Museum Di Jakarta

3 min read

Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Tiba

WisataExpo – Tak sedikit orang beranggapan bahwa di era modern ini masyarakat mulai meninggalkan hal-hal yang berbau seni dan sejarah. Padahal sebaliknya, justru di jaman yang serba mutakhir ini banyak masyarakat terlebih generasi muda yang mulai mengenali dunia seni melalui beberapa pengembangan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya bangunan museum di Jakarta yang menjadi destinasi wisata favorit bagi semua kalangan.

Beberapa museum di Jakarta yang jadi destinasi wisata tersebut memang dikemas dengan nuansa kekinian yang instagramabel. Maka dari itu, tak heran jikalau saat kini museum dan art gallery menjadi tujuan utama generasi milenial untuk berlibur.

Hampir semua kota di seluruh Indonesia, termasuk didalamnya adalah Jakarta memiliki potensi wisata sejarah yang tersaji dalam bentuk museum atau art gallery. Nah bagi yang berminat untuk menyambangi beberapa bangunan museum di Jakarta yang kekinian dan instagramabel, barangkali artikel ini dapat menjadi rujukan sekaligus alternatif tempat wisata terbaik.

Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Tiba

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau yang sering disebut dengan Museum Sejarah Jakarta merupakan salah satu bangunan bersejarah yang cukup populer di kalangan wisatawan. Dulunya museum yang berada di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat ini adalah sebuah gedung bekas kantor Gubernur yang pernah diresmikan pada tahun 1974 silam.

Museum Fatahillah Jakarta
Museum Fatahillah Jakarta

Bangunan bersejarah yang kini didapuk sebagai objek wisata ini bukan hanya tampil dengan struktur bangunan khas Belanda yang kokoh dan megah saja. Namun keberadaan ruang bawah tanah yang konon cukup menyeramkan tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tak hanya menjelajahi setiap sudut ruangan dalam museum saja, namun Anda juga bisa berswafoto berkat lokasinya yang fotogenik. Namun sebelumnya kita diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000 untuk orang dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak terlebih dahulu. Murah banget kan?

Museum Taman Prasasti

Museum bertajuk Taman Prasasti yang berada di Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/8, Petojo Sel, Gambir, Kota Jakarta Pusat ini menjadi museum di Jakarta yang wajib dikunjungi saat berwisata selanjutnya. Museum yang dipatok dengan biaya masuk sebesar Rp. 2000 – Rp. 5000 tersebut merupakan museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda.

Banyak sekali benda bersejarah yang bisa Anda dapati di Museum Taman Prasasti ini, diantaranya adalah koleksi prasasti Nisan Kuno, koleksi kereta jenazah antik, prasasti peresmian pada masa kolonial Belanda hingga miniature makam khas dari 27 Provinsi di Indonesia. Museum ini beroperasi setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00 – 15.00 sore, jika Anda berminat menyambanginya pastikan kedatangan Anda sesuai dengan jam operasionalnya.

Museum Wayang

Sesuai namanya museum yang berada di kawasan kota Tua tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT3/6, Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat ini memanjakan wisatawan dengan koleksi wayangnya dari Sabang sampai Merauke. Gedung yang memiliki desain bangunan unik ini dulunya merupakan Gereja, namun setelah mengalami perombakan beberapa kali akhirnya bangunan ini dijadikan sebagai Museum Wayang. Tempat ini merupakan museum di kota Tua  dengan harga tiket yang murah. Untuk menyaksikan seluruh koleksi wayang Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja setiap orangnya.

Museum Di Jakarta Pusat Museum Nasional

Jalan-jalan ke Jakarta memang tak lengkap rasanya jikalau belum menggunjungi Museum Nasional yang letaknya berada di Jl. Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Bangunan yang cukup populer di Jakarta tersebut dulunya sering disebut dengan Museum Gajah berkat adanya patung gajah yang sangat iconic di depan bangunannya. Di kawasan wisata bertarif Rp. 2000 – Rp.5000 tersebut bukan hanya memanjakan Anda dengan koleksi arca peninggalan kerajaan di masa lampau saja. Namun di museum ini Anda juga akan diajak belajar tentang sejarah Indonesia yang tersaji dalam bentuk prasasti.

Museum Di Jakarta Pusat Museum Nasional
Museum Di Jakarta Pusat Museum Nasional

Museum Seni Rupa dan Keramik

Ragam koleksi barang-barang unik di Museum Seni Rupa dan Keramik ini menjadikannya sebagai salah satu museum Jakarta yang wajib dikunjungi. Bangunan bersejarah yang letaknya bersebrangan dengan Museum Fatahillah ini memanjakan pengunjung dengan ragam koleksi keramik lokal yang diperoleh dari berbagai daerah di Tanah Air. Jika Anda berkenan mengunjungi museum ini silahkan bertandang ke Jl. Pos Kota, RT9/7, Pinagsia, Tamansari, Jakarta Barat dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5000 saja.

Museum Basoeki Abdullah Museum di Jakarta

Museum Basoeki Abdullah memang menjadi primadona bagi mereka yang gemar melukis dan menggambar. Pasalnya di museum ini terdapat banyak sekali ragam lukisan beraliran realis dan naturalis karya Basoeki Abdullah yang bisa dilihat hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2000 – Rp. 5000 saja.

Fransiskus Xaverius atau yang lebih populer dengan nama Basoeki Abdullah merupakan maestro pelukis legendaris yang karyanya bisa dilihat dirumah pribadinya yang berada di Jl. Keuangan Raya No.19, RT7/5, Cilandak, Jakarta Selatan. Tak hanya lukisan, namun museum ini juga menyimpan berbagai karya seni ciptaan Basoeki Abdullah lainnya, seperti patung, topeng hingga wayang.

Museum Bank Indonesia

Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja, Anda sudah bisa belajar mengenai sejarah perekonomian Indonesia di Museum Bank Indonesia. Berbeda dengan museum-museum serupa lainnya, bangunan bersejarah yang letaknya berada di Jl. Jembaran Btu No.3, Pinabhgsia, Tamansari RT.3/6, Jakarta Barat ini lebih menyuguhkaan penjelasan yang atraktif menggunakan diorama. Mulai dari perubahan mata uang hingga krisis moneter yang pernah terjadi di Indonesia tahun 1998 silam tergambarkan jelas di museum BI ini.

Museum Satria Mandala

Museum yang ada di Jakarta yang wajib dikunjungi saat wisata selanjutnya adalah Museum Satriya Mandala yang keberadaannya terletak di Jl. Jendral Gatot Subroto No.14, RT 6/1, Kuningan, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Museum ini digunakan untuk menyimpan peninggalan peralatan perang Tentara Nasional Indonesia ini diresmikan pada tahun 1972. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2500 saja, Anda sudah bisa menyaksikan aneka peninggalan peralatan perang TNI, mulai dari rudal, ranjau, torpedo, tank, meriam hingga helicopter.

Museum Satria Mandala Jakarta Selatan
Museum Satria Mandala Jakarta Selatan

Museum di Jakarta Museum Layang-Layang

Sesuai namanya museum yang membandrol biaya retribusi sebesar Rp. 15.000 tersebut menyuguhi pengunjung dengan aneka macam layang-layang yang unik. Setidaknya terdapat 600 jenis layang-layang yang bentuknya berbeda-beda dalam museum ini. Selain melihat aneka macam layang-layang Anda juga bisa membuat bahkan melukis layang-layang sesuai dengan keinginan. Jikalau Anda berminat mengajak si kecil datang ke objek wisata ini silahkan bertandang ke Jalan Haji Kamang No.19, RT.2/1, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Nah itulah tadi beberapa museum di Jakarta yang wajib dikunjungi saat liburan yang mungkin bisa menjadi referensi liburan menarik bagi Anda dan keluarga. Tak hanya kental dengan sejarah dan seni saja, objek wisata tersebut diatas juga memberikan sensasi pengalaman tersendiri bagi pengunjungnya. Maka dari itu tunggu apa lagi? Segera ajak keluarga plesiran ke museum tersebut. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *