Museum Geologi Bandung

3 min read

Museum Geologi Bandung Wisata Edukasi dan Wisata Sejarah

Museum Geologi Bandung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif tempat wisata di Bandung. Memang kota Bandung memiliki sejuta tempat wisata menawan, namun sangat sedikit yang berupa wisata museum. Karena berlibur di museum, selain refreshing juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita.

Museum Geologi Bandung sempat mengalami renovasi agar kondisinya tetap prima serta layak dikunjungi. Proses renovasi dilakukan dengan cukup serius, hal itu terlihat dengan digandengnya Jepang dalam membantu proses tersebut. Setelah selesai renovasi, museum Geologi ini kembali dibuka untuk umum oleh Ibu Megawati pada tahun 2000-an.

Mengintip Isi Museum Geologi Bandung

Sebagaimana tempat wisata museum pada umumnya, Museum Geologi Bandung juga menyimpan berbagai koleksi bersejarah. Mulai dari fosil, bebatuan serta beberapa benda sejarah lainnya.

Tempat wisata di Bandung ini sering menjadi tempat tujuan study tour beberapa sekolah. Hal ini tentu sangat bagus, mengingat wisata museum memiliki nilai sejarah dan nilai edukasi yang cukup tinggi.

Tempat wisata museum Bandung ini terdiri dari 2 lantai dengan koleksi yang berbeda. Mari kita bahas lebih detail struktur serta barang koleksi pada setiap lantai.

Lantai 1 Museum Geologi Bandung

Secara garis besar lantai 1 bangunan Museum Bandung ini terbagi menjadi tiga ruangan besar. Yaitu ruangan tengah, ruangan barat serta ruangan timur. Setiap ruangan memiliki fungsi serta koleksi yang berbeda.

Ruangan Tengah Museum

Pada ruangan ini Anda dapat menjumpai kegiatan animasi Geologi serta kegiatan museum pada layar lebar. Untuk mendapatkan informasi umum seputar museum, Anda dapat menemukannya disini. Karena memang di ruangan tengah museum ini terdapat pelayanan informasi umum, pelayanan pendidikan dan penelitian.

Ruang Tengah Museum Geologi Bandung
Ruang Tengah Museum Geologi Bandung

Ruangan Barat Museum Geologi Bandung

Dari ruang tengah, Anda dapat melanjutkan penelusuran museum menuju ruangan sebelah barat. Pada tempat ini terdapat informasi mengenai hipotesis terjadinya bumi. Selain itu juga terdapat informasi sistem tata surya, hingga simulasi atau informasi mengenai lempeng aktif kulit bumi.

Bagi yang tertarik mengenai sejarah maupun ilmu pengetahuan geologi memang tidak boleh melewatkan lantai 1 ruangan barat dari museum Geologi Bandung. Di tempat inilah terdapat berbagai koleksi benda prasejarah serta sejarah evolusi menurut teori Darwin.

Beberapa koleksi benda Geologi sejarah di Ruangan Barat.

  1. Fosil Manusia Purba
  2. Beragam Jenis Bebatuan (Batuan Beku, Batuan Sedimen, Batuan Malihan)
  3. Pemetaan Sumber Daya Mineral Indonesia
  4. Contoh Perlengkapan Lapangan Terkait Ilmu Geologi

Di ruangan barat ini juga terdapat informasi mengenai geofisika, geologi, gunung api, geomorfologi, seismotektonik dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga bisa melihat pertunjukan keadaan berbagai gunung berapi di Indonesia.

Ruangan Timur Museum

Ruangan timur Bandung Geological Museum memberikan informasi sejarah perkembangan makhluk hidup bumi mulai dari masa primitif hingga modern. Terdapat berbagai macam tulang kerangka atau fosil, mulai dari manusia hingga keluarga dinosaurus.

Fosil Makhluk Hidup Prasejarah
Fosil Makhluk Hidup Prasejarah

Yang masih terlihat dengan cukup baik adalah fosil Dinosaurus Tyrannosaurus Rex Osborn. Namun masih banyak beberapa fosil lainnya, termasuk tengkorak manusia purba. Serta fosil ikan dan ular yang ditemukan pada lapisan tanah Danau Bandung.

Yang spesial pada ruangan timur ini adalah Anda bisa mempelajari proses pembentukan fosil, minyak bumi serta batu bara. Ruangan yang didesign sedemikian rupa sehingga mampu membuat pengunjung merasa berada pada lingkungan purba masa itu.

Lantai 2 Museum Geologi Bandung

Mirip dengan lantai 1 yang sudah kita bahas sebelumnya, pada lantai 2 juga terbagi menjadi 3 bagian utama. Mari kita kupas setiap ruangan tersebut.

Ruangan Tengah Museum

Ruangan tengah ini berisi berbagai macam sumber daya alam yang ada di Indonesia. Terdapat koleksi bebatuan asal Papua, koleksi maket tambang emas terbesar dunia yang berada di Irian Jaya. Selain itu juga terdapat miniatur pengeboran gas bumi serta miniatur pengeboran minyak bumi.

Ruangan Barat Museum

Ruangan barat ini lebih diperuntukkan bagi staf atau pengurus Museum.

Ruangan Timur Museum

Pada ruangan ini memberikan informasi jenis – jenis bahaya geologi seperti letusan gunung api, tanah longsor. Selain itu juga terdapat informasi dari sisi positif aspek geologi serta penjelasan cara memanfaatkan sumber daya alam serta penjelasan mengenai pengaruh lingkungan terhadap kelestarian sumber daya alam.

Wisata Museum Geologi Bandung Lantai 2
Wisata Museum Geologi Bandung Lantai 2

Selain informasi diatas, pada ruangan sisi timur lantai 2 Museum Geologi Bandung juga memberikan informasi kegunaan batu mineral, serta rekaman kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral.

Lokasi & Rute Museum Geologi

Museum Geologi Bandung berada di jalan Diponegoro No. 57, Bandung. Tempat wisata di Bandung ini sangat mudah diakses karena memang berada di tengah kota. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi bisa memanfaatkan teknologi maps pada smartphones.

Apabila menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki angkot nomor 10 yang berwarna kuning-hijau dengan rute Stasiun Hall – Sadang Serang. Turun pertigaan Masjid Pusdai, lanjut dengan angkot nomor 5 dengan rute Cicaheum – Ledeng. Angkot nomor 5 ini trayeknya melalui tempat wisata Museum Geologi.

Harga Tiket & Jam Operasional

Harga tiket masuk Museum Geologi Bandung tergolong murah. Untuk pelajar dikenakan tarif Rp. 2000, untuk wisatawan lokal harga tiketnya adalah Rp. 3000, sedangkan untuk wisatawan asing herga tiketnya sebesar Rp. 10.000. Perlu diingat harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Untuk jam operasional Museum Geologi Bandung mulai dari jam 09.00 hingga jam 15.30 pada hari senin sampai kamis. Sedangkan pada hari sabtu dan minggu hanya buka sampai jam 13.30. Khusus hari jumat, museum Bandung ini libur.

Itulah informasi mengenai tempat wisata Museum Geologi Bandung yang dapat kami sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Jika Anda mempunyai masukan atau ide tempat wisata yang perlu direview, silahkan hubungi kami melalui laman kontak yang tersedia. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *