Tempat Wisata Di Klaten

8 min read

Wisata Tebing Breksi

Wisata Klaten – Salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia yang mungkin tidak pernah kita ketahui selengkapnya adalah tempat – tempat wisata di klaten. Beberapa dari kita bahkan bisa jadi tidak familiar dengan nama Klaten. Padahal lokasinya berbatasan dengan Yogyakarta dan tempat wisatanya itu tidak kalah dengan berbagai destinasi wisata Indonesia lainnya. Baik wisata air, wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner maupun wisata modern semua lengkap di wisata Klaten.

Wisata terpopuler di Klaten terutama terkait dengan wisata budaya dan sejarah berupa candi – candi dan wisata air dengan mata air, kolam dan sungainya yang alami. Wisata budaya dan sejarah berupa candi di Klaten yang terbaik adalah Candi Prambanan, Candi Merak, Candi Sewu dan Candi Lumbung. Lelah dari wisata candi, kita bisa melepas penat di berbagai wisata air yang tersebar di Klaten. Rekomendasi terbaik yang bisa kita kunjungi adalah Umbul Ponggok, Mata Air Cokro Tulung, Kali Pusur dan Umbul Kapilaler. Kesemuanya adalah wisata air alami yang berupa mata air, sungai dan danau alami. Selain candi dan wisata air, rekomendasi tempat wisata di Klaten lainnya adalah wisata alam Tebing Breksi berupa sisa tambang bukit kapur yang menjadi landscape arsitektur yang indah. Rekomendasi terakhir untuk yang masih ingin merasakan wisata modern bisa mengunjungi Galuh Tirtonirmolo yang menawarkan wisata dengan berbagai kolam dan permainan ala taman hiburan.

Berikut 10 Tempat Wisata di Klaten yang Paling Direkomendasikan

Candi Prambanan Tempat Wisata di Klaten

Inilah tempat wisata di Klaten yang paling populer. Candi Prambanan tak hanya terkenal di dalam negeri, bahkan hingga ke mancanegara. Arsitektur yang megah dengan teknik pembangunan yang masih misteri hingga saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi candi Prambanan. Secara geografis, kompleks Candi Prambanan terbagi menjadi dua, sebagian masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian lainnya masuk wilayah Klaten.

Wisata Candi Prambanan
Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan dinobatkan sebagai salah satu candi termegah se-Asia Tenggara dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Candi ini juga memiliki nama lain yaitu candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dengan ketinggian bangunan mencapai 47 meter.  Tak berlebihan rasanya jika candi Prambanan dijadikan sebagai salah satu tempat favorit wisata Klaten.

Baca Juga : Tempat instagramable di Hongkong

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata di Klaten yang bisa untuk snorkeling dan diving. Asal muasal nama Umbul Ponggok berasal dari kata “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” adalah nama desa di mana umbul itu berada. Umbul Ponggok adalah mata air yang berada di sebuah Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Konon umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda difungsikan untuk pengairan perkebunan. Namun pada tahun-tahun terakhir ini dipergunakan sebagai tempat wisata air.

Wisata Klaten Kolam Umbul Ponggok
Wisata Klaten Kolam Umbul Ponggok

Kolam Umbul Ponggok ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan kedalaman air rata-rata 1,5 hingga 2,6 meter. Snorkeling di tempat ini Anda tidak perlu takut akan terbawa gelombang, karena tempat ini merupakan sumber mata air alami yang segar dan jernih dengan banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya. Anda akan merasakan sensasi berenang dengan berbagai jenis ikan air tawar. Kolam di Umbul Ponggok ini juga berbeda dengan kolam lainnya. Dasar kolam ini tidak berupa lantai keramik melainkan masih alami yang berupa pasir dan beberapa bebatuan yang mempercantik keindahan kolam.

Baca Juga : Keindahan wisata Bromo yang fenomenal

Daftar harga tiket masuk  dan sewa perlengkapan di Umbul Ponggok

  1. Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok: Rp. 5000
  2. Sewa Masker Atau Snorkel Set: Rp. 12000
  3. Sewa Pelampung: Rp. 7000
  4. Harga Sewa Kaki Katak: Rp. 7000
  5. Harga Kamera Underwater Setengah Jam: Rp. 60.000
  6. Harga Kamera Underwater Satu Jam: Rp. 100.000
  7. Sewa ban untuk berenang Rp. 5000
  8. Harga foto grup underwater untuk 7 orang Rp. 100.000 per jam
  9. Tarif parkir motor Rp. 2000
  10. Tarif parkir mobil Rp. 4000
  11. Tarif ruang bilas Rp. 1000

*)Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Wisata Alam Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan tempat wisata di Klaten yang dibuka sejak tahun 2015. Tebing Breksi merupakan bongkahan batu yang dulunya menjadi lokasi pertambangan batu gamping. Saat ini bekas pertambangan batu gamping tersebut dikembangkan menjadi objek wisata yang bagus. Jika dilihat sepintas saja, tempat ini mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang. Tapi kalau naik dan berada dipuncaknya, Anda akan melihat beberapa pemandangan lain sekaligus diantaranya adalah Candi Barong, Gunung Merapi, Kota Yogyakarta, Candi Prambanan dan Candi Sojiwan. Banyak orang menyebut jika Tebing Breksi ini adalah White Canyon-nya Jogja.

Wisata Tebing Breksi
Wisata Tebing Breksi

Tebing Breksi juga dilengkapi dengan amphiteater terbuka yang diberi nama Tlatar Seneng. Amphiteater ini sering digunakan sebagai lokasi pertunjukan kesenian. Beberapa konser musik megah juga pernah dilangsungkan di tempat ini. Biasanya konser musik dilangsungkan pada malam hari. Tidak ada angkutan umum yang melayani trayek hingga tempat ini, sehingga satu-satunya cara menuju ke sini adalah membawa kendaraan sendiri. Berhubung aksesnya berupa bukit yang sangat terjal, pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga : Tempat wisata pemandian air panas Ciwidey

Waterpark Galuh Tirtonirmolo

Taman Tirtonirmolo merupakan bagian dari hotel Galuh Tirtonirmolo. Taman ini berada diantara Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Galuh Tirtonirmolo secara administrasi berada di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Taman bermain Tirtonirmolo buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB harga tiket masuk Rp. 10.000,-. Anda bebas untuk menikmati beberapa kolam yang ada tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Namun jika ingin menikmati permainan, maka perlu membeli tiket yang dapat diperoleh dimasing masing bagian permainan dengan harga yang bervariasi.

Tempat Wisata di Klaten - Tirtonirmolo Waterpark Galuh
Tempat Wisata di Klaten – Tirtonirmolo Waterpark Galuh

Aneka permainan serta kolam renang dengan berbagai macam ukuran dapat dinikmati ditempat ini. Untuk kolam renang terdapat berbagai macam dengan ukuran dan jenis yang berbeda. Diantaranya adalah Kolam mandi Bola, Kolam renang seluncur, Kolam renang laba laba, Kolam anak-anak, Kolam Arus, Kolam Air mancur, kolam taman air, Kolam renang dewasa, kolam renang Songsong gora, kolam seluncur anak, kolam kuda laut.

Baca Juga : Tempat wisata Jogja malam hari terbaru

Cara Menuju Galuh Tirtonirmolo
– Menggunakan transjogja jalur 1A turun di halte candi prambanan dilanjut dengan becak atau jalan kaki dengan jarak kurang lebih 1,7 km – Menggunakan kendaraan umum jurusan solo turun di perempatan stasiun prambanan kemudian berjalan kaki ke arah utara kurang lebih 600 meter

Mata Air Cokro Tulung Tempat Wisata di Klaten

Objek Mata Air Cokro (OMAC) atau lebih dikenal dengan waterboom Cokro Tulung memiliki luas sekitar 15.000 meter persegi. Tempat ini dikelilingi pohon Ingas yang berukuran raksasa yang sekaligus menjadi payung alami. Pengunjung yang akan memasuki kawasan Cokro Tulung harus melalui jembatan gantung sepanjang 25 meter dengan ketinggian sekitar 10 meter. Yang lebih menantang lagi adalah jembatan tersebut terbuat dari kayu. Wahana air yang dimiliki Cokro Tulung saat ini sudah cukup lengkap. Antara lain kolam renang, arena permainan, area flying fox serta water slide.

Objek Mata Air Cokro Tulung Klaten
Objek Mata Air Cokro Tulung Klaten

Jika Anda yang berasal dari arah pusat kota Jogja, dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dengan mengambil jalur menuju kota Solo. Ikuti terus jalan raya Jogja-Solo sampai perempatan pasar Delanggu. Ambil arah kiri hingga sampai pasar Tulung. Lokasi Cokro Tulung  tepat berada di belakang pasar tersebut.

Wisata Candi Sewu Klaten

Candi Sewu memiliki sejuta keindahan serta nilai sejarah yang tinggi. Candi ini dibangun sekitar abad ke 8 Masehi dengan design unik yang merupakan perpaduan antara candi Hindu dan candi Buddha. Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi yang ada di kompleks Candi Sewu ini sesungguhnya hanya ada sejumlah 257 buah. Namun kata sewu bagi orang Jawa jaman dulu sampai sekitar tahun 60-an memang sering menggantikan ungkapan ‘sangat banyak’ ketimbang hitungan yang pasti.

Legenda Candi Sewu Prambanan Wisata Klaten
Legenda Candi Sewu Prambanan Wisata Klaten

Candi Sewu memiliki 4 pintu yang masing-masing mewakili empat penjuru mata angin. Untuk masing-masing pintu terdapat sepasang Dwarapala. Setelah memasuki pelataran akan ada pintu masuk lagi menuju komplek Candi Sewu. Didalamnya terdapat Candi Perwara yang ukurannya sangat kecil berfungsi untuk menjaga Candi Utama, yang berjumlah 240 buah. Penataannya pun sangat rapi karena candi-candi ini tersusun di 4 kelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 4 deretan dan kesemuanya menghadap keluar. Dimana deret ke 4 memiliki 88 buah candi perwara, kemudian deretan ke 3 memiliki 80 buah candi perwara, deretan ke 2 mempunyai 44 buah candi perwara dan deretan ke 1 ada 28 buah candi perwara.

Baca Juga : Taman Krida wisata Kudus Kabupaten Jawa Tengah

Air Terjun Luweng Sampang

Luweng Sampang termasuk wisata air di Klaten yang eksotis. Bahkan ada yang menyamakan kawasan ini dengan Grand Canyon. Lokasi air terjun Luweng Sampang di perbatasan antara kabupaten Klaten dan kabupaten Gunung Kidul. Air terjun ini berada di jepitan batu kapur yang mempunyai keunikan tersendiri. Sangat jarang ada guratan batu yang menciptakan seni alam yang indah seperti ini. Guratan batu itu terbentuk dari kikisan air.

Air Terjun Luweng Sampang Klaten
Air Terjun Luweng Sampang Klaten

Warna air terjun Luweng Sampang ini bisa berubah-rubah. Saat musim hujan airnya akan berwarna sedikit coklat membuat kombinasi warna yang cantik dengan bebatuan yang ada di sekitarnya. Pada saat musim kemarau air terjunya berubah menjadi bening dan tidak kalah bagusnya dengan saat musim penghujan.

Rute Air Terjun Luweng Sampang Klaten

Yogyakarta -> Ringroad Kerandan -> Jl Wonosari -> Piyungan -> Bukit Bintang -> Patuk Perempatan dekat GCD FM ambil arak kiri -> Ngoro-oro -> ada perempatan puskermas patuk II -> (Silahkan ambil yang Lurus) -> Pertigaan Pendukuhan Semilir (ambil yang ke kiri) -> Pertigaan SD Negeri Belang Terbah (itu masih Lurus) -> Balai Desa Terbah -> Ada pertigaan silahkan anda ambil yang lurus setelah itu ikuti jalan kurang lebih 3km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan itu sudah terlihat.
Yogyakarta -> Maguo -> Prambanan -> Dari jalan Jogja solo anda silahkan ambil jalur kanan (selatan) -> Menuju ke Desa Gantiwarno Klaten -> SD Negeri 2 Jogoprayan Gantowarno klaten -> Desa Sampang Gunung Kidul -> Balai Desa Sampang, kemudian silahkan anda ikuti saja jalan tersebut kurang lebih 2km baru anda sampai di Air Terjun Luweng Sampang di Jalur Sebelah kiri.

Deles Indah Klaten

Deles Indah Klaten terletak di kaki gunung Merapi sebelah timur. Tempat wisata di Klaten yang satu ini menawarkan pemandangan puncak gunung Merapi yang tak terlupakan. Tempat wisata Deles Indah ini menawarkan suasana khas layaknya daerah dataran tinggi lainnya. Dari wilayah ini, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Klaten, Rawa Jombor, dan dua pabrik gula terkenal di Klaten yaitu Gondang Baru dan Ceper Baru.

Deles Indah Klaten
Deles Indah Klaten

Potensi wisata di Deles Indah sangat melimpah. Kita tidak hanya menikmati suasana alam pegunungan dengan pemandangan hijaunya. Ada beberapa peninggalan sejarah yang ada di Deles Indah Klaten antara lain Bekas pasanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, serta Gua Sapuangin.

Tempat Wisata di Klaten Kali Pusur

Sungai Pusur melintasi wilayah Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terletak di antara Pemandian Cokro dan Umbul Ponggok, river tubing Sungai Pusur ini menambah daftar tempat wisata di Klaten. Berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Solo dan diperlukan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Untuk menyusuri sungai ini, Anda harus menuju ke basecamp yang terletak di Dusun Jragan, Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

River Tubing Kali Pusur Klaten
River Tubing Kali Pusur Klaten

Wisata Riverboarding (berselancar disungai yang memiliki arus deras dengan menggunakan papan selancar) mungkin lebih dikenal di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat. Namun kini di Kabupaten Klaten ternyata sudah terdapat wisata Riverboarding, tepatnya di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Di area ini, Anda akan melewati tiga desa sejauh 10 kilometer. Dijamin Anda akan merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, jeram dan pelan. Tapi tidak perlu khawatir, karena setiap pengarungan boarding akan didampingi oleh dua orang operator yang profesional.

Umbul Kapilaler Klaten

Klaten memang terkenal memiliki berbagai wisata umbul. Seperti Umbul Ponggok yang hits karena sensasi kolam dan barang-barang didalam air, Umbul Manten dengan air jernihnya, Umbul Nilo yang memiliki bebatuan coral didasarnya, hingga Umbul Cokro yang mirip seperti waterboom. Dan sekarang, ada lagi yang baru ngehits, sebut saja Umbul Kapilaler. Umbul Kapilaler terletak di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten.

Umbul Kapilaler Wisata Klaten
Umbul Kapilaler Wisata Klaten

Dasar kolam Kapilaler masih berupa batu dan tanah. Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan air minum untuk dijadikan air minum kemasan. Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama disini.

Tak hanya 10 tempat wisata ini saja, masih banyak tempat wisata lainnya yang menarik di Klaten. Tidak perlu juga khawatir tentang akomodasi dan kuliner di Klaten, kita akan dimanja dengan berbagai macam pilihan hotel losmen dan makanan jajanan kelas bintang lima sampai kaki lima yang terjangkau. Sehingga dari sisi budget pun wisata di Klaten masih sangat terjangkau dan bisa dinikmati semua kalangan. Yang pasti tempat wisata di klaten wajib masuk agenda rencana liburan selanjutnya baik sendiri, bersama pasangan, teman-teman maupun keluarga. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataexpo. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan serta keasrian dari tempat wisata yang kita kunjungi.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *