Pantai Indrayanti

3 min read

Pantai Indrayanti Sejarah Fasilitas Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Yogyakarta merupakan kota impian bagi sebagian orang. Selain keramahan masyarakat sekitar, ragam wisata kuliner dengan harga terjangkau, juga keindahan tempat wisata khususnya wisata pantai. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas informasi seputar tempat wisata pantai Indrayanti Gunung Kidul.

Bulan desember merupakan waktu yang paling dinanti karena banyak hari libur, ditambah juga waktu liburan semester bagi anak sekolah. Sangat cocok untuk berlibur bareng keluarga tercinta. Meskipun bulan desember identik dengan musim hujan, namun tidak ada salahnya untuk berlibur ke pantai Yogyakarta, khususnya pantai Indrayanti.

Banyak wisata pantai di Jogja yang bisa menjadi pilihan berlibur. Secara garis besar bisa dikelompokkan menjadi 2, yaitu pantai dengan pasir yang berwarna hitam ataupun putih. Pantai dengan pasir hitam dapat ditemukan sekitar area Bantul. Sedangkan untuk pasir putih dapat Anda jumpai pada daerah Gunungkidul, Yogyakarta serta Wonosari.

Daya Tarik Tempat Wisata Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pantai Indrayanti memang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu hal unik dari pantai ini adalah diapit dengan batu karang raksasa. Serta terdapat beberapa bukit sepanjang garis pantainya seperti memberikan batas alami dengan laut.

Daya Tarik Tempat Wisata Pantai Indrayanti Yogyakarta
Daya Tarik Tempat Wisata Pantai Indrayanti Yogyakarta

Kondisi sekitar pantai yang bersih menjadi nilai lebih, karena memang pengelola pantai sangat memperhatikan kebersihan. Ditambah hamparan pasir putih menjadikan tempat wisata Gunung Kidul ini semakin mempesona.

Sejarah Pantai Indrayanti

Nama sebenarnya dari tempat wisata Gunung Kidul ini adalah Pantai Pulang Sawal. Atau lebih sering dikenal juga dengan sebutan Pantai Pulsa (singkatan dari Pulang Sawal). Namun masyarakat sekitar atau bahkan wisatawan memiliki sebutan favorit lain untuk wisata pantai Gunung Kidul ini.

Nama yang disematkan wisatawan adalah pantai Indrayanti Jogja. Hal tersebut bermula dari nama tempat makan atau cafe yang berada di sekitaran pantai dengan nama Indrayanti.

Setelah ditelusuri nama cafe tersebut merupakan gabungan dari nama pemilik tempat makan tersebut yang merupakan sepasang suami istri. Indra adalah nama suaminya, sedangkan Yanti adalah nama istrinya, sehingga apabila digabungkan menjadi IndraYanti.

Mitos Wisata Pantai Yogyakarta

Sebagai tempat wisata pantai selatan, sudah tentu sangat erat kaitannya dengan cerita mitos ghaib. Namun kali ini mitos Pantai Indrayanti berbeda dengan mitos pada umumnya. Bahkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal ghaib atau supranatural.

Cerita yang beredar di masyarakat sektiar adalah terkait dengan rencana penutupan kawasan wisata pantai Gunung Kidul. Ada beberapa alasan yang menjadi pemicu mitos penutupan tempat wisata pantai tersebut, diantaranya adalah.

  1. Bangunan sekitar pantai yang menyalahi aturan batas pantai.
  2. Pihak pengelola pantai tidak memiliki surat izin obyek wisata.
  3. Nama pantai yang berasal dari nama pribadi yang tidak sesuai dengan peraturan pemda Gunung Kidul.

Fasilitas Pantai Yogyakarta

Secara garis besar, fasilitas yang tersedia di pantai Indrayanti Yogyakarta sudah sangat memadai. Berbagai macam fasilitas standart seperti toilet, mushola serta tempat istirahat sudah tersedia.

Fasilitas Pantai
Fasilitas Pantai

Di tepian pantainya terdapat gazebo serta tempat lesehan dilengkapi dengan payung besar untuk bersantai. Lahan parkir yang luas juga merupakan nilai lebih, sehingga tidak perlu repot mencari tempat parkir.

Yang paling penting adalah dari sisi keamanan. Petugas keamanan terlihat di beberapa sudut lokasi yang siap sedia membantu wisatawan. Selain itu ada menara lifeguard yang menambah luas jangkauan pengawasan petugas.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Sebagai wisata alam, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam untuk menikmatinya. Atau dengan kata lain harga tiket masuk Pantai Indrayanti termasuk kategori murah. Harga masuk dipatok pada harga Rp. 10.000 per orang. Sedangkan untuk parkir dibedakan antara motor dan mobil. Parkir motor dikenakan biaya Rp. 5.000, sedangkan parkir mobil dikenakan biaya Rp. 15.000. Harga tiket masuk maupun biaya parkir bisa berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan pengelola setempat.

Rute Menuju Wisata Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti beralamatkan di Jl. Pantai Selatan Jawa, Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul DIY. Tempat ini berjarak sekitar 70km dari pusat kota Yogyakarta.

Rute yang dilalui juga cukup mudah, selain itu banyak petunjuk jalan menuju pantai di sepanjang jalan Yogyakarta. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat, terlebih lagi jaman serba modern seperti saat ini bisa memanfaatkan kecanggihan smartphones dalam mencari suatu lokasi.

Rute favorit wisatawan dalam menuju lokasi pantai wisata Indrayanti ada 2, yaitu.

  • Rute Umum
    Dari Yogyakarta menuju Wonosari melalui ringroad timur. Lanjutkan ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus.
  • Rute Alternatif
    Jalan ini merupakan jalur alternatif. Anda bisa melalui jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari pantai Baron silahkan dilanjutkan ke arah timur sejauh 10km.

Penginapan Dekat Pantai Indrayanti

Bagi Anda yang berasal dari luar Yogyakarta, tidak perlu pusing mengenai tempat menginap untuk beristirahat. Banyak terdapat penginapan di sekitar daerah Gunung Kidul, bahkan disekitar pantai ada juga beberapa penginapan yang layak dipertimbangkan.

Untuk tariff penginapan sendiri juga bervariasi, ada yang mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentu saja harga tersebut menyesuaikan dengan fasilitas yang disediakan oleh penginapan.

Penginapan di Sepanjang Pantai Gunung Kidul
Penginapan di Sepanjang Pantai Gunung Kidul

Berikut ini beberapa daftar penginapan sekitar objek wisata pantai Indrayanti yang bisa dijadikan pertimbangan.

  1. Penginapan Cemara Udang
  2. Penginapan Bamboo Lengkung Cottage
  3. Penginapan JogloWatukelir
  4. Penginapan Rock Garden Homestay
  5. Penginapan Walet Guest House
  6. Penginapan Griya Pasir

Itulah beberapa review wisata pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata menarik lainnya di kawasan wisata Yogyakarta dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Taman Bunga Nusantara

wisataExpo
5 min read

Wisata Salatiga

wisataExpo
4 min read

Museum Macan

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *