok banget bagi Anda yang cinta dengan tantangan.

Sesuai dengan namanya, B29 Argosari berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Sehingga ketika para traveler ingin menuju kesini dari arah kota Lumajang, maka jarak yang perlu Anda tempuh kurang lebih 40 km. Untuk bisa menuju ke lokasi ini rute yang Anda perlu lewati juga sangat mudah yaitu melalui Senduro Lumajang dimana jalur tersebut merupakan jalur selatan.

B29 Argosari-Negeri Diatas Awan
B29 Argosari-Negeri Diatas Awan

Puncak B29 merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan gunung Bromo. Pemandangan yang indah ditambah udara yang dingin serta hamparan tanaman khas gunung dan savanna menjadi pemandangan yang menarik di lokasi wisata yang satu ini. Dari puncak B29 ini juga, kita dapat melihat hamparan lautan awan putih. Objek wisata ini selain untuk area pendakian juga memiliki kondisi tanah yang cocok untuk berpetualang dengan menggunakan motor cross. Sehingga banyak juga aktivitas menarik dan menantang yang bisa dilakukan ketika berada disini.

Tempat wisata Bromo Milky Way

Jika Anda merupakan pecinta film Meteor Garden, maka di Bromo Milky Way Anda bisa menemukan taman bintang indah seperti di film tersebut. Nah, Anda masyarakat Jawa Timur yang ingin menikmati keindahan taman bintang ala Meteor Garden bisa langsung datang ke Bromo Milky Way. Banyak para pendaki yang sengaja melakukan perjalanan di sore hari untuk bisa sampai di Bromo Milky Way malam harinya. Sehingga pemandangan yang sangat indah dan instagramable bisa didapatkan.

Waktu terbaik untuk wisata Bromo Milky Way adalah disaat cuaca cerah tanpa awan, yaitu antara pukul 01.00 – 04.00 dini hari dan biasanya terjadi di musim kemarau yaitu antara bulan April sampai awal September.

Wisata Bromo Milky Way
Wisata Bromo Milky Way

Milky Way, atau di dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Bima Sakti, merupakan galaksi spiral yang memiliki 200 sampai 400 miliar bintang dengan diameter 100 ribu tahun cahaya dan ketebalan seribu tahun cahaya. Galaksi Milky Way ini terlihat seperti pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit. Pita kabut atau “aura” cemerlang tersebut adalah kumpulan jutaan bintang yang terletak di bidang galaksi.

4 Titik terbaik menyaksikan fenomena Milky Way Gunung Bromo

Puncak pananjakan Gunung Bromo adalah puncak tertinggi dengan ketinggian 2.770 mdp. Penanjakan 1 ini merupakan tempat terbaik untuk menyaksiakan Matahari Terbit atau Sunrise sekaligus lokasi paling bagus untuk menikmati indahnya wisata Milky Way Bromo. View ini juga terkenal dengan hawa yang sangat dingin. Jadi sangat disarankan menggunakan baju hangat tebal, agar dapat melindungi tubuh dari udara dingin.
Spot view point sunrise sekaligus Bromo Milky Way ini terletak di desa Seruni, Sukapura yang diresmikan oleh bupati Probolinggo.
Bukit Cinta Bromo atau Love Hills adalah sebuah bukit alternatif untuk melihat matahari terbit di gunung bromo. Tempat ini jarang dikunjungi, bahkan banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasi / letak Bukit Cinta Bromo. Tapi bagi pemburu Bromo Milky Way, tempat ini merupakan tempat atau spot terbaik setelah Penanjakan 1.
Dengan ketinggian 2273 meter dpl, Bukit Mentigen Bromo dijadikan tempat alternatid untuk melihat Bromo Milky Way.

Itulah berbagai wisata dalam paket wisata Bromo yang harus Anda jelajahi. Dapatkan pengalaman wisata seru dan menyenangkan di Jawa Timur dengan berlibur di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun Mancanegara dengan terus mengunjungi wisataexpo. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan serta keasrian dari tempat wisata yang kita kunjungi.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *