Menilik Pesona Pantai Kayu Arum Di Yogyakarta

3 min read

Pantai Kayu Arum Di Yogyakarta

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan daerah, diikuti juga dengan perkembangan dan kemajuan dalam berbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor yang mengalami kemajuan cukup pesat di Indonesia adalah sektor pariwisata. Hampir setiap wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas wisata masing – masing yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga mendatangkan pengunjung dan keuntungan yang menjanjikan. Salah satu wilayah yang mengalami perkembangan wisata cukup pesat adalah wilayah Yogyakarta. Wisata pinggir laut yang baru muncul dan booming di sosial media serta dunia maya ini diberi nama Pantai Kayu Arum.

Kawasan wisata tepi laut ini terbilang masih sangat baru. Suasana alami, berpasir putih dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya masih sangat tersembunyi. Alamat Pantai Kayu Arum tepatnya berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan titik koordinat GPS pada -8.129587, 110.534253.

Menilik Pesona Pantai Kayu Arum Yogyakarta

Cara Menuju Pantai Kayu Arum Gunungkidul

Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju ke lokasi Pantai Kayu Arum Gunung Kidul dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Jarak dari kota Yogyakarta ke objek wisata Gunungkidul ini terbilang cukup jauh berkisar antar 65 sampai dengan 70 kilometer. Cara paling efektif untuk mencapai wisata ini adalah menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Batu Karang Tepi Pantai Jogja
Batu Karang Tepi Pantai Jogja

Terdapat beberapa rute yang dapat ditempuh untuk menuju objek wisata ini. Namun berikut ini merupakan rute yang paling efektif yang dapat Anda tempuh untuk sampai ke lokasi Pantai Kayu Arum. Catatan penting yang perlu Anda ingat bahwa rute menuju Pantai Kayu Arum sama dengan rute menuju Pantai Baron atau Baron Technopark yang sudah terkenal. Maka dari itu, tentunya mudah untuk diikuti dan tidak membuat Anda salah jalan.

Rute Menuju Objek Wisata Pantai Ngarum

Dari Kota Yogyakarta, Anda menuju ke Jalan Wonosari atau Ringroad Ketandan. Begitu sampai di persimpangan Sampaan, Anda menuju ke wilayah Piyungan. Naik menuju ke daerah Bukit Bintang yang ada di Bukit Pathuk Gunungkidul melewati GCD, Pasar Buah Sambipitu, pertigaan Sambipitu. Lanjut melewati Hutan Bunder dan sampailah pada persimpangan Gading (lapangan udara). Maju sedikit dan Anda akan menemukan pertigaan, beloklah ke kiri menuju Kota Wonosari.

Baca Juga : Wisata Madiun Paling Rekomended Yang Lagi Hits

Setelah itu, Anda menuju ke Playen, melewati Bundaran Siono, Kantor Pemerintahan Daerah Wonosari, Pasar Wonosari dan sampai ke pertigaan yang ada sebelum Kantor Polres. Di pertigaan tersebut belok kanan menuju ke Jalan Baron. Setelah itu pacu kendaraan Anda menuju ke Karang Rejek, Mulo, Kemiri, Kemadang, hingga sampai ke wilayah Pasar Kemadang. Lurus lagi menuju Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Nah sebelum sampai Pantai Baron Anda harus belok kanan menuju ke arah Pantai Parang Racuk atau dikenal dengan nama Baron Technopark untuk menuju ke lokasi Pantai Kayu Arum berada.

Pesona Pantai Kayu Arum

Jalan menuju wisata Gunungkidul Jogja memang sedikit membingungkan bagi Anda yang belum terbiasa berada di wilayah Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul. Dari tepian Baron, Anda masih harus menempuh perjalanan sejauh 6 kilometer untuk dapat bermain air di tepi laut Gunungkidul ini. Seperti telah dikatakan sebelumnya, bahwa rute ke Pantai Kayu Arum sama halnya dengan rute menuju Baron Technopark. Setelah membayar retribusi Pantai Baron, ada baiknya Anda bertanya pada petugas retribusi atau warga sekitar agar lebih yakin dan tidak nyasar.

Pantai Kayu Arum Di Yogyakarta
Pantai Kayu Arum Di Yogyakarta

Menurut informasi, lokasi objek wisata ini masih berjarak sekitar 4 km dari parkiran pesisir Baron dan tidak bisa dilalui menggunakan kendaraan apapun. Sehingga Anda harus rela melakukan trackking sejauh kurang lebih 4 km demi menyapa keindahan dan panorama eksotis dari Pantai Ngarum. Terdapat jalan setapak melewat ladang milik penduduk yang akan menuntun anda beserta rombongan menuju ke Pantai di Gunungkidul ini.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatra Yang Wajib Dikunjungi

Setelah kurang lebih melakukan trackking selama 1 jam, akhirnya Anda akan menginjakkan kaki pada pasir putih lembut. Anda juga akan menemukan pemandangan bukit karang khas Pantai Selatan Gunungkidul yang sangat sepi dan damai. View yang disuguhkan di pantai perawan dan tersembunyi ini memang sangat cantik. Sebanding dengan perjuangan trackking yang sangat jauh dan melelahkan. Semuanya terbayar lunas begitu sampai di wilayah Pantai Kayu Arum.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di kawasan wisata ini, antara lain

  1. Bersantai
  2. Melihat ikan ikan yang berenang di sekitaran batu karang
  3. Bermain pasir layaknya kebanyakan orang yang berlibur ke pantai
  4. Hunting foto sebanyak mungkin untuk koleksi pribadi dan diunggah ke sosial media.

Terdapat sebuah bukit di Timur pantai yang bisa Anda daki dan menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah dari atas. Hamparan laut Selatan dipadukan dengan birunya langit akan membuat Anda banyak bersyukur atas nikmat dan karunia dari Tuhan yang tidak ternilai harganya. Perjuangan mendaki bukit ini juga tidak mudah. Begitu sampai di atas tentunya Anda akan berdecak kagum dan bersyukur kembali atas kesempatan melihat pemandangan alam yang eksotis dan menawan dari kawasan Pantai Kayu Arum yang belum banyak dijamah wisatawan ini.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Pulau Moyo, Mutiara dari Timur Indonesia

Fasilitas Pantai Kayu Arum

Letak Pantai Kayu Arum Wonosari yang tersembunyi ini belum banyak mendapat perhatian dari pemerintah setempat ataupun warga sekitar. Bagaimana tidak, jalan menuju ke pantai ini pun masih sangat alami. Banyak halangan dan rintangan yang harus dilalui demi melihat langsung pesona keindahan kawasan wisata Kayu Arum. Begitu sampai di bibir pantai jangan harap Anda menemukan jejeran warung warung kecil sebagaimana terdapat di Pantai Parangtritis atau Pantai Depok. Minimnya fasilitas di kawasan wisata ini membuat Anda harus mempersiapkan bekal masing masing terutama air mineral.

Pantai Ngarum Gunungkidul
Pantai Ngarum Gunungkidul

Rute Pantai Kayu Arum memang cukup mudah dilalui bagi orang yang terbiasa berkunjung ke Gunung Kidul. Namun, ada baiknya Anda tetap bertanya kepada warga sekitar untuk memastikan dan tidak nyasar. Di sekitar pantai Anda juga akan menemukan deretan pohon pandan yang cantik apabila dirawat. Sayangnya pantai ini masih minim perhatian sehingga pohon pandan tersebut terlihat rusak dan kurang perawatan.

Pesona yang dimiliki oleh Pantai Kayu Arum memang masih membutuhkan perhatian dan pengembangan lebih lanjut oleh pihak terkait. Potensi alam yang ada ini akan menjadi sia – sia jika dibiarkan begitu saja. Memang kealamian dan keasrian wisata pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun, tetap butuh adanya perhatian dan pengembanagn fasilitas agar wisatawan dan para pengunjung dapat dengan mudah mencapai objek wisata. Pengembangan wilayah Pantai Kayu Arum menjadi lebih maju dan representatif tentunya akan berdampak pula pada peningkatan ekonomi warga sekitar.

Pantai Mengiat Nusa Dua

wisataExpo
3 min read

Paralayang Puncak

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Surabaya

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *