Makanan Khas Surabaya

4 min read

Lontong Kupang Makanan Khas Surabaya

Surabaya merupakan Ibu kota Jawa Timur yang dijuluki kota pahlawan. Surabaya merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain banyak memiliki tempat wisata yang menarik, Kota Surabaya juga memiki banyak makanan khas Surabaya yang cocok untuk berwisata kuliner. Berikut daftar makanan khas Surabaya untuk oleh oleh dan untuk anda nikmati di Surabaya.

Daftar Kuliner Makanan Khas Surabaya Jawa Timur

Almond Crispy Makanan Khas Surabaya

Almond crispy adalah kudapan yang sedang populer di Surabaya. Meskipun makanan ini baru saja muncul, namun almond crispy berhasil menjadi oleh oleh khas Kota Pahlawan yang cukup digemari. Makanan khas Surabaya almond crispy ini terbuat dari telur, susu bubuk, tepung, ,gula, keju dan almond sebagai topping.

Baca Juga : Lima Spot Destinasi Wisata Sidoarjo Yang Menarik

Almond crispy terdiri dari tiga varian rasa utama yaitu original cheese, cokelat, blueberry, strawberry dan greantea. Satu box 150 gram almond crispy dibanderol dengan harga Rp 48.000. Sedikit mahal memang, namun harganya sebanding dengan perpaduan rasa tepung dan almond yang lezat.

Kerupuk Ikan Kenjeran

Pantai Kenjeran Surabaya merupakan daerah yang memiliki hasil laut yang melimpah. Kerupuk kenjeran ada yang dijual dalam keadaan mentah maupun yang sudah siap santap. Kerupuk ikan kenjeran memiliki berbagai varian warna sesuai dengan bahan utama pembuatnya. Warna hitam untuk bahan cumi, hijau untuk bahan rumput laut dan cokelat untuk bahan kerang. Untuk harganya, umumnya kerupuk ini dibanderol dengan harga 15.000 – 300.000 rupiah per kg.

Kerupuk Ikan Kenjeran Surabaya Jawa Timur
Kerupuk Ikan Kenjeran Surabaya Jawa Timur

Sambal Udang Bu Rudy

Ini dia oleh – oleh makanan khas Surabaya JawaTimur yang cocok untuk Anda yang menggemari makanan pedas. Sambal Udang Bu Rudy banyak dicari oleh konsumen untuk diborong. Karena sambalnya tahan lama, sehingga aman jika langsung membeli dalam jumlah banyak. Sambal pedas Bu Rudy memiliki varian Sambal Bajak Terasi dan Sambal Peda Hijau. Varian tersebut dijuluki oleh pemiliknya sebagai sambal stopan, karena warna tutup kemasan yang mewakili lampu merah. Setiap botol sambal udang dibanderol dengan harga 20.000 rupiah. Dalam sehari Toko Bu Rudy dapat menjual hingga 200 kg sambal. Untuk membeli sambal udang Bu Rudy Anda dapat berkunjung ke salah satu cabang terbesarnya yang berada di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Di sini, Anda bebas memilih berbagai macam sambal yang dikemas dalam berbagai ukuran.

Baca Juga : Bukit Delight Malang yang Romantis Abis

Siropen Telasih Makanan Khas Surabaya

Dari namanya saja sudah terlihat seperti Bahasa Belanda. Ya, Siropen Telasih awalnya memang perusahaan milik Belanda yang berlokasi di Jalan Mliwis. Minuman ini telah diproduksi sejak 1923. Pada awalnya, yang bisa menikmati kesegaran Siropen Telasih hanyalah para kaum bangsawan saja. Minuman ini memiliki cita rasa yang khusus karena sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan. Hal inilah yang membuat Siropen Telasih memiliki rasa yang khas dan nikmat yang menyegarkan.

Minuman ini terdiri dari beberapa varian rasa seperti frambosen, jeruk keprok, vanili, cocopandan, dan mawar. Yang menarik dari siropen telasih ini adalah pengemasannya. Ada kemasan reguler dan premium. Pada kemasan premium, Siropen Telasih dikemas dalam botol yang mirip dengan wine, sehingga terlihat berkelas. Siropen Telasih ini wajib Anda bawa pulang sebagai makanan khas Surabaya yang tidak ada di Kota Lain.

Lontong Kupang

Mendengar namanya pasti membuat Anda bingung. Karena Kupang adalah nama daerah di pulau timur, mengapa menjadi makanan khas Surabaya? Kupang disini bukan merupakan nama suatu daerah, melainkan merupakan hewan laut sejenis kerang kecil yang ukurannya cukup kecil (lebih kecil dari kerang). Lontong kupang sendiri merupakan sajian irisan lontong yang disiram dengan kuah yang sudah diberi bumbu cabe, bawang putih, dan juga bumbu khas masakan di Surabaya yaitu petis. Setelah disiram kuah khasnya, lontong kemudian kembali disiram kupang beserta dengan kuahnya. Kemudian ditaburi bawang goreng yang renyah nan gurih untuk menggugah selera Anda. Kuliner khas Surabaya kupang lontong ini dapat Anda nikmati cukup dengan 17.000 rupiah saja.

Lontong Kupang Makanan Khas Surabaya
Lontong Kupang Makanan Khas Surabaya

Mie Akhirat Makanan Khas Surabaya

Penamaan yang unik dari hidangan ini menjadi daya tarik sendiri untuk membuat penasaran para wisatawan. Mie akhirat ini memiliki keunikan karena terdiri dari dua warna yaitu putih yang identik dengan surga dan warna hitam yang berarti neraka. Salah satu makanan khas Surabaya dekat bandara ini mengusung tag line “Nikmatnya surga dan Pedasnya neraka”. Metode promosinya pun menarik, mulai dari gratis buka puasa setiap hari senin dan hari kamis, sampai dengan diskon bagi jomblo menahun. Branding dan promosi yang kuat menjadikan makanan murah ini ramai dikunjungi oleh pembeli yang penasaran. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?Lokasi Mie Akherat ini terletak di Jl. Citarum No.2 Surabaya, tepat di sebelah masjid Al-Falah.

Rujak Cingur

Ini dia primadona dari wisata kuliner Surabaya yang enak rasanya. Yang paling terkenal adalah sebuah warung makan di Jl. Embong Gayam, Surabaya. Di kawasan yang tak jauh dari Tunjungan Plaza itu Anda akan menemukan warung rujak cingur Ibu Rokayah. Di warung kecil yang sederhana ini para pecinta makanan khas kota Surabaya rujak cingur biasa memuaskan kegemarannya menyantap rujak cingur. Rujak cingur Ibu Rokayah memiliki dua macam varian, matengan (semua bahannya dimasak) dan campur (dicampur dengan buah). Bila Anda membeli yang matengan, dalam satu porsi akan terdapat lontong, kangkung, taoge, tempe goreng, tahu goreng, dan cingur (bibir sapi) sebagai bagian utamanya. Namun jika memilih yang campur, akan ditambah dengan nanas, bengkuang, mangga muda, dan mentimun. Bumbu untuk kedua macam rujak cingur tersebut sama, yakni cabai, pisang batu, garam, kacang tanah, bawang putih, dan dua macam petis udang.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk, Jenis Wahana & Lokasi Wisata Devoyage Bogor

Pecel Semanggi

Makanan khas Surabaya Semanggi atau pecel semanggi ini merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak digemari wisatawan. Pecel Semanggi dibuat dari daun semanggi yang dimasak dengan cara dikukus dan diguyur sambal pedas yang nikmat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Makanan tradisional khas Surabaya dengan mudah dapat Anda temukan di setiap sudut kota Surabaya. Biasanya banyak ibu – ibu yang memakai jarit, dan menggunakan tenggok (wadah anyaman bambu) untuk menjual pecel semanggi ini. Harganya pun cukup terjangkau hanya sekitar 8000 rupiah saja per porsi.

Pecel Semanggi Kuliner Surabaya
Pecel Semanggi Kuliner Surabaya

Lontong Balap Makanan Khas Surabaya

Lontong balap merupakan salah satu makanan khas di Surabaya yang menjadi ikon kuliner kota Pahlawan. Asal mula nama lontong balap berasal dari kebiasaan para penjualnya yang memikul barang dagangannya. Karena sangat berat, para penjual lontong balap pun berjalan dengan cepat seperti orang yang sedang balapan. Hidangan ini terdiri dari tahu goreng, potongan lontong, lentho, bawang goreng dan taoge yang melimpah seperti gunung dan kemudian disiram kuah. Juga tidak ketinggalan sebagai pelengkap adalah bumbu petis udang yang menambah kelezatan. Hidangan ini merupakan kuliner khas Surabaya pagi hari yang cocok untuk sarapan.

Sudah tidak sabar bukan untuk mencicipi makanan khas Surabaya. Selain dari Surabaya, Anda wajib mencicipi makanan khas Padang yang sudah tersohor seantero negeri, dan juga makanan khas Riau yang hampir mirip dengan masakan Padang namun memiliki keunikan tersendiri. Jika Anda bosan dengan makanan yang memiliki citarasa kuat seperti Padang dan Riau, Anda dapat menilik makanan khas Magelang dengan citarasa ringan namun tak kalah lezat dari makanan khas daerah lain. Temukan informasi tempat wisata terbaru serta wisata kuliner lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Tanjung Benoa

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Cianjur

wisataExpo
4 min read

Pantai Pandawa

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *