Nusa Lembongan

4 min read

Nusa Lembongan Bali Surga Kecil yang Terpencil

Sering berkunjung ke Bali? Jangan puas dulu sebelum Anda berkunjung ke pulau kecil di sebelah tenggara Bali. Apa lagi kalau bukan Nusa Lembongan. Ya, pulau kecil ini ternyata tidak kalah eksotisnya dengan tempat-tempat wisata di Bali yang sudah populer. Yuk, kenali lebih jauh tentang pulau ini.

Eksotisnya Nusa Lembongan Bali Idaman Wisatawan

Sebenarnya untuk area tenggara Bali tidak hanya memiliki pulau Nusa Lembongan. Terdapat pula Nusa Penida serta Nusa Ceningan. Faktor utama yang membuat banyak wisatawan mengunjungi tempat ini adalah karena keindahan alamnya. Selain itu secara suasana masih belum seramai tempat wisata lainnya di Bali.

Lokasi Nusa Lembongan

Anda pasti sudah pernah ke Pantai Sanur kan? Nah, Nusa Lembongan ini berjarak kurang lebih 10 km dari Pantai Sanur, tepatnya di tengah selat Badung. Pulau ini juga berdekatan dengan pulau kecil lainnya, yaitu Penida dan Ceningan. Secara administratif, ketiga pulau kecil tersebut berada di Kabupaten Klungkung, Bali.

Jika Anda ingin kesana, Anda bisa menaiki kapal dari Pelabuhan Serangan. Ada kapal cepat yang siap mengantar wisatawan menuju kawasan Lembongan setiap harinya. Setelah menyebrang, Anda akan berlabuh di Jungut Batu atau bisa juga di Pelabuhan Teluk Jamur. Tergantung dari kapal apa yang Anda tumpangi. Sebaiknya Anda memesan agen travel agar penyebrangan lebih nyaman.

Pesona Alam Nusa Lembongan

Pulau kecil ini kini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pasalnya ada banyak pesona alam yang masih terjaga keasriannya. Beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi saat berada di Nusa Lembongan di antaranya yaitu:

Pantai

Bali dan pantai adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, begitu pula dengan Nusa Lembongan. Ada banyak pantai yang bisa Anda sambangi, misalnya Dream Beach, Pantai Jungut Batu, Tebing Devil’s Tear, dan Pantai Mushroom Bay. Pantai-pantai tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda.

Dream Beach Nusa Lembongan Bali
Dream Beach Nusa Lembongan Bali

Misalnya pada Devil’s Tear atau “air mata iblis” dalam Bahasa Indonesia, pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Ombak besar tersebut akan menghantam batu karang yang besar sehingga tercipta percikan air laut yang cukup dahsyat. Selain Devil’s Tear, pantai lain di pulau ini juga tidak kalah cantiknya, lautnya biru dan jernih, pasirnya pun berwarna putih alami.

Wisata Edukatif Pantai Lebaoh

Bukan sekedar wisata biasa, salah satu pantai di kawasan ini menawarkan perjalanan wisata yang bisa sekaligus mengedukasi para pengunjung. Pantai Lebaoh, pantai ini dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat budidaya rumput laut. Pasalnya, lokasi pantai ini memiliki area terumbu karang yang cukup luas, dan karakter perairan yang dangkal.

Pantai Lebaoh bahkan menjadi pemasok utama kebutuhan rumput laut untuk seluruh wilayah di Bali. Wah, luar biasa bukan? Meski begitu, pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, pantai Lebaoh memang cenderung sepi. Hal ini karena fokus pantai ini adalah untuk budidaya rumput laut, bukan untuk wisata yang biasanya cenderung ramai.

Hutan Mangrove

Tidak hanya rumput laut, kawasan ini juga memiliki Hutan Mangrove yang sudah cukup populer. Luas area ini bisa mencapai 230 hektar, sangat luas bukan? Untuk dapat menikmati pemandangan ini, Anda bisa menyewa perahu untuk menyusuri pemandangan pohon-pohon bakau.

Dengan menaiki perahu, Anda akan menikmati pemandangan alam dimulai dari pinggir laut bagian luar. Setelah itu Anda akan dipandu menuju Hutan Mangrove yang indah dan sejuk. Tarif sewa perahunya sebesar Rp 150.000 untuk durasi 25 menit. Sedikit bocoran, suasana terbaik di Hutan Mangrove adalah saat pagi hari, jadi silahkan atur waktu berkunjung Anda ya.

Goa Gala-Gala

Tidak hanya wisata alam laut saja yang indah, Nusa Lembongan juga menyimpan pesona alam bawah tanah yang tidak kalah eksotis, yaitu Goa Gala-Gala. Meski terlihat alami, sebenarnya goa ini merupakan mahakarya dari seniman dalang bernama Mangku Byasa. Arsitekturnya terinspirasi dari kisah Pandawa dalam cerita Mahabarata.

Misteri Goa Gala-Gala
Misteri Goa Gala-Gala

Pembangunan goa ini dimulai sejak tahun 1961 dan berakhir pada tahun 1976. Uniknya, proses pembangunan goa ini hanya menggunakan peralatan tradisional. Meski begitu, Mangku Byasa tetap membangun berdasarkan perhitungan yang tepat. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sirkulasi udara yang baik meskipun lokasi goa ini ada di bawah tanah.

Spot Foto yang Instagramable

Rasanya bagai sayur tanpa garam jika Anda berwisata tanpa berfoto-foto di tempat yang unik. Jangan khawatir, saat berada di Nusa Lembongan Anda tidak hanya disuguhkan oleh panorama alam yang cantik saja, tetapi juga spot foto yang unik. Salah satunya yaitu jembatan kuning (Yellow Bridge) yang menghubungkan Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan.

Di atas jembatan Anda bisa berjalan-jalan santai dengan pemandangan laut yang biru. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Warna biru laut dan kuning dari jembatan ini menjadi perpaduan warna yang unik. Setelah berfoto, jangan lupa untuk membagikannya di akun Instagram Anda ya.

Fasilitas yang Tersedia

Meski terbilang masih asri, Nusa Lembongan sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Kehadiran fasilitas ini tentu dapat memudahkan para wisatawan, mengingat lokasi pulau ini cukup jauh dari pusat kota di Bali. Fasilitas tersebut di antaranya:

Hotel

Fasilitas yang pertama adalah hotel. Hotel tentu menjadi fasilitas penting, khususnya bagi wisatawan yang ingin menginap beberapa hari di pulau ini. Anda bisa bebas memiliki hotel sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan ada beberapa kamar hotel yang langsung menghadap ke laut. Wah, pasti sangat menakjubkan ya melihat pemandangan langsung dari kamar?

Hotel Resort Nusa Lembongan Bali
Hotel Resort Nusa Lembongan Bali

Villa

Fasilitas penginapan di Lembongan tidak hanya berupa hotel saja, Anda juga bisa menginap di Villa. Villa ini cocok untuk Anda yang berlibur secara rombongan, misalnya bersama keluarga besar atau para sahabat. Dengan fasilitas yang cukup mewah, villa ini juga menawarkan pemandangan langsung ke arah laut dan gunung. Indah sekali ya?

Restoran

Selain hotel, pulau ini juga menyediakan banyak restoran. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan alam sambil menyantap aneka hidangan yang menggugah selera. Tidak hanya restoran yang menawarkan aneka hidangan khas Bali, disana juga banyak kafe yang menyediakan aneka jenis kopi. Cocok untuk Anda yang ingin bersantai bersama sahabat.

Sewa Kendaraan

Selain hotel dan restoran, di Nusa Lembongan juga terdapat persewaan kendaraan, terutama motor. Anda bisa menyewa motor agar bisa berjalan-jalan dengan lebih bebas. Harga sewanya cukup terjangkau yaitu sekitar 80 ribu rupiah untuk durasi 6 jam. Dengan menaiki motor, Anda bisa menikmati pemandangan pedesaan yang masing sangat sejuk.

Tour dengan Kapal Pesiar

Tidak hanya sewa motor, pengelola pariwisata di pulau ini juga menawarkan tour mengelilingi pulau dengan menggunakan kapal pesiar. Tentu saja tour ini membutuhkan budget yang besar ya. Meski begitu, semua akan sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan, yaitu berkeliling pulau sekaligus menikmati fasilitas di dalam kapal. Keren sekali bukan?

Sampai disini apakah sudah terbayang kapan akan kesana? Jangan buru-buru, siapkan dulu semuanya dengan matang. Mulai dari budget, waktu, akomodasi, serta siapa saja yang akan Anda ajak. Meski beberapa tempat wisata di Nusa Lembongan cukup murah, namun biaya perjalanan menuju kesana cukup mahal, hal ini karena lokasinya jauh dan Anda harus menyeberangi lautan.

Demikian review wisata Nusa Lembongan Bali yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata menarik lainnya dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun mancanegara dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Watu Gunung Ungaran

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *