Wisata Jombang

4 min read

Kampoeng Djawi Jombang

Akhir tahun sudah lewat, tetapi banyak orang masih ramai mengunjungi beberapa tempat wisata. Mengunjungi tempat wisata memang tidak harus dilakukan pada waktu libur akhir tahun saja. Menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman dapat dilakukan kapan saja selagi ada waktu untuk berkumpul. Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi tidak harus pergi ke luar negeri. Indonesia memiliki banyak destinasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata Jombang dapat menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman.

Wisata Jombang mungkin belum banyak orang yang tahu dan tidak setenar kota lain seperti Bali. Meskipun tidak setenar kota lain tetapi Jombang memiliki banyak destinasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi tempat wisata di Jombang sangatlah banyak, meskipun belum banyak orang yang mengetahuinya. Keunikan tempat wisata Jombang ini akan kita bahas satu per satu sehingga Anda tidak akan ragu lagi untuk berkunjung ke Jombang.

Daftar Tempat Wisata Jombang Yang Keren

Jombang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur yang menyimpan sejuta pesona keindahan panorama alam dan destinasi tempat wisata yang masih tersembunyi. Baiklah langsung saja kita ulas beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Jombang.

Wisata Jombang Ringin Contong

Ringin Contong merupakan markah tanah yang menjadi ciri khas kota Jombang. Ringin Contong menjadi kebanggaan masyarakat kota Jombang sehingga membuat mereka mendirikan perkumpulan seperti Komunitas Teater Ringin Contong STKIP PGRI Jombang yang rajin menggelar pertunjukan ludruk . Ringin Contong terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 01, Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Wisata Jombang Ringin Contong
Wisata Jombang Ringin Contong

Tempat wisata di Jombang ini dijadikan sebagai acuan titik nol jarak wilayah di Kabupaten Jombang maupun antar kota dengan kota santri ini. Yang membedakan titik nol Ringin Contong dengan titik nol pada Tugu Khatulistiwa yang ada di Pontianak yaitu Ringin Contong merupakan skala mikro sebagai titik awal penghubung jarak antar wilayah. Sedangkan titik nol pada Tugu Khatulistiwa merupakan titik nol sebuah makrokosmos yang bernama bumi, tempat kita berpijak sekarang ini.

Wisata Jombang Kedung Cinet

Kedung Cinet merupakan salah satu destinasi wisata bernuansa alam yang ada di Jombang. Wisata Jombang ini menyajikan sebuah sungai yang ada di tengah hutan. Dimana sepanjang sungai dikelilingi oleh batuan kapur yang berbentuk unik sehingga akan membuat pemandangan terlihat mempesona.

Kedung Cinet Wisata Jombang Jawa Timur
Kedung Cinet Wisata Jombang Jawa Timur

Tak perlu bepergian hingga keluar negeri hanya untuk berburu foto di Grand Canyon, Anda cukup datang ke Kedung cinet dan Anda akan mendapatkan keindahan pesona mini Grand Canyon. Kedung Cinet masih alami dengan udara yang masih segar, sejuk dan bebas dari polusi. Tempat wisata satu ini masih belum banyak dikunjungi karena belum banyak yang tahu dan medan yang harus ditempuh lumayan terjal. Sebaiknya Anda datang bersama teman supaya ada teman untuk mengobrol di sepanjang perjalanan menyusuri hutan. Kedung Cinet ini terletak di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Masjid Agung Jombang

Salah satu destinasi wisata Jombang ini terletak di Jl. KH. A. Dahlan No. 28, Jombang, Jawa Timur. Masjid Agung ini memiliki desain yang sangat unik. Yaitu perpaduan antara masjid ala Timur Tengah dengan masjid khas Jawa, itulah keistimewaan yang dimiliki oleh masjid ini. Kita akan melihat aksen jawa yang sangat kental yang dibentuk dengan ornamen keemasan dipadukan dengan ukiran yang diletakkan pada tiang utama.

Masjid Agung Jombang
Masjid Agung Jombang

Kusen kayu jati yang memiliki ukuran sangat besar membuat masjid ini terlihat kokoh dilengkapi dengan jendela yang dibuat dari kayu jati dengan ukiran krawangan membuat pemandangan masjid menjadi lebih indah.

Kampoeng Djawi

Wisata Jombang yang satu ini sedang naik daun karena banyak dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Kampoeng Djawi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang dilengkapi dengan penginapan. Pengunjung yang datang ke Kampoeng Djawi ini dapat melakukan permainan yang dapat meningkatkan adrenalin seperti outbond. Tempat wisata yang satu ini mengusung konsep pedesaan dengan hamparan sawah yang hijau dan udara yang masih segar.

Kampoeng Djawi
Kampoeng Djawi

Beberapa Keunggulan Yang Ditawarkan Kampoeng Djawi

  1. Rumah Joglo yang Antik dan Unik
  2. Kolam Renang dengan Air yang Jernih dan Segar
  3. Danau Kecil Khas Kampoeng Djawi
  4. Outbond Bernuansa Pedesaan
  5. Ragam Makanan Dengan Harga Yang Murah

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan malam dengan suasana pedesaan di sekitar pegunungan ini dapat menyewa penginapan yang telah disediakan oleh pengelola. Disini terdapat 9 joglo yang setiap joglo berisi 4 kamar yang dilengkapi dengan tempat karaoke, billiard dan kolam renang. Bila Anda ingin menikmati keindahan suasana pedesaan dengan bermain outbond bersama keluarga, maka Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 50.000,00. Kampoeng Djawi ini terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga : 9 Tempat Wisata Tulungagung yang Wajib Masuk Daftar Liburan

Taman Keplaksari

Salah satu destinasi wisata Jombang ini sedang menjadi bahan pembicaraan di dunia maya karena keindahan yang ada pada taman ini. Taman Keplaksari merupakan salah satu tempat wisata bernuansa alam yang terletak di Desa Keplak Sari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Taman Wisata Jombang Keplaksari
Taman Wisata Jombang Keplaksari

Di tempat wisata yang satu ini, pengunjung akan melihat beberapa bangunan yang memiliki bentuk mirip dengan binatang seperti jerapah dan kuda. Di taman ini juga terdapat sarana untuk bermain anak-anak, area untuk olahraga lari dan lain sebagainya. Taman Keplaksari memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap seperti area parkir, mushola, kamar mandi dan rumah makan. Salah satu tempat wisata di Jombang ini selain ramai dikunjungi pada pagi hingga sore hari, di malam hari juga banyak pengunjung di taman ini. Pengunjung yang datang pada malam hari pada umumnya ingin melihat indahnya beberapa lampu-lampu yang ditata sedemikian rupa sehingga saat dinyalakan akan membuat taman terlihat lebih indah dan menari. Bagi yang ingin berselfie ria di malam hari tidak usah bingung, karena lampu yang ada di taman ini sangatlah terang sehingga saat berfoto Anda akan terlihat jelas.

Candi Ngrimbi

Berwisata bersama dengan keluarga yang paling cocok yaitu berkunjung ke candi, karena selain dapat berwisata juga dapat belajar tentang sejarah. Salah satu wisata jombang yang cocok dikunjungi bersama keluarga yaitu Candi Ngrimbi. Candi Ngrimbi merupakan salah satu candi Hindu, di komplek candi ini terdapat patung Dewi Parwati yang merupakan istri Dewa Siwa.

Candi Ngrimbi
Candi Ngrimbi

Candi Ngrimpi terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani yang mulai bertahta pada tahun 1329 – 1350 Masehi. Candi ini dulunya digunakan sebagai tempat pendarmaan. Candi Ngrimbi dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti toilet, rest area dan area parkir.

Demikianlah sedikit ulasan kita kali ini tentang wisata Jombang yang layak dimasukkan dalam daftar kunjungan wisata saat berada atau berkunjung di Jombang. Semoga dapat memberi inspirasi bagi Anda yang bingung akan menghabiskan waktu liburan dan belum menentukan tujuan wisata. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Mengiat Nusa Dua

wisataExpo
3 min read

Paralayang Puncak

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Surabaya

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *