Oleh-oleh Khas Yogyakarta

4 min read

Oleh oleh Khas Yogyakarta yang Banyak Diburu Wisatawan

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling banyak destinasi menariknya. Jangan heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Tidak akan lengkap rasanya, bila berlibur tapi tak membawa buah tangan untuk Anda bawa pulang. Maka dari itu, ketahui oleh-oleh khas Yogyakarta.

Pilihan Terbaik Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Yogyakarta memang sangatlah populer di kalangan para wisatawan. Selain destinasinya yang menarik, banyak sekali oleh-oleh khas dan terkenal dengan kelezatannya. Bahkan kebanyakan dari pengunjung yang datang ke sana, akan merasa bingung membeli buah tangan untuk dibawa pulang.

  1. Bakpia Pathok

Salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang paling banyak pengunjung pilih ialah Bakpia Pathok. Bakpia ini terkenal dengan rasanya yang sangat enak dan manis. Dengan berbentuk bulat kecil dan memiliki isian yang sangat bervariasi, mulai dari kacang hijau sampai dengan isi rasa keju.

Oleh-oleh khas Yogyakarta satu ini merupakan makanan ringan yang kering, jadi bisa tahan cukup lama. Cocok sekali bagi Anda yang ingin memberikan buah tangan kepada orang rumah. Mencari Bakpia Pathok juga sangat mudah, karena di area sekitar Malioboro ada penjual Bakpia Pathok 25.

  1. Keripik Tempe Sagu

Kemudian ada oleh-oleh khas Yogyakarta lainnya yang tak kalah enaknya, yaitu Keripik Tempe Sagu. Keripik ini berbeda dengan keripik tempe lainnya, karena teksturnya jauh lebih renyah dan juga biji tempe akan terlihat sangat jelas. Itu karena pembuatannya sengaja disatukan dengan sagu tempe.

Kripik Tempe Sagu Yogyakarta

Mengingat Keripik Tempe Sagu belum banyak dijumpai, jadi makanan ringan tersebut sangatlah cocok untuk Anda beli sebagai salah satu oleh-oleh dari Yogyakarta. Dengan rasa yang gurih, enak dan juga renyah, pasti keluarga di rumah atau mungkin kerabat / sahabat akan menyukainya.

  1. Brownies Ubi Ungu

Bila Anda ingin membawa oleh-oleh dalam kategori berbentuk kue, pilih saja Brownies Ubi Ungu ini. Biasanya para pengunjung yang berkunjung ke kota Yogyakarta akan menyerbu kue basah satu ini untuk mereka bawa pulang selain Bakpia Pathok. Rasanya pun juga sangat enak, manis dan lembut.

Baca Juga : Panorama dan Wahana Asyik di Mbah Djoe Resort

Tidak hanya itu saja, kue basah Brownies Ubi Ungu ini juga bisa membuat kenyang perut Anda. Jadi, ketika saat dalam perjalanan berkeliling kota dalam keadaan lapar. Bisa mengganjal perut dengan brownies ini terlebih dahulu. Oleh-oleh ini juga merupakan khas kota Jogja selain Bakpia Pathok.

  1. Yangko Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Yangko merupakan jenis makanan yang terbuat dari tepung ketan, berbentuk persegi empat namun ukurannya mungil. Kemudian ditambahkan dengan baluran dari tepung terigu, bahkan Yangko memiliki rasa yang sangat khas yaitu manis dan ada aroma wanginya. Teksturnya juga kenyal.

Makanan ringan Yangko ini merupakan makanan yang khas dari Kotagede Yogyakarta. Selain bakpia pathok, Yangko menjadi salah satu oleh-oleh yang seringkali menjadi pilihan para pengunjung. Dulunya, makanan ini berisikan campuran kacang dan gula tapi sekarang ada banyak rasa baru.

  1. Geplak

Oleh-oleh khas Yogyakarta yang tak kalah populernya ialah Geplak. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas yang memiliki bahan dasar kelapa, gula serta pewarna makanan. Tidak hanya itu saja, Geplak juga mempunyai aroma yang begitu khas. Membuatnya menjadi pilihan pengunjung.

Geplak Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Geplak ini biasanya tersaji dengan warna begitu mencolok seperti kuning, coklat, merah muda dan masih banyak lagi. Mungkin dulu, makanan manis ini hanya memiliki varian semacam saja. Akan tetapi, sekarang Geplak mempunyai banyak variasi rasa yakni durian, nangka, vanila dan lain-lain.

  1. Cokelat Monggo Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Ingin membeli oleh-oleh dengan nuansa seperti di luar negeri? Anda bisa memilih Cokelat Monggo, oleh-oleh satu ini memiliki gaya yang khas seperti berada di Eropa. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, bila masih bisa menikmati makanan ringan ala Belgia di Yogyakarta yang tak kalah enaknya.

Baca Juga : Info Lengkap Gunung Merbabu Yang Mempesona

Cokelat Monggo terbuat dari olahan biji cokelat pilihan yang pabrik dapat dari Jawa, Sulawesi dan juga Sumatera. Pemilik dari Cokelat Monggo ini adalah pria yang berasal dari Belgia asli, jadi tak heran jika olahan makanannya sangat khas sekali. Rasanya juga nikmat, persis seperti aslinya.

  1. Salak Pondoh

Bagi Anda yang ingin membawakan oleh-oleh berupa buah khas Yogyakarta, pilih saja Salak Pondoh ini. Salak ini terkenal dengan ciri khas dagingnya yang cukup kering dan berwarna putih, rasanya juga sangat manis dan segar. Mencicipi satu buah Salak Pondoh saja pasti tak akan cukup.

Menariknya lagi, di Yogyakarta ada satu tempat agrowisata yang membudidayakan Salak Pondoh yaitu di daerah Kampung Gandung. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali buah Salak Pondoh, bahkan ada yang diperjual belikan oleh para penjual di sepanjang jalan kota.

  1. Tiwul Yu Tum

Berbeda dengan oleh-oleh lainnya, ada Tiwul Yu Tum yang bisa Anda pilih sebagai jajanan pasar atau kudapan yang paling banyak masyarakat pilih sebagai buah tangan untuk mereka bawa pulang. Salah satu penjual tiwul yang paling legendaris ialah Tumirah, Yu Tum adalah nama akrabnya.

Tiwul Yu Tum Oleh-oleh Khas Yogyakarta
Tiwul Yu Tum Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Tumirah sudah sejak lama berjualan Tiwul, yaitu sudah dari 28 tahun. Thiwulnya memang sangatlah istimewa, tumbukan gapleknya sangat halus. Jadi, jika sudah matang ditanak akan terasa lembut dalam mulut. Teksturnya lebih mirip seperti roti, bahkan Yu Tum juga menambahkan gula jawa.

  1. Tahu Susu Bakso (Tasuba)

Meskipun tahu bakso terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Semarang, namun kini ada Tahu Bakso yang sangat terkenal di Yogyakarta bahkan tidak kalah enaknya. Tasuba (tahu susu bakso) ini memiliki tekstur yang lebih padat jika dibandingkan dengan tahu bakso biasanya.

Rasa serta bumbu dari tahu susu baksonya pun juga sangat enak. Itu karena proses produksinya sangat bersih dan higienis, isiannya pun juga diproduksi sendiri. Alhasil menciptakan cita rasa yang sungguh khas. Tidak hanya itu saja, Tasuba juga bebas dari bahan pengawet jadi aman.

  1. Belalang Goreng Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Jangan merasa jijik terlebih dahulu, karena salah satu oleh-oleh khas Gunung Kidul Yogyakarta Belalang Goreng ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Meskipun termasuk makanan yang cukup ekstrim, akan tetapi rasanya sangat enak. Seringkali menjadi kudapan / makan bersama nasi.

Belalang Goreng Gunung Kidul
Belalang Goreng Gunung Kidul

Untuk dapat menemukan oleh-oleh Belalang Goreng ini cukup mudah, karena ada banyak kios yang menjualnya di sepanjang jalan daerah Gunung Kidul. Harga dari makanan ringan satu ini sangatlah beragam, tergantung jenis kemasannya. Jika 1 toples harganya bisa 12 ribu, 6 ribu (kemasan kecil).

  1. Keripik Belut

Kemudian ada Keripik Belut bagi Anda yang sangat menyukai oleh-oleh berjenis keripik. Bisa mencoba makanan ringan satu ini, rasanya pun juga sangat renyah, lezat dan juga gurih. Biasanya juga cocok untuk menjadi cemilan saat santai bersama keluarga atau bisa menjadi kudapan makan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Keripik Belut, bisa langsung mengunjungi pusatnya yang berada di Pasar Godean. Bisa juga membelinya di toko oleh-oleh lainnya karena pasti banyak yang menjual. Harganya pun juga cukup terjangkau, hanya perlu menyiapkan biaya sekitar 50 – 60 ribu rupiah saja.

  1. Peyek Mbok Tumpuk

Bila Anda ingin sesuatu yang berbeda dari oleh-oleh Yogyakarta, cobalah untuk membeli Peyek Mbok Tumpuk ini. Makanan atau camilan satu ini adalah salah satu oleh-oleh yang enak dan juga sangat murah meriah.

Peyek Mbok Tumpuk memiliki cita rasa yang sangat khas, memang bentuknya mungkin tak beraturan namun rasanya tidak kalah enak dengan peyek lainnya. Jumlah kacangnya pun juga jauh lebih banyak karena mbok Tumpuk memakai perbandingan antara tepung beras dan kacang 1 : 2.

Demikian ulasan secara lengkap terkait pembahasan oleh-oleh khas Yogyakarta beserta dengan kelengkapan penjelasan mengenai rasanya. Bahkan harganya pun juga cukup terjangkau dan mudah Anda dapatkan di toko oleh-oleh lainnya. Terus kunjungi wisataExpo untuk mendapatkan informasi beberapa tempat wisata terbaru dan terkenal lainnya.

Bunga Papan Bandung

wisataExpo
3 min read

Oleh-oleh Khas Banjar

wisataExpo
4 min read

Trans Studio Bandung

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *