Pantai Gunung Kidul

4 min read

Review Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

WisataExpo.com – Berbicara mengenai tempat wisata di Yogyakarta tentu tidak akan ada habisnya. Kota yang sering disebut sebagai kota pelajar atau kota seniman ini memiliki beragam destinasi wisata favorit. Mulai dari wisata pantai, wisata candi hingga wisata kuliner yang wajib kita kunjungi. Pada kesempatan kali ini, kami akan mereview tempat wisata pantai gunung kidul Yogyakarta.

Secara geografis, Yogyakarta berada di bagian tengah selatan pulau Jawa. Oleh sebab itu tidak aneh jika Yogyakarta memiliki ragam pilihan wisata pantai yang mempesona. Namun hampir semua pantai disini memiliki ombak yang cukup besar karena memang bersinggungan langsung dengan samudra Hindia.

Wisata Pantai memang menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah pesisir pantai gunung kidul memiliki potensi yang luar biasa. Banyak terdapat pantai populer serta masih banyak pula pantai yang masih belum terjamah wisatawan. Namun diperlukan usaha yang cukup ekstra karena memang struktur dan medan jalannya sedikit susah.

Potensi Wisata Pantai Gunung Kidul

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa laut selatan memiliki cerita mistis yang sangat kental. Masyarakat pada umumnya meyakini bahwa penguasa laut selatan adalah Nyi Roro Kidul. Konon penguasa laut selatan memiliki hubungan dengan para raja Jawa pada era Mataram. Bahkan ada yang meyakini bahwa Pulau Jawa dilindungi oleh kekuatan ghaib yang sangat kuat.

Terlepas dari cerita tersebut, secara kasat mata wisata pantai gunung kidul Yogyakarta memanglah sangat menarik. Tempat wisata di Jogja memang berbeda dengan kawasan lainnya, banyak objek wisata tersembunyi yang mengagumkan. Berikut ini beberapa ulasan tentang pantai di gunung kidul yang menjadi favorit wisatawan.

Pantai Sadranan DIY

Salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul yang cukup terkenal adalah wisata tepi laut Sadranan. Suasana disekitar pantai ini cukup sepi. Karena kawasan wisata pantai Sadranan gunung kidul belum banyak diketahui oleh wisatawan. Salah satu penyebabnya mungkin adalah akses jalan yang relatif sulit. Mungkin pemerintah setempat perlu untuk memperbaiki akses menuju Pantai Sadranan agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai Jogja ini.

Pantai Sadranan GunungKidul Yogyakarta
Pantai Sadranan GunungKidul Yogyakarta

Panorama pantai Sadranan yang ditawarkan sangat indah. Air laut yang berwarna biru kehijauan dilengkapi dengan bentangan pasir putih serta beberapa tumbuhan hijau membuat suasana semakin nyaman. Tentu saja Pantai Sadranan juga memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Anda bisa menikmati keindahan biota bawah laut dengan Snorkeling.

Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan atau fasilitas yang ada di Pantai Sadranan gunung kidul antara lain :

  1. Rafting Wave
  2. Mendayung Kano
  3. Berjemur di Pantai
  4. Surfing
  5. Snorkeling
  6. Camping Ground & Api Unggun
  7. Menyaksikan keindahan Sunrise & Sunset

Rute menuju pantai Sadranan cukup mudah, apalagi dijaman serba canggih seperti sekarang ini. Anda cukup menggunakan applikasi MAP untuk memudahkan perjalanan.

Untuk harga tiket masuk ke pantai Sadranan terbilang cukup murah. Para pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang. Namun ada biaya tambahan untuk parkir apabila membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Harga diatas bisa berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata tersebut.

Pantai Gunung Kidul Indrayanti

Awalnya kawasan wisata Pantai Gunung Kidul ini bernama Pantai Pulang Syawal ataupun Pantai Pulsa. Namun perlahan – lahan namanya berubah menjadi Pantai Indrayanti dan lebih dikenal wisatawan hingga saat ini. Nama Indrayanti diambil dari nama pemilik restoran yang ada didaerah tersebut. Sepasang suami istri pemilik restoran tersebut bernama Indra dan Yanti.

Pantai Gunung Kidul Indrayanti
Pantai Gunung Kidul Indrayanti

Tempat wisata pantai Indrayanti gunung Kidul Yogyakarta ini memiliki sistem pengelolaan yang cukup baik. Salah satu aturan yang menurut kami sangat baik adalah memberikan sanksi berupa denda bagi wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Hal ini cukup membantu dalam rangka menjaga kebersihan demi kelestarian tempat wisata pantai Gunung Kidul Indrayanti.

Pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten GunungKidul, Yogyakarta. Untuk dapat mencapai objek wisata ini tidak bisa dibilang mudah. Rute menuju pantai Indrayanti cukup rumit, namun Anda bisa mengandalkan kecanggihan google maps untuk mencapai tempat ini.

Harga tiket masuk pantai Indrayanti cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp. 10.000 per kepala. Namun ada biaya tersendiri apabila Anda ingin menyewa perlengkapan berlibur ataupun menyewa penginapan.

Berikut ini beberapa fasilitas yang terdapat pada Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja :

  • Penginapan dengan range harga Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000
  • Gazebo dengan harga sewa sebesar Rp. 30.000
  • Jet Ski
  • Payung Pantai beserta Alasnya
  • Toilet
  • Mushola
  • Restoran & Cafe
  • Wahana permainan anak – anak

Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai Ngobaran berada di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten GunungKidul. Tempat wisata pantai Ngobaran merupakan gugusan pantai di Gunung Kidul. Objek wisata ini juga memiliki hubungan yang erat dengan kerajaan Majapahit. Pantai Ngobaran Yogyakarta merupakan pantai yang cukup eksotik. Terdapat hamparan rumput laut (alga) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Namun hamparan alga hanya akan terlihat apabila air laut sedang surut.

Wisata Pantai Ngobaran Jogja
Wisata Pantai Ngobaran Jogja

Pantai Ngobaran juga dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki nilai luhur budaya baik kejawen, Muslim, ataupun Hindu. Bangunan Masjid di Pantai Ngobaran terbilang unik, lantai masjid masih berupa hamparan pasir dengan alas tikar serta menghadap ke laut. Ada pula bangunan Joglo sebagai tempat peribadatan untuk aliran kejawen. Selain itu juga terdapat pura untuk agama Hindu.

Harga tiket masuk pantai Ngobaran cukup terjangkau, berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000 per orang dewasa. Namun untuk parkir bisa dikatakan cukup mahal. Karena tidak ada karcis resmi parkiran area wisata, sehingga lebih terkesan seperti pungutan liar.

Untuk mencapai lokasi wisata Gunung Kidul ini, Anda bisa mengandalkan kecanggihan applikasi maps dari smartphones. Secara garis besar terdapat dua jalur yang bisa ditempuh :

  1. Yogyakarta – Lanud Gading – Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Pantai Ngobaran
  2. Yogyakarta – Kota Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngobaran

Fasilitas yang tersedia di pantai Ngobaran wisata GunungKidul terbilang cukup standart. Antara lain terdapat toilet, kamar mandi, tempat ibadah, tempat makan serta lahan parkir.

Pantai Baron Yogyakarta

Pantai Baron terkenal dengan keindahan pantainya. Suasana yang sejuk dan asri ditambah dengan keadaan yang bersih membuat pantai gunung Kidul ini favorit para wisatawan. Dua bukit indah yang mengapit pantai Baron menambah ke-eksotis-an objek wisata ini. Terdapat pula muara sungai tempat bertemunya air laut dengan air tawar.

Di sekitar kawasan ini terdapat mercusuar pantai Baron. Anda bisa menikmati pemandangan dari atas mercusuar ini, tentu saja setelah mendapatkan ijin dari pihak pengelola. Objek wisata pesisir laut Baron sendiri berlokasi di desa Kemadang, kecamatan Tanjung Sari, GunungKidul. Anda bisa menggunakan applikasi maps untuk mengetahui rute menuju wisata pantai Baron Gunung Kidul.

Fasilitas di Pantai Baron bisa dibilang cukup lengkap. Sudah terdapat hotel di sekitar kawasan pantai, restoran tempat kuliner, camping ground, pemancingan ikan serta penyewaan perahu.

Itulah beberapa review tempat wisata pantai Gunung Kidul Jogja yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata menarik lainnya di kawasan wisata gunungKidul dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata Expo.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *