Tempat Wisata di Pontianak

4 min read

Tempat Wisata di Pontianak - Sinka Island Park

Pontianak yang merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Barat menyimpan banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Kota yang terkenal karena dilalui garis khatulistiwa ini dianggap menjadi destinasi yang menarik perhatian. Ada banyak lokasi yang menawarkan pengalaman wisata berbeda dibandingkan tempat lainnya. Selain itu, daerah wisata itu juga cukup mudah untuk dijangkau dengan berbagai pilihan transportasi publik atau kendaraan pribadi. Anda sangat disarankan untuk memiliki waktu liburan yang cukup banyak untuk menikmati pilihan dari tempat wisata di Pontianak.

Bila Anda lihat secara lebih teliti lagi, logo administratif dari kota Pontianak terdapat dua buah sungai. Kota ini memang diapit oleh Sungai Landak dan Sungai Kapuas. Hal ini juga yang memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan pilihan tempat untuk menghabiskan waktu libur. Pada artikel kali ini, kami akan mengupas beberapa tempat wisata di Pontianak yang paling direkomendasikan.

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Pontianak yang Mengesankan

1. Tugu khatulistiwa

Ini adalah rekomendasi pertama dari tempat wisata di Pontianak yang harus Anda kunjungi. Apalagi Tugu Khatulistiwa adalah ikon dari kota Pontianak. Tugu ini menjadi tanda bahwa garis khatulistiwa tepat berada di wilayah kota Pontianak. Desain dari tugu ini memang sangat modern. Terdapat 4 pilar tugu yang dibuat dari kayu Belian. Masing-masing dua pilar kayu yang berada di bagian depan dan belakang. Anda juga akan melihat secara langsung ukiran-ukiran yang berada di bagian lapisan pada pilar itu. Biasanya tugu ini sering menjadi background dari para pengunjung untuk swafoto.

Tempat Wisata di Pontianak - Tugu Khatulistiwa
Tempat Wisata di Pontianak – Tugu Khatulistiwa

Lokasi dari tugu ini berada sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pontianak. Sama seperti tempat bersejarah lainnya, Tugu Khatulistiwa juga memiliki ruangan khusus yang berfungsi sebagai museum. Anda bisa merencanakan untuk menjadikan wisata ini sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Museum itu menawarkan informasi tentang geografis dan garis imajiner dari bumi. Selain itu, Anda juga bisa membeli beberapa souvenir di bagian etalase dari museum. Untuk datang ke lokasi ini tidak dipungut biaya. Namun, sangat disarankan bagi Anda untuk mengunjungi Tugu ini pada minggu ketiga Maret atau September. Hal ini dikarenakan pada Matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa.

2. Makam Kesultanan Batulayang – Tempat Wisata di Pontianak

Ada tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi selama berada di Pontianak. Mungkin Anda bisa menggunakan waktu liburan untuk mengunjungi Makam Kesultanan Batulayang. Tempat ini merupakan makam yang digunakan oleh 7 sultan Pontianak beserta seluruh anggota keluarga besarnya. Bahkan, tempat ini juga menjadi peristirahatan dari Sultan Batulayang pertama yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Hal yang menarik dari tempat ini adalah arsitektur yang mengedepankan tradisi. Ini bisa dilihat dari bagian pintu masuk yang memiliki ukuran tidak terlalu tinggi. Sehingga Anda harus menunduk saat memasuki bagian dari kompleks pemakaman.

Wisata Religi Makam Kesultanan Batulayang
Wisata Religi Makam Kesultanan Batulayang

Selain itu, pada bagian tengah makam ini terdapat bunker atau ruangan bawah tanah berukuran sedang. Ruangan itu digunakan sebagai tempat atau makam dari sultan pertama. Untuk mengunjungi lokasi ini anda tidak dipungut biaya. Biasanya bagi anda yang sudah mengunjungi Tugu Khatulistiwa sebaiknya singgah ke Makam Kesultanan Batulayang. Jarak dari kedua lokasi ini hanya 2 kilometer dengan menggunakan kendaraan pribadi.

3. Keraton Kadriah – Tempat Wisata di Pontianak

Setelah Anda mengunjungi pemakaman Sultan Batulayang pertama, selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Keraton Kadriah. Ini juga termasuk tempat wisata di Pontianak yang memiliki nilai sejarah sangat tinggi. Keraton ini didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Usia dari keraton ini hampir mencapai 250 tahun. Sama seperti bangunan kesultanan lain di Indonesia, Keraton Kadriah memiliki dominasi kuning dengan berbagai ukiran khas Kalimantan Barat. Selain itu, Keraton ini juga menggunakan bahan utama kayu Belian yang memiliki kualitas terbaik dan tahan lama.

Tempat Wisata di Pontianak - Keraton Kadriah
Tempat Wisata di Pontianak – Keraton Kadriah

Baca Juga : Wisata Balikpapan yang sedang Hits

Ada beberapa spot menarik dari Keraton ini yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk swafoto. Misalnya saja di luar dari Keraton ini terdapat meriam peninggalan masa pemerintahan Jepang dan Portugis. Spot ini sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Namun, Anda tetap harus mentaati peraturan yang dari pengelola Keraton ini. Pada bagian dalam Keraton terdapat berbagai peninggalan keluarga sultan seperti pakaian sultan, foto-foto keluarga sultan, hingga barang antik lainnya.

4. Taman Alun-alun Kapuas

Bila Anda ingin menikmati keramaian di pusat kota Pontianak tentu saja bisa mengunjungi Taman Alun-alun Kapuas. Tempat ini merupakan bagian tepian dari sungai Kapuas. Anda harus tahu bahwa mayoritas masyarakat di Pontianak selalu mengandalkan sungai Kapuas sebagai jalur transportasi hingga nadi perekonomian. Hal ini diterapkan dengan menggunakan salah satu tepian menjadi taman alun-alun Kapuas. Tempat wisata ini memiliki air mancur yang menarik dengan lampu hias yang terdiri dari banyak warna. Selain itu, ada juga miniatur tugu Khatulistiwa di salah satu sudut taman.

Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas

5 Hal menarik seputar Alun Alun Kapuas – Tempat Wisata di Pontianak

  • Duplikat Tugu Khatulistiwa
  • Nonton Bareng
  • Tempat Event besar
  • Cafe Apung
  • Tempat menikmati Sunrise

Lokasi dari Taman Alun-alun Kapuas tepat berada di bagian depan dari kantor walikota Pontianak. Sebenarnya konsep dari taman alun-alun ini hampir sama dengan lainnya. Ada banyak bangku taman yang bisa Anda gunakan untuk bersantai di sore atau malam hari bersama keluarga. Apalagi di sekitar taman terdapat kuliner kaki lima yang menawarkan jajanan menarik dengan harga cukup terjangkau. Lokasi wisata ini juga memiliki fasilitas umum yang cukup bersih untuk digunakan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jepang yang paling banyak dikunjungi wisatawan

5. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata di Pontianak lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki karakter unik karena di sekitar tepi pantai terdapat banyak batu dengan ukuran berbeda. Anda juga bisa menikmati suasana pantai yang sangat khas seperti kondisi air yang cukup jernih hingga beberapa batu yang bisa menjadi tempat bersandar. Keunggulan dari pantai ini tentu saja kondisi pasir yang masih sangat bersih dan terlihat putih. Biasanya pantai ini sering dijadikan tempat bersantai bagi banyak keluarga. Kondisi pasir dan air yang sangat bersih akan memberikan pengalaman terbaik bagi Anda.

Pantai ini terletak di Kecamatan Tujuhbelas, tepatnya 17 kilometer dari pusat kota Singkawang. Untuk memasuki wilayah pantai ini para pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah per orang. Anda tidak perlu merasa khawatir karena di lokasi wisata ini terdapat banyak fasilitas seperti hotel, penginapan, penjualan souvenir dan lainnya.

Wisata Pantai Pasir Panjang Pontianak
Wisata Pantai Pasir Panjang Pontianak

6. Sinka Island Park

Rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi lagi bersama keluarga adalah Sinka Island Park. Ini adalah tempat wisata terpadu yang memiliki beberapa lokasi terbaik. Anda bisa menikmati suasana kebun binatang, pantai yang sangat indah hingga berenang di kolam khusus. Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi adalah Sinka Zoo. Kebun binatang ini memiliki sekitar 62 spesies dengan total 200 ekor binatang. Untuk masuk ke lokasi ini dikenakan biaya sekitar 10 ribu rupiah per orang. Lokasi tempat wisata ini berada di Teluk ma’jantuh yang masih masuk dalam wilayah administrasi Singkawang.

Tempat Wisata di Pontianak - Sinka Island Park
Tempat Wisata di Pontianak – Sinka Island Park

Sebenarnya, Sinka Island merupakan sebuah kawasan wisata yang dibangun sebagai hiburan bagi masyarakat Kalimantan Barat, khususnya untuk warga Singkawang.

Sinka Island Park dirancang khusus dengan citarasa khas China (Tionghoa). Anda akan langsung menjumpai patung 12 Shio yang keren ketika memasuki pintu gerbang. Terdapat pula pantai berbatu, perpaduan antara bebatuan besar dan kecil sehingga menampilkan kesan alam yang indah. Anda dapat menyusuri pantai tersebut menggunakan kuda ataupun delman.

Itulah beberapa tempat wisata di Pontianak yang menarik untuk dikunjungi. Selain untuk menghabiskan waktu bersama pasangan (berbulan madu), tentu saja tempat wisata tersebut cocok untuk keluarga serta kolega. Jangan lupa untuk mengabadikan moment-moment tersebut, karena tempat wisata di Pontianak cukup instagramable.

Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata expo. Siapa tahu bisa menjadi salah satu alternatif maupun rekomendasi untuk liburan baik bersama pasangan, keluarga atau rekan kerja. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta keasrian dimanapun berada.

Pantai Tanjung Benoa

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Cianjur

wisataExpo
4 min read

Pantai Pandawa

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *