Gunung Kapur Ciampea

4 min read

Gunung Kapur Ciampea Bogor

Membicarakan objek wisata alam di Bogor, yang terlintas di benak kita mungkin hanya curug saja. Namun sebenarnya destinasi wisata alam di Bogor bukan hanya curug saja. Banyak kawasan yang memiliki keindahan alam yang masih natural dan bahkan belum terjamah sepenuhnya. Seperti di Gunung Kapur Ciampea Klapanunggal yang baru – baru ini mulai menjadi sorotan dikalangan para traveler.

Tak banyak yang mengetahui bahwa objek wisata ini merupakan bekas lokasi pertambangan batu karang. Pada artikel kali ini kami akan memberi ulasan pesona yang disuguhkan oleh objek wisata Gunung Kapur Klapanunggal.

Keindahan Tempat Wisata Gunung Kapur Ciampea Klapanunggal Bogor

Alamat Gunung Kapur Ciampea Bogor

Destinasi wisata alam yang satu ini berlokasi di Desa Klapanunggal, Cileungsi, Bogor. Tepatnya di area pertambangan milik PT Indocement Tunggal Perkasa TBK. Tidak jauh dari perkotaan, kawasan ini dapat ditempuh sejauh 2 jam perjalanan saja dari selatan kota Jakarta.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Rute yang dapat Anda tempuh untuk menuju kawasan ini salah satunya adalah melalui Utan Kayu. Kemudian masuk Alternatif Cibubur hingga sampai Cileungsi langsung menuju Kelapanunggal. Rute alternatif yang kedua adalah melalui Tanjung Barat kemudian ke arah Depok menuju ke Cimanggis kemudian melalui Cibinong hingga sampai di  Klapanunggal.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar karena tak adanya papan petunjuk mengenai keberadaan Gunung Kapur ini sering kali membuat pengunjung tersasar. Hal tersebut bisa menjadi masukan bagi pihak pengelola agar memberikan petunjuk jalan yang lebih jelas.

Rute Gunung Kapur Klapanunggal
Rute Gunung Kapur Klapanunggal

Jangan lupa untuk bertanya mana jalan alternatif yang dapat dilalui kendaraan bermotor, karena setelah memasuki area desa Klapanunggal jalurnya terbagi menjadi dua, yaitu satu jalur adalah jalur truk penambang, dan yang satu lagi merupakan jalur yang melalui perumahan warga.

Biaya Masuk Gunung Kapur Bogor

Sebagai kawasan wisata yang cukup baru dan sebenarnya belum dikembangkan sebagai objek wisata, Anda tidak perlu membayar alias gratis untuk memasuki kawasan ini. Anda cukup membawa uang untuk membayar parkir serta keperluan untuk membeli makan dan minum.

Sejarah Gunung Kapur Klapanunggal Bogor

Gunung Kapur Klapanunggal ini dulunya merupakan lokasi pertambangan batu kapur untuk bahan baku pembuatan semen. Sehingga tidak mengherankan jika bentuknya sangat menarik dan unik. Menurut informasi yang beredar, kawasan ini mempunyai banyak bukit bukit kapur yang menjulang. Lebih menarik lagi apabila  disaksikan dari ketinggian terlihat warnanya hijau dan asri sekali.

Namun sayangnya, pada saat ini yang terlihat hanyalah seonggok bukit yang terbelah serta tanah yang begitu gersang. Telah terjadi pengerukan besar besaran di kawasan ini. Sejumlah truk besar lalu lalang untuk mengangkut berton ton kubik hasil dari penambangan kapur.

Gunung Kapur Ciampea Bogor
Gunung Kapur Ciampea Bogor

Limbah yang dihasilkan pun dirasa tidak dikelola sesuai dengan prosedur AMDAL yang baik. Limbah tersebut menimbulkan bau yang cukup menyengat, warna limbah pun kehitaman. Yang paling miris adalah air hasil limbah tersebut dialirkan ke sawah sawah penduduk. Namun kabar baiknya saat ini aktivitas pertambangan tersebut telah dihentikan.

Walaupun aktivitas pertambangan sudah dihentikan, gunungan pasir masih cukup banyak terpampang di beberapa area. Sebagai kawasan yang pernah digunakan untuk lokasi pertambangan, banyak masyarakat yang penasaran dengan misteri Gunung Kapur Ciampea Bogor karena pertambangan identik dengan hal hal mistis. Namun sejauh ini hal mistis di Gunung Kapur ini tidak terdengar gaungnya.

DayaTarik Wisata Gunung Kapur Bogor Ciampea

Pegunungan kapur dan hutan di Klapanunggal ini mencapai ketinggian hampir 1000 meter Diatas Permukaan Laut (DPL). Kawasan ini memiliki medan dengan karakteristik 60% batu karang kapur  dan 40% tanah. Gunung Kapur Klapanunggal memiliki tebing dengan ketinggian 1 pitch ( 45meter ), yang terdiri dari batuan kapur. Sehingga tebing ini menjadi spot favorit pagi para pemanjat tebing untuk mendaki Gunung Kapur Ciampea Bogor.

Menurut para pelaku pemanjat tebing, tebing kapur Klapanunggal ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Dimana hampir seluruh jalur yang pada awalnya merupakan overhang yang sangat minim pegangan ditambah dengan adanya lumut yang tumbuh di dinding tebing yang menyebabkan licin. Sehingga sekilas tebing ini terlihat sangat jarang sekali di gunakan sebagai spot pendakian oleh para pemanjat tebing.

Pesona Tebing Gunung Kapur Ciampea
Pesona Tebing Gunung Kapur Ciampea

Tidak hanya terdapat pasir dan kapur, kawasan ini juga mempunyai beberapa cekungan yang membentuk gua dengan bentuk yang cukup unik dan menarik. Selain itu destinasi wisata yang terletak di Klapanunggal ini juga mempunyai air terjun unik yang mengalir dari atas tebing batu kapur. Meskipun debit air tidak terlalu deras, tetap saja tidak mengurangi keeksotisan pemandangan di kawasan ini.

Sebagai bekas kawasan pertambangan, tentu saja bentuk dan tatanan batunya pun tidak beraturan. Akan tetapi, siapa yang menyangka bila pesona tersebut malah membuat banyak orang tertarik untuk mengabadikannya dalam foto. Sebagian wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kapur adalah masyarakat Bogor dan sekitarnya saja.

Fasilitas Gunung Kapur Ciampea Bogor

Selain mengendarai sepeda motor, tak jarang beberapa pengunjung menggunakan sepeda atau gowes menuju ke kawasan ini. Dengan komposisi medan berupa 40% turunan, 50% tanjakan dan 10% jalan datar menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda. Bagi para penggemar downhill, turunan yang terdapat di kawasan ini menjadi medan yang seru karena sangat curam disertai bebatuan kali.

Namun Anda juga harus bersiap siap untuk melalui tanjakan yang membutuhkan tenaga ekstra. Ketika melalui turunan dan tanjakan ini rasa lelah Anda akan terlupakan karena disuguhkan pemandangan sungai yang jernih berpadu dengan beberapa terasering yang menyejukkan mata.

Indahnya pemandangan dari ketinggian Gunung Kapur Bogor Jawa Barat ini, banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memperindah foto mereka. Bahkan, tak jarang ada yang memanfaatkan pegunungan kapur ini sebagai spot untuk foto pre wedding. Selain untuk berburu foto dan menikmati panorama cantik pegunungan kapur, banyak juga wisatawan  yang datang untuk menyaksikan indahnya sunset juga sunrise dari tempat ini.

Anda akan sulit menemukan penginapan di Gunung Kapur Bogor karena kawasan ini sedikit jauh dengan pemukiman warga. Jika ingin menginap, Anda dapat menuju ke kota terdekat atau ke pemukiman terdekat dimana biasanya ada warga yang menyewakan rumahnya sebagai homestay.

Tips Mengunjungi Gunung Kapur Klapanunggal

  1. Meskipun terletak pada ketinggian hampir 1000 meter diatas permukaan laut, cuaca di kawasan ini cukup panas. Sehingga Anda disarankan untuk memakai baju yang tertutup atau membawa payung agar kulit Anda tidak tersengat terik matahari.
  2. Karena medan dan jalan ke Gunung Kapur Ciampea Bogor yang dilalui cukup berat, dan jalanan di kawasan ini juga cukup tajam sehingga banyak pengunjung yang mengalami ban bocor, Anda harus ekstra hati hati ketika melalui jalan di kawasan ini.
  3. Medan yang berat dan tajam mengharuskan Anda untuk memakai alas kaki yang kuat dan tebal, sangat tidak disarankan untuk menggunakan sendal jepit di kawasan ini.
  4. Karena medannya cukup terjal dan tajam, maka Anda tidak disarankan untuk melakukan kegiatan outbound Gunung Kapur Ciseeng Bogor tanpa didampingi ahli yang terlatih dan berpengalaman, karena sangat berbahaya.

Demikian ulasan mengenai salah satu tempat wisata di Bogor, yaitu Wisata Gunung Kapur Ciampea yang masih cukup alami dan sangat menarik untuk Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Semoga dapat memberi inspirasi bagi Anda yang bingung akan menghabiskan waktu liburan dan belum menentukan tujuan wisata. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun Mancanegara dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *