Pantai di Blitar

5 min read

Pantai Peh Pulo Blitar

Blitar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur bagian selatan. Kabupaten Blitar memiliki pesona lautan lepas yang sangat memukau, karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Sebagai wilayah pesisir, Kabupaten Blitar memiliki beberapa tempat wisata pantai yang indah, dan dapat kalian kunjungi ketika sedang berada di Jawa Timur. Penasaran kan, pantai di Blitar apa saja yang kami rekomendasikan kepada Anda? Simak ulasan artikel berikut agar Anda mendapatkan informasi seputar pantai di Blitar yang paling favorit.

Selain tempat wisata pantai, Blitar juga terkenal dengan wisata kuliner. Jawa Timur memang merupakan surga kuliner, selain karena masakan yang lezat, harganya pun sangat murah. Namun saat ini kami akan memberikan review terkait pantai di Blitar yang menawan. Semoga lain waktu kami bisa memberikan review seputar wisata kuliner di kota Blitar yang sangat menggugah selera.

Pesona Pantai di Blitar yang Tersembunyi

1. Pantai Tambakrejo

Wisata pantai di Blitar Jawa Timur yang pertama adalah Pantai Tambakrejo. Pantai Tambakrejo terletak di Ds. Tambakrejo, Kec. Wonotirto, atau sekitar 30 Km ke arah selatan Kota Blitar. Wisata pantai Tambakrejo ini sangat istimewa, karena memiliki garis pantai dengan pasir putih sekitar 10 km. Selain itu, Pantai Tambakrejo berbentuk melengkung menyerupai sebuah teluk, sehingga ombak yang menghantam bibir pantai relatif tenang. Dengan kondisi yang demikian, pantai ini cukup aman untuk dijadikan lokasi bermain air, tetapi tetap memperhatikan keselamatan ya guys. Wisata pantai Tambakrejo merupakan salah satu wisata yang paling populer, sehingga banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo Blitar

2. Pantai di Blitar Jolosutro

Pantai selanjutnya yang kita bahas adalah Pantai Jolosutro. Pantai Jolosutro memiliki bibir pantai dengan pasir berwarna hitam, teksturnya halus, sehingga nyaman di kaki. Pantai ini cukup populer di kalangan para pegiat olah raga surfing, karena memiliki ombak yang ideal untuk dijadikan lokasi berselancar. Pantai Jolosutro terletak di Ds. Ringenrejo, Kec. Wates, atau sekitar 45 Km dari pusat Kota Blitar. Selain itu, lokasi pantai Jolosutro juga berbatasan dengan Kabupaten Malang, sehingga dapat dijadikan “rest area” ketika sedang menempuh perjalanan ke Malang.

Pantai di Blitar Pantai Jolosutro
Pantai di Blitar Pantai Jolosutro

3. Pantai Pangi

Pantai Pangi di Blitar Selatan merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal. Pantai ini tampak seperti teluk, dengan bebatuan karang yang menutupinya. Lokasi pantai ini lumayan tersembunyi, sehingga belum banyak dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi, suasananya sangat asri dan sangat natural. Lain dari pada hal tersebut, Pantai Pangi menawarkan nuansa pedesaan yang sangat berbanding terbalik dengan kondisi perkotaan yang semerawut. Pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi camping bagi kalangan pecinta alam. Pantai Pangi ini terletak di Ds. Tumpak Kepuh, Kec. Bakung.

4. Pesanggrahan Tambakrejo Pantai di Blitar

Apabila kalian berkunjung ke Pantai Tambakrejo Blitar Jawa Timur, sempatkan pula untuk mengunjungi pesanggrahan yang terletak di bibir pantai. Lokasi ini menawarkan keindahan pemandangan Pantai Tambak Rejo Blitar Jawa Timur, yang dipadukan dengan suasana senja yang romantis. Pesanggrahan ini merupakan sebuah penginapan yang memiliki beberapa fasilitas istimewa, mulai dari kamar tidur, hingga ruangan meeting yang cocok untuk dijadikan lokasi rapat.

5. Pantai Serang

Salah satu tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi adalah Pantai Serang. Pantai ini memiliki daya tarik berupa pasir putih bersih dan halus. Lanskap tersebut sangat instagramable. Pantai Serang Blitar Jawa Timur ini berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, atau 45 Km ke arah barat daya Kota Proklamator Indonesia. Pantai di Blitar yang bisa buat berenang ini memiliki ombak relatif tenang, dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

6. Pantai di Blitar Peh Pulo

Pantai Peh Pulo merupakan salah satu objek wisata yang memiliki panorama alam yang memesona. Objek wisata ini terletak di kawasan Panggung Rejo, atau sekitar 90 menit perjalanan dari pusat kota Blitar. Pantai Peh Pulo tergolong sebagai salah satu pantai tersembunyi Blitar, dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Suasana alam Pantai Peh Pulo Blitar masih tenang dan asri, cocok sekali untuk dijadikan lokasi bersantai. Selain itu, kawasan ini juga menjadi salah satu pantai terindah yang sangat direkomendasikan untuk kalian kunjungi.

Pantai Peh Pulo Blitar
Pantai Peh Pulo Blitar

7. Pantai GondoMayit

Mendengar namanya saja sudah cukup seram bukan? Dalam bahasa Jawa, “Gondo” bermakna bau atau aroma, sedangkan “Mayit” bermakna mayat. Jadi, GondoMayit bermakna aroma mayat. Terlepas dari nama yang seram tersebut, Pantai GondoMayit memiliki keindahan alam yang sangat bagus. Pantai ini memiliki pasir putih yang panjang, dan cukup terjaga keasriannya. Objek wisata pantai di Blitar yang masih sepi ini tergolong sebagai wisata baru, sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi camping. Untuk menuju lokasi wisata ini, wisatawan harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan, menyusuri perbukitan dan menyeberangi sungai. Dengan kondisi demikian, Pantai GondoMayot sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

8. Pantai Umbul Waru Blitar

Tempat wisata pantai di Blitar yang selanjutnya adalah Pantai Umbul Waru. Pantai ini terletak di Ds. Sidomulyo, Kec. Bakung. Tempat wisata ini sangat istimewa, karena memiliki air terjun yang mengalir dari atas dan mengucur kelautan lepas. Perjalanan menuju pantai Umbul Waru tergolong sulit, karena kalian harus melalui jalanan terjal dan sempit. Apabila hendak ke Pantai Umbul Waru, kami rekomendasikan untuk menyiapkan perbekalan selama berwisata di objek wisata tersebut.

9. Pantai Gayasan

Pantai Gayasan berlokasi di sebelah timur Pantai Pangi. Pantai ini memiliki pasir berwarna kecokelatan, serta ombak yang cukup besar. Pantai di Blitar Jatim ini juga memiliki muara yang menjadi habitat beraneka ragam ikan. Setiap akhir pekan, Pantai Gayasan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Gayasan ini berlokasi di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, atau berjarak 1 Km dari Pantai Pangi.

10. Pantai di Blitar Keben

Tempat wisata pantai di Blitar Jawa Timur yang selanjutnya adalah Pantai Keben. Pantai ini memiliki pasir kecokelatan dengan tekstur yang lembut, sehingga nyaman di kaki. Namun demikian, untuk mencapai pantai Keben yang belum terjamah ini, kalian harus menempuh perjalanan yang melelahkan. Lokasi objek wisata ini sedikit tersembunyi, serta akses jalan yang tidak begitu bagus. Pantai yang ada disekitar daerah Blitar Jawa Timur ini berlokasi pada Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto.

11. Pantai Pudak

Pantai di Blitar yang paling dekat dengan Pantai Keben adalah Pantai Pudak. Sama seperti pantai sebelumnya, Pantai Pudak memiliki pasir berwarna kecokelatan, serta air laut yang berwarna kebiruan. Wisata tepi laut ini berlokasi di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Untuk menuju objek wisata ini, kalian harus melewati jalanan terjal, jalanan aspalnya yang telah rusak. Meskipun demikian, wisata pesisir pantai ini cocok sekali dikunjungi kalian yang memiliki jiwa pecinta alam, karena tempat ini cocok digunakan sebagai lokasi camping.

12. Pantai Pasur

Daftar pantai di Blitar yang selanjutnya adalah Pantai Pasur. Objek wisata ini berlokasi di Desa Buluwalang, Kecamatan Bakung, atau tepat sebelah ujung barat Kabupaten Blitar, dan hampir berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung. Wisata pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, dengan garis pantai yang lumayan panjang. Kalian dapat bermain pasir pantai sembari menikmati suasana sejuk yang nyaman untuk melepaskan segala beban pikiran. Terlebih lagi, pantai ini belum banyak dikenal publik, sehingga suasananya masih sepi dan belum banyak ditemukan sampah. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Pantai Pasur ini?

13. Pantai Jebring

Pantai Jebring berlokasi pada Desa Ngadipuro, Blitar Selatan. Pantai Jebring tergolong sebagai objek wisata baru, dan belum banyak diketahui oleh publik. Objek wisata ini memiliki pasir pantai berwarna hitam, dan sempat dimanfaatkan sebagai penambangan bijih besi. Wisata Jebring tergolong sebagai pantai di Blitar yang aksesnya mudah dilewati kendaraan roda dua. Pantai ini belum dikelola dengan baik, sehingga kalian harus menyiapkan bekal sendiri karena tidak tersedia tempat jajan. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang menginginkan kesunyian dan ketenangan.

14. Pantai Banteng Mati

Pantai Banteng Mati berlokasi tidak jauh dari Pantai Tambakrejo, tepatnya berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Wonotirto. Untuk menuju ke lokasi, kalian harus melalui jalan tanah yang bergelombang. Karena lokasinya tersembunyi, kalian harus aktif bertanya pada penduduk sekitar agar tidak tersesat. Pantai ini belum dikelola selayaknya tempat wisata, karena belum tersedia fasilitas wisata pendukung, seperti toilet, tempat makan, dll. Apabila berniat mengunjungi Pantai Banteng Mati, kami sarankan untuk membawa perbekalan dari rumah, agar tidak kelaparan selama di objek wisata ini.

15. Pantai Bukit Indah (Pantai Banyu Biru)

Pantai di daerah Blitar satu ini bernama Pantai Bukit Indah, dan berlokasi di Desa Panggungpocung. Dinamai Pantai Bukit Indah karena lokasinya berada di atas bukit. Pantai ini sangat unik, karena memiliki air terjun dan juga danau yang terletak di bibir pantai. Pantai ini lumayan tersembunyi, akses menuju lokasi juga tergolong sulit. Lain dari pada hal tersebut, pantai ini menawarkan suasana tenang, dan nyaman sekali untuk bersantai. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

16. Sumur Gemuling Pantai di Blitar

Pantai Sumur Gemuling berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, kontur tanahnya landai, serta dipenuhi oleh bebatuan karang. Pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding karena memiki pemandangan yang mempesona. Tiket masuk Pantai Sumur Gemuling sebesar 3.000 rupiah per orang pada hari biasa, dan naik menjadi 10.000 rupiah pada hari libur.

Baca Juga : Pantai Balangan Uluwatu Bali, Pantai Indah yang Wajib Dikunjungi

17. Pantai Bakung

Pantai Bakung berlokasi di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Objek wisata ini tidak jauh dari lokasi Pantai Pudak. Pantai ini memiliki garis pantai berupa karang-karang yang sangat eksotis. Kalian dapat mengamati warga sekitar mencari kerang dll.

18. Pantai Serit

Pantai Serit berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupetan Blitar. Objek wisata ini memiliki muara yang menjadi habitat ikan-ikan. Pantai ini juga memiliki pasir berwarna kehitaman, dan juga sebuah danau air payau yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga belum dikelola dengan baik, serta wisatawan tidak dikenakan biaya sepersen pun.

Bagaimana ulasan pantai di Blitar yang sudah kami sajikan, semoga dapat membantu Anda menentukan destinasi wisata selanjutnya. Jaga terus alam Indonesia, dan support pariwisata Indonesia. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Dreamland

wisataExpo
4 min read

Tempat Wisata di Sampang

wisataExpo
5 min read

Tempat Wisata Di Purwokerto

wisataExpo
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *