Telaga Sarangan

3 min read

Telaga Sarangan, Pesona Keindahan di Atas Pegunungan Lawu

Setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas pekerjaan pastinya ada rasa jenuh yang menghinggapi pikiran. Pastinya Anda membutuhkan waktu untuk sejenak melepas penat sambil melupakan beban pekerjaan sejenak. Untuk Anda yang sudah bosan dengan keramaian kota dan ingin menikmati suasana alam yang berbeda maka Telaga Sarangan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Wisata Sarangan menjadi salah satu primadona wisata Jawa Timur yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Selain karena pemandangan serta kesegaran udaranya, Telaga Sarangan merupakan salah satu wisata murah yang ada di Jawa Timur.

Informasi Seputar Wisata Jawa Timur Telaga Sarangan

Telaga Sarangan berada di ketinggian 1200 meter dpl. Suasana dikawasan wisata ini sangat sejuk, karena memang berada di lereng gunung Lawu. Rata – rata suhu di area ini adalah 15 hingga 20 derajat celcius. Telaga ini dikenal juga dengan nama telaga Pasir. Luasnya sekitar 30 hektar serta kedalamannya sekitar 28 meter.

Sejarah Telaga Sarangan

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, awal mula Telaga Sarangan adalah adanya kehidupan sepasang naga. Naga tersebut merupakan jelmaan sepasang suami istri yang tinggal di sekitar kawasan wisata Sarangan.

Sepasang suami istri tersebut berubah menjadi naga besar setelah makan sebutir telur . Telur tersebut didapatkan setelah melakukan semedi atau bertapa di hutan belantara. Singkat cerita, setelah memakan telur, tubuh suami istri terasa sangat gatal. Hingga akhirnya berubah menjadi naga besar dan meronta di atas tanah berpasir sampai menghasilkan cekungan besar yang memancarkan mata air cukup besar.

Cekungan tersebut yang hingga kini dikenal sebagai kawasan wisata Telaga Sarangan. Hingga saat ini masih banyak yang meyakini bahwa kedua naga besar tersebut masih ada dan menjaga objek wisata tersebut.

Bagaimana Cara Bisa Sampai Di Telaga Sarangan?

Telaga Sarangan berada di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur atau terletak pada ketinggian gugusan Gunung Lawu. Sekilas dari atas ketinggian Anda bisa menyaksikan pesona keindahan yang dikeliling hutan pinus. Keindahan tersebut seolah bagaikan surga tersembunyi yang membuat betah. Udaranya yang dingin dijamin membuatmu bisa merasakan atmosfer melepas penat yang sesungguhnya.

Lokasi Telaga Sarangan yang berada di ketinggian tentu harus menempuh perjalanan melewati jalan berliku. Bagi Anda yang tinggal di sekitaran Kabupaten Magetan maka bisa menuju wisata telaga ini menggunakan mobil atau sepeda motor.

Anda perlu menempuh jarak sekitar 21 kilometer dari  kota Magetan. Telaga Sarangan berada di Ngluweng, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Anda cukup menggunakan bantuan GPS smartphone untuk dapat mencapai lokasi wisata ini.

Sepanjang Jalan Menuju Telaga Sarangan, Tersaji Pemandangan Indah

Bahkan tak jarang sering terlihat rombongan bus pariwisata yang hendak menuju Telaga Sarangan yang berasal dari wilayah luar Magetan. Dari kawasan Magetan menuju ke wisata Sarangan memang diperlukan waktu yang cukup lama. Sebab jaraknya yang cukup jauh dengan medan yang cukup menantang.

Bagi Anda yang hobi touring maka rute jalan menuju Telaga Sarangan sangatlah cocok untuk dilalui. Jalannya yang naik turun membuat kita harus lebih berhati-hati dan tentunya mengutamakan keselamatan. Meskipun begitu sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijau diselimuti kabut yang memanjakan mata. Udara sejuk khas pegunungan membuat tak sabar untuk sampai di lokasi.

Aktivitas Menarik yang Wajib Dilakukan Saat ke Sarangan

Setelah melalui jalan yang berliku dan menanjak, maka Anda akan tiba di lokasi yang membuat takjub. Sebelum masuk ke obyek wisata ini Anda harus membayar tiket masuk yang sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Memasuki kawasan wisata Sarangan Anda akan disambut oleh hamparan danau alami yang luas dengan pemandangan sekitar yang begitu memukau. Di sekitaran telaga banyak terlihat penjual aneka oleh-oleh yang siap Anda borong untuk orang-orang tersayang.

Baca Juga : Ayo Coba Liburan Seru Di Berbagai Macam Wisata Purwakarta

Berkunjung ke Telaga Sarangan rasanya kurang lengkap bila Anda tidak mencoba menaiki kapal motor. Sebab hampir disekeliling telaga ini terdapat persewaan kapal motor yang siap mengajak berkeliling telaga sambil memacu adrenalin. Jangan lupa mengajak saudara atau teman untuk menaiki perahu motor ini supaya semakin seru.

Sensasi Kapal Motor Telaga Alam
Sensasi Kapal Motor Telaga Alam

Kapal motor yang melintas dengan kecepatan tinggi akan menciptakan gelombang air telaga sehingga seolah telaga ini memiliki ombak. Selain menaiki kapal motor, untuk Anda yang belum memiliki nyali yang kuat maka bisa sekedar duduk di tepi telaga sambil menikmati pemandangan.

Oh iya, ada satu kegiatan yang cukup menarik dan tidak memerlukan adrenalin tingkat tinggi. Yaitu berkeliling dengan menunggangi kuda. Tenang saja, kuda tersebut sudah pasti jinak dan juga didampingi oleh pawangnya. Anda cukup naik diatas kuda sembari menikmati pemandangan sekitar.

Baca Juga : Keseruan Wisata Umbul Ponggok Klaten

Kuliner Khas Sarangan, Sate Kelinci

Pastinya ke Telaga Sarangan jangan sampai lewatkan mencicipi sajian kuliner khasnya yaitu sate kelinci dan wedang ronde. Dua sajian kuliner ini sangat pas dinikmati ditengah udara dingin. Bagi Anda yang kurang suka dengan daging kelinci maka bisa mencoba sate ayam yang rasanya tak kalah lezat dari sate kelinci.

Sate Kelinci Telaga Sarangan Magetan
Sate Kelinci Telaga Sarangan Magetan

Nikmati pula aneka jajanan seperti jagung bakar, aneka keripik dan lain-lain yang harganya cukup terjangkau dan gak bikin kantong bolong. Bila ingin menginap maka terdapat banyak hotel atau penginapan yang dijamin akan membuat liburanmu ke Sarangan terasa menyenangkan.

Harga Tiket Telaga Sarangan

Harga tiket masuk wisata Magetan ini masih cukup terjangkau. Berikut ini beberapa informasi terkait biaya yang diperlukan apabila berlibur ke kawasan telaga Magetan.

  • Tiket Dewasa sekitar Rp. 10.000
  • Tiket Anak – anak sekitar Rp. 5.000
  • Parkir Mobil Rp. 10.000, parkir Motor Rp. 5.000
  • Speed Boat Rp. 50.000 per orang
  • Naik Kuda sekitar Rp. 50.000 sekali putaran

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jawa Timur atau Jawa Tengah maka bisa memilih wisata Telaga Sarangan sebagai destinasi wisata akhir pekan. Sebab telaga yang satu ini memiliki pesona keindahan alam sekaligus fasilitas wisata yang dijamin membuat betah dan ketagihan. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata Expo.

Taman Herbal Insani

wisataExpo
4 min read

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *