Pantai Parangtritis

3 min read

Pantai Parangtritis Jogja Harga Tiket Masuk dan Sejarah Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling populer di kawasan Yogyakarta. Pantai ini berada di selatan kota Jogja sekitar 27 km. Pengunjung kawasan wisata pantai ini lebih banyak dibandingkan dengan pantai lainnya. Karena memang memiliki keistimewaan yang berbeda dan unik.

Sebagai bagian dari pantai Selatan, banyak cerita mistis serta misteri yang belum terungkap hingga saat ini. Banyak versi cerita yang beredar di masyarakat sekitar terkait mitos ataupun sejarah pantai Parangtritis.

Informasi Lengkap Seputar Pantai Parangtritis Jogja

Para pengunjung harus ekstra hati – hati apabila berwisata di kawasan ini. Karena pantai Selatan dikenal memiliki ceritas mistis yang menakutkan, selain itu juga memiliki ombak yang cukup besar serta struktur pantai yang landai.

Pantai Parangtritis Yogyakarta diyakini sebagai perwujudan dari kesatuan trimurti. Trimurti sendiri terdiri dari tiga elemen, yaitu elemen api yang diwakili oleh gunung Merapi, elemen air yang diwakili oleh pantai itu sendiri serta yang terakhir adalah Keraton Jogja (elemen tanah) yang berfungsi sebagai penyeimbang kedua elemen sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap terkait Pantai Parangtritis. Mulai dari sejarah, lokasi, harga tiket masuk maupun keindahan yang belum pernah dibahas ditempat lainnya.

Sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta

Cerita sejarah atau mitos Parangtritis sangat beragam dan menarik untuk disimak. Namun cerita yang paling terkenal adalah ada seorang bernama Dipokusumo yang mengasingkan diri dari kerajaan Majapahit untuk bersemedi.

Pada waktu itu, Dipokusumo melihat batu karang yang menjatuhkan banyak tetesan air. Batu karang dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah parang, sedangkan air yang menetes disebut tumaritis. Dari kejadian itulah kemudian diberi nama Parangtritis yang berarti air yang menetes dari bebatuan atau karang.

Tempat ini juga merupakan tempat bertemunya Sunan Kalijaga dengan Panembahan Senopati. Jadi memang tempat ini merupakan salah satu kawasan wisata yang cukup keramat. Tak jarang pengunjung yang datang hanya untuk melakukan meditasi.

Mitos Pantai Selatan

Entah ini sebagai mitos atau fakta yang menyebutkan bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang Istana kerajaan Laut Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul. Karena tidak semua orang bisa mengungkap kebenarannya, bahkan konon orang yang ahli dalam bidang spiritual juga tidak semuanya mampu menembus alam ghaib tersebut.

Mitos Pantai Selatan
Mitos Pantai Selatan

Ada yang bercerita di beberapa socmed bahwa mampu menghancurkan istana ghaib tersebut. Ada pula yang menceritakan bahwa yang dihancurkan itu hanyalah istana tipuan agar orang tersebut menjadi jumawa.

Mitos berikutnya yang masih dipercaya sampai sekarang adalah Nyi Roro Kidul menyukai segala sesuatu yang berwarna hijau. Sehingga muncul himbauan atau larangan bagi para pengunjung untuk menggunakan baju atau benda apapun yang berwana hijau ketika bermain di pantai.

Terlepas dari semua cerita mitos Pantai Parangtritis tersebut, dimanapun berada kita harus selalu berhati – hati. Pantai selatan Jawa memang terkenal memiliki ombak yang besar karena merupakan lautan lepas dan luas. Ditambah lagi struktur pantai yang landai dan curam.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Bantul

Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dengan jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta, terdapat 2 rute menuju Pantai Parangtritis yang bisa dijadikan pilihan.

  1. Yogyakarta – Jl. Parangtritis – Kretek – ParangTritis
  2. Yogyakarta – Imogiri – Parangtritis

Pilihan jalur yang kedua memang lebih jauh daripada yang jalur pertaman. Namun Anda bisa sembari menikmati pemandangan alam yang indah ketika melaluinya. Banyak persawahan hijau terbentang dipinggir jalan, aliran sungai serta beberapa perbukitan. Anda juga dapat singgah untuk mengunjungi makan Raja Imogiri.

Fasilitas Lengkap Pantai Parangtritis

Berlibur di pantai sudah menjadi hal wajib untuk menikmati keindahan Sunset. Disini Anda bisa menikmati romantisnya Sunset hanya dengan duduk ditepi pantai atau juga bisa dengan menikmatinya sembari naik bendi.

Bendi tersebut akan mengantarkan kita ke ujung timur pantai yang memiliki gugusan karang nan indah. Tak jarang kawasan ini dijadikan sebagai tempat berfoto selfi atau bahkan foto Pre-wedding.

Fasilitas Lengkap Pantai Parangtritis
Fasilitas Lengkap Pantai Parangtritis

Suasana senja yang indah dengan bayangan matahari di permukaan air membuat suasana semakin romatis. Setelah suasana semakin gelap, para penjual jagung bakar akan mulai menggelar dagangannya di pinggir pantai.

Selain bermain pasir di pinggir pantai, Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola, diantaranya adalah.

  • ATV (All-Terrain Vehicle) dengan harga sewa Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 untuk waktu 30 menit.
  • Bendi / Kereta Kuda untuk berkeliling Pantai dengan harga Rp. 20.000 sekali putaran.
  • Terdapat beberapa hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi.
  • Banyak terdapat toko souvenir yang menjual pernak – pernik khas kota Yogyakarta maupun Bantul.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis sangatlah terjangkau, yaitu sebesar Rp. 10.000 per orang. Selain itu Anda akan dikenakan biaya parkir, namun tidak perlu khawatir karena harganya juga sangat murah. Untuk kendaraan motor roda dua dikenakan tarif Rp. 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan harga Rp. 5.000.

Perlu diketahui bahwa harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola tempat wisata. Biasanya ketika musim liburan harganya akan ada sedikit kenaikan, namun tetap dalam batas kewajaran.

Tebing Gembirawati

Memang untuk menikmati keindahan Sunset dilakukan pada sore hari menjelang petang. Namun tidak ada salahnya untuk datang lebih awal agar tidak ketinggalan momen yang romantis. Sembari menunggu Sunset, Anda bisa naik ke tebing Gembirawati yang berada di belakang pantai.

Tebing Gembirawati Parangtritis
Tebing Gembirawati Parangtritis

Dari atas tebing ini Anda bisa melihat seluruh area pantai hingga ujung lautan lepas atau batas cakrawala. Perlu diketahui bahwa terdapat reruntuhan candi di sebelah timur tebing Gembirawati Parangtritis. Agar dapat mencapai reruntuhan candi tersebut, Anda bisa melalui jalan dekat Hotel Queen of the South. 100 meter setelah melalui jalan setapak, Anda akan sampai pada lokasi.

Demikian review wisata Pantai Parangtritis Jogja yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata menarik lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun Mancanegara dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar kelestarian tempat wisata tetap terjaga. Karena kita berharap agar warisan wisata ini bisa dinikmati oleh kita semua hingga anak cucu dan seterusnya. Dengan menjaga kebersihan juga merupakan salah satu perilaku yang sesuai dengan ajaran agama serta budi pekerti yang luhur.

Taman Herbal Insani

wisataExpo
4 min read

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *