Museum Angkut

3 min read

Wisata Terbaru Museum Angkut Malang

Kota Batu Malang terkenal sebagai tujuan favorit wisatawan. Dengan udara sejuk khas pegunungan, ditambah dengan dukungan pemda setempat yang menyediakan beragam tempat wisata menjadikannya sebagai salah satu surga wisata. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan tentang tempat wisata museum angkut Malang Jawa Timur.

Museum Angkut sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga Jawa Timur. Anda sekeluarga bisa mempelajari dan melihat berbagai jenis alat transportasi. Mulai dari yang tradisional hingga transportasi modern. Wisata museum Jawa Timur ini mulai diresmikan pada 9 Maret 2014.

Panduan Lengkap Wisata Terbaru Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang merupakan tempat wisata di Asia Tenggara yang pertama dalam mengusung tema alat transportasi. Terdapat beragam jenis alat transportasi dari seluruh dunia, baik itu yang masih tradisional maupun alat transportasi yang modern.

Selain sebagai tujuan wisata favorit, tempat wisata Malang ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk prawedding, lokasi untuk shooting, serta sebagai tempat untuk berbagai jenis pameran. Tempat ini juga sangat cocok bagi Anda yang hobi fotografi, karena memang sangat instagramable.

Area wisata museum Angkut cukup luas, yakni sekitar 3,7 hektar dan terbagi menjadi beberapa kawasan. Mari kita ikutin ulasan lengkapnya berikut ini.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut Malang

Harga tiket Museum Angkut dibedakan menjadi 2 kategori. Yang pertama adalah untuk periode weekday (senin – kamis), tiket masuknya seharga Rp. 70.000. Sedangkan untuk periode weekend (jumat – minggu) harga tiketnya adalah Rp. 100.000. Dengan fasilitas serta kenyamanan yang didapatkan, harga segitu tergolong relatif murah.

Anak – anak dengan tinggi badan 85 cm ke atas akan dikenakan tiket penuh. Bagi Anda yang hobi foto dan membawa kamera sendiri (Polaroid, DSLR, Handycam dan berbagai jenis kamera digital), maka diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 30.000 agar bisa bebas mengabadikan keindahan museum Angkut.

Pembagian Zona

Wisata Jawa Timur ini terbagi menjadi beberapa zona dengan tema yang berbeda. Berikut ini pembagian zona sesuai dengan jenis wahana yang ada didalamnya.

  1. Zona Hall Utama

    Pada zona utama ini terdapat koleksi alat angkut dari berbagai negara serta dari berbagai periode zaman. Ruangan utama akan Anda jumpai ketika pertama kali memasuki pintu utama.

  2. Zona Edukasi

    Sesuai dengan namanya, zona Edukasi Museum Angkut memberikan informasi sejarah transportasi dari berbagai penjuru dunia. Luas yang dimiliki zona edukasi sekitar 900 meter persegi. Mobil Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipake presiden pertama Indonesia menjadi salah satu kendaraan favorit di Zona Edukasi.

  3. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

    Sunda Kelapa dan Batavia merupakan representasi kota Jakarta tempo dulu. Tempat tersebut merupakan pelabuhan paling terkenal pada jaman Hindia Belanda.

  4. Zona Gangster Town & Broadway Street

    Zona ini berisi beberapa kendaraan yang biasa digunakan oleh artis ternama dari seluruh belahan dunia.

  5. Zona Las Vegas

    Zona Museum Angkut ini memiliki nuansa Amerika, lebih tepatnya Las Vegas. Tempat ini lebih indah apabila dinikmati ketika malam hari.

  6. Zona Eropa

    Zona ini menampilkan berbagai nuansa dari beberapa negara Eropa terkenal. Diantaranya London, Paris, Jerman serta Itali.

  7. Zona Hollywood

    Kumpulan berbagai kendaraan yang pernah digunakan dalam beberapa film Hollywood tersedia disini.

    Zona Hollywood Museum Angkut Batu Malang
    Zona Hollywood Museum Angkut Batu Malang
  8. Zona Istana Buckingham

    Zona Istana Buckingham disediakan khusus untuk memperkenalkan beberapa angkutan kendaraan negara Inggris. Kendaraan berkelas terpampang disini mulai dari Filir, Mini Coper, Raligh, bahkan kendaraan yang pernah digunakan Ratu Elizabeth juga ada disini.

  9. Zona Pasar Apung

    Zona ini khusus menyediakan bermacam – macam souvenir Museum Angkut khas Nusantara. Selain souvenir, tersedia juga beberapa pilihan kuliner yang menggoda.

  10. Zona Flight Training

    Disini Anda akan merasakan suasana berbeda dibandingkan Zona lainnya. Jika Anda ingin belajar menjadi pilot, tempat ini cocok sekali. Karena disini tersedia ruang cockpit yang sudah dimodifikasi. Namun untuk dapat mencoba belajar menjadi pilot, diharuskan membeli tiket tambahan.

  11. Zona D’Topeng Kingdom

    Wilayah ini merupakan representasi identitas dari bangsa Indonesia. Zona Dtopeng Kingdom merupakan museum seni dan budaya Indonesia. Terdapat berbagai jenis topeng dari berbagai wilayah di Indonesia.

Fasilitas Museum Angkut Jawa Timur

Fasilitas yang ada ditempat wisata Batu ini cukup lengkap. Beberapa fasilitas standart tersedia antara lain Mushola, Toilet, Tempat Parkir serta Foodcourt untuk tempat makan.

Tempat Wisata Edukasi Batu Malang
Tempat Wisata Edukasi Batu Malang

Karena tempatnya yang sangat instagramable, banyak pengunjung yang memanfaatkan Museum Angkut sebagai tempat untuk Foto PreWedding. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp. 2,5 juta. Anda bisa masuk ke museum lebih awal daripada pengunjung lainnya, sehingga bisa memilih spot foto yang terbaik tanpa gangguan pengunjung.

Dengan luas hampir 4 hektar, tentu saja sangat capek apabila Anda mengelilingi tempat wisata Malang ini dengan jalan kaki. Namun Anda tidak perlu khawatir, di Museum Angkut tersedia Shuttle Car dan Dotto Train secara gratis untuk berkeliling.

Tersedia juga lift untuk berpindah dari zona yang berbeda lantai, sehingga tidak perlu menggunakan anak tangga. Lift ini sebenarnya disediakan bagi pengunjung yang berkebutuhan khusus seperti lansia, anak kecil, ibu hamil atau penyandang disabilitas.

Saat ini setiap orang hampir tidak bisa dipisahkan dengan smartphone, karena memang dengan smartphone semuanya jadi lebih simple. Untuk itu tempat wisata Museum Angkut menyediakan beberapa tempat untuk charge (Charging Station) agar tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Jam Operasional

Museum Angkut Malang mulai buka dari jam 12:00 hingga 20:00 WIB. Namun bagi yang ingin melakukan sesi foto PreWedding, Anda diperkenankan memasuki area wisata sebelum jam operasional dimulai. Yakni dari jam 07:00 hingga jam 11:00 WIB.

Alamat Wisata Museum Angkut Batu

Museum Angkut berada di jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Kota Batu. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk mencapai tempat wisata Batu ini. Apabila menggunakan transportasi umum, patokan yang paling mudah adalah stasiun Malang. Dari stasiun lanjut naik angkot dan turun di terminal Ledung Sari. Kemudian naik bis Puspa jurusan Jombang.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa lebih mudah karena saat ini sudah tersedia fasilitas google Maps yang akan memandu Anda sampai tempat tujuan.

Itulah informasi tempat wisata favorit kota Batu, Museum Angkut yang patut dikunjungi. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata Expo.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *