Tempat Wisata di Sumenep

7 min read

Sumenep merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Madura. Wilayah ini tergabung dalam wilayah administratif Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Sumenep memiliki posisi yang strategis. Adapun batas wilayah Kabupaten Sumenep antara lain sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pamekasan. Sebelah utara dan timur berbatasan dengan Laut Jawa, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura dan Laut Bali. Tempat wisata di Sumenep tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun suasananya yang agak panas, namun wisata alamnya patut untuk diperhitungkan.

Wilayah Sumenep tersusun oleh gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di bagian utara dan timur. Adapun pulau terluar Kabupaten Sumenep bernama Pulau Sakala (di sebelah timur) dan Pulau Karamian (di sebelah utara). Dengan kondisi geografis tersebut, Sumenep memiliki potensi wisata alam yang beraneka ragam, mulai dari potensi lautan hingga potensi pegunungan. Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, pemerintah Sumenep memiliki branding “Sumenep theHeartPurity”. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai apa saja tempat wisata di Sumenep yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Review Tempat Wisata di Sumenep Yang Mempesona

1. Bukit Tinggi Daramista

Salah satu tempat wisata terbaru di Sumenep adalah Bukit Tinggi Daramista. Diresmikan pada bulan September tahun 2016, Bukit Tinggi Daramista berlokasi di Desa Daramista, Kec. Lenteng, Kabupaten Sumenep, atau 30 menit perjalanan dari pusat Kota Sumenep. Puncak Bukit Tinggi Daramista menawarkan keindahan panorama Sumenep dari ketinggian. Objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, di antaranya gazebo, kolam ikan, serta spot foto romantis. Selain itu, lokasi ini juga menjadi destinasi favorit para pemburu sunset. Apabila kalian mengunjunginya pada malam hari, kalian dapat menikmati sensasi romantis yang didukung oleh lampu remang dan kerlap-kerlip di berbagai sisinya. Tarif parkir kendaraan bermotor di objek wisata ini sebesar 2.000 rupiah.

Bukit Tinggi Daramista Sumenep
Bukit Tinggi Daramista Sumenep

2. Pulau Gili Lebak Tempat Wisata di Sumenep

Wisata Gili Lebak Sumenep Madura merupakan wisata Andalan kabupaten Sumenep. Pulau Gili Lebak memiliki hamparan pasir putih yang panjang. Air laut pantai ini lumayan jernih, dan memiliki ombak yang relatif tenang. Selain itu, wisatawan juga dapat mencoba bermain snorkling, sekaligus melihat terumbu karang yang cantik. Keindahan komplit yang dimiliki Pulau Gili Lebak merupakan magnet bagi wisatawan dari berbagai wilayah. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda dapat berangkat dari Pelabuhan Kalianget Sumenep, kemudian dilanjutkan dengan menyeberangi lautan menggunakan perahu. Tarif sewa satu buah perahu sekitar 600.000 – 800.000 rupiah, dan dapat menampung 15 orang. Tempat wisata Sumenep Madura ini sangat cocok kalian kunjungi bersama teman-teman terdekat.

3. Pulau Gili Iyang

Tempat wisata di Pulau Sumenep berikutnya bernama Pulau Gili Iyang. Lokasi objek wisata Gili Iyang berada di Bancamara, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Berdasarkan riset yang dilakukan LAPAN tahun 2011, Pulau Gili Iyang dinobatkan sebagai wilayah dengan kadar oksigen terbaik sedunia. Selain udaranya yang bersih, Pulau Gili Iyang juga memiliki pasir pantai berwarna putih, air lautnya biru, serta ombaknya pun relatif tenang. Pulau Gili Iyang juga memiliki spot olah raga snorkling, dengan pesona bawah laut yang memesona. Berbagai keistimewaan tersebut menjadikan pulau ini cukup populer bagi kalangan wisatawan. Sama seperti tempat wisata sebelumnya, untuk menuju ke lokasi wisata ini juga harus ditempuh menggunakan kapal nelayan, dengan tarif sewa sekitar 300.000 – 500.000 rupiah.

4. Tempat Wisata di Sumenep Pantai Kahuripan

Tempat wisata di Sumenep Madura yang ini bernama Pantai Kahuripan. Lokasinya berada di Pulau Gili Genting, tepatnya di Desa Gedungan, Kecamatan Gili Genting, Sumenep. Untuk menuju ke Pulau Gili Genting, wisatawan harus menyeberang lautan menggunakan perahu dari Pelabuhan Pagar Buto atau Pelabuhan Tanjung, yang kemudian akan mengantar Anda ke Pantai Kahuripan.

Pantai Kahuripan memilik panorama alam yang indah. Tebing dan karang laut berjajar di berbagai sisi pantai. Di bagian lain, pasir putih indah membentang di sepanjang bibir pantai. Udara di Pantai Kahuripan ini lumayan sejuk, suasananya nyaman dan damai. Ombaknya pun relatif tenang. Di sini, kalian juga dapat menyewa sebuah perahu untuk mengelilingi garis pantai Pulau Gili Genting. Wisata pantai di Sumenep ini cocok dikunjungi bagi kalian yang merindukan ketenangan.

5. Pulau Sapeken

Tempat wisata di Sumenep ini bernama Pulau Sapeken. Pulau ini terletak sangat jauh dari Pulau Madura. Untuk ke sana, pertama-tama kalian harus menyeberang dari Pelabuhan Ketapang menuju ke Pulau Kangean. Kalian dapat menggunakan kapal Ferry dengan waktu tempuh sekitar 18 jam. Apabila ingin perjalanan yang cepat, kalian bisa menggunakan kapal express dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Biaya kapal express tersebut sekitar 125.000 per orang.

Setelah sampai di Pulau Kangean, kalian akan dituntun untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Sapeken. Perjalanan tersebut dapat menggunakan perahu motor, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam. Namun demikian, perjalanan Anda tidaklah membosankan, karena kalian akan melihat pemandangan laut yang indah. Sesampainya di Pulau Sapeken, kalian dapat beristirahat sebentar, atau langsung mencoba snorkling di lokasi ini. Pulau Sapeken ini termasuk sebagai salah satu pulau di Indonesia yang memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona. Objek wisata di Sumenep Madura ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian kunjungi. Jangan lupa untuk mempersiapkan kondisi tubuh yang prima sebelum melakukan perjalanan jauh ini.

6. Pulau Gili Labak

Objek wisata Sumenep Gili Labak berlokasi di Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Secara sekilas, lokasi wisata Sumenep ini memiliki nuansa khas Bali dan Lombok, sehingga kecantikan objek wisata ini tidak perlu diragukan lagi. Tempat wisata di Sumenep ini memiliki pasir putih bersih, ombaknya tenang, dan memiliki air laut berwarna kebiruan. Untuk mencapai lokasi tersebut, wisatawan harus menyeberang dari Kalianget ke Telango, kemudian menyeberang kembali ke Pulau Gili Labak.

7. Tempat Wisata di Sumenep Pantai Lombang

Salah satu pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Lombang. Pantai berlokasi di Ds. Lombang, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, atau berjarak 25 km dari pusat kota Sumenep. Suasana di Pantai Lombang sangat nyaman. Pasir putih terbentang sepanjang bibir pantai. Pohon-pohon cemara udang berbaris rapi di sekeliling lokasi wisata. Selain itu, ombak di pantai ini juga relatif tenang. Tiket masuk wisata Pantai Lombang Sumenep ini sebesar 7.000 rupiah saja, dan tarif parkirnya sebesar 2.000 – 5.000 rupiah. Cukup terjangkau bukan?

Tempat Wisata di Sumenep Pantai Lombang
Tempat Wisata di Sumenep Pantai Lombang

8. Pantai Ambuten

Pantai Ambuten berlokasi di Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep. Pantai ini lumayan bersih, dan memiliki ombak yang tenang. Pantai ini juga memiliki pasir yang lembut, sehingga nyaman di kaki. Di sekeliling pantai, Anda akan menemukan bebatuan karang, dan di beberapa sisinya ditumbuhi pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Kelebihan dari pantai Ambuten adalah suasananya yang asri, belum banyak ditemukan sampah. Untuk masuk ke Pantai Ambuten, Anda akan dikenakan tarif retribusi sebesar 7.000 rupiah, sudah termasuk biaya parkir. Tempat wisata baru di Sumenep ini belum banyak dikunjungi wisatawan, cocok dikunjungi oleh kalian yang sedang mencari tempat “pengasingan”.

9. Pantai Ropet

Pantai Ropet berlokasi di Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep. Tempat wisata di daerah Sumenep ini memiliki batas pantai berupa karang bebatuan. Di sekelilingnya, ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang. Pantai ini juga menjadi salah satu lokasi bersandarnya perahu-perahu nelayan. Bagi kalian pecinta fotografi, lokasi ini sangat strategis untuk menangkap dan mendokumentasikan kehidupan nelayan.

10. Pantai Slopeng Tempat Wisata di Sumenep

Pantai Slopeng berlokasi di Jalan Raya Ambuten, No. 34, Ambuten, Sema’an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep. Pantai ini memiliki pasir pantai putih yang cantik. Di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang. Ombaknya pun lumayan tenang. Karena memiliki panorama alam yang indah, tempat wisata di Sumenep Madura ini kerap dijadikan sebagai lokasi prewed bagi pasangan-pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

11. Bukit Kapur Kombang

Tempat wisata di Kabupaten Sumenep ini berlokasi di Desa Kombang, Kecamatan Talango. Objek wisata ini merupakan bekas galian tambang yang saat ini sudah tidak digunakan lagi. Bekas galian tersebut menciptakan cekungan-cekungan dinding kapur yang sangat artistik, mirip Cappadocia Turki. Objek wisata Sumenep Madura ini cocok bagi kalian yang memiliki hobi fotografi. Bahkan beberapa kali ada yang memanfaatkan sebagai lokasi pre-wed. Menarik bukan? Tarif masuk wisata Kabupaten Sumenep Bukit Kapur Kombang sebesar 2.000 rupiah, dan sudah termasuk tarif parkirnya.

12. Goa Payudan

Wisata goa alam Sumenep ini bernama Goa Payudan. Goa ini dipercaya sebagai lokasi pertapaan raja-raja Sumenep abad ke 14 – 17. Hingga saat ini, beberapa orang masih menggunakan goa tersebut sebagai lokasi untuk mendapatkan “ilmu”. Wisata goa alam Sumenep ini berlokasi di Pegunungan Payudan, tepatnya berada di Desa Payudan Daleman, Kecamatan Guluk-Guluk, atau berjarak tiga puluh kilometer dari Kota Sumenep.

13. Water Park Sumenep (WPS) dan Tirta Sumekar Indah (TSI)

Taman Pemandian Water Park Sumenep dan Tirta Sumekar Indah merupakan wisata air yang dilengkapi berbagai wahana permaianan, mulai dari kolam renang berbagai ukuran, watersliding, dll. Selain itu, di sana juga disediakan tempat duduk yang unik. Disediakan pula fasilitas Mushola, Kamar Mandi serta foodcourt. Di setiap hari-hari libur, lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tempat wisata di Madura Sumenep ini cocok dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

14. Taman Edukasi Tectona Tempat Wisata di Sumenep

Wisata Taman Edukasi Tectona merupakan objek wisata terbaru di Kabupeten Sumenep. Taman ini berlokasi di Desa Torban, Kecamatan Batuan, Sumenep Madura. Lokasi ini menyediakan fasilitas permainan outbond. Dan dalam waktu yang dekat, sedang diusahakan untuk menyelesaikan pembangunan kolam renang berbagai ukuran. Taman Edukasi Tectona ini mengusung konsep wisata edukasi. Wisata edukasi ini cocok dijadikan rujukan destinasi wisata kalian, karena berekreasi sembari belajar.

15. Taman Adipura Kota Sumenep

Taman Adipura Kota Sumenep ini berlokasi di Pajagalan, Kota Sumenep, Madura Jawa Timur. Ruang terbuka hijau ini dilengkapi dengan kompleks pertamanan yang terawat, playground, serta tempat-tempat duduk yang tersebar di berbagai lokasi. Taman ini juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner Sumenep, karena di sekeliling lokasi menyediakan berbagai jajanan khas Sumenep. Penasaran kan untuk mengunjungi objek wisata “lowbudget” ini?

16. Museum Kraton Sumenep

Wisata bersejarah Sumenep yang satu ini bernama Museum Kraton Sumenep. Tempat wisata Madura Sumenep ini terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 6, Pajagalan, Kota Sumenep, atau berada di kawasan Kraton Sumenep. Wisata edukasi ini memiliki berbagai koleksi benda bersejarah, mulai dari serat, kitab, pusaka, properti kraton, dll. Selain itu, museum ini juga menyimpan sebuah Al Quran, di tulis tangan dan memiliki ukuran yang besar.

Museum Keraton Sumenep Wisata Edukasi Sejarah
Museum Keraton Sumenep Wisata Edukasi Sejarah

17. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep atau lebih sering disebut Masjid Jamik Sumenep berlokasi di Bangselok, Kota Sumenep. Tempat wisata religi di Sumenep ini terkenal memiliki arsitektur klasik, memadukan kebudayaan Tionghoa, Jawa, Madura, dan Eropa. Bangunan tersebut mulai dibangun pada tahun 1779, dan baru selesai pada tahun 1787. Masjid Agung Sumenep memiliki warna yang mencolok, didominasi oleh warna putih dengan linekuning emas, khas kraton Sumenep.

18. Makam Raja Sumenep Asta Tinggi

Objek wisata religi yang ini berlokasi di Jl. Asta Tinggi, Kebon Agung, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Makam ini merupakan kompleks pemakaman raja-raja Sumenep, beserta kalangan bangsawan keraton lainnya. Pintu gerbang makam Asta Tinggi Sumenep terpengaruhi oleh gaya arsitektur Eropa. Selain itu, bagian kubah makam Sultan Abdurrahman juga memiliki gaya Eropa. Selain gaya Eropa, bangunan makam ini juga terpengaruh oleh kebudayaan Islam, Tionghoa, serta Hindu. Lain dari pada hal tersebut, makam ini juga dimitoskan sebagai lokasi pemakaman Pangeran Diponegoro.

19. Kota Tua Kalianget Tempat Wisata di Sumenep

Kota Tua Kalianget merupakan objek wisata sejarah yang terletak di Kabupaten Sumenep bagian timur. Bangunan-bangunan di Kota Tua Kalianget didominasi oleh arsitektur kolonial. Di sini, kalian akan dapat belajar mengenai perkembangan wilayah Sumenep sejak masa kolonial. Perlu diketahui, Sumenep merupakan salah satu wilayah yang memegang peranan penting selama masa kolonial, di antaranya sebagai penghasil garam dan juga pusat perdagangan.

20. Alun-alun Kota Sumenep

Alun-alun ini berlokasi di pusat kota Sumenep, dan bersebelahan dengan Masjid Agung Sumenep. Setiap harinya, alun-alun Sumenep selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kalianbisa melepas lelah sembari duduk-duduk santai menikmati pemandangan kota. Apabila kalian berencana mencicipi wisata kuliner di Sumenep Madura, tidak ada salahnya untuk datang ke lokasi ini. Tertarik untuk mencobanya?

Itulah ulasan tempat wisata di Sumenep yang sudah kami sajikan, semoga dapat membantu Anda menentukan destinasi wisata selanjutnya. Selagi masih di Kabupaten Sumenep, jangan lupa untuk mengunjungi dan mencicipi wisata kuliner madura yang lezat. Sekalian membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kunjungi terus tempat wisata Indonesia, dan selalu menjaga kebersihan serta keasrian objek wisata yang kalian kunjungi. Oh iya, setelah dari Kabupaten Sumenep, kalian juga dapat mengunjungi tempat wisata Pamekasan, tempat wisata Sampang, tempat wisata Bangkalan, serta tempat wisata Madura lainnya.

Wisata Salatiga

wisataExpo
4 min read

Museum Macan

wisataExpo
3 min read

Gunung Salak

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *