Gunung Munara

4 min read

Menuju Puncak Gunung Munara

Tempat wisata di Bogor yang satu ini belum terlalu dikenal masyarakat luas. Akan tetapi sebenarnya kawasan ini telah dikenal oleh para pendaki Gunung, juga para peziarah. Situs Gunung Munara dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan. Selain dikenal akan keindahannya, kawasan ini juga dikenal sebagai wisata rohani serta wisata sejarah. Simak ulasannya berikut ini.

Ketinggian Situs Gunung Munara mencapai 1119 Meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata Bogor ini sangat cocok bagi Anda yang gemar mendaki gunung akan tetapi tidak mempunyai cukup banyak waktu. Karena kawasan gunung ini cukup memerlukan waktu satu hari untuk dapat mencapai puncaknya.

Pesona Wisata Gunung Munara Bogor

Wisata gunung Munara memang beda dengan beberapa gunung lainnya. Selain lokasinya yang dekat dengan ibukota Jakarta, pemandangan yang ditawarkan juga sangat mempesona. Ditambah dengan puncak Gunung yang tidak terlalu tinggi, sehingga bisa ditempuh dalam waktu satu hari. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar situs Gunung Munara.

Wisata Situs Gunung Munara di Bogor Jawa Barat
Wisata Situs Gunung Munara di Bogor Jawa Barat

Lokasi & Rute Situs Gunung Munara

Destinasi wisata Bogor ini berlokasi di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Rute ke Situs Gunung Munara cukup mudah dicapai. Jalan yang dapat dilalui cukup terjal dan rusak banyak lubang, sehingga Anda harus berhati hati. Salah satu rute yang bisa dilalui dengan menuju ke Pasar Parung dahulu, kemudian mengikuti jalan yang ada di belakang Pasar Parung menuju ke lokasi kawasan wisata tersebut. Apabila Anda datang dari Jakarta, Rute yang dapat Anda lewati adalah melalui Lebak Bulus, kemudian lurus menuju Gaplek. Lalu jalan terus menuju ke arah Bojong Sari, kemudian lurus lagi menuju ke arah Parung, kemudian ikuti arah ke Ciseeng. Dari Ciseeng lanjut menuju ke arah Rumpin, kemudian ikuti jalan menuju ke arah Gunung Munara.

Apabila Anda datang dari Tangerang, Rute yang dapat Anda lalui yaitu lewat BSD menuju ke arah Serpong kemudian ke arah Gunung Sindur lalu menuju Rumpin kemudian sampai ke Base Camp. Apabila Anda datang dari Depok, Rutenya yaitu Lampu merah Margonda sebelum terminal belok kanan ke arah Arif Rahman Hakim. Setelah itu ada lampu merah belok kiri ke arah Nusantara, kemudian setelah lampu merah lagi ambil belok kanan menuju kearah Sawangan lurus terus hingga melewati perempatan DTC. Ikuti jalan saja hingga menemukan pertigaan Parung Bingung, ambil belok kiri menuju ke arah Bojong Sari kemudian lurus terus mengikuti Jalan Raya Sawangan. Selanjutnya sampai pertigaan lampu merah Bojong Sari atau Mc Donald, ambil arah ke kiri kemudian lurus terus mengikuti jalan menuju kearah Pasar Parung. Setelah itu belok kanan menuju ke arah Ciseeng kemudian melalui Rumpin kemudian melalui Kampung Sawah kemudian sampailah Anda di Situs Gunung Munara Bogor Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki Situs Gunung Munara ini Anda dikenakan tarif sebesar Rp. 5000 / orang. Dengan tarif parkir sebesar Rp.10.000,-. Masih cukup terjangkau untuk digunakan sebagai salah satu alternatif wisata alam di Bogor. Namun harga tersebut dapat berubah sewaktu – waktu tergantung pihak pengelola tempat wisata.

Mitos Gunung Munara

Sepanjang perjalanan menuju ke puncak Gunung Munara terdapat beberapa tempat bersejarah yang dapat Anda nikmati keindahannya. Gunung ini disebut Munara karena penduduk setempat memiliki kepercayaan bahwa bukit ini merupakan sebuah masjid yang di dalamnya terdapat sebuah batu. Batu tersebut bentuknya menyerupai menara masjid yang terkenal dengan Batu Adzan. Menurut keyakinan warga setempat, Batu Adzan yang dianggap seperti Menara Masjid ini merupakan tempat Sultan Maulana Hasanuddin dari Banten biasa mengumandangkan Adzan. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa mereka kerap mendengar sayup-sayup adzan dari arah batu tersebut.

Mitos Gunung Munara Bogor
Mitos Gunung Munara Bogor

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, pada jaman dahulu seorang Sultan Maulana Hasanudin mengendarai kuda ke Gunung Munara ini. Sehingga ada sebuah spot yang di sebut dengan tapak kuda. Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui mengapa banyak orang jaman dahulu yang bertapa di sini. Jejak pertapaannya ada mulai dari lereng sampai dengan puncaknya. Situs pertama yang dapat Anda temui sebelum sampai ke puncak adalah Gadokan Kuda Sembrani. Konon, para petapa biasanya menggunakan kuda untuk datang ke gunung ini. Karena kuda tidak dapat naik sampai ke puncak, maka kuda kuda tersebut di tali untuk beristirahat di goa ini.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Chinatown Bandung Jawa Barat

Menurut penjaga situs ini, terkadang masih sering tercium bau air seni kuda. Sebagian orang mempercayai bahwa jika tercium bau air kencing kuda, ini artinya sedang ada pertapa yang datang dan naik meninggalkan tumpangannya di area tersebut. Tak jauh dari tempat tersebut Anda akan menjumpai Goa tempat Sultan Hasanudin yang merupakan putra dari Sunan Gunung Djati biasa bertapa. Terdapat juga bekas tapak dari tongkat Sultan Hasanudin menghiasi dinding-dinding goa. Selain itu ada juga batu quran, batu adzan, batu belah, batu bintang, serta beberapa gua dengan cerita mitosnya masing masing yang menjadi daya tarik bagi Pengunjung.

Daya Tarik Situs Gunung Munara

Selain mendaki gunung, di kawasan wisata Gunung Munara ini juga terdapat beberapa goa dan petilasan. Beberapa Goa tersebut antara lain yaitu Goa Sukarno, Batu Tapak Sikabayan, Petilasan Sultan Hasanudin, Batu Menara Azan dan juga Goa Batu Belah. Destinasi wisata ini biasanya akan ramai dipadati oleh pengunjung pada hari hari tertentu seperti pada malam satu suro. Dimana akan ada banyak orang yang berziarah ke gunung tersebut. Konon tempat ini sering dijadikan tempat pencarian wangsit atau tempat bersemedi. Namun akhir – akhir ini tidak lagi karena banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan serta udara yang segar.

Untuk mencapai puncak Gunung Munara ini Anda dapat memulai pendakian dari base camp. Sesampainya di base camp, terdapat banyak warung kecil dan juga beberapa toilet yang dikelola oleh penduduk sekitar. Dari basecamp menuju ke puncak ada 4 pos dan juga terdapat beberapa warung sepanjang jalur pendakian. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kekurangan logistik karena Anda dapat membelinya di warung warung tersebut.

Jalur Pendakian Menuju Puncak

Jalur pendakian menuju pos 1 masih tergolong landai, kemudian Anda akan melewati sebuah jembatan. Setelah itu Anda akan melewati ladang milik penduduk, kemudian jalur pendakian mulai menanjak dengan medan berupa tanah. Setelah sekitar 30 menit berjalan, maka sampailah kita di pos pertama. Setelah melanjutkan perjalanan lagi selama 10 menit, sampailah Anda di pos kedua. Kemudian berjalan sedikit lagi Anda akan sampai di batu besar yang merupakan pos ketiga. Di pos ketiga ini juga terdapat beberapa warung yang menjual berbagai keperluan pendaki. Di dekat pos ketiga ini juga terdapat goa, yang konon katanya Bung Karno sering melakukan semedi di dalam goa bersejarah ini. Area tempat bertapa Soekarno letaknya cukup tersembunyi dibalik celah bebatuan.

Setelah Sekitar 5 menit berjalan naik melewati bebatuan, sampailah kita di pos keempat yang merupakan puncak bayangan. Di pos terakhir ini Anda dapat mencoba untuk melakukan pendakian atau lebih tepatnya memanjat menuju ke batu besar dengan menggunakan tali. Panorama yang dapat Anda saksikan dari atas batu besar ini sangat memukau dengan persawahan dan perbukitan yang membentang luas.

Menuju Puncak Gunung Munara
Menuju Puncak Gunung Munara

Untuk menuju ke puncak sebenarnya, Anda dapat melalui jalan landai ke arah kiri dari batu besar tadi. Setelah itu dilanjutkan dengan jalur tanah menanjak dengan kemiringan mencapai sekitar 45 derajat. Lalu jalur pendakian dilanjutkan ke arah kiri jalan yang landai dan sampailah Anda di puncak Gunung Munara. Di puncak ini lagi-lagi Anda akan menjumpai warung yang menjajakan makanan dan minuman. Perjalanan menuruni puncak menuju base camp dapat ditempuh kurang lebih sekitar 1 jam.

Baca Juga : Review Wisata Paralayang Puncak Di Bogor

Bagaimana apakah Anda tertarik mengunjungi wisata Situs Gunung Munara ini? Objek wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mendaki Gunung akan tetapi Anda tidak kuasa untuk mendaki terlalu jauh. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Tempat Wisata Di Ungaran

wisataExpo
8 min read

Pantai Sire

wisataExpo
4 min read

Jatim Park

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *