Museum Macan

3 min read

Museum Macan Jakarta Lokasi Rute Fasilitas Harga Tiket

Berlibur tidak melulu soal menghamburkan uang. Selain menyegarkan pikiran, dengan berlibur kita juga bisa menambah ilmu dan pengetahuan. Salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata Museum Macan yang berada di Jakarta.

Museum Macan merupakan tempat wisata Jakarta dengan konsep seni kontemporer. Berbagai macam karya seni terkemuka dari seluruh dunia bisa Anda jumpai disini. Silahkan lanjutkan membaca artikel berikut ini untuk mengetahui lebih jauh segala sesuatu tentang museum Macan Jakarta.

Detail Informasi Seputar Museum Macan Jakarta

Museum Macan bukan satu – satunya wisata edukasi yang berada di Jakarta. Beberapa tempat tersebut antara lain Planetarium Jakarta, Galeri Nasional, Taman Ismail Marzuki ataupun Galeri Salihara. Kesemua tempat wisata Jakarta ini menyuguhkan pertunjukan seni atau pagelaran seni budaya sebagai suguhan utama.

Yang unik dari Museum Macan Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah karya seni yang ditampilkan mayoritas merupakan karya seni luar negeri. Karya seni tersebut beberapa berasal dari negara China, Amerika, Jepang, Eropa serta beberapa negara Asia lainnya.

Beberapa karya seni yang ada merupakan karya dari seniman kawakan yang sudah diakui sebagai seniman kelas dunia. Sebut saja Yoyoi Kusama dan On Kwara yang berasal dari Jepang, Arahmaiani dari Amerika serta Lee Mingwei dari Thailand.

Lokasi Tempat Wisata Museum of Modern and Contemporary Art Nusantara

Tempat wisata museum ini beralamatkan di Jl. Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dengan lokasi Museum Macan yang cukup strategis tersebut, memudahkan para pengunjung untuk mengakses kawasan tersebut.

Anda tidak perlu khawatir, karena disekitaran objek wisata museum ini terdapat beberapa tempat wisata Jakarta lain yang tidak kalah menarik. Antara lain wisata Central Park yang berjarak sekitar 3 km ataupun wisata Tugu Monas dengan jarak sekitar 10 km. Meskipun jaraknya yang tidak begitu jauh, namun Anda harus memperhitungkan padatnya transportasi, mengingat Jakarta merupakan kota yang macet.

Rute Menuju Museum Macan Jakarta

Untuk dapat sampai ke tempat wisata Jakarta ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, Anda cukup memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dengan fitur maps pada smartphones, bisa Google Maps ataupun Waze.

Jika Anda akan menggunakan transportasi umum, secara garis besar terbagi menjadi 2 rute. Yaitu rute dari pusat kota Jakarta, serta rute dari luar kota. Untuk rute dari pusat kota tidak terlalu rumit, dari terminal Blok M Anda bisa naik Transjakarta dengan tujuan ke Halte Kebayoran Lama. Kemudian dilanjutkan dengan arah Kebon Jeruk, setelah itu lanjut dengan naik angkot menuju Museum Macan. Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa ojek online yang saat ini sudah tersedia diseluruh penjuru Jakarta.

Sedangkan apabila rute dari luar kota (kita asumsikan kali ini dari Kota Bogor atau Bekasi), anda bisa menggunakan KRL dengan tujuan stasiun Tanah Abang Jakarta. Dari stasiun Tanah Abang lanjutkan dengan KRL dengan tujuan stasiun Serpong dan turun stasiun Kebayoran. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan Transjakarta kodirod 8 dengan tujuan Halte Kebon Jeruk. Setelah itu naik angkot menuju Museum Macan.

Harga Tiket Museum Macan

Harga tiket masuk Museum Macan Jakarta terbilang cukup mahal. Karena memang objek wisata ini bukan sembarang tempat wisata, terdapat unsur edukasi didalamnya dengan karya seni yang tidak ternilai. Berikut ini informasi lengkap harga tiket masuk wisata museum Jakarta.

  1. Dewasa – Rp. 100.000 per orang
  2. Pelajar – Rp. 90.000 per orang
  3. Anakanak – Rp. 80.000 per orang

Dengan harga yang tidak murah tersebut, fasilitas di Museum Macan bisa dibilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat ruang menyusui, ruang P3K, tempat ibadah, toilet serta tempat penitipan barang.

Museum Macan juga memiliki area parkir yang cukup luas dan tertata rapi. Parkir motor berada pada level P3, parkir bus pada level P2, sedangkan untuk parkir mobil berada pada level P1 – P5.

Daftar Wahana Menarik

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, tempat wisata Jakarta ini tidak hanya menyuguhkan pameran karya seni kelas dunia. Anda juga akan menjumpai beberapa wahana serta spot yang instagramable. Berikut ini beberapa wahana di Museum of Modern and Contemporary Art Nusantara.

Dots Obsession

Spot ini berisikan bola berukuran besar yang berwarna kuning dengan hiasan titik hitam didalamnya. Spot inilah yang akan Anda jumpai ketika memasuki tempat wisata museum ini. Tempat ini merupakan karya dari Yayoi Kusama seorang seniman kawakan dari Jepang.

Museum Macan Jakarta Worlds Greatest Places Dots Obsession
Museum Macan Jakarta Worlds Greatest Places Dots Obsession

Infinity Mirrored Room

Menurut informasi, inilah wahana atau spot yang paling menarik untuk berfoto. Lagi-lagi karya Yayoi Kusama ini sangat mempesona. Anda akan melihat bola berwarna-warni dalam jumlah yang banyak layaknya bintang diangkasa.

Love Forever

Berbeda dengan karya Yayoi Kusama pada umumnya yang berwarna cerah, tempat ini berisi lukisan monokrom yang dibuat pada rentang waktu 2004 hingga 2007.

Experiments In Japan

Wahana ini berisikan karya seni berupa tanaman dengan bahan seperti bunga, labu serta polkadot yang merupakan salah satu ciri khas karya Yayoi Kusama. Karya tersebut terinspirasi dengan kondisi masyarakat Jepang pada sekitar tahun 1973.

Yayoi Kusama LITHOAR My Eternal Soul
Yayoi Kusama LITHOAR My Eternal Soul

Peraturan Museum Macan

Setiap tempat wisata pastilah memiliki peraturan yang wajib kita ikuti dan patuhi. Hal tersebut untuk menjaga ketertiban serta keamanan bersama. Berikut ini beberapa peraturan yang wajib ditaati ketika berkunjung ke tempat wisata Museum Macan Jakarta.

  • Tidak boleh sembarangan menyentuh karya seni.
  • Berbicara dengan sopan.
  • Kondisi HP harus dalam keadaan silent serta tidak diperkenankan melakukan percakapan via smartphones.
  • Tidak boleh membawa makanan dan minumal ke dalam setiap galeri pertunjukan.
  • Tidak diperkenankan foto menggunakan flash.
  • Boleh untuk menggambar sketsa karya seni hanya menggunakan pensil dengan ukuran kertas maksimal 22 cm x 28 cm.
  • Hanya boleh membawa tas kecil ke dalam galeri. Jika ada bawaan yang lebih besar harus dititipkan pada tempat yang sudah disediakan.
  • Petugas Museum mempunyai hak untuk mengeluarkan pengunjung yang tidak mematuhi peraturan.

Tips Wisata Museum Jakarta

Sebagai penutup, tidak lengkap rasanya jika kami belum memberikan beberapa tips agar liburan ke museum lebih maksimal. Berikut ini beberapa tips wisata ke Museum Macan yang bisa Anda ikuti.

  1. Selalu periksa kondisi kesehatan sebelum berlibur agar lebih maksimal dalam beraktifitas.
  2. Datang lebih awal agar tidak antri serta punya banyak waktu untuk mengeksplore semua wahana.
  3. Periksa jadwal pameran karya seni yang akan dipamerkan. Silahkan mengunjungi situs resmi Museum Macan.
  4. Ada baiknya berkunjung pada hari kerja agar tidak berdesakan dengan pengunjung lainnya.
  5. Selalu ikuti dan patuhi peraturan yang berlaku.

Itulah beberapa informasi lengkap seputar Museum Macan Jakarta yang menarik untuk Anda kunjungi. Semoga referensi diatas dapat menjadi pilihan terbaik saat Anda ingin melakukan kegiatan liburan mengunjungi ibukota Jakarta. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *