Gunung Salak

3 min read

Pesona Wisata Gunung Salak Bogor Indonesia

Negara Indonesia sangat kaya akan wisata alam, termasuk didalamnya adalah wisata pegunungan. Ada begitu banyak gunung yang terbentang di seluruh Indonesia, bahkan tidak sedikit yang masih aktif. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas seputar informasi Gunung Salak. Gunung yang dikenal sangat angker serta memiliki jalur pendakian yang terjal dan sulit.

Secara ekosistem, gunung memiliki peranan yang sangat penting. Selain sebagai penyeimbang atau penyangga daratan, tentu saja pemandangan alam yang mempesona ditambah kesejukan udara menjadikan gunung sebagai tujuan wisata. Untuk gunung berapi yang aktif, semburan laharnya bisa membuat tanah menjadi subur. Gunung Salak masuk dalam kategori gunung berapi yang aktif di tanah Pasundan.

Pesona Keindahan Gunung Salak Bogor

Gunung memang memiliki pemandangan yang mempesona. Oleh sebab itu banyak para pendaki sangat tertantang untuk dapat sampai ke puncak gunung. Saat ini mendaki gunung bisa dibilang sebagai salah satu lifestyle yang cukup ngetrend. Ditambah lagi dengan kehadiran film 5cm yang menggambarkan perjalanan beberapa sahabat dalam menaklukkan puncak gunung.

Gunung Salak merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Selain pemandangan yang indah, wisata alam pegunungan ini juga kental dengan beberapa hal yang berbau mistis. Banyak kejadian yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Sejarah Gunung Salak Bogor

Gunung Salak berada diantara Kabupaten Sukabumi dan kabupaten Bogor. Secara garis besar wilayah Gunung di Bogor ini memiliki 3 puncak. Puncak Salak I memiliki ketinggian sekitar 2211 mdpl. Untuk puncak II dengan ketinggian sekitar 2180 mdpl. Puncak terakhir atau puncak Salak III memiliki ketinggian sekitar 1926 mdpl.

Puncak I 2211 mdpl Bogor
Puncak I 2211 mdpl Bogor

Gunung di Bogor ini merupakan salah satu gunung berapi di Jawa, namun sudah lama sekali terjadi erupsi atau mengeluarkan lahar panas. Letusan pertama kali tercatat terjadi sekitar tahun 1600-an. Sedangkan untuk letusan terakhir 1938. Berikut ini beberapa informasi seputar letusan atau kejadian erupsi Gunung Salak.

  1. Letusan Pertama sekitar abad ke 16
  2. Letusan Kedua terjadi pada rentang tahun 1668 hingga 1699
  3. Letusan Ketiga sekitar tahun 1780
  4. Pada antara tahun 1902 – 1903 terjadi erupsi
  5. Tahun 1935 terjadi ledakan berikutnya
  6. Ledakan terakhir terjadi pada tahun 1938

Gunung Salak atau yang sering disebut juga dengan nama Gunung Sapto Argo termasuk gunung yang berusia tua. Banyak masyarakat yang menyebutkan nama gunung ini berasal dari buah Salak. Namun sebenarnya nama gunung ini berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ‘Perak’.

Lokasi Gunung Sapto Argo

Gunung Salak berlokasi di pasawahan, Cicurug, Sukabumi. Gunung ini diapit oleh dua kabupaten, yaitu Bogor dan Sukabumi.

Misteri / Mitos Gunung Salak

Inilah yang menjadi salah satu daya tarik para pendaki untuk menaklukkan Gunung Jawa Barat ini. Begitu banyak cerita misteri atau mitos seputar hantu gunung Salak yang hingga kini masih menjadi tanda tanya. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melihat hal yang gaib atau supranatural. Berikut ini beberapa misteri yang perlu Anda ketahui.

  1. Suara Gamelan yang Sering Terdengar
  2. Penampakan Nenek Tua
  3. Banyak Arwah Gentayangan di Kawah Ratu & Curug Seribu
  4. Pasar Setan Puncak Gunung Salak
  5. Banyak Pendaki yang Hilang
  6. Binatang Gaib
  7. Misteri Puncak Manik
  8. Jeritan Wanita Minta Tolong
  9. Pantangan Memetik Bunga Anggrek

Jalur & Rute Pendakian

Meskipun memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun jalur pendakian Gunung Salak masuk kategori yang tidak mudah. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik medan serta banyaknya jalur pendakian yang terjal. Untuk itu sangat tidak disarankan untuk pendaki pemula melakukan pendakian disini.

Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu
Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu

Dengan pepohonan yang lebat dan rimbun serta karakter yang lembab mewajibkan pada pendaki menggunakan trekking shoes khusus agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Yang paling sering adalah banyaknya serangan pacet atau lintah. Memang gigitan pacet tidak sakit sehingga jarang yang menyadarinya, namun bekas gigitannya ini menyisakan rasa gatal yang cukup menyiksa.

Bagi para pendaki yang ingin tantangan menaklukkan puncak gunung, ada beberapa pilihan jalur pendakian yang bisa dilewati. Berikut ini beberapa jalur pendakian Gunung Salak.

  • Jalur Pendakian Cangkuang – Cidahu
  • Jalur Pendakian Pasir Reungit
  • Jalur Pendakian Curug Pilung – Giri Jaya
  • Jalur Pendakian Kutajaya – Cimelati

Penguasa Gaib Gunung Salak Pasundan

Gunung Salak tidak bisa lepas dari segala hal yang berbau mistis atau gaib. Menurut beberapa cerita pengalaman para pendaki maupun informasi sesepuh setempat, terdapat penguasa gaib yang menempati beberapa titik lokasi. Mulai dari kaki gunung hingga masing – masing puncak memiliki penguasa yang berbeda.

Penguasa Gaib Prabu Siliwangi
Penguasa Gaib Prabu Siliwangi

Pada kaki Gunung dikuasai oleh Ki Baping Mayit. Pada puncak I penguasa gaibnya yaitu Mbah Hasan bin KH. Bahyudin bin Pangeran Natamanggala bin Pangeran Wirasuta Kuningan. Sementara untuk wilayah puncak II terdapat Eyang Mahaprabu Siliwangi. Sisanya di puncak III terdapat Eyang Sarean.

Pada dasarnya, setiap jengkal yang ada di bumi ini pasti terdapat makhluk gaib karena memang kita hidup secara berdampingan namun berbeda dimensi. Dan pastinya kita tetap harus selalu berhati – hati dan menjaga adab dimanapun berada. Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum melakukan segala kegiatan.

Tips Penting Sebelum Pendakian

Setiap medan pendakian gunung memiliki ciri khas yang berbeda. Struktur tanah, bebatuan ataupun karakter suhu sekitar juga bisa mempengaruhi metode pendakian. Selain itu ada juga yang perlu mengetahui beberapa pantangan atau larangan menurut sesepuh setempat. Untuk itulah perlu menggali informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian, karena memang mendaki gunung merupakan hobi atau style yang cukup berbahaya, bahkan nyawa menjadi taruhannya.

Keperluan Dasar Pendakian Gunung
Keperluan Dasar Pendakian Gunung

Selain beberapa keperluan dasar yang wajib dibawa, ada juga keperluan tambahan atau wawasan yang perlu dipahami sebelumnya. Apalagi jika memang tempat pendakian tersebut memiliki beberapa cerita mistis yang cukup kental. Karena segala sesuatu yang berhubungan dengan mistis atau gaib, tidak semuanya bisa ditelaah menurut logika manusia.

Berikut ini beberapa tips pendakian gunung Salak yang bisa menjadi pilihan.

  1. Meminta izin terlebih dahulu kepada kuncen. Dalam hal ini adalah Mbah Idim Dimyati yang merupakan juru kunci makam keramat di Gunung Salak.
  2. Sempatkanlah untuk berziarah di makam Kyai Eyang Santri dan Muhammad Hasan Basri bin Bahaudi bin Mbah Gunung.
  3. Janganlah bersikap sombong dan arogan. Hal ini sebenarnya berlaku dimanapun. Menjaga adab sangatlah penting, terlebih lagi pada tempat yang kita belum pernah kunjungi sebelumnya.
  4. Larangan memetik bunga anggrek sepanjang perjalanan serta larangan bertanya perihal buah salak.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang daya tarik wisata Gunung Salak yang menarik untuk Anda kunjungi. Semoga referensi diatas dapat menjadi pilihan terbaik saat Anda ingin melakukan kegiatan liburan mengunjungi kota Bogor Jawa Barat. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *