Mengintip Pesona Gunung Sibuatan Favorit Pecinta Alam

2 min read

Mengintip Pesona Gunung Sibuatan yang Jadi Favorit di Kalangan Pecinta Alam

Jika liburan Anda dihabiskan untuk berkunjung ke Sumatera Utara, ada berbagai tempat wisata indah dan menarik yang dapat Anda kunjungi disana. Sumatera Utara memang terkenal dengan Danau Toba nya, namun selain itu masih banyak destinasi-destinasi wisata alam lainnya. Salah satunya adalah Pesona Gunung Sibuatan. Sampai sekarang ini, pesona yang ditawarkan oleh Gunung Sibuatan menjadikan para pecinta alam sangat cinta dengan pemandangan yang ditawarkan.

Mengintip Pesona Gunung Sibuatan yang Jadi Favorit di Kalangan Pecinta Alam
Mengintip Pesona Gunung Sibuatan yang Jadi Favorit di Kalangan Pecinta Alam

Gunung eksotis ini terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan memiliki ketinggian 2457 mdpl. Gunung ini masih berada di dataran tinggi Bukit Barisan, dan dikenal karena ekosistem alamnya yang masih terjaga. Namun akhir-akhir ini gunung Sibuatan sering dijadikan ladang eksploitasi bagi beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Gunung yang bagi masyarakat lokal sering disebut Deleng Sibuatan ini memiliki beberapa puncak tipuan, yang berarti pendaki harus memiliki informasi menyeluruh akan gunung eksotis ini. Jalur pendakian di gunung Sibuatan secara keseluruhan adalah hutan belantara, jadi bagi Anda yang ingin mendaki gunung Sibuatan pastikan memiliki mental baja.

Pesona Gunung Sibuatan yang Dicintai Pecinta Alam

Gunung Sibuatan selama ini memang dikenal dengan predikat sebagai gunung paling tinggi yang ada di Sumatera Utara. Ketinggian Gunung Sibuatan mencapai 2.457 mdpl. Pada awalnya Gunung Sibuatan bukan yang tertinggi karena ada Gunung Sinabung yang tertinggi. Kemudian karena mengalami beberapa erupsi di tahun 2010 – 2016 menjadikan ketinggiannya berubah menjadi 2.451 mdpl dan kalah tinggi dengan Pesona Gunung Sibuatan. Gunung Sinabung pada akhirnya semakin aktif dan menjadikan pendaki yang cinta pendakian mencari destinasi gunung lain yang lebih aman. Kemudian dipilihlah Gunung Sibuatan.

Selain karena mencari pelarian dari Gunung Sinabung, Gunung Sibuatan juga memiliki berbagai macam daya tarik dan keunikan. Keunikan dan daya tarik tersebut yang menjadikan pendaki rela melewati jalur menantang yang terdapat di Gunung Sibuatan. Salah satu daya tarik dan keunggulan yang banyak menjadikan inspirasi bagi pendaki untuk melupakan jerih payah dan mendaki di Gunung Sibuatan diantaranya :

Pesona Hutan Lumut Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan selama ini menjadi rumah bagi berbagai flora langka yang ada di Indonesia mulai dari kantong semar, lumut, jamur, anggrek dan berbagai flora yang lain. Di Gunung Sibuatan, lumut bukan menjadi tanaman pengganggu melainkan menjadi sebuah daya tarik utama. Selain jarang ditemukan di gunung yang lain, padatnya vegetasi lumut di Gunung Sibuatan menjadikan banyak orang tertarik untuk berkunjung disini.

Gunung Sibuatan memiliki kelembaban udara yang tinggi dimana hal tersebut menjadi pemicu pertumbuhan lumut. Di Gunung Sibuatan Anda akan menemukan hutan lumut yang kini sudah memasuki ketinggian mencapai 2000 mdpl.

Puncak Pilar Gunung Sibuatan yang menawan

Puncak Pilar merupakan salah satu puncak utama dari Pesona Gunung Sibuatan. Untuk mencapai puncak ini, pendaki perlu waktu sekitar 60 menit perjalanan. Disini berbagai kesan, tantangan dan keindahan bisa didapatkan. Pemandangan di Puncak Pilar adalah salah satu panorama terbaik yang tentu akan sangat memanjakan mata Anda. Disini Anda akan dibuat terkagum dengan panorama yang tersedia mulai dari panorama Danau Toba, Pulau Samosir, Kota Berastagi, Gunung Sibayak, Gunung Barus sampai dengan Taman Nasional Gunung Leuser.

Rute Perjalanan
Terminal Amplas Medan -> Brastagi -> Kabanjahe -> Desa Nagalingga Merek -> Gunung Sibuatan

Beberapa hal yang harus dihindari ketika mendaki Gunung Sibuatan

  1. Menggunakan Sandal Gunung. Lebih disarankan menggunakan sepatu gunung karena medan pendakian yang berlumpur.
  2. Berangkat dari Pos Pintu Rimba diatas jam 12 siang.
  3. Logistik yang tidak memadai.
  4. Membuang Sampah Sembarangan.
  5. Tidak membawa jas hujan/jaket waterproof.

Nah, Anda yang berada di Sumatera Utara dan ingin mendapatkan keindahan luar biasa disana, jangan lewatkan kesempatan datang berkunjung ke Gunung Sibuatan. Dapatkan pengalaman pendakian luar biasa di Gunung Sibuatan. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan serta keasrian dari tempat wisata yang kita kunjungi.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *