Pilihan Tempat Wisata Jogja Terbaik untuk Wisata Malam

7 min read

Destinasi Wisata Jogja Malioboro

Wisata Jogja – Karena ada banyaknya tempat wisata di Jogja, sehingga liburan ke kota yang mendapat sebutan sebagai kota pelajar tersebut tidak cukup dilakukan dalam waktu 1 – 2 hari saja. Ya, butuh waktu yang lebih lama lagi untuk menjelajahi semua tempat wisata Jogja. Apalagi di sini tidak hanya terkenal dengan tempat wisata alam, sejarah, dan budaya saja, akan tetapi juga terkenal dengan wisata kulinernya. Buktinya, di Jogja Anda tidak akan pernah kesulitan untuk mencari dan mendapatkan tempat makan yang enak – enak. Bahkan beberapa diantaranya jadi tempat favorit para muda mudi Jogja untuk nongkrong.

Satu lagi nih, Anda juga tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata malam di Jogja. Berikut ini akan kami informasikan kepada Anda beberapa pilihan tempat wisata di Jogja khususnya untuk tempat wisata malam terbaik yang pastinya harus banget Anda kunjungi. Apa saja?

Pilihan Tempat Wisata Jogja Terbaik untuk Wisata Malam di Kota Pelajar

Bukit Bintang Wisata Jogja

Bukit Bintang adalah tempat wisata Jogja yang paling romantis untuk wisata malam di kota pelajar. Di sini banyak sekali dikunjungi oleh para muda mudi dari kota Jogja dan sekitarnya. Pemandangan lampu – lampu di malam hari dari kota Jogja pastinya akan terlihat begitu menakjubkan. Menariknya, Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan tersebut dari ketinggian. Bersantai sambil bercanda bersama teman dekat di tempat ini pastinya akan jadi momen yang paling pas. Apalagi jika dilakukan sembari menikmati jagung bakar yang banyak dijual di sekitar area wisata tersebut.

Bukit Bintang Jogja
Wisata Romantis Jogja Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja menawarkan panorama alam yang sungguh luar biasa. Anda akan merasakan sensasi berada di angkasa dengan pemandangan gemerlap bintang yang sebenarnya adalah lampu kota. Lokasi tempat wisata ini cukup strategis karena berada di tepi pegunungan seribu dengan menghadap ke kota Jogja. Selain itu jika diakses melalui kota, jaraknya pun tidak terlalu jauh.

Bukit dengan nama asli Bukit Hargo Dumilah ini telah bertransformasi menjadi tempat wisata favorit beberapa tahun belakangan. Selama ini masyarakat lebih mengenal Jogja dengan wisata pantai serta wisata budaya di sekitaran tengah kota. Lambat laun masyarakat sekitar mulai menikmati pemandangan dari bukit ini hingga akhirnya terkenal sampai ke telinga pecinta traveling. Pemerintah Daerah Gunung Kidul sadar dengan potensi bukit Bintang, sehingga dibangunlah kawasan rest area  yang megah dikawasan Bukit Bintang Jogja.

Titik Nol Kilometer

Lalu untuk tempat berikut ini ada di persimpangan kantor pos besar Jogja, yang juga menjadi salah satu tempat paling pas untuk berwisata malam di kota pelajar. Kawasan Titik Nol Kilometer setiap harinya memang tidak pernah sepi pengunjung, yang mana hampir di setiap malam di tempat tersebut bisa ditemukan para muda mudi yang sedang asyik nongrkong. Lampu – lampu dengan cahaya yang temaram menghiasi kawasan ini semakin membuat suasana di tempat wisata Jogja tersebut menjadi lebih hangat. Di samping itu, di kawasan Titik Nol Kilometer juga ada bangunan – bangunan peninggalan zaman Belanda yang cocok untuk dijadikan sebagai background foto selfie Anda.

Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer merupakan tempat dimulainya segala kisah tentang Jogja. Di persimpangan ini Anda bisa melihat Jogja secara utuh. Lokasi ini berada tepat di jantung kota Jogja. Di sekitar kawasn titik nol kilometer terdapat monumen serangan 1 Maret yang sering digunakan sebagai tempat untuk acara seni dan budaya. Di belakangnya terdapat Museum Benteng Vredenburg yang berdiri dengan gagahnya. Sedangkan diseberang Benteng ada Istana Kepresidenan Gedung Agung. Selain dikelilingi bangunan indah yang megah, di kawasan wisata Titik Nol Kilometer juga terdapat area hijau dengan pepohonan yang rindang. Aneka instalasi seni juga menjadikan suasana semakin menarik.

Aktivitas yang biasa dilakukan di Titik Nol Kilometer

  • Photo Session
    Hampir seluruh sudut Titik Nol Kilometer sangat cocok untuk berphoto ria. Mulai dari sisi ujung barat hingga timur sangatlah instagramable. Banyak juga beberapa production House yang memilih kawasan ini sebagai lokasi syuting film.
  • Menikmati Alunan Lagu Musisi Jalanan
    Yogyakarta terkenal dengan musisi jalanan yang tak kalah dengan artis ibukota. Bahkan banyak jebolan artis ibukota yang berasal dari kota Jogja. Disini Anda akan menemukan musisi jalanan dengan peralatan musik yang lengkap unjuk kebolehan. Anda dapat menikmatinya disambi dengan mencicipi makanan yang dijajakan para pedagang kaki lima.
  • Berbelanja Oleh-oleh
    Tidak lengkap rasanya jika rekreasi tanpa membeli oleh-oleh. Untuk wilayah Jogja, oleh-oleh yang khas adalah baju batik serta pernak pernik asli Jogja. Oleh-oleh tersebut bisa juga dibeli di area pasar malam Malioboro yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Titik Nol Kilometer.
  • Menonton Pawai dan Pentas Seni Budaya
    Aneka karnawal dan pawai budaya tingkat daerah hingga tingkat internasional sering dilakukan di kawasan ini. Rute karnaval biasanya bermula dari Taman Parkir Abu Bakar Ali – Jalan Malioboro – Titik Nol Kilometer dan diakhiri di Alun-alun utara.

Alun Alun Lor (Utara)

Alun-Alun Lor (Utara) ini juga jadi tempat wisata Jogja yang paling difavoritkan dan ramah dikunjungi saat malam hari. Alun-alun ini berbentuk persegi dengan ukuran 150×150 meter dengan dua pohon beringin besar yang berada ditengahnya. Dua pohon beringin tersebut diberi nama Kyai Dewandaru dan Kyai Wijayandaru. Awalnya disekeliling Alun-alun Lor  ditanam pohon beringin sebanyak 63, yang mana melambangkan umur Nabi Muhammad SAW.

Wisata Kota Yogyakarta - Alun-alun Utara
Wisata Kota Yogyakarta – Alun-alun Utara (Photo by, riskhanoviaa)

Jika Anda datang pada saat menjelang Maulid Nabi, maka Anda akan mendapatkan pasar malam yang bernama “Pasar Sekaten” yang hanya digelar pada saat Maulid Nabi saja. Ketika pasar tersebut dibuka, maka akan ada banyak sekali wahana permainan seru yang bisa Anda coba. Bahkan ada banyak pula pedagang kaki lima di tempat ini.

Cara Menuju Alun-alun Lor

  • Dari perempatan Kantor Pos besar Malioboro ke arah selatan sekitar 200 meter.

Malioboro

Meskipun ini bukan tempat wisata Jogja terbaru, akan tetapi Malioboro sejak dulu hingga sekarang masih ramai dikunjungi oleh wisatawan. Menjadi salah satu tempat wisata malam di Jogja, Malioboro pastinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Meskipun tempat ini buka sejak siang hari, akan tetapi saat malam hari tempat tersebut menjadi lebih ramai dan meriah dengan gemerlapan lampu – lampu yang menghiasi. Di Malioboro ada banyak sekali stan yang berjajaran di depan ruko – ruko di sepanjang kawasan wisata Jogja tersebut. Belum lagi juga ada beberapa delman yang melintas.

Destinasi Wisata Jogja Malioboro
Destinasi Wisata Jogja Malioboro

Disini merupakan wisata kuliner paling lengkap di Kota Gudeg, sehingga Malioboro merupakan tempat wisata Jogja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Anda bisa menemukan berbagai makanan, mulai dari makanan tradisional Yogyakarta, hingga beberapa makanan unik seperti oseng mercon serta sate kere. Mayoritas harga makanan di Malioboro sangat terjangkau, sehingga kita bisa makan dengan puas tanpa perlu khawatir menguras kantong. Namun layaknya tempat wisata, tentu saja ada oknum pedagang kaki lima yang harganya super mahal. Untuk itu kita juga tetap harus jeli dalam memilih tempat makan. Anda juga bisa menanyakan mbah Google untuk mendapatkan rekomendasi tempat makan yang murah dan enak.

Alun – Alun Kidul (Selatan)

Untuk yang selanjutnya ini adalah tempat wisata Jogja untuk wisata malam di kota pelajar yang paling terkenal. Tidak hanya ramai di siang hari, Alun – Alun Kidul (Selatan) di kota Jogja tersebut juga ramai pengunjung saat malam hari. Di tempat ini ada banyak sekali sepeda yang disewakan dan juga becak yang sudah dimodifikasi serta dihiasi dengan lampu berwarna – warni. Anda bisa coba menyewa sepeda yang bisa dikendari oleh 2 – 6 orang untuk mengitari alun – alun Jogja yang cukup luas ini.

Objek Wisata Jogja - Alun-Alun Kidul
Objek Wisata Jogja – Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul Yogyakarta dikenal dengan nama Alkid yang diyakini sebagai tempat istirahat bagi para Dewa. Oleh sebab itu tempat ini lebih banyak digunakan sebagai tempat untuk menentramkan hati. Pada masa lalu, di Alun-alun Kidul inilah dilakukan acara latihan ketangkasan prajurit keraton, antara lain :

  1. Setonan : Ketangkasan berkuda
  2. Manahan : Lomba memanah dengan posisi duduk bersila
  3. Rampok Macan : Lomba adu harimau
  4. Masangin : Latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua pohon beringin yang berada di tengah Alkid dengan mata tertutup

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Bisa dibilang, Sindu Kusuma Edupark (SKE) di Jogja ini adalah salah satu tempat wisata paling romantis di Jogja. Meskipun dibuka sejak siang hari, akan tetapi tempat wisata Jogja tersebut masih tetap dibuka dan ramai dikunjungi hingga malam hari, tepatnya pukul 10 malam. Wahana utama yang bisa dicoba di tempat wisata di Jogja ini adalah bianglala raksasa. Ya, wahana yang berbentuk kincir angin tersebut dibuat sangat besar sekali dan dihiasi dengan lampu berwarna – warni sehingga terlihat paling menonjol di tempat ini.

Wisata Jogja - Sindu Kusuma Edupark
Wisata Jogja – Sindu Kusuma Edupark

Meskipun menyuguhkan wahana hiburan dengan nuansa modern, pengelola Sindu Kusuma Edupark tidak lupa untuk menyelipkan unsur edukasi serta budaya tradisional. Hal tersebut terlihat dengan penamaan beberapa wahana dengan bahasa Jawa. Antara lain Montor Tumbur untuk nama lain dari bumper car, Cakra Manggilingan untuk bianglala.

Wisata Jogja Oyot Godhong Cabaret Show

Anda tidak perlu jauh – jauh pergi ke Thailand hanya untuk melihat Cabaret Show. Sebab di Jogja Anda juga sudah bisa melihat pertunjukan tersebut. Oyot Godhong Cabaret Show adalah gabungan dari pertunjukan musik, tari, drama, komedi, dan lain sebagainya yang diperagakan para waria asli dari Indonesia. Acara tersebut pastinya tidak kalah serunya dengan Cabaret Show di Thailand. Namun pementasan ini hanya digelar 2 kali seminggu, yakni di hari Jumat dan Sabtu saja, tepatnya pukul 7 – 10 malam.

Oyot Godhong Cabaret Show
Oyot Godhong Cabaret Show

Saat pertunjukan, para ladyboy tampil membawakan lagu dari artis papan atas dengan lip-sync. Sudah barang tentu tontonan seperti ini mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para penonton karena melihat para waria berimprovisasi. Selain itu terlihat pula gaya seronok nan erotis yang cenderung kurang etis, namun hal tersebut mampu membuat penonton tertawa terhibur. Terlepas dari kontroversi soal menyalahi kodrat, perlu kita apresiasi untuk perjuangan mereka dalam menampilkan performance yang fantastis.

Taman Pelangi Jogja

Anda pastinya sangat setuju sekali jika Taman Pelangi juga masuk ke dalam daftar tempat wisata Jogja terbaik untuk wisata malam. Sebab, pesona yang disuguhkan tempat ini memang tampak sangat meriah saat malam hari. Ada berbagai macam lampion hias terlihat menerangi seisi taman tersebut. Meskipun Taman Pelangi bukan termasuk sebagai wisata Jogja terbaru, akan tetapi tempat tersebut masih sangat layak dikunjungi. Menariknya, lampion di sini hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk alat transportasi, benda antik, binatang, replika keajaiban dunia, dan bunga.

Gemerlap Lampu Taman Pelangi Jogja
Gemerlap Lampu Taman Pelangi Jogja

Taman pelangi juga disebut dengan taman Monjali oleh warga setempat. Terdapat becak mini yang dapat disewa untuk berkeliling taman. Bagi yang suka dengan yang horor, Anda dapat mencoba untuk masuk ke puri hantu. Terdapat beberapa macam hantu yang mampu menghadirkan keseruan tersendiri. Secara umum taman ini cocok untuk wisata bersama keluarga ataupun bersama pasangan yang ingin merasakan romantisme.

Sendratari Ramayana Prambanan Wisata Jogja

Liburan paling menarik di kota pelajar satu ini juga bisa dilakukan dengan menonton pertunjukan budaya di Candi Prambanan. Silakan datang pada hari Selasa, Kamis, atau Sabtu tepatnya pukul 19:30. Sebab saat itulah di sekitar candi ini akan digelar sebuah pertunjukan yang bernama Sendratari Ramayana. Di bulan Mei – Oktober, pertunjukan besar – besaran dilakukan di panggung terbuka dengan berlatar belakangkan Candi Prambanan yang disorot dengan lampu. Tetapi apabila Anda datang pada bulan November – April, maka Anda akan menjumpai sebuah pertunjukan tersebut di dalam sebuah gedung Trimutri, yang lokasinya tidak jauh dari panggung terbuka.

Sendratari Ramayana Prambanan
Sendratari Ramayana Prambanan

Kisah Ramayana bersumber dari Epos Ramayana karangan Walmiki yang menceritakan tentang usaha Sri Rama untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Berawal dari kisah tersebut, Letjen TNI (purn) GPH Djati Kusumo mengusulkan untuk menampilkan pertunjukan seni yang mengusung cerita Ramayana. Selama 2 jam Anda akan disuguhkan atraksi memukau para penari serta suara indah pesinden. Penonton harus mampu mencermati setiap gerakan para penari untuk dapat memahami jalan cerita, karena memang pertunjukan ini tidak ada dialognya.

Wisata Tugu Jogja

Terakhir ada Tugu Jogja yang juga harus banget Anda kunjungi saat berada di kota pelajar ini. Tempat wisata Jogja tersebut memang bisa dikunjungi selama 24 jam penuh, namun di malam hari Anda akan menjumpai banyaknya muda mudi yang datang untuk nongkrong. Banyak sekali wisatawan yang berfoto dengan berlatar belakang Tugu Jogja yang disorot dengan lampu di malam hari.

Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta mempunyai nama lain Tugu Golong Gilik atau Tugu Pal Putih, yang merupakan penanda batas utara kota tua Yogya. Tugu ini dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Konon Tugu Jogja juga dipercaya merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan antara Laut Selatan, Kraton Yogya dan Gunung Merapi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pilihan tempat wisata Jogja terbaik untuk wisata malam di kota pelajar. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kita semua. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataexpo[dot]com. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan serta keasrian dari tempat wisata yang kita kunjungi.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *