Makanan Khas Cianjur

4 min read

10 Makanan Khas Cianjur Yang Wajib Kalian Coba

Kota Cianjur adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Kota yang dijuluki Kota Santri ini selain memiliki banyak pondok pesantren, juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Tak lengkap rasanya berkunjung ke kota ini tanpa mencicipi ragam kulinernya. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai beberapa makanan khas Cianjur yang wajib Anda simak.

Secara topografi wilayah Cianjur sebagian besar terdiri dari pegunungan. Dengan daerah yang mayoritas pegunungan, sumber kehidupan utama dari masyarakat sekitar berasal dari pertanian, peterkanak, perikanan dan perkebunan. Cianjur juga dikenal sebagai kota dengan penghasil beras kualitas jempolan. Dengan latar belakang itulah, wisata kuliner Cianjur tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain makanan berat, kota Santri ini juga memiliki beberapa makanan khas Cianjur yang paling enak dan cocok dijadikan oleh – oleh pilihan.

Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak

1. Laksa Cianjur

Jika Surabaya punya rawon sebagai primadona makanan khas Surabaya, di Cianjur ada Laksa Cianjur yang wajib Anda coba. Hidangan ini cukup digemari oleh penduduk lokal Cianjur juga wisatawan yang berkunjung ke sana. Laksa Cianjur sepintas hampir sama dengan laksa Bogor karena memang daerah Cianjur berlokasi di dekat Kota Bogor, sehingga tak mengherankan jika jenis makanan khasnya pun hampir sama. Perbedaan kedua laksa ini akan Anda ketahui setelah mencicipinya. Makanan khas Cianjur yang menggugah selera ini bisa Anda jumpai di Jl Mokhamad Ali yang terdapat banyak penjual laksa Cianjur.

2. Roti Manis Tan Keng Cu Makanan Khas Cianjur

Bagi Anda penggemar olahan gandum berupa roti, Anda tak boleh melewatkan roti manis yang satu ini. Tan Keng Cu merupakan salah satu penjual roti manis yang cukup terkenal di Cianjur. Menurut info yang beredar Roti manis yang legendaris ini sudah berproduksi sejak tahun 1926. Sampai saat ini, proses pembuatan roti manis bisa dibilang masih tradisional. Roti masih dibakar dengan bahan bakar batu bara yang menjadikan roti ini mempunyai rasa khas favorit masyarakat.

Roti Tan Keng Cu Oleh Oleh Khas Cianjur
Roti Tan Keng Cu Oleh Oleh Khas Cianjur

3. Roti Popon Cianjur

Makanan khas Cianjur Selatan ini dapat Anda jumpai di kawasan Alun – Alun Cianjur yang berlokasi di jl raya dari arah Bandung. Roti Popon dijajakan di toko tua di kawasan alun alun tersebut. Walaupun toko tua ini tidak dipasang plang, namun sajian roti popon nya sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat dan wisatawan. Roti rumahan ini memiliki dua varian rasa yaitu pisang cokelat dan cokelat.

4. Tauco Cirebon

Jika olahan daging babi identik dengan makanan khas Batak, maka tauco merupakan ikon makanan khas Cianjur Jawa Barat. Tauco Cap Meong yang dibuat oleh Nyonya Tasma merupakan merek tauco yang paling populer dan terkenal. Tauco buatan Nyonya Tasma ini telah diproduksi sejak tahun 1880 dan masih bertahan hingga saat ini. Proses pembuatan dan bahan bakunya pun masih sama. Anda dapat berkunjung ke Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Cianjur untuk dapat membeli tauco legendaris ini. Tempat tersebut merupakan tempat produksi dari Tauco Cap Meong ini. Tauco buatan Nyonya Tasma ini memiliki aroma harum yang khas karena selalu diletakkan di wadah dari kuali tanah liat ketika tauco masih panas. Sebotol tauco Cap Meong dihargai Rp.15.000,- saja, cukup terjangkau bukan?

5. Geco Kuliner Khas Cianjur

Geco makanan khas Cianjur ini juga merupakan hidangan yang populer di kalangan wisatawan. Seperti penamaan makanan sunda lain yang menggunakan singkatan sehingga gampang diingat, Geco sendiri adalah singkatan dari taoge dan tauco. Sepintas penampilan geco mirip dengan kupat tahu. Yang membedakan adalah sajian saus berbahan dasar makanan khas Cianjur tauco. Jika Anda penasaran untuk mencicipinya, Anda dapat berkunjung ke Jl Siti Jenab, untuk menikmati kelezatan dan keunikan rasanya. Seporsi geco dapat mengganjal perut Anda setelah lelah berkeliling kota Cianjur.

Toge Tauco Geco Kuliner Khas Cianjur
Toge Tauco Geco Kuliner Khas Cianjur

6. Bubur Ayam Cianjur

Bagi Anda yang bingung mencari menu sarapan yang khas dan lezat, hidangan yang satu ini dapat menjadi pilihan untuk mengganjal perut Anda di pagi hari. Anda dapat menikmati bubur ayam Cianjur ini di kawasan alun alun Cianjur. Bubur Cianjur terdiri dari beberapa isian antar lain seledri, kacang, suwiran daging ayam, bawang goreng, juga kerupuk. Tak ada kuah santan kuning seperti pada bubur di daerah lain, akan tetapi yang khas adalah adanya potongan jeroan ayam seperti ati, ampela, serta usus yang sudah dimasak dengan racikan bumbu basah dan biasa ditambah risol goreng sebagai pelengkap. Harga perporsinya cukup terjangkau, mulai dari Rp.5000,- saja.

7. Asinan dan Manisan Buah

Makanan ringan khas Cianjur berikutnya adalah manisan dan asinan buah. Asinan buah Cianjur terkenal dengan rasa khasnya yang enak. Selain nikmat dimakan langsung di tempat, asinan buah ini juga cocok dijadikan buah tangan bagi teman dan kerabat. Asinan buah ini kerap diburu wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Cianjur. Asinan Cianjur biasanya terdiri dari beragam buah yang dijadikan satu dalam wadah lalu diguyur dengan kuah asinan yang diracik dengan bumbu khusus yang khas. Selain asinan, tak kalah enak ada manisan buah khas Cianjur. Sama dengan asinan Cianjur, manisan buah Cianjur ini juga dibuat dari olahan buah juga kadang sayur yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa asam manis dan juga asam pedas.

Beberapa buah yang biasa dibuat menjadi manisan antara lain antara lain

  • Kedondong
  • Timun
  • Nanas
  • Salak
  • Mangga

Sementara beberapa jenis sayuran yang biasa dibuat menjadi manisan antara lain sawi, bayam, juga terong.

8. Sate Maranggi Makanan Khas Cianjur

Sate khas Cianjur yang satu ini banyak dijajakan di perbatasan antara Bogor dan Cianjur, tepatnya berlokasi di Jl Raya Cipanas. Jika Anda berkendara dari arah Cianjur letaknya di dekat pertigaan Cipendawa sebelum sampai ke turunan simpang raya. Resep makanan khas Cianjur ini sebenarnya cukup sederhana. Racikan bumbunya terdiri dari bumbu bacem yang dilumurkan pada daging sapi yang telah dipotong potong dan ditusuk lalu dibakar sampai bumbunya meresap. Sate Maranggi ini memiliki tekstur yang tidak alot, sangat empuk. Biasanya penjual sate Maranggi hanya buka di malam hari. Satu tusuk sate Maranggi biasa dihargai mulai Rp. 2.500,- rupiah saja. Sate ini nikmat disantap dengan nasi hangat yang dibungkus daun pisang dengan harga Rp.3000 rupiah per bungkusnya.

9. Sambel Hejo Makanan Khas Cianjur

Hampir setiap daerah di Indonesia ini punya sambal khasnya, tak terkecuali kota Cianjur. Cianjur memiliki sambal khas yang bernama sambel Hejo. Sambal makanan khas Cianjur ini cukup mudah dibuatnya. Sambal ini dibuat dari berbagai bahan yang terdiri dari cabai rawit hijau, kencur, tomat hijau, dan garam. Cabe rawit hijau dan tomat direbus terlebih dahulu, kemudian diuleg dengan garam dan kencur lalu ditambah sedikit penyedap rasa. Sambel hejo nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat dengan ikan goreng atau ikan bakar.

Sambel Hejo Cianjur
Sambel Hejo Cianjur

10. Bandrek

Minuman tradisional Cianjur ini cukup legendaris dan favorit bagi banyak orang. Minuman khas sunda ini memiliki aroma rempah yang kuat dengan rasa sedikit pedas khas rempah. Ditambah campuran kayu manis serta gula aren menjadikan perpaduan rasa yang pas di dalam segelas bandrek. Minuman ini nikmat diminum saat cuaca dingin atau pada malam hari. Salah satu pusat pembuatan dan juga penjualan bandrek di Cianjur terletak di Desa Sukamaju yang terkenal dengan proses produksinya yang tradisional dan bahan bahannya yang alami.

Nah itu tadi beberapa ulasan mengenai makanan khas Cianjur. Indonesia masih memiliki banyak lagi makanan khas dari daerah lain. Simak terus informasinya di wisata expo, jangan lupa tinggalkan komentar jika Anda memiliki request untuk pembahasan wisata kuliner atau wisata alam dari daerah tertentu.

Umbul Ponggok

wisataExpo
3 min read

Museum Di Jakarta

wisataExpo
3 min read

Wisata Purwakarta

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *