Tempat Wisata Mojokerto Yang Paling Populer

6 min read

Wisata Mojokerto Air Terjun Coban Canggu

Wisata Mojokerto – Mojokerto merupakan kota yang dikenal memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pada jaman kerajaan, Mojokerto merupakan pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Hal ini dikuatkan juga dengan ditemukannya peninggalan kerajaan Majapahit seperti candi, umpak-umpak, gapura, saluran air dan sebagainya. Kita semua sepakat bahwa Majapahit merupakan kerajaan besar serta memiliki pengaruh yang luar biasa. Majapahit tidak hanya dikenal di nusantara, bahkan hingga luar negeri kerajaan Majapahit merupakan salah satu kekuatan yang sangat disegani.

Mojokerto merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Luas yang dimiliki kota tersebut sekitar 16,46 km persegi. Meskipun luas wilayahnya merupakan yang terkecil di Jawa Timur, namun Mojokerto termasuk salah satu wilayah metropolitan Surabaya. Lokasinya terletak sekitar kurang lebih 50 km sebelah barat daya dari Ibukota Jawa Timur, Surabaya. Saat ini kota Mojokerto sedang gencar-gencarnya mengembangkan obyek wisata baik yang bernuansa alam maupun wisata museum peninggalan kerajaan. Yuk kita bahas tempat wisata di Mojokerto yang paling populer dan paling banyak dicari melalui rangkuman wisataexpo.com berikut ini.

10 Tempat Wisata Mojokerto Yang Paling Populer

Puncak Gunung Penanggungan

Wisata Mojokerto yang pertama adalah Gunung Penanggungan. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi berbentuk kerucut dengan ketinggian 1653 mdpl, terletak diantara kabupaten Mojokerto serta kabupaten Pasuruan. Konon gunung ini disebut sebagai miniatur dari gunung Semeru. Hal ini karena puncak gunung Penanggungan berpasir serta berbatu-batuan, sangat mirip dengan puncak gunung Semeru. Selain itu kemiringan gunung Penanggungan juga mirip dengan yang dimiliki gunung Semeru, yakni sekitar 60 derajat.

Gunung Penanggungan Mojokerto
Gunung Penanggungan Mojokerto

Gunung Penanggungan dikelilingi beberapa bukit, diantaranya adalah bukit Bekel, Gajah Mungkur, Sarah Klopo dan bukit Kemuncup. Jika dilihat sekilas seperti tidak ada yang istimewa dari gunung ini, hampir sama dengan beberapa gunung lain di Indonesia. Tapi bila diamati secara seksama terdapat keunikan tersendiri dari gunung Penanggungan ini, yaitu bentuknya yang kerucut sempurna seperti nasi tumpeng.

Air Terjun Coban Canggu

Air terjun Coban Canggu merupakan salah satu air terjun yang tetap mengalir meskipun dalam musim kemarau. Berbeda memang dengan air terjun lainnya dikawasan Pacet Mojokerto yang kadang hanya mengalir dimusim penghujan saja. Layaknya air terjun pada umumnya, air terjun Coban Canggu juga memiliki penorama yang eksotis. Lokasinya juga tidak jauh dari obyek wisata alam lainnya, sehingga apabila berlibur kesini bisa sekalian untuk singgah ditempat wisata didekatnya.

Wisata Mojokerto Air Terjun Coban Canggu
Wisata Mojokerto Air Terjun Coban Canggu

Perjalanan menuju air terjun Coban Canggu terbilang cukup mudah karena sudah didukung jalanan yang halus. Sesampainya di area parkir, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar setengah kilometer melewati beberapa anak tangga serta jalan setapak yang berkelok. Meski cukup jauh untuk jalan kakinya, namun terdapat banyak gazebo maupun warung-warung disepanjang jalan tersebut, sehingga bisa digunakan sebagai sarana beristirahat sekaligus mengisi energi.

Ketika sampai ke tempat tujuan air terjun Coban Canggu, semua rasa lelah dan letih akan terbayar lunas. Angin yang berhembus dengan membawa butiran air halus memberikan hawa sejuk cenderung dingin. Suasana maupun panorama yang instagramable membuat banyak pengunjung untuk selalu berfoto di tempat wisata air terjun Coban Canggu. Itulah alasannya mengapa tempat wisata Mojokerto yang satu ini merupakan idola para penikmat wisata alam.

Wisata Coban Kembar Watu Ondo

Wisata Mojokerto selanjutnya adalah coban kembar watu ondo. Air terjun coban kembar watu ondo berada di kaki gunung Welirang. Sejarah penamaan watu ondo berasal dari rute perjalanan menuju lokasi yang berupa batu-batu yang tersusun rapi seperti ondo (anak tangga). Karena terdapat dua air terjun yang berdekatan, maka ditambahkanlah dengan kata kembar. Meskipun lokasi air terjunnya berdekatan, namun sumber mata airnya berbeda. Aliran kedua air terjun tersebut menyatu dalam telaga kecil.

Wisata Coban Kembar Watu Ondo
Wisata Coban Kembar Watu Ondo

Untuk dapat mencapai lokasi wisata air terjun coban kembar watu ondo bisa ditempuh melalui dua jalur. Yang pertama dari arah kota Malang. Perlu ekstra hati-hati apabila melewati jalur ini, karena kondisi jalan yang sempit serta penuh dengan bebatuan. Rute berikutnya adalah dari arah Mojokerto, kemudian ambil jalur menuju arah Batu. Harga tiket masuk cukup murah meriah, per orang hanya dikenakan biaya Rp 2500.

Wisata Trawas Duyung Hill

Trawas Duyung Hill berada di dusun Bantal desa Duyung kecamatan Trawas Mojokerto. Tempat wisata ini didirikan pada tahun 2013. Trawas Duyung Hill merupakan salah satu wisata Mojokerto yang menyediakan arena outbond serta taman bermain bagi anak-anak. Tidak ketinggalan pula terdapat kolam renang serta mini zoo dengan berbagai hewan didalamnya.

Trawas Duyung Hill Outbond
Trawas Duyung Hill Outbond

Uniknya untuk masuk ke lokasi wisata ini adalah gratis alias tidak dipungut biaya sedikitpun. Namun tiket akan diberlakukan apabila ingin menikmati fasilitas yang ada didalamnya. Untuk kolam renang akan dikenakan biaya Rp. 30.000/orang saat weekend, serta Rp. 25.000/orang saat weekday. Anda juga bisa berkaraoke disini dengan tarif Rp. 10.000/orang untuk 2 lagu.

Wisata Trawas Duyung Hill sangat cocok untuk wisata keluarga. Selain udaranya yang segar serta tempat yang luas dan nyaman, terdapat beberapa taman bermain anak lengkap. Bagi pecinta hewan, terdapat beberapa hewan yang cukup kondusif bagi anak-anak. Antara lain marmut, burung merak, kelinci, ikan, ayam serta beberapa spesies lainnya.

Wisata Mojokerto Gapura Wringin Lawang

Gapura Wringin Lawang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada abad ke-14 yang berada di Jatipasar kecamatan Trowulan, Mojokerto. Gapura ini terbuat dari bahan bata merah yang disusun dengan tingkat presisi yang cukup baik dengan tinggi 15,5 meter. Dalam bahasa jawa, Wringin Lawang diartikan sebagai ‘Pintu Beringin’. Para ahli sejarah meyakini bahwa Gapura Wringin Lawang merupakan pintu gerbang menuju kediaman Mahapatih Gajah Mada. Namun bisa dipastikan bahwa gapura ini bukan pintu utama untuk memasuki kerajaan Majapahit, karena dari berbagai bukti sejarah pintu gerbang istana Majapahit adalah besi dan cukup dilalui oleh kereta.

Gapura Wringin Lawang Peninggalan Kerajaan Majapahit
Gapura Wringin Lawang Peninggalan Kerajaan Majapahit

Ketika memasuki kawasan Candi Wringin Lawang, Anda akan disambut dengan suasana yang bersih dan asri. Terdapat beberapa tanaman hias didalamnya. Ada pula kolam kecil dengan tanaman teratai cantik dengan warna mirabella. Meskipun tidak terdapat hiasan atau relief seperti candi pada umumnya, namun arsitektur yang tampak geometris sudah cukup memeri rasa kagum dengan kebesaran kerajaan Majapahit pada masa itu. Gapura ini merupakan salah satu destinasi wisata Mojokerto. Selain bagus sebagai tempat untuk berfoto, lokasi ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur yang berada di Mojokerto ini merupakan patung Budha terbesar di Indonesia. Patung ini juga yang terbesar ketiga setelah patung sejenis lainnya pada Thailand dan Myanmar. Patung Budha Tidur berwarna keemasan dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Dibagian bawah terdapat relief  yang menceritakan kehidupan Budha Gautama.

Patung Budha Tidur Mojokerto
Patung Budha Tidur Mojokerto

Patung Budha Tidur berada di dalam komplek Maha Vihara Mojopahit desa Bejijong kecamatan Trowulan, Mojokerto. Cukup mudah untuk dapat menjangkau lokasi ini karena berada di jalan raya lintas Surabaya-Mojokerto-Jombang. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yakni Rp. 2000/orang. Karena pada dasarnya kawasan ini adalah tempat peribadatan, maka kita harus selalu menjaga ketenangan serta kebersihan selama berkunjung ke Patung Budha Tidur.

Claket Adventure Park Wisata Mojokerto

Wisata Trawas Pacet Mojokerto berada dibawah kaki gunung Welirang dan gunung Penanggungan. Rata-rata tempat wisata di trawas pacet berada pada ketinggian 600 mdpl, sehingga hawa sejuk sangat identik dengan kawasan ini. Umumnya wisata yang ada di wilayah Pacet didominasi oleh wisata alam dengan pemandangan yang memukau. Kini ada destinasi wisata baru di Pacet yang patut untuk dikunjungi, yaitu Claket Adventure Park.

Claket Adventure Park - Wisata Mojokerto Konsep Outdoor
Claket Adventure Park – Wisata Mojokerto Konsep Outdoor

Claket Adventure Park merupakan salah satu wisata Mojokerto dengan konsep outdoor. Banyak spot yang keren dan instagramable sehingga sangat cocok bagi para kawula muda yang hobi berphoto. Saat ini ada 3 spot yang paling direkomendasikan, yaitu lembah cinta Mojokerto, Hammock serta Undak Wolu. Semua lokasi wisata sudah memenuhi standart prosedur keamanan, sehingga kita bisa menikmati liburan dengan lebih tenang dan aman.

Air Terjun Selendang Tujuh Bidadari Mojokerto

Wisata Air Terjun Selendang Tujuh Bidadari berada di desa Rejosasi, kecamatan Jatirejo, Mojokerto. Banyak papan penunjuk arah setibanya di Jatirejo, sehingga memudahkan dalam mencari lokasi air terjun selendang tujuh bidadari. Lokasi ini masuk di kawasan Tahura, jadi suasananya masih sangat asri. Dari tempat parkir, kita masih harus menempuh perjalanan sekitar 2km dengan berjalan kaki. Cukup jauh memang, tapi itu semua akan sebanding dengan kecantikan serta keunikan air terjun selendang tujuh bidadari. Tempat ini merupakan salah satu wisata Mojokerto yang paling diminati pengunjung.

Air Terjun Selendang Tujuh Bidadari
Air Terjun Selendang Tujuh Bidadari

Wisata Candi Mojokerto

Mojokerto merupakan pusat pemerintahan kerajaan Majapahit pada jaman dahulu. Oleh sebab itu, sudah menjadi hal yang lumrah apabila terdapat banyak peninggalan bersejarah di kota ini. Yang paling banyak dijumpai adalah peninggalan berupa candi. Berikut ini beberapa candi peninggalan kerajaan Majapahit yang sampai saat ini dijadikan tempat wisata di Mojokerto.

Candi Brahu

Candi Brahu berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Banyak pendapat mengatakan bahwa candi Brahu merupakan candi tertua dibandingkan dengan candi lainnya yang berada di kawasan Trowulan. Nama Brahu berasal dari kata ‘Wanaru’ atau ‘Waharu’, yaitu nama bangunan suci yang disebut didalam prasasti tembaga Alasantan. Konon, candi Brahu digunakan sebagai tempat untuk membakar jenazah raja-raja Brawijaya.

Candi Brahu Trowulan
Candi Brahu Trowulan

Struktur bangunan candi Brahu terdiri dari kaki candi, tubuh candi dan atap candi. Candi Brahu memiliki tinggi 27 meter. Di dalamnya terdapat bilik dengan ukuran 4×4 meter. Candi Brahu merupakan gambaran sinkretisme keagamaan antara agama Hindu dan agama Budha.

Candi Jedong

Candi Jedong (situs peninggalan kerajaan Majapahit) berada di Desa Wotanmas, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. Candi Jedong atau yang akrab juga dengan sebutan Gapura Jedong Lanang merupakan salah satu bukti kejayaan kerajaan Majapahit pada masanya. Konon, candi Jedong merupakan tempat peristirahatan para Raja Majapahit dan Singosari bersama permaisurinya.

Candi Jedong
Candi Jedong

Candi Jedong memiliki dua bangunan utama, yaitu Gapura Jedong 1 (Candi Lanang) dan Gapura Jedong 2 (Candi Wadon) yang dihubungkan oleh tembok sepanjang 50 meter. Fungsi kedua gapura tersebut merupakan pintu masuk ke Desa Perdikan (Sima). Desa Perdikan merupakan daerah khusus yang dibebaskan dari kewajiban membayar pajak kerajaan.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo merupakan tanda cinta kasih Raja Udayana untuk menyambut kelahiran Prabu Airlangga. Candi ini terletak di lereng pegunungan Penanggungan, Desa Seloliman, Kecataman Trawas, Mojokerto. Yang lebih unik adalah adanya mata air di dalam komplek Petirtaan Candi Jolotundo yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Petirtaan Jolotundo dikenal dengan kejernihan air serta kandungan mineralnya yang tinggi. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa kualitas air dalam Petirtaan Jolotundo merupakan air terbaik di dunia setelah air zam-zam.

Petirtaan Candi Jolotundo
Petirtaan Candi Jolotundo

Itulah beberapa tempat wisata di Mojokerto yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain terdapat wisata alam, ada juga wisata bersejarah peninggalan kerajaan Majapahit. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisata expo. Siapa tahu bisa menjadi salah satu alternatif maupun rekomendasi untuk liburan baik bersama pasangan, keluarga atau rekan kerja.

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Nusa Lembongan

wisataExpo
4 min read

Planetarium Jakarta

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *