web log free 6 Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatra Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatra Yang Wajib Dikunjungi

4 min read

Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu Wisata Bukittinggi

Tempat Wisata di Bukittinggi – Pernah ke Bukit Tinggi, Sumatra Utara? Jika belum, Anda wajib mengunjunginya. Sebab Kota bagian dari Sumatra Barat ini memiliki keistimewaan tersendiri yang wajib Anda nikmati. Bahkan keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata di Medan yang memang lebih dikenal kebanyakan orang. Di musim liburan, Anda bisa menyempatkan menyambangi kota yang satu ini dan singgah di beberapa tempat yang spesial di Bukit Tinggi. Banyak tempat – tempat wisata yang sangat rekomended untuk Anda yang ketagihan bersantai, bersenang-senang, dan bersegama dengan kebahagiaan.

Siapapun Anda ketika sedang mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi dijamin akan terbelalak, terbengong dan merasakan decak kagum dengan bentangan keindahan yang ada. Untuk itu jangan lama-lama untuk merencanakan perjalanan Anda ke Bukit Tinggi. Bingung memilih tempat? Jangan khawatir, artikel ini akan membantu Anda menemukan beberapa tempat wisata ciamik yang wajib disambangi ketika meginjakkan kaki di Bukit Tinggi.

Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib dikunjung

Tempat Wisata Air Terjun Lembah Anai

Tempat Wisata Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang terdapat di wilayah Sumatera Barat. Kawasan ini mempunyai hamparan hutan tropis dengan beragam flora dan fauna di dalamnya. Salah satu Tempat Wisata di Lembah Anai yang banyak diminati oleh para wisatawan yaitu air terjunnya. Tempat Wisata Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam. Tempat Wisata air terjun yang indah ditambah bentangan alam di sekeliling air terjun menambah eksotika tempat wisata yang satu ini. Di sini Anda bisa bersantai, menghirup udara segar, serta berselfi ria. Di zaman ‘now’ kurang lengkap apabila belum selfi. Berkat keindahan yang disuguhkan di lokasi ini, tidak heran jika wisata Air Terjun Lembah Anai ini sangat ramai oleh pengunjung.

Air Terjun Lembah Anai - Tempat Wisata di Bukittinggi
Air Terjun Lembah Anai – Tempat Wisata di Bukittinggi

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa air terjun yang berada di pinggir jalan ini hanyalah salah satu dari tujuh air terjun yang dimiliki oleh kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Diperlukan perjalanan trekking sekitar 2 jam untuk dapat melihat keenam air terjun lainnya. Tak ada salahnya juga untuk menepi sebentar dan mengamati pesona alam lebih lama apabila merasa cukup capek di perjalanan. Anda akan melihat deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang yang seolah-olah menyembunyikan eksotisme air terjun setinggi kurang lebih 35 meter ini.

Akses Menuju Air Terjun Lembah Anai
Untuk dapat mencapai obyek wisata ini perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan umum (bus), rental mobil, atau mobil pribadi. Perjalanan dimulai di bandara Internasional Minangkabau Padang ke kawasan Cagar Alam Lembah Anai yang memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Tempat Wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta

Tempat Wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta menjadi lokasi tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Lokasi wisata ini tidak kalah menawan untuk disambangi. Tempat wisata ini merupakan sebuah taman satwa yang sudah berusia tua, namun tetap memberikan kesan tersendiri untuk dijadikan tempat berwisata. Banyak satwa yang dipelihara di taman satwa yang satu ini, sebab Taman Margasatwa merupakan taman satwa terbesar yang ada di Sumatra Barat. Lokasi ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga, apalagi bersama anak-anak. Sebab di sini anak-anak tidak hanya bisa berwisata, tetapi mereka juga bisa sambil belajar mengenal beragam satwa yang ada di dalamnya. Untuk itu jangan lewatkan sebagai tujuan wajib Anda pada saat di Bukit Tinggi. Keindahan wisata yang satu ini mirip dengan tempat wisata di Lembang yang menakjubkan.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta Bukittinggi
Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta Bukittinggi

Sejarah Taman Margasatwa  dan Budaya Kinanta

Disebut sebagai salah satu Kebun Binatang tertua di Indonesia, lokasi ini sudah dimulai pendiriannya sekitar tahun 1900-an atas ide seorang Controleur pemerintah Hindia Belanda yang bernama Gravenzanden. Beliau sangat terkesan dengan panorama bukit Malambuang yang ada tepat di seberang bukit Jirek, lokasi Benteng Fort de Kock berada. Sehingga di awal berdirinya, memang bertujuan sebagai taman bunga. Hingga akhirnya pada tahun 1929, mulai dikembangkan sebagai Kebun Binatang Bukittinggi atau punya nama Belanda sebagai Fort de Kocksche Dieren Park. Semenjak Indonesia merdeka, lokasi ini sempat berubah menjadi Taman Puti Bungsu dan akhirnya sejak tahun 1995 resmi disebut sebagai Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Tempat Wisata di Bukittinggi – Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

Anda menginginkan wisata yang bukan sekadar wisata, melainkan wisata sambil belajar? Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu di Bukit Tinggi ini bisa menjadi solusinya. Tempat wisata yang berupa museum etnografi dengan desain bangunan rumah adat ini memberikan banyak pengetahuan. Anda bisa belajar benda-benda yang dimuseumkan serta sejarah yang melatarbelakanginya. Sehingga Anda bisa melakukan dua hal yang menarik di sini, berwisata sekaligus belajar. Museum ini menyimpan beragam koleksi benda sejarah dan budaya adat Minang.

Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu Wisata Bukittinggi
Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu Wisata Bukittinggi

Rumah adat yang berdiri padatahun 1935 ini kini difungsikan sebagai museum yang mengangkat kebudayaan tradisional masyarakat Minangkabau. Di dalam rumah adat ini dipajang berbagai koleksi peninggalan budaya dan sejarah. Antara lain pakaian, perhiasan dan alat-alat kesenian khas Minang. Kawasan ini juga dilengkapi dengan Museum Zoologi, Akuarium Ikan Hias, serta panggung pertunjukan seni bernama ‘Medan Nan Bapaneh’.

Tempat Wisata di Bukittinggi – Lubang Jepang

Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1942, oleh tentara Jepang ketika menduduki Bukittingi. Lubang ini dulunya digunakan sebagai pertahanan. Adapun cara bangunnya, konon menggunakan cara paksa atau cara Romusha. Adapun pekerjanya pada zaman dahulu dilakukan oleh para masyarakat Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Di dalamnya terdapat banyak anak tangga, sekitar 130 anak tangga menuju ruang datarnya dengan ruang yang lumayan gelap. Tepat di dasar anak tangga, terdapat jalur utama yang memiliki 6 lorong di sisi kanan. Jalur utama ini masih sama dengan bentuk aslinya, hanya sudah dilapisi dengan semprotan semen.

Tempat Wisata di Bukittinggi - Lubang Jepang
Tempat Wisata di Bukittinggi – Lubang Jepang

Berwisata di Lubang Jepang tidak disarankan untuk membawa balita maupun lansia. Selain itu sangat disarankan untuk membawa pemandu agar tidak tersesat ketika sedang berada di lorong-lorong goa yang hampir semuanya terlihat sama. Tentu sangat menyeramkan apabila sampai tersesat di goa tersebut, ditambah dengan beredarnya cerita horor di tempat tersebut terkait banyaknya pekerja romusha yang tewas.

Tempat Wisata Taman Ngarai Maaram di Bukittinggi

Tempat wisata Taman Ngarai Maaram berlokasi dibelakang Hunian Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Nama taman ini diambil dari keadaan dari taman itu sendiri. Ngarai yang mempunyai arti jurang yang membentang, memisahkan dua dataran akibat pengaruh pergerakan bumi. Sedangkan kata Maaram mempunyai arti runtuh atau longsor dengan cara bersamaan dalam waktu yang singkat. Tanah yang diakibatkan dari longsor atau runtuh itu dinamakan Tanah Maaram. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  penamaan taman ini diakibatkan dari runtuhnya permukaan tanah yang berasal dari Ngarai.

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi
Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Dengan luas kurang lebih 1 hektar, taman ini terbilang cukup untuk memanjakan mata dengan keindahan sekitar. Terdapat beberapa fasilitas diantaranya jalan setapak yang mengelilingi taman, alat bermain anak-anak, pentas terbuka (mean Nan Bapaneh) serta yang paling menarik perhatian yaitu “jembatan selfie” yang menghadap ke hamparan Ngarai Sianok. Jadi sangat disayangkan apabila sudah berkunjung ke tempat wisata di Bukittinggi ini tanpa berfoto dengan latar belakang Ngarai Sianok.

Tempat Wisata di Pasar Bukittinggi

Sebagai penutup, lokasi ini sangat rekomended Anda pilih saat melakukan wisata ke Bukittinggi. Tempat wisata pasar berada di kawasan obyek wisata Jam Gadang. Pasar ini dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan jenis barang yang dijual, yaitu Pasar Atas, Pasar Lereng serta Pasar Bawah. Lokasi ini bisa kamu jadikan penutup wisatamu dengan berbelanja oleh-oleh khas Bukit Tinggi untuk orang yang di rumah. Harga yang ditawarkan di pasar ini tergolong murah. Sehingga masih sangat terjangkau di kantong.

Itulah 6 tempat wisata di Bukittinggi yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua. Temukan informasi tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

0

Kolam Renang Cikini

wisataExpo
3 min read

Pantai Kuta

wisataExpo
4 min read

Bukit Bintang Bogor

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *