Suluban Beach

4 min read

Suluban Beach Bali Pantai Karang Favorit Peselancar

Bali memang memiliki sejuta tempat wisata khususnya berupa pantai. Salah satu pantai yang paling banyak diminati wisatawan adalah Pantai Beach atau dikenal juga dengan nama Suluban Beach. Hal ini karena memang pengunjung kawasan wisata Bali adalah dari mancanegara sehingga nama tempat lebih banyak mengadopsi bahasa Inggris.

Pantai ini terkenal memiliki ombak yang besar dan tinggi. Dengan kondisi tersebut, banyak wisatawan memanfaatkannya untuk bermain selancar air. Tak jarang anak kecil juga jago dalam surfing di Suluban Beach, namun tetap perlu pengawasan dari orang tua. Selain itu penjaga pantai juga selalu waspada mengawasi para wisatawan yang berselancar.

Pesona Tersembunyi Suluban Beach Bali

Bali merupakan surganya bagi wisatawan mancanegara. Selain memiliki banyak pantai yang eksotis, Bali juga dikenal memiliki pantai dengan ombak besar yang sangat cocok untuk melakukan surfing. Salah satu pantai yang menjadi favorit wisatawan untuk surfing adalah Suluban Beach.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas segala sesuatu tentang Pantai Suluban Bali. Mari simak dengan seksama informasi berikut ini.

Lokasi & Rute Suluban Beach

Lokasi Suluban Beach berada di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali. Tempat ini dapat dijangkau dengan kendaraan dengan perkiraan waktu sekitar satu jam dari Denpasar.

Tempat wisata Suluban Beach Uluwatu cukup jauh dari pusat kota, sehingga agak sulit untuk menemukan angkutan umum. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil ataupun sepeda motor.

Untuk rute menuju Suluban Beach, dari depan kantor kepala Desa Pecatu lanjutkan menuju ke arah jalan Labuan Sait. Di ujung jalan tersebut pilihlah rute menuju ke pantai Padang Padang. Setelah itu dilanjutkan dengan belok kanan menuju pantai Suluban.

Sejarah Pantai Suluban

Istilah Suluban berasal dari kata Mesulub. Yang dalam bahasa Bali memiliki arti berjalan melewati sesuatu di atas kepala. Yang pada intinya seperti kita melewati sesuai dibawah, yang mana diatas kepala kita terdapat sesuatu.

Suluban Beach Bali Indonesia
Suluban Beach Bali Indonesia

Ketika sampai di lokasi, Anda akan melihat jalan yang diapit oleh dua tebing karang yang cukup tinggi. Anda harus berjalan melewati lorong kedua karang tersebut untuk dapat menikmati keindahan Suluban Beach Bali.

Kegiatan jalan melewati lorong tersebut yang disebut dengan Mesulub, karena kepala kita berada dibawah tebing batu karang. Itulah mengapa tempat ini diberi nama Pantai Suluban.

Harga Tiket Suluban Beach

Layaknya beberapa wisata pantai pada umumnya, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk memasuki kawasan wisata pantai. Hal ini berlaku juga di sini, harga tiket masuk Suluban Beach adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan, untuk mobil sebesar Rp. 15.000 dan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 5.000.

Oiya perlu diketahui untuk jam operasional, pantai Suluban buka sepanjang hari. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan tutupnya tempat wisata ini, kecuali ada sesuatu yang mendesak atau urgent sehingga pihak pengelola melakukan kebijakan yang tidak biasanya.

Daya Tarik Suluban Beach

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Suluban Bali harus melewati gerbang tebing karang yang menjulang tinggi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kondisi itulah yang membuat tempat ini dinamakan Suluban. Sesuai dengan arti kata dalam bahasa Bali, yaitu Mesulub.

Dengan lokasi yang cukup tersembunyi tersebut, terdapat keindahan yang memukau. Apa saja pesona atau daya tarik dari pantai Suluban ? Berikut beberapa pesona unik yang disajikan oleh wisata pantai Bali yang satu ini.

  1. Surga Bagi Para Peselancar

    Pantai ini memang terkenal dengan ganas serta besarnya ombak. Oleh sebab itu banyak yang mengatakan bahwa Suluban Beach adalah surganya para surfer (peselancar). Semakin besar ombak maka akan semakin seru bagi para peselancar.

    Pantai Uluwatu Bali Surga Peselancar
    Pantai Uluwatu Bali Surga Peselancar

    Ketika air laut sedang surut, Anda bisa melihat keseruan para surfer dengan lebih dekat. Karena kondisi pantai yang cukup landai, sehingga ketika surut kedalaman air berkurang cukup banyak.

    Bagi pengunjung yang tidak menyukai olah raga selancar, Anda harus ekstra hati – hati. Karena besar dan ganasnya ombak terkadang menerjang karang hingga jalan masuk dibawah tebing. Hal itulah mengapa wisata pantai Bali yang satu ini kurang cocok untuk wisata anak – anak.

  2. Keindahan Sunset Suluban Beach

    Pantai ini dapat melihat sunrise maupun sunset dengan cukup jelas. Namun memang yang lebih baik dan lebih romantis adalah suasana sunset. Apalagi menikmati keindahan sunset dari atas karang, menambah suasana lebih romantis tentunya.

    Sunset Pantai Suluban Diantara Tebing
    Sunset Pantai Suluban Diantara Tebing

    Yang sedikit membedakan kondisi sunset disini dengan beberapa pantai pada umumnya adalah, matahari terbenam diantara kedua karang. Hal ini tentunya memberikan kesan unik tersendiri.

  3. Perajin Tenun

    Anda akan menjumpai beberapa perajin tenun ketika sedang berjalan menuju pantai. Kebanyakan adalah masyarakat lokal dan menenun kain tradisional khas Bali. Anda tentu dapat melihat aktivitas tersebut bahkan berinteraksi secara langsung, karena memang masyarakat Bali terkenal dengan keramahannya.

    Selain kain hasil tenun, terdapat juga beberapa toko suvenir yang menawarkan beberapa aksesoris berupa topi, gelang, kalung ataupun suvenir khas Bali lainnya.

  4. Cafe Romantis Tepi Pantai

    Karena secara geografis memang terrdiri dari bebatuan karang, banyak beberapa tempat diatas karang yang dijadikan sebagai cafe. Selain karena suasana yang romantis, tentunya cafe diatas karang juga cukup unik.

    Cafe Romantis Suluban Beach Atas Tebing
    Cafe Romantis Suluban Beach Atas Tebing

    Cafe – cafe yang berada diatas karang tersebut paling ramai adalah ketika mendekati sunset. Karena keindahan sunset terlihat lebih jelas apabila dari atas karang. Jadi selain menikmati nikmatnya hidangan cafe, Anda juga sekaligus menikmati keindahan alami sunset Suluban Beach.

  5. Tebing Karang Eksotis

    Suluban merupakan pantai tersembunyi dibalik tebing karang. Hantaman ombak membuat tebing karang tersebut menjadi lebih eksotis. Apalagi didukung dengan kondisi pasir pantai yang bersih.

    Ada beberapa goa kecil yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menjelajah ataupun beristirahat. Namun Anda tetap harus berhati – hati karena memang ombaknya cukup besar dan terkadang menghantam tebing karang ini.

Tips Berlibur ke Pantai

Untuk dapat menikmati keindahan Suluban Beach, ada beberapa tips ataupun trik khusus. Karena memang struktur wilayahnya terdiri dari karang, sehingga sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami sampaikan.

  • Para surfer biasanya mulai beraktivitas diatas jam 12 siang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda juga mengunjungi tempat ini diatas jam 12 siang agar dapat menyaksikan atraksi para surfer.
  • Apabila hanya ingin menikmati sunset, Anda bisa masuk dari arah Blue Point. Karena memang terdapat banyak cafe untuk menikmati keindahan sunset.
  • Berkunjung menjelang sunset, agar tidak ketinggalan momen romantis matahari terbenam di pantai Suluban atau dikenal juga dengan Blue Point Beach.

Demikian review wisata Suluban Beach Uluwatu Bali yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata menarik lainnya di Bali dan akan kami bahas pada artikel berikutnya atau bahkan sudah pernah kami bahas sebelumnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik diseluruh Indonesia maupun Mancanegara dengan terus mengunjungi website wisataExpo.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar kelestarian tempat wisata tetap terjaga. Karena kita berharap agar warisan wisata ini bisa dinikmati oleh kita semua hingga anak cucu dan seterusnya. Dengan menjaga kebersihan juga merupakan salah satu perilaku yang sesuai dengan ajaran agama serta budi pekerti yang luhur.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *