Tempat Wisata di Pulau Papua Terbaik dan Menyenangkan

4 min read

Raja Ampat - Tempat Wisata di Pulau Papua

Papua tidak hanya dikenal dengan tambang emas saja. Namun, pulau yang hampir mirip dengan kepala burung cendrawasih ini juga memiliki segudang tempat wisata yang mengesankan. Tempat wisata di pulau ini didominasi oleh wisata alam dengan pemandangan yang menarik. Bahkan, beberapa pilihan tempat wisata alam juga didukung dengan kondisi yang sangat baik. Sebagian dari Anda mungkin tidak percaya bahwa tempat wisata itu masih bagian dari wilayah Indonesia. Ada banyak tempat wisata di pulau Papua yang bisa dikunjungi.

Untuk menikmati seluruh tempat wisata di Papua sebaiknya Anda memiliki waktu berlibur yang cukup panjang. Apalagi bila Anda berangkat dari luar pulau biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, waktu liburan yang cukup lama akan memudahkan Anda untuk menikmati banyak wisata alam yang berbeda dibanding lainnya. Bahkan, Anda bisa menjadikan lokasi wisata di Papua sebagai tempat untuk menghilangkan penat dari dunia kerja.

6 Pilihan Terbaik dari Tempat Wisata di Pulau Papua

Anda memiliki banyak rekomendasi tempat wisata di Papua. Masing-masing dari tempat ini menghadirkan suasana alam yang masih sangat asri. Bahkan, beberapa wisata pantai atau tempat yang berdekatan dengan laut masih sangat bersih. Jangan khawatir karena di tempat itu juga tersedia beberapa fasilitas pendukung seperti tempat menginap yang cukup mewah. Berikut ini ada 6 pilihan terbaik dari tempat wisata di pulau Papua yang bisa Anda kunjungi, seperti:

1. Raja Ampat Tempat Wisata di Pulau Papua

Tempat wisata di pulau Papua ini tidak hanya dikenal di dalam negeri saja. Namun sudah banyak wisatawan manca negara yang menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan utama untuk berlibur. Kawasan wisata Raja Ampat sebenarnya memiliki beberapa pulau besar yang menarik perhatian. Pulau itu terdiri dari Batanta, Misool, Waigeo dan Salawati. Namun, terdapat juga pulau kecil yang ada di sekitar kawasan wisata itu. Hal yang paling menarik dari tempat ini adalah kondisi lingkungan dan alam yang masih terjaga dengan sangat baik. Bahkan, di Raja Ampat terdapat sekitar 75 persen biota laut yang tercatat di seluruh dunia. Tentu saja ini akan menjadi keunggulan saat Anda berkunjung ke Raja Ampat.

Raja Ampat - Tempat Wisata di Pulau Papua yang memiliki daya tarik tersendiri
Raja Ampat – Tempat Wisata di Pulau Papua yang memiliki daya tarik tersendiri

Anda memiliki banyak kesempatan untuk menikmati Raja Ampat. Misalnya melakukan kegiatan seperti menyelam. Pengalaman menyelam di tempat ini sangat berbeda. Apalagi ada sekitar 1500-an jenis ikan yang bisa Anda temui saat menyelam di tempat wisata ini. Kesempatan lain untuk menikmati Raja Ampat adalah dengan tracking ke beberapa pulau. Anda bisa menggunakan jasa pemandu untuk menempuh jalur yang lebih mudah.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Ini adalah rekomendasi tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi saat berada di Papua. Taman Nasional Teluk Cendrawasih memang memiliki kemiripan dengan taman nasional lainnya. Namun, terlihat perbedaan yang sangat jelas dari kondisi geografis yang dikelilingi oleh wilayah perairan. Luas dari tempat ini juga mencapai 1,4 juta meter persegi. Ini yang membuat Teluk Cendrawasih sebagai taman nasional terbesar di Indonesia. Tercatat sekitar 196 jenis dari Moluska dan 209 jenis ikan yang ada di wilayah konservasi ini. Hal yang paling terlihat jelas adalah terdapat banyak jenis biota laut yang akan menemani Anda saat melakukan kegiatan menyelam.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Sekitar wilayah Taman Nasional Teluk Cendrawasih terdapat beberapa pulau yang juga menjadi objek wisata. Salah satu pulau yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Mioswaar. Pulau ini memiliki gua yang sangat unik. Di dalam gua terdapat sumber air panas yang memiliki kandungan belerang cukup besar. Lokasi dari tempat wisata ini berada di wilayah administrasi Nabire dan Wondama.

3. Danau Paniai

Tempat wisata di pulau Papua yang ini juga bisa Anda kunjungi saat berada di Papua. Danau Paniai merupakan salah satu danau yang sangat indah di Papua. Bahkan, pada tahun 2007 Danau Paniai menjadi danau terindah di dunia. Lokasi yang sangat strategis dari danau ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para pengunjung. Letak geografis dari danau ini berada di 1700 meter di atas permukaan laut. Ukuran luas dari danau ini juga mencapai sekitar 14,5 ribu hektar. Anda dengan mudah bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam di tepi danau ini.

Danau Paniai Wisata Pulau Papua
Danau Paniai

Biasanya beberapa pengunjung memang menjadikan tebing dari tepi danau untuk menikmati keindahan. Beberapa biota laut dan beberapa jenis burung juga terlihat sangat jelas dari tebing ini. Danau ini juga dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai bagian dari kehidupan ekonomi. Apalagi danau ini menjadi penghasil ikan air tawar terbaik dan terbesar di pulau Papua. Kondisi yang membuat Anda akan sering menjumpai warga setempat menangkap ikan.

4. Danau Sentani

Bila Anda memiliki waktu berlibur yang cukup banyak cobalah untuk mengunjungi danau Sentani. Danau ini memang sudah banyak dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Apalagi lokasi yang sangat strategis dekat dengan pusat kota di Jayapura. Sama seperti danau lainnya, panorama dari tempat wisata ini sangat indah. Apalagi ada sekitar 20-an pulau besar dan kecil yang berada di sekitar danau ini. Biasanya beberapa pengunjung akan melakukan beberapa kegiatan wisata di danau ini.

Danau Sentani Wisata Pulau Papua
Danau Sentani

Anda bisa melakukan kegiatan seperti berenang, memancing hingga menelusuri danau itu dengan perahu yang bisa disewa. Selain itu, kondisi yang mengesankan dari sekitar danau ini membuat Anda sangat mudah untuk menyantap berbagai pilihan kuliner. Hal menarik yang bisa Anda temui adalah proses interaksi secara langsung kepada warga sekitar. Apalagi ada 24 desa yang mengelilingi danau ini.

Baca Juga : Wahana Baru Malang Night Paradise

5. Pantai Bosnik

Bila Anda ingin menikmati suasana pantai yang menyenangkan cobalah pergi ke Biak. Di wilayah ini terdapat pantai Bosnik dengan keindahan yang tidak kalah dari pantai lainnya. Kondisi lingkungan yang cukup bersih dari pantai ini akan memberikan momen tak terlupakan. Apalagi air yang berada di sekitar tepi pantai terlihat sangat bersih. Kadang-kadang ini membuat Anda sangat mudah melihat biota laut.

Pantai Bosnik Papua
Pantai Bosnik

Untuk masuk ke lokasi wisata ini biasanya pengunjung akan dipungut biaya sekitar 10 ribu rupiah. Pantai ini juga sering dijadikan tempat bagi banyak wisatawan untuk menikmati sunset. Pantai ini terletak di desa Woniki, tidak jauh dari pusat administrasi Biak.

Baca Juga : Kolam Renang Depok Yang Patut Anda Kunjungi

6. Lembah Baliem Pesona Tempat Wisata di Pulau Papua

Tempat wisata ini sering dijadikan tujuan pengunjung yang ingin menikmati sisi lain dari pegunungan Jayawijaya. Lembah Baliem menjadi bagian tempat tinggal beberapa suku Papua seperti Lani, Yali dan Dani. Lokasi dari lembah ini tepat berada di 1600 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini yang membuat lembah memiliki suhu udara yang sangat tinggi.

Lembah Baliem Papua
Lembah Baliem Papua

Acara tahunan yang sering diadakan di tempat ini adalah Festival Lembah Baliem. Acara ini diadakan pada bulan Agustus setiap tahunnya. Untuk mengunjungi lembah ini Anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan untuk antisipasi suhu dingin.

Itulah beberapa tempat wisata di pulau Papua yang direkomendasikan untuk dapat dikunjungi. Wilayah Papua memang lebih terkenal dengan suasana alam yang sangat mengagumkan. Masih jarang terjamah oleh sembarang orang. Jangan lupa kita untuk selalu tetap menjaga kebersihan alamnya, sehingga bisa dinikmati sampai anak cucu selanjutnya.

Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata expo. Siapa tahu bisa menjadi salah satu alternatif maupun rekomendasi untuk liburan baik bersama pasangan, keluarga atau rekan kerja.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *