Planetarium Jakarta

4 min read

Planetarium Jakarta Wisata Edukasi Astronomi Taman Ismail Marzuki

Wisata Expo – Jakarta memang dikenal sebagai kota termacet di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena memang kota Jakarta menjadi pusat segalanya. Mulai dari pemerintahan, perekonomian, tempat hiburan hingga tempat wisata. Disini Anda bisa menjumpai berbagai jenis tempat wisata, salah satunya adalah wisata edukasi yang lebih dikenal dengan sebutan Planetarium Jakarta.

Tempat wisata ini memiliki nilai pendidikan yang besar, terlebih pada bidang keilmuan perbintangan dan astronomi. Berbagai informasi hingga peragaan terkait ditampilkan dengan sangat jelas. Jadi tidak ada salahnya mengajak putra – putri Anda untuk berlibur ke Planetarium Jakarta.

Wisata Edukasi Planetarium Jakarta

Tema apakah yang diusung oleh tempat wisata Planetarium Jakarta ? Wisata Cikini tersebut mengusung tema pendidikan astronomi. Jadi secara garis besar berisi aneka wahana simulasi perbintangan serta beberapa benda langit lainnya yang sangat menarik untuk disimak.

Karena memang difokuskan pada tema edukasi atau pembelajaran, maka pengunjung kawasan ini lebih banyak didominasi oleh kaum pelajar. Kawasan yang mempelajari ilmu astronomi tidak hanya tersedia di Jakarta. Kota Bandung memiliki Observatorium Bosscha, Kota Yogyakarta memiliki planetarium di kawasan Taman Pintar. Mari kita kupas lebih mendalam lagi agar para pembaca mendapatkan informasi yang tidak simpang siur.

Sejarah Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan bangunan lama yang diprakarsai oleh Presiden Pertama Bapak Ir. Soekarno. Mulai dibangun sekitar tahun 1964 dengan proses pembangunan yang memakan waktu kurang lebih 4 tahun. Tujuan utama dari gedung ini adalah untuk dijadikan tempat pameran ataupun simulasi benda langit serta ilmu astronomi lainnya.

Setelah diresmikan pada tahun 1968, pengelolaan dan penanggung jawab diserahkan sepenuhnya kepada pemda DKI.  Mulai saat itulah segala kegiatan yang berhubungan dengan penelitian ataupun dokumentasi segala ilmu astronomi dilakukan di tempat ini.

Lokasi Planetarium TIM

Lokasi Planetarium Jakarta berada di pusat kota Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki daerah Cikini. Alamat lengkapnya yaitu Jl. Cikini Raya no. 73, Menteng, Jakpus.

Dalam kondisi normal, jam operasional wisata Planetarium Cikini ini dimulai dari jam 08.00 hingga 15.00. Tempat ini juga buka setiap hari kecuali hari senin (Selasa – Minggu).

Namun apabila ada kondisi yang luar biasa seperti saat ini (artikel ini dimuat ketika wabah virus korona sedang merebak), maka pihak pengelola melakukan penutupan full sampai pemberitahuan berikutnya. Hal tersebut sesuai dengan arahan satgas penanggulangan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta.

Rute Menuju Wisata Edukasi Cikini

Siapa sih yang belum tahu daerah Cikini Jakarta Pusat ? Bagi Anda yang masih bingung mencari lokasi tempat wisata edukasi ini tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan applikasi peta pada Smartphones, tinggal ikuti petunjuk yang ada dan Anda akan sampai di lokasi.

Galeri Astronomi Planetarium Jakarta
Galeri Astronomi Planetarium Jakarta

Meskipun begitu, kami akan mencoba memberikan gambaran rute sesuai dengan arah kedatangan serta moda transportasi yang digunakan. Berikut ini beberapa ilustrasi rute ke Planetarium Jakarta.

  1. Rute Dari Bekasi / Bogor

    Apabila menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan applikasi maps pada smartphones. Namun apabila menggunakan KRL silahkan mencari kereta jurusan Jakarta Kota dan turun di stasiun Cikini.

    Dari stasiun Cikini silahkan dilanjutkan menggunakan ojek online (motor ataupun mobil) ataupun taksi. Jaraknya tidak terlalu jauh, kurang lebih sekitar 1 km. Namun pada kondisi biasa lalu lintasnya cukup padat.

  2. Rute Dari Tangerang

    Hampir sama ketika berangkat dari Bekasi/Bogor, jika menggunakan kendaraan pribadi Anda ikuti saja petunjuk dari bantuan navigasi peta dari smartphones. Pastikan titik tujuannya sudah sesuai, yaitu Taman Ismail Marzuki.

    Apabila menggunakan KRL, agak sedikit effort karena harus 3x ganti kereta apabila ingin turun di stasiun Cikini. Pertama cari kereta jurusan Duri, dilanjutkan untuk mencari kereta dengan jurusan Manggarai. Dari Manggarai dilanjutkan dengan naik kereta jurusan Jakarta Kota dan turun stasiun Cikini.

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Untuk dapat menyaksikan atraksi ataupun segala koleksi di tempat wisata Cikini ini, Anda akan dikenakan biaya. Namun biayanya tergolong cukup murah, karena Anda akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang luar biasa.

Harga tiket umum berkisar antara Rp. 7.000 hingga Rp. 12.000. Selain tiket umum terdapat juga tiket teater bintang untuk rombongan. Anda dikenakan biaya Rp. 5.000 apabila pelajar, dan biaya Rp. 12.000 apabila non pelajar. Syarat agar masuk kategori rombongan adalah minimal berjumlah 100 orang.

Atraksi Menarik Planetarium Jakarta

Jangan berharap Anda akan mendapatkan wahana permainan layaknya di Dufan atau beberapa tempat wisata hiburan lainnya. Atraksi atau pertunjukan disini justru lebih seru karena sangat jarang ditemui di tempat lainnya. Apalagi atraksi yang ditampilkan memiliki nilai edukasi yang tinggi. Berikut ini beberapa atraksi yang seru dari wisata Planetarium Jakarta.

Baca Juga : Pesona Keindahan Telaga Sarangan di Atas Pegunungan Lawu

Teater Bintang

Teater Bintang merupakan sebuah pertunjukan pada ruangan besar. Yang berbeda adalah layar dari pertunjukan ini berada pada atapnya yang berbentuk kubah. Jadi penonton akan merasakan sensasi melihat pemandangan di langit.

Atraksi Teater Bintang
Atraksi Teater Bintang

Agar dapat terlihat jelas, kondisi langit dibuat seolah – oleh sedang malam hari. Berbagai informasi ditampilan disini, mulai dari informasi tata surya, gerhana, pembentukan galaksi, gambaran planet, bulan serta beberapa benda langit lainnya. Anda dapat menikmati pertunjukan tersebut sekitar 50 menit.

Teleskop Observatorium

Selain menikmati pertunjukan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, Anda juga bisa mengamati atau menikmati benda langit secara langsung. Tentu saja kondisi cuaca juga harus mendukung, yaitu pada cuaca yang cerah tidak mendung.

Anda dapat melihat benda langit dengan bantuan alat seperti teropong yang dinamakan teleskop. Terdapat beberapa jenis teleskop yang ada di tempat ini. Berikut ini beberapa jenisnya.

  • Teleskop ASKO
    Teleskop ini merupakan teleskop reflektor dengan diameter 31 cm.
  • Teleskop Takahashi
    Teleskop Takahashi merupakan teleskop Newtonian yang memiliki diameter cermin 16 cm.
  • Teleskop Coude
    Teleskop yang memiliki diameter cermin 15 cm.

Galeri Astronomi

Pada tempat ini terdapat berbagai foto yang berhubungan dengan luar angkasa. Tentu saja ini informasi atau pengetahuan yang langka, karena memang tidak sembarangan orang yang mampu mendapatkan foto segala sesuatu tentang luar angkasa.

Yang paling mengagumkan dan paling diminati tentu saja foto meteoroid yang pernah jatuh ke Indonesia sekitar tahun 1975.

Fasilitas Pendukung

Sebagai tempat wisata dengan tema edukasi, fasilitas yang ada terbilang cukup memadai. Terdapat tempat parkir yang luas, karena memang pengunjung lebih banyak rombongan pelajar dengan menggunakan bus besar. Selain itu toilet yang ada juga bersih dan tidak bau.

Ketika Anda sedang menunggu giliran untuk pemutaran theater, terdapat ruang tunggu yang bisa untuk menonton film tentang ilmu astronomi. Semua ruangan disini sudah ber-AC, sehingga tidak perlu khawatir kepanasan meskipun ditengah ramainya pengunjung.

Demikian review wisata edukasi Planetarium Jakarta yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata edukasi menarik lainnya dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun mancanegara dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan bersama agar selalu terjaga tempat wisata yang kita kunjungi. Sehingga tetap terjaga hingga anak cucu di kemudian hari. Selain kebersihan kita semua juga harus ikut menjaga agar terbebas dari aksi vandalisme atau corat – coret obyek wisata.

Wisata di Garut

wisataExpo
4 min read

Taman Herbal Insani

wisataExpo
4 min read

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *