Tujuh Wisata Pati Yang Menyatu Dengan Alam

4 min read

Wisata Pati - Waduk Seloromo

Pati adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Pati sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata diantaranya air terjun atau curug, danau atau waduk, situs peninggalan sejarah atau museum, spot-spot tempat hunting foto kekinian yang instagramable, hingga wisata kuliner yang sangat memanjakan lidah Anda. Agar Anda dapat mengetahui potensi sesungguhnya yang ada di kota ini, kami akan ulas secara singkat dan jelas tentang wisata Pati. Berikut 7 wisata Pati yang sayang untuk dilewatkan.

7 Daftar Tempat Wisata Pati Terfavorit

1. Pantai Banyutowo

Salah satu wisata Pati ini sering disebut juga dengan Pantai Shoimah karena dari sinilah artis Soimah berasal. Dan pantai Banyutowo ini berpasir seperti Black Sand Beach di California dan juga pantai ini memiliki sunset seperti Pantai Marina di Semarang. Penduduk setempat memiliki keramahan dengan toleransi tingkat tinggi yang begitu identik dengan bangsa Indonesia. Sunrise yang dimiliki pantai ini juga begitu mempesona karena mentari itu seolah-olah muncul tepat diatas air laut. Sementara itu semburat cahayanya yang mengkuning di langit lautan terpantul ke dalam air laut sehingga seolah-seolah dua lukisan cahaya ada di langit dan di lautan.

Wisata Pati - Pantai Banyutowo
Wisata Pati – Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo ini bukanlah objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Pati sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu siapapun bebas datang kesini untuk menikmati keindahannya tanpa dibatasi waktu maupun ditarik tiket masuk. Sebab pantai Banyutowo dulunya adalah pelabuhan untuk bersandar kapal nelayan setempat yang akan berangkat ke laut. Selain pemandangan laut yang eksotis pantai Banyutowo ini juga kaya akan hasil lautnya. Ada banyak jenis ikan yang selalu di tangkap nelayan setiap harinya mulai dari ikan tuna, cumi, kepiting, lobster dan masih banyak yang lainnya. Harga yang ditawarkan juga relatif murah bahkan juga dibandingkan dengan harga daerah lain, disini jauh lebih murah.

2. Goa Pancur

Goa pancur menyimpan sejuta daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Meski kondisinya sekarang ini tidak terawat lagi tetapi Goa Pancur ini bisa menjadi salah satu destinasi objek wisata di Pati yang paling menyenangkan. Wisata Pati yang satu ini merupakan cagar budaya yang dilindungi oleh Pemerintah Kabupaten Pati. Objek wisata Pati ini kian tertata rapi sekarang nampak ada dua Gazebo atau aula panggung berukuran sedang untuk berlindung di teriknya matahari. Selain itu Goa Pancur juga dilengkapi dengan taman dimana di tengahnya terdapat kolam dan air mancur serta beberapa jenis ikan yang dipelihara di sana. Dan sebelah utara Goa terdapat sebuah danau kecil yang cukup bagus juga bisa untuk dinikmati. Masuk kedalam mulut Goa, kita akan melihat pemandangan yang menakjubkan yaitu juntaian stalagtit dan stalagmit yang dibalut dengan tetesan air dan berkesan sangat alami. Di dalam Goa tersebut terdapat mata air yang mengalir sepanjang musim dan tidak akan pernah kering.

Wisata Pati - Goa Pancur
Wisata Pati – Goa Pancur

Mitos yang beredar di kalangan masyarakat sekitar meyakini bahwa Goa Pancur memiliki jalan setapak di dalam perut bumi yang tembus hingga Pantai Selatan Yogyakarta. Namun yang dimaksud tembus itu bukan secara fisik, melainkan tembus secara dimensi alam gaib. Cerita mistis itu belum dapat dibuktikan secara empiris apakah alam gaib di kawasan Gua Pancur tembus hingga Laut Selatan atau tidak.

Baca Juga : Wisata Karimunjawa Ini Dijamin Buat Anda Gagal Move On!

3. Wisata Pati Goa Wareh

Goa Wareh adalah obyek wisata Pati yang menyimpan sejarah, asal- usul, mitos, misteri dan legenda yang berkembang di masyarakat setempat. Goa Wareh merupakan satu diantara pesona dan keindahan pegunungan Kendeng utara yang membentang di sepanjang Pati wilayah Selatan. Luas area di kawasan goa berkisar 4,5 hektar, dengan lorong goa yang menuju arah kiri sekitar kurang lebih 100 meter. Daya tarik Goa ini semakin mempesona dengan adanya sungai yang berada di bawah tanah sepanjang 50 meter dengan air yang sangat jernih dan bebas dari polusi air.

Wisata Pati - Goa Wareh
Wisata Pati – Goa Wareh

Tempat wisata ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal setempat dan dari berbagai daerah juga. Saat tanggal merah ataupun hari libur, Goa Wareh diserbu oleh banyak pengunjung mulai dari muda-mudi yang ingin pacaran sembari menikmati indahnya goa sampai yang sudah berkeluarga membawa anak dan Istri.

Di Depan mulut Goa wareh ini terdapat sumber mata air alami Gunung Kendeng atau sungai yang mengalir di depan mulut goa dan biasanya bisa digunakan untuk mandi atau sekedar berendam. Penduduk setempat percaya bahwa mandi di Goa wareh bisa membuat awet muda.

4. Wisata Pati Hutan Mangrove

Hutan mangrove di pantai Sambilawang merupakan wisata Pati yang terletak di pinggir pantai. Disana kita bisa melihat sunrise dari balik hutan mangrove. Selain itu kita juga bisa memancing ikan di sana. Tidak hanya sekedar menyuguhkan satu panorama pesisir yang memukau banyak mata, pantai ini juga dijadikan wisata edukasi karena tanaman mangrove ini tumbuh subur. Ribuan tanaman mangrove telah tumbuh dan hidup disana menjadi tembok pantai di pesisir seluas 8 hektar. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati puluhan tambak ikan bandeng yang berjajar di sepanjang jalan menuju pantai yang begitu memukau.

Hutan Mangrove Pantai Sambilawang
Hutan Mangrove Pantai Sambilawang

Kepala Desa Sambilawang menyatakan, penanaman mangrove tersebut sebagai bentuk penghijauan dan upaya pencegahan abrasi. Selain itu juga sebagai objek wisata yang bisa dinikmati pelancong seperti halnya Wisata Mangrove Pasar Banggi Rembang yang mampu menyedot wisatawan.

5. Wisata Pati Pulau Seprapat Juwana

Kata Seprapat dalam bahasa jawa yang berarti seperempat. Menurut cerita Dampo awang meninggalkan seperempat hartanya di pulau ini, maka dari itu pulau ini disebut dengan Pulau Seprapat. Pemandangan wisata Pati ini sangat indah nan alami dengan pohon tua yang cukup rindang, sehingga cocok sekali bagi tempat rekreasi bersama keluarga dan saudara. Dan di tengah pulau Seprapat itu terdapat makam berbentuk Mushola yang dibangun oleh warga setempat.

Wisata Pati - Pulau Seprapat Juwana
Wisata Pati – Pulau Seprapat Juwana

Sebenarnya Pulau tersebut adalah pulau buatan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Tempatnya lumayan asri karena banyak pohon rindang yang hidup di Pulau itu. Pemandangan di Pulau itu sangatlah indah dan alami . Yang masih penasaran langsung aja ke Lokasi menikmati bagaimana indahnya Pulau Seprapat.

6. Wisata Pati Waduk Seloromo

Waduk ini tidak kalah cantiknya dengan waduk Gunung Rowo karena lokasinya yang memang berada dalam satu kawasan. Wisata Pati ini biasanya juga digunakan sebagai tempat pengambilan foto pre wedding. Selain itu, para fotografer biasanya juga mencari foto- foto indah di tempat ini karena tempat ini terkenal begitu mempesona.

Wisata Pati - Waduk Seloromo
Wisata Pati – Waduk Seloromo

Cerita serta sejarah Waduk Seloromo merupakan keinginan dari Pemerintah Kolonial zaman Belanda yang ingin membangun
bendungan air yang berfungsi sebagai pengairan. Kemudian, bangsa Belanda yang pada waktu itu menduduki Nusantara, mulai membuat waduk sekitar tahun 1930. Banyak yang tidak percaya bahwa Belanda yang membangun waduk dari nol.

Fasilitas Yang Tersedia di Waduk Seloromo Gembong Pati

  • Area Parkir Kendaraan
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Tempat Istirahat
  • Mushola

7. Wisata Pati Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy (JWF) adalah wisata Pati yang terletak di Juwana. JWF merupakan tempat wisata keluarga yang bertemakan air. Bentuk bangunan Juwana Water Fantasy terinspirasi dari bentuk Tembok Benteng Eropa. JWF ini mulai dikembangkan pada tahun 2010 dan dibuka umum di tahun 2013. Wahana ini tidak dikhususkan tentang wahana air saja, tetapi banyak juga wahana darat yang telah disediakan di lokasi wisata ini.

Juwana Water Fantasy
Juwana Water Fantasy

Ada 37 wahana yang sudah dibangun dan kemungkinan akan terus bertambah, diantaranya kolam tumpah, kolam air, kolam renang dewasa, kolam arus, Seluncuran air, becak air, Goa Hantu, Rotary Coaster, Playground, Arena bermain anak, dan masih banyak wahana lainnya. Buruan dicoba biar bisa merasakan keseruannya bermain di wahana Juwana Water Fantasy ini.

Tepi Jalur pantura Pati – Rembang, kecamatan Juwana, Kabupaten pati
08.00 – 18.00
senin-jumat: tiket biasa Rp.25.000 dan tiket terusan Rp.45.000
sabtu,minggu dan liburan: tiket biasa Rp.30.000 dan tiket terusan Rp.50.000

Baca Juga : Daftar Lengkap Taman Di Bogor Yang Patut Dikunjungi

Itulah beberapa informasi tempat wisata Pati yang sayang untuk Anda lewatkan. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda saat mengunjungi kota Pati. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Mengiat Nusa Dua

wisataExpo
3 min read

Paralayang Puncak

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Surabaya

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *