Oleh-oleh Khas Banjar

4 min read

Oleh-oleh Khas Banjar yang Menggiurkan

Banjarmasin merupakan kota yang paling populer, julukannya adalah Kota Seribu Sungai. Di kota ini Anda akan banyak menemukan destinasi wisata menarik, sehingga tidak akan lengkap rasanya bila tak membawa buah tangan. Oleh karena itu, pilihlah oleh-oleh khas Banjar berikut yang menarik.

Beberapa Pilihan Oleh-oleh Khas Banjar

Jika Anda pergi berlibur ke kota Banjarmasin, jangan sampai melewatkan momen satu ini. Berbelanja untuk membawakan orang rumah oleh-oleh yang enak. Biasanya di kota Banjarmasin berbagai makanannya memiliki rasa yang sangat khas, mulai dari camilan bahkan sampai makanan basah.

  1. Rabuk Ikan

Salah satu oleh-oleh khas Banjar yang paling cocok untuk Anda bawa pulang ialah Rabuk Ikan khas dari kota Banjarmasin. Rabuk merupakan sebutan dari abon, terbuat dari ikan haruan yang sangat populer di kota Banjar ini. Ikan ini hanya berada di aliran sungai Barito, jadi abon tersebut memiliki rasa khas.

Ikan haruan biasanya terkenal oleh kalangan masyarakat sebagai salah satu ikan yang beracun, ya memang benar adanya. Namun, jangan salah mengira bahwa oleh pihak produsen dan pengrajin mereka menyulap Rabuk Ikan haruan ini menjadi kudapan yang sangat lezat.

  1. Ikan Seluang Goreng

Ikan Seluang adalah salah satu jenis ikan yang mudah untuk Anda kenal dan jumpai di aliran sungai sekitar Asia Tenggara. Pada umumnya, bahan baku pembuatan produk ini berasal dari ikan yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Mungkin ukurannya hanya sekitar 2 sampai dengan 4 inchi saja.

Oleh-oleh Khas Banjar Ikan Seluang
Oleh-oleh Khas Banjar Ikan Seluang

Jenis ikan Seluang bisa dibilang mirip dengan ikan wader yang ada di Jawa. Sama-sama berukuran kecil dan dalam penyajiannya cukup digoreng kering, sehingga bisa langsung dimakan bersama durinya.

Namun, Ikan Seluang ini mudah untuk diolah dan juga sangat masyarakat gemari. Mengingat rasanya yang sangat gurih, sehingga sangatlah cocok untuk Anda jadikan camilan istimewa. Atau bisa juga sebagai teman / pendamping makan nasi dan lauk. Kelezatannya tiada tara.

  1. Amplang Ikan Oleh-oleh Khas Banjar

Biasanya Amplang akan terkenal di Balikpapan, namun siapa yang menyangka bahwa di kota Banjarmasin juga terdapat Amplang Ikan. Pada Amplang di Banjar ini, ikannya berbentuk pipih dan rasanya sangat luar biasa enak. Anda juga akan menjumpai Amplang yang terbuat dari ikan tenggiri.

Jenis ikan seperti ini telah banyak masyarakat atau bahkan wisatawan pilih, karena memiliki rasa yang gurih dan juga enak. Yaitu untuk dapat Anda jadikan cemilan santai maupun kudapan saat makan bersama nasi. Toko yang menjualnya juga banyak dan harganya pun sangat terjangkau.

  1. Kue Rangai

Oleh-oleh khas dari kota Banjarmasin berikutnya ialah Kue Rangi. Kue ini biasanya sudah terkenal dengan julukan kue sagon, seringkali kue ini banyak terjual dan bisa Anda jumpai saat momen lebaran akan tiba karena cocok sebagai jajanan idul fitri. Rasanya pun juga sangat gurih dan bertekstur lembut.

Tidak akan lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Banjarmasin, jika tak membeli Kue Rangai ini. Tekstur yang kering dan lembut membuat lidah Anda ketagihan. Bahan dasar dari pembuatan Kue Rangai ialah tepung ketan yang sudah produsen beri bumbu khas dan istimewa, jadi rasanya enak.

  1. Dodol Kandangan Oleh-oleh Khas Banjar

Dodol Kandangan adalah salah satu makanan yang sangat populer di Garut, namun siapa yang menyangka jika di Banjarmasin juga terdapat dodol yang rasanya tidak kalah nikmat. Produk ini terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti halnya tepung ketan, gula dan masih banyak lagi yang lain.

Dodol Kandangan Khas Banjarmasin
Dodol Kandangan Khas Banjarmasin

Dodol Kandangan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari dodol pada umumnya. Sebab bahan-bahan yang produsen gunakan adalah bahan bermutu tinggi sehingga sangat aman untuk Anda konsumsi. Rasanya begitu nikmat dan juga legit, cocok sebagai oleh-oleh dari kota Banjarmasin.

  1. Mandau

Beralih ke oleh-oleh khas Banjar lain selain makanan, kini ada benda khas dari kota Banjarmasin yaitu Mandau. Benda satu ini merupakan senjata milik orang Dayak yang cukup populer. Di jaman dahulu, senjata tersebut berguna untuk perang. Namun, seiring dengan perkembangan zaman fungsinya berubah.

Kini Mandau banyak masyarakat gunakan sebagai alat untuk berburu di hutan. Mandau juga memiliki aksesoris yang khas, yaitu adanya manik-manik yang biasanya digunakan oleh kepala Mandau. Selain itu, manfaat dari Mandau sendiri banyak warga pakai sebagai pajangan di rumah / koleksi.

  1. Batu Permata Oleh-oleh Khas Banjar

Tidak kalah dengan Balikpapan, kini Banjarmasin juga semakin terkenal dengan perhiasan Batu Permatanya. Batu Permata yang berada di kota Banjar ini sangatlah khas dan memiliki banyak perbedaan dengan permata pada umumnya. Salah satu produk yang populer ialah yang berasal dari Martapura.

Daya Tarik Batu Mulia Martapura
Daya Tarik Batu Mulia Martapura

Martapura ini sangat terkenal dan banyak orang kagumi, karena pihak produsen membuat batunya dengan teknik khusus sehingga menghasilkan batu yang cantik. Biasanya Batu ini cocok untuk dijadikan bahan dasar perhiasan dengan tambahan seperti emas atau perak.

  1. Batik Sasirangan

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, begitu pula dengan yang ada di kota Banjarmasin ini. Di sana pengunjung akan menjumpai batik khas yang begitu apik namanya Batik Sasirangan. Kainnya mempunyai motif yang khas seperti tumbuhan.

Batik Sasirangan Oleh-oleh Khas Banjar
Batik Sasirangan Oleh-oleh Khas Banjar

Motif batiknya sengaja produsen lukis secara diagonal, vertikal atau bahkan horizontal. Batik Sasirangan memiliki variasi yang begitu indah seperti batik tulis, batik cetak dan cap. Bagi yang tertarik untuk membelinya, Anda bisa membeli dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Kopiah Jangang

Pada umumnya peci / kopiah terbuat dari balutan kain, namun tidak jika Anda berkunjung ke kota Banjarmasin ini. Kopiah di sana bernama Kopiah Jangang, di mana bahan dasarnya ialah akar dari pohon jangang yang sudah banyak tersebar di kota Banjar. Kopiahnya produsen buat tanpa mesin.

Itulah mengapa Kopiah ini menjadi salah satu produk yang paling istimewa di sana. Warna dari akar tumbuhan jangangnya juga masih sangat alami. Dengan begitu, membuat produk Kopiahnya banyak masyarakat sukai sebagai oleh-oleh saat berlibur ke kota Banjarmasin. Harganya pun relatif murah.

  1. Sandal

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa sandal merupakan alas kaki yang seringkali banyak masyarakat pakai saat bepergian. Biasanya banyak orang yang lebih menyukai sandal dengan motif dan desain yang jauh lebih bagus dan kekinian. Hal tersebut bisa wisatawan temukan di kota Banjar.

Biasanya sandal dari kota Banjarmasin ini bertuliskan “Borneo” atau bahkan bertulis dengan nama asal khas dari Banjar. Jadi, saat Anda menggunakan sandal tersebut orang-orang secara tak sengaja akan mengetahui bahwa alas kaki tersebut berasal dari Banjarmasin. Harganya pun juga murah.

  1. Miniatur Rumah Adat

Bagi Anda yang menyukai oleh-oleh berbeda dari lainnya, bisa mencoba untuk membeli Miniatur Rumah Adat ini. Biasanya wisatawan banyak yang membeli untuk mereka jadikan pajangan atau koleksi di rumah, baik di ruang tamu atau ruangan khusus lainnya. Tampilannya juga menarik.

Miniatur Rumah Adat khas dari kota Banjarmasin ini memiliki tampilan yang sangat khas, cocok bila Anda jadikan pajangan di rumah. Serta menjadi oleh-oleh paling berkesan bila diberikan kepada kerabat atau keluarga di rumah.

Demikian ulasan secara mendalam terkait berbagai rekomendasi dari oleh-oleh khas Banjar yang sangat unik, enak, khas dan berkesan. Pastikan Anda membeli oleh-oleh terbaik untuk keluarga di rumah, agar mereka senang.

Bunga Papan Bandung

wisataExpo
3 min read

Trans Studio Bandung

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *