Pantai Jonggring Saloko

4 min read

Fenomena Cob Belut Jonggring Saloko Malang

Sekilas, jika Anda mendengar nama Jonggring Saloko mungkin banyak orang yang teringat akan nama sebuah kawah yang ada di Gunung Semeru Jawa Timur. Selain kawah, ternyata nama tersebut juga menjadi sebutan bagi wilayah pesisir yang ada di Malang Selatan. Wilayah tersebut dikenal dengan nama Pantai Jonggring Saloko.

Jika Anda suka explore pantai Indonesia, tentunya Anda tidak boleh terlewatkan untuk mengunjungi pantai ini saat berada di Malang. Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Jonggring Saloko ini sangatlah besar. Meskipun belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sehingga kondisinya tidak terlalu ramai. Bisa dibilang pantai ini merupakan sebuah pantai tak bertuan yang menyimpan sejuta pesona tersembunyi yang menunggu untuk dieksplore lebih lanjut.

Gambaran Umum Pantai Jonggring Saloko

Sama seperti kebanyakan pantai di Malang Selatan yang berpasir putih kecoklatan dengan dikelilingi oleh batu batuan karang yang besar disekitarnya. Pantai Jonggring Saloko juga menyuguhkan pemandangan alam yang sama.

Pantai ini tentunya identik dengan beberapa pantai terkenal lainnya yang ada di wilayah Malang Selatan. Hanya saja, di pantai ini terdapat sebuah fenomena langka yang hanya bisa Anda temui di wilayah Pantai Jonggring Saloka saja. Fenomena alam ini dinamakan cob belut dan batu ngebross.

Pantai Pasir Putih Kecoklatan
Pantai Pasir Putih Kecoklatan

Sejarah Pantai Jonggring Saloko identik dengan sebuah cerita pewayangan. Dimana Jonggring Saloka merupakan nama sebuah kahyangan yang menjadi tempat tinggal dari Batara Narada. Tokoh pewayangan tersebut mendapat julukan sebagai Sanghyang Kanwakaputra atau Sanghyang Kanekaputra yang berarti seorang tangan kanan dari Batara Guru.

Tentunya penamaan pantai ini tidak asal begitu saja. Keindahan alamnya yang memikat masyarakat layaknya sebuah surga menginspirasi warga sekitar untuk menyebutnya sebagai Jonggring Saloko yang notabene merupakan nama sebuah kahyangan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Jonggring Saloko

Untuk lokasi Pantai Jonggring Saloko sendiri berada di wilayah Kecamatan Donomulyo yang berjarak sekitar 69 kilometer jika ditempuh dari pusat Kota Malang. Tidak sulit menemukan pantai ini, meskipun begitu masih banyak wisatawan yang belum tahu akan keberadaan pantai surga di Malang ini.

Mungkin karena keberadaannya masih belum banyak dieksplore oleh wisatawan lain. Namun sekarang pantai ini sudah mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini karena informasi keberadaan dan keindahannya beredar dari mulut ke mulut dan berkat bantuan sosial media.

"<yoastmark

Alamat Pantai Jonggring Saloko Malang tepatnya berada di Desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang Selatan Propinsi Jawa Timur. Rute menuju Pantai Jonggring Saloko dapat Anda tempuh dari Kota Malang menuju ke Kecamatan Sumberpucung. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Donomulyo untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Desa Materaman.

Jika Anda sudah menemukan sebuah perkampungan warga, tentunya Anda masih harus melalui sebuah jalan makadam sejauh 5 kilometer dulu sebelum sampai di bibir pantai. Meskipun terlihat cukup jauh dan medannya menantang, namun semua rasa lelah Anda akan terbayar begitu Anda menginjakkan kaki di kawasan Pantai Jonggring Saloko.

Jika ditengah perjalanan Anda merasa sangat lelah dan tidak sanggup melanjutkan perjalanan, ingatlah bahwa ada cuilan surga yang menunggu Anda didepan sehingga sayang untuk Anda lewatkan.

Fasilitas yang Tersedia

Akses jalan menuju ke objek wisata pantai ini masih jauh dari kata layak. Karena medannya hanya dapat dilalui oleh Anda yang mempunyai skill mumpuni dalam mengendarai kendaraan. Meskipun cukup mudah ditemukan, namun akses jalan yang sulit inilah yang membuat banyak wisatawan kurang berminat berkunjung ke pantai ini.

Padahal jika sudah berhasil melewati jalanan sulit tersebut, Anda akan dihadiahi dengan sebuah panorama alam berupa pantai yang lengkap dengan berbagai keunikan dan keindahan alamnya. Pasti Anda akan betah berlama lama di pantai ini dan tidak ingin kembali ke rumah.

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Jonggring Saloko masih sangat minim, mengingat akses jalannya juga cukup sulit. Hal ini dikarenakan masih kurangnya perhatian Pemerintah dan pihak terkait akan pengembangan potensi wisata Pantai ini.

Hampir tidak dapat Anda temukan warung makanan dan minuman di sekitar pantai. Oleh karena itu Anda harus membawa perbekalan dan perlengkapan pribadi sendiri dari rumah. Untuk fasilitas pendukung lainnya seperti toilet dan kamar mandi pun masih sangat minim dan jarang ditemukan karena letaknya juga cukup jauh dari perkampungan penduduk.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Subang Yang Sangat Memukau

Daya Tarik Jonggring Saloko Malang

Meskipun akses ke Pantai Jonggring Saloko terbilang sulit, namun tempat ini menyimpan sejuta potensi wisata yang menunggu untuk diekspose oleh para wisatawan. Banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan di sekitar Pantai Jonggring Saloko ini seperti bermain air, bermain pasir, hunting foto dan juga menyaksikan fenomena alam berupa watu ngebross dan cob belut.

"Daya

Wisata Pantai Jonggring Saloko di Malang juga menawarkan sesuatu yang unik. Berada di sekitar 200 meter ke arah Barat dimana wisatawan akan menemukan pantai berpasir hitam dengan tekstur lembut dan halus. Dilokasi ini Anda bisa bermain pasir dan membuat istana pasir yang besar.

Selain itu, terdapat juga sebuah sungai kecil yang bermuara langsung di Pantai Jonggring Saloko. Air sungai ini masih tawar dan hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, biasanya akan mendirikan tenda disekitar aliran sungai air tawar ini.

Di pantai ini wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang karena ombaknya cukup besar dan berbahaya. Ombak di Pantai Jonggring Saloka bisa membahayakan nyawa pengunjung maka dari itu dipasang larangan berenang di sekitar wilayah pantai.

Fenomena Alam di Pantai Jonggring Saloko

Pantai unik di Malang ini terkenal memiliki fenomena alam yang unik, yaitu watu ngebros dan cob belut. Watu ngebros merupakan sebuah fenomena dimana terdapat suara yang dihasilkan dari semburan air laut yang menghantam batu karang berlubang yang ada di pinggir pantai.

Semburan tersebut bahkan bisa mencapai 10 meter dengan suara khas berbunyi “brossss”. Fenomena ini menjadi ikon dari Pantai Jonggring Saloko karena diklaim sebagai satu satunya fenomena alam yang ada di Indonesia.

Fenomena Cob Belut Jonggring Saloko Malang
Fenomena Cob Belut Jonggring Saloko Malang

Selain itu, terdapat juga fenomena alam berupa cob belut dimana sebuah ombak yang datang nantinya akan terhisap oleh lubang dan kemudian ketika ombak surut. Lubang tersebut akan memuntahkannya kembali seluruh air yang terhisap tadi keatas hingga air laut kembali ke laut.

Muntahan tersebut bentuknya mirip seperti payung raksasa yang fenomenal dan hanya bisa Anda lihat dari ketinggian. Disarankan datang ke pantai ini pagi hari atau saat cuaca sedang cerah jika ingin melihat fenomena unik tersebut. Hal ini karena Anda harus berada di sekitaran tebing karang yang curam sehingga butuh cukup penerangan.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang keindahan dan daya tarik dari Pantai Jonggring Saloko di Malang Selatan. Tentunya pantai ini bisa Anda masukkan dalam daftar list berlibur saat akhir pekan atau hari libur tiba. Jangan lupa untuk berbagi keseruan aktivitas Anda agar semakin banyak wisatawan yang datang ke pantai ini.

Terus kunjungi wisata expo untuk mendapatkan informasi beberapa tempat wisata terbaru dan terkenal lainnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang sudah kita kunjungi agar selalu terjaga kelestariannya.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *