Tempat Wisata di Makassar Yang Banyak Dikunjungi

4 min read

Pantai Losari - Destinasi Favorit Wisata Makassar

Makassar juga bisa menjadi tempat tujuan wisata yang bisa Anda pertimbangkan. Bahkan, bila Anda memiliki waktu liburan yang cukup lama bisa saja dimanfaatkan bersama dengan keluarga. Beberapa tempat wisata yang akan dikunjungi itu biasanya seperti wisata alam dan tempat bersejarah semacam museum atau candi. Selain menikmati lokasi wisata itu tentu saja Anda juga bisa menjadikan latar belakang untuk berfoto, karena wisata Makassar cukup instagramable. Lokasi dan sarana jalan menuju ke lokasi wisata itu sangat baik. Anda tidak perlu merasa khawatir untuk menggunakan beberapa pilihan transportasi untuk mengunjungi berbagai pilihan tempat wisata di Makassar.

6 Tempat Wisata di Makassar yang wajib Anda Datangi

Wisata alam, tempat bersejarah hingga pusat hiburan tersedia di kota Makassar. Ini yang memudahkan Anda untuk menentukan tempat atau destinasi wisata yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga. Selain itu, lokasi dari wisata itu juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dukungan transportasi yang memadai menjadi pertimbangan terhadap waktu liburan yang Anda miliki. Masing-masing dari tempat ini memiliki karakter dan ciri khas yang sangat berbeda. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Makassar yang terdiri dari:

1. Fort Rotterdam Tempat Wisata di Makassar

Tempat wisata di Makassar ini biasanya sering disebut dengan Benteng Rotterdam. Ini adalah benteng yang dibangun dimasa Kerajaan Gowa-Tallo sekitar tahun 1545. Tempat bersejarah ini awalnya dibangun dengan menggunakan putih telur dan tanah liat saja pada masa raja ke-9. Namun, memasuki pemerintahan raja ke-14 bangunan benteng ini disempurnakan dari segala aspek termasuk konstruksi dan arsitektur. Bila dilihat dari atas, benteng ini hampir menyerupai penyu. Hewan ini dipilih karena filosofi hidup di darat dan air sama seperti kekuasaan Gowa-Tallo.

Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam
Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam

Awalnya benteng ini diberi nama Benteng Ujungpandang, namun segera berganti setelah kerajaan Gowa-Tallo ditaklukkan oleh Belanda. Hal ini yang membuat namanya berubah menjadi Fort atau Benteng Rotterdam. Bila Anda memasuki kompleks benteng ini terdapat 5 bangunan menara dan 13 bangunan utama. Salah satu menara berada di pintu masuk dan mudah Anda temukan. 4 menara lainnya berada di sudut dari benteng ini. Untuk mengunjungi tempat bersejarah ini tidak dipungut biaya sama sekali. Waktu berkunjung dari pukul 8 pagi hingga jam 6 sore.

2. Pantai Losari Wisata Makassar

Tidak jauh dari benteng Rotterdam terdapat salah satu ikon dari wisata Makassar yaitu Pantai Losari. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata Makassar yang paling direkomendasikan banyak orang bagi para pengunjung. Berbeda dengan pantai lainnya, di tepi pantai Losari Anda hanya menemukan konstruksi beton yang dibuat menjadi tembok untuk menghindari abrasi. Namun, kondisi ini tidak akan menyurutkan Anda menikmati Pantai Losari. Ada banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di pantai ini hanya untuk menikmati matahari terbenam.

Pantai Losari - Destinasi Favorit Wisata Makassar
Pantai Losari – Destinasi Favorit Wisata Makassar

Anda juga bisa menikmati momen di pantai Losari dengan memancing hingga menggunakan banana boat. Jangan khawatir di sekitar lokasi pantai ini terdapat banyak pilihan kuliner khas Makassar yang bisa Anda nikmati. Beberapa diantaranya seperti coto, es pallu butung, pisang epe, sop konro dan lainnya. Hal yang disarankan bagi para pengunjung sebaiknya bertanya terlebih dahulu harga setiap kuliner kepada para penjual. Lokasi dari pantai Losari ini terletak di Jalan Penghibur. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Makassar.

3. Taman Nasional Bantimurung

Rekomendasi lain dari tempat wisata di Makassar yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Nasional Bantimurung. Banyak orang menyebut lokasi wisata ini sebagai kerajaan Kupu-kupu. Terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu di tempat ini. Tentu saja ini bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga. Kondisi geografis yang mengesankan dari Taman Nasional Bantimurung meliputi air terjun, gua hingga bukit kapur. Lingkungan yang masih asri menjadi alasan penting bagi Anda untuk mengunjungi tempat ini.

Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Batimurung memiliki luas sekitar 43 ribu hektar secara menyeluruh. Salah satu ikon dari taman nasional ini adalah patung kupu-kupu raksasa yang berada di pintu masuk. Sudah banyak ahli botani yang mengunjungi tempat ini untuk meneliti berbagai jenis kupu-kupu. Kondisi ini juga dimanfaatkan banyak wisatawan untuk menikmati pemandangan yang sama. Lokasi dari taman nasional Bantimurung terletak di kabupaten Maros dengan jarak sekitar 45 km dari pusat kota Makassar. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi.

4. Trans Studio Makassar

Destinasi wisata Makassar lainnya yang bisa Anda nikmati bersama keluarga adalah pusat hiburan modern yaitu Trans Studio Makassar. Pusat hiburan ini merupakan wahana dalam ruangan terbesar yang ada di Indonesia. Luas dari pusat hiburan ini mencapai 2,7 hektar dengan berbagai pilihan wahana yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga. Masing-masing wahana di studio ini bisa digunakan sesuai dengan antrian. Hingga kini terdapat sekitar 21 wahana yang bisa Anda nikmati dan belum tentu bisa ditemukan di tempat lainnya.

Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar

Beberapa wahana yang bisa anda nikmati seperti Cartoon City, Magic Corner, Studio Central dan lainnya. Trans Studio Makassar dibuka setiap hari. Para pengunjung bisa mulai menggunakan wahana di studio ini mulai dari pukul 10 pagi hingga 7 malam. Namun, pada akhir pekan atau hari libur biasanya studio ini dibuka hingga pukul 9 malam. Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 100 ribu untuk mengunjungi Trans Studio Makassar ini. Namun, pada hari libur atau akhir pekan harga tiket masuk sekitar 175 ribu rupiah.

5. Tempat Wisata di Makassar Malino

Sekitar Makassar juga terdapat dataran tinggi yang juga menjadi tempat wisata bagi banyak orang. Dataran tinggi ini sering disebut dengan Malino. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut dengan lingkungan yang masih asri. Bahkan, warga lokal juga memanfaatkan beberapa lahan di dataran tinggi ini untuk ditanami beberapa sayuran dan buahan. Selain itu, sekitar lokasi dari Malino juga ada batu kapur dan hutan pinus.

Malino - Tempat Wisata di Makassar
Malino – Tempat Wisata di Makassar

Bila Anda mengunjungi Malino sebaiknya sediakan perlengkapan yang memadai seperti jaket atau sweater. Pada waktu tertentu, suhu di Malino mencapai 10 derajat celcius. Apalagi di musim penghujan biasanya lokasi wisata ini juga sangat dingin. Lokasi dataran tinggi ini cukup jauh, yakni terletak 90 km dari pusat kota Makassar.

6. Taman Laut Taka Bonerate

Anda juga bisa menikmati wisata bahari lainnya dengan mengunjungi Taman Laut Taka Bonerate. Biasanya tempat ini sering dijadikan banyak pengunjung untuk menyelam atau diving. Kondisi air laut yang masih jernih dianggap menjadi salah satu keunggulan dari tempat wisata ini. Namun, untuk menyelam dan menelusuri taman laut ini Anda harus mendapatkan ijin dari pengelola Balai Taman Nasional.

Taman Laut Taka Bonerate - Wisata Makassar Instagramable
Taman Laut Taka Bonerate – Wisata Makassar Instagramable

Kondisi laut yang masih asri juga berdampak pada biota yang berada di tempat itu. Anda bisa menikmati pemandangan terumbu hingga kura-kura dengan jarak pandang yang sangat baik. Taman laut ini termasuk wisata Makassar instagramable karena keindahannya. Lokasi taman laut ini berada di kota Benteng yang masuk dalam wilayah Kepulauan Selayar.

Itulah beberapa tempat wisata di Makassar yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata expo. Siapa tahu bisa menjadi salah satu alternatif maupun rekomendasi untuk liburan baik bersama pasangan, keluarga atau rekan kerja.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *