Taman Bunga Nusantara

5 min read

Taman Bunga Nusantara Review Lengkap dan Harga Tiket Masuk

Taman Bunga Nusantara terletak pada lahan seluas 35 hektar pada desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi. Suasana yang sejuk serta pemandangan yang menyegarkan mata dengan hamparan bunga, mampu melepaskan penat serta menurunkan tingkat stress. Lokasinya yang tidak jauh dari Gunung Gede, menjadikan suasanya memang segar dan asri.

Kawasan wisata ini sering disebut juga dengan nama Taman Bunga Nusantara Bogor, padahal secara administratif sudah masuk pada wilayah Cianjur. Wisata Taman Bunga ini diresmikan oleh Almarhumah Ibu Tien Soeharto pada tahun 1995.

Review Lengkap Pesona Taman Bunga Nusantara

Daya tarik utama Taman Bunga Nusantara Cianjur adalah sususan taman serta bunga yang sangat instagramable. Sehingga tidak sedikit yang menjadikan kawasan wisata taman bunga ini sebagai tempat untuk photo Pre-Wedding. Selain itu juga sering dijadikan tempat  study tour bagi para pelajar untuk memperkenalkan beberapa jenis bunga yang ada.

Penasaran dengan pesona Taman Bunga Nusantara ? Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Kawasan taman dengan luas sekitar 35 hektar ini mulai dilakukan pembangunan pada tahun 1992 dan baru diresmikan pada tahun 1995 oleh Ibu Tien Soeharto. Berdirinya Taman Bunga Nusantara adalah sebuah prakarsa dari Ibu Danil Bustanil Arifin yang merupakan ketua umum Yayasan Bunga Nusantara.

Konsep awal yang menjadi ide munculnya pembangunan taman bunga ini sangat simple dan mulia. Yaitu membuat tempat wisata berbasis Agro yang memang masih jarang di Indonesia pada masa tersebut. Selain untuk menjaga kelestarian, tentu saja bisa menjadi aset dikemudian hari.

Setelah Taman Bunga Nusantara mulai resmi berdiri, mulailah bermunculan wisata taman atau wisata agro di beberapa lokasi lain di Indonesia.

Alamat Taman Bunga Nusantara Bogor

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, kawasan wisata ini lebih dikenal dengan nama Taman Bunga Nusantara Bogor. Padahal secara administratif berada di kabupaten Cianjur. Lebih tepatnya adalah Jl. Mariwati Km7, desa Kawungwuluk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

Rute Taman Bunga Nusantara

Sebagian besar wisatawan yang datang adalah berasal dari Jakarta. Memang puncak adalah tempat wisata favorit, terlebih lagi secara jarak tidak terlalu jauh. Namun perlu diperhitungkan lagi terkait kemacetan yang akan dihadapi, karena memang kawasan puncak terkenal dengan kemacetan, terlebih lagi ketika weekend atau hari libur.

Rute menuju Taman Bunga Nusantara bisa melalui tol Jagorawi arah Bogor / Puncak. Dalam kondisi normal atau weekday, perjalanan dari Jakarta memerlukan waktu sekitar 4 jam. Namun apabila weekend atau hari libur nasional, waktu tempuhnya tidak bisa diprediksi karena kondisi yang macet serta adanya buka tutup jalur.

Daya Tarik dan Pesona Wisata Taman Cianjur

Sesuai dengan namanya, tentu saja daya tarik utama serta pesona yang ditonjolkan adalah taman bunga. Taman Bunga Nusantara yang memiliki luas sekitar 34 hektar dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan tema serta kegunaannya.

23 hektar merupakan taman dengan beragam konsep, 2 hektar lahan yang digunakan sebagai tempat untuk pembibitan, 7 hektar dimanfaatkan untuk alam imajinasi. Sisa dari lahan dipergunakan untuk kelengkapan tempat wisata berupa penginapan, tempat makan serta ruang pertemuan.

Pesona Indahnya Warna Warni Bunga
Pesona Indahnya Warna Warni Bunga

Secara keseluruhan, terdapat 9 jenis taman yang terkenal, yaitu Taman Bali, Taman Jepang, Taman Mediterania, Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Palem, Taman Labirin, Tamar Air serta Taman Mawar. Mari kita pelajari setiap taman tersebut pada informasi berikut ini.

Taman Bali

Taman ini didedikasikan khusus untuk pulau Dewata Bali yang sudah melestarikan nama Indonesia di kancah internasional. Bunga yang identik dengan Bali juga tersedia disini, antara lain bunga sepatu, bunga kamboja serta berbagai jenis helikonia.

Tidak lengkap rasanya apabila sebagai miniatur dari Bali tapi tidak memiliki gapura atau patung. Betul sekali, disini sudah tentu memiliki bangunan seperti patung atau gapura dengan ciri khas Bali. Sehingga Anda akan merasakan sensasi Bali yang sesungguhnya.

Taman Jepang

Terinspirasi oleh bangunan rumah Jepang tempo dulu dengan hiasan tanaman cemara merupakan latar belakang dari taman Jepang ini. Diarsiteki langsung oleh desainer asli Jepang yang bernama Hamana Yosuke.

Taman Bunga Nusantara Taman Jepang
Taman Bunga Nusantara Taman Jepang

Sebagai tambahan untuk melengkapi suasana Jepang adalah dengan jembatan kayu. Disini juga terdapat kolam yang dilengkapi dengan jembatan kayu layaknya Jepang sesungguhnya.

Taman Mediterania

Taman ini berisi berbagai jenis tanaman gurun pasir seperti Kaktus ataupun Yucca. Karena memang filosofi dari taman Mediterania adalah untuk mengenalkan tanaman jenis gurun pasir.

Beberapa tanaman mediterania yang terdapat pada taman ini antara lain Opunta Rufida, Cereus Hexagonus, Notocactus Magnificus, Cephalocereus Senilis. Tanaman tersebut dikembangbiakan layaknya pada tempat asalnya, yaitu gurun pasir.

Taman Perancis

Taman Perancis merepresentasikan masa kejayaan Perancis sekitar abad 17. Waktu itu Perancis memiliki pola geometris yang rapi dan teratur menjadi pedoman pembuatan taman wisata ini. Pada abad ke-17, era yang paling terkenal di Perancis adalah era Renassaince.

Ciri khas dari tempat wisata taman bunga ini adalah tanaman Perdu Taiwan Beauty. Tanaman tersebut disusun dengan sangat rapi dan ditanami bunga yang berwarna-warni pada bagian tengahnya.

Taman Palem

Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat. Karena tanaman Palem memiliki daun yang lebar dan lebat, sehingga mampu menahan teriknya sinar matahari. Terdapat lebih dari 100 jenis tanaman Palem yang tumbuh subur disini. Beberapa diantaranya adalah Srew Pine serta Palem Kipas khas Madagascar.

Taman Labirin

Tempat ini sangat cocok buat Anda yang suka dengan tantangan atau permainan. Sesuai dengan namanya, taman ini berupa tanaman yang dipangkas dengan rapi dan dibentuk seperti labirin yang besar.

Taman Labirin Taman Bunga Nusantara Cianjur
Taman Labirin Taman Bunga Nusantara Cianjur

Bagi Anda yang ingin mencoba menaklukan taman labirin ini tidak perlu takut kesasar. Karena Anda akan dilengkapi dengan peta sebagai petunjuk jalan ketika memasuki tempat ini.

Taman Air

Pada taman Air ini terdapat beberapa jenis tanaman air dari beberapa negara. Salah satunya adalah Cybera Papyrus yang pernah dipergunakan sebagai bahan pembuatan kertas oleh Mesir Kuno.

Yang menjadi ikon dari taman Air Wisata Taman Bunga Nusantara adalah teratai raksasa atau Talia Delbata. Tanaman tersebut berbentuk seperti nampan besar yang berasal dari Amerika Latin.

Taman Mawar

Sesuai dengan namanya, taman ini berisi berbagai tanaman mawar. Variasi warna serta bentuknya menambah cantik taman bunga ini. Tumbuhan mawar memerlukan perlakuan khusus agar bisa tumbuh dengan subur. Mulai dari pemupukan, penyiraman hingga peyilangan mawar agar tercipta tanaman mawar dengan kualitas jempolan.

Green House

Tempat ini merupakan rumah kaca dengan luas sekitar 2000 meter persegi. Tanaman bunga yang ada disini biasanya adalah bunga yang tumbuh pada negara yang memiliki 4 musim berbeda. Beraneka jenis bunga serta variasi warna membuat pemandangan menjadi cantik dan menyegarkan.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Berlibur ke tempat wisata Jawa Barat yang satu ini memang memuaskan. Dengan luas lahan mendekati 40 hektar, banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa aktivtas yang bisa dilakukan di taman Bunga Nusantara.

Berwisata Air

Kurang lengkap rasanya jika berwisata tanpa ada wahana air. Selain menambah kesegaran, permainan air sangat digemari oleh anak – anak. Di taman Bunga Nusantara juga terdapat area bermain air yang cukup menarik. Diantara adalah bola air, arung apung serta memancing.

Berkeliling Taman Bunga

Menikmati tempat wisata taman memang lebih tepat dilakukan dengan mengelilinginya. Anda bisa menikmati keindahan tanaman serta berbagai jenis bunga dari seluruh penjuru dunia.

Tentu saja Anda juga bisa berwisata edukasi dengan mengenal berbagai jenis bunga, asal muasal bunga, cara perawatan, serta beberapa manfaat bunga.

Foto Prewedding

Dengan keindahan serta kecantikan tempat wisata taman ini, tentu saja tidak sedikit orang yang memanfaatkan tempat wisata ini untuk melakukan foto prewedding. Variasi bunga yang beragam, Anda akan memiliki banyak pilihan spot berfoto dengan kualitas jempolan.

Prewedding Taman Bunga Nusantara Bogor
Prewedding Taman Bunga Nusantara Bogor

Harga Tiket Taman Bunga Nusantara

Informasi terakhir yang kami terima, harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara sebesar Rp. 40.000 per orang. Anak diatas 4 tahun akan dianggap perlu 1 tiket sendiri. Harga tersebut bisa dibilang cukup murah dengan fasilitas yang didapatkan. Namun untuk mendapatkan harga terbarunya silahkan kontak customer support resminya melalui website atau langsung ke nomor HP.

Terkait jam operasional Taman Bunga Nusantara hampir sama antara weekend dengan weekday. Hanya berbeda 30 menit lebih lama ketika weekend, yakni tutup jam 17.30 WIB. Untuk pagi hari bukanya mulai jam 08.00 WIB.

Itulah informasi mengenai tempat wisata Taman Bunga Matahari yang dapat kami sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Jika Anda mempunyai masukan atau ide tempat wisata yang perlu direview, silahkan hubungi kami melalui laman kontak yang tersedia. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Wisata Salatiga

wisataExpo
4 min read

Museum Macan

wisataExpo
3 min read

Gunung Salak

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *