Tempat Wisata Pekanbaru Paling Populer

4 min read

Selancar Sungai Kampar Wisata Pekanbaru

Wisata Pekanbaru – Pekanbaru adalah ibu kota dari provinsi Riau. Selain sebagai kota terbesar di provinsi Riau, Pekanbaru merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera. Sebagai ibu kota, Pekanbaru memiliki bandar udara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Terdapat pula terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta memiliki dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Meskipun terkenal sebagai kota perdagangan dan jasa, namun tidak bisa dipungkiri sektor pariwisata Pekanbaru tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak destinasi wisata Pekanbaru yang wajib dikunjungi. Terdapat berbagai variasi tempat wisata antara lain wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah. Beberapa tempat wisata di Pekanbaru juga cocok dijadikan untuk wisata keluarga dengan tarif yang terjangkau.

Tempat Wisata Pekanbaru Paling Populer

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura atau yang dikenal juga dengan nama Istana Matahari Timur adalah kediaman Sultan Siak. Istana Siak merupakan bukti sejarah kerajaan Melayu Islam yang terbesar di daerah Riau. Masa kejayaan kerajaan Siak dimulai dari abad ke-16 hingga abad ke-20. Kerajaan Siak sendiri dibangun pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.

Istana Siak Sri Indrapura Pekanbaru
Istana Siak Sri Indrapura Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru yang cukup ikonik salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura. Bagi para pecinta sejarah tentu berlibur ke kawasan yang memiliki nilai sejarah sangatlah seru. Selain sebagai sarana untuk refreshing, juga dapat menambah pengetahuan tentang arti maupun pesan sejarah yang kita kunjungi. Di area halaman istana, terdapat sebuah perahu kuno yang konon kapal tersebut terbuat dari besi dan berbahan bakar batu bara. Kapal tersebut diberi nama “Kapal Kato”.

Wisata Pekanbaru Air Terjun Guruh Gemurai

Wisata air terjun Guruh Gemurai merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang banyak diminati wisatawan. Asal muasal nama Guruh Gemurai berasal dari bahasa setempat. Guruh adalah suara air terjun yang terdengar bergemuruh, sedangkan gemurai berarti suara gemericik air.  Air terjun ini berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi. Sekitar 25 Km sebelah barat daya dari Taluk Kuantan. Air terjun Guruh Gemurai memiliki ketinggian hingga 20 meter.

Wisata Pekanbaru Air Terjun Guruh Gemurai
Wisata Pekanbaru Air Terjun Guruh Gemurai

Kawasan ini pun sudah semakin memanjakan pengunjung dengan adanya sarana penunjang berupa tangga beton diantara tebing yang bisa digunakan menuju kolam tempat jatuhnya air terjun. Anda akan dimanjakan oleh suasana yang alami dan asri yang jarang dijumpai dikawasan perkotaan modern Sumatera. Berdasarkan peraturan Dinas Pendapatan Daerah kabupaten Kuantan Singingi biaya untuk masuk ke lokasi ini dibedakan berdasarkan jenis kendaraan serta berdasarkan usia pengunjung. Untuk kendaraan motor (roda dua) dikenakan biaya Rp. 1000, sedangkan untuk kendaraan mobil (roda empat atau lebih) dikenakan biaya Rp. 1500. Untuk pengunjung anak-anak dikenai biaya Rp. 1000, dan untuk dewasa dikenai biaya Rp. 3000.

Danau Kayangan Lembah Sari Pekanbaru

Wisata Pekanbaru berikutnya berupa danau buatan dengan tujuan awal sebagai bendungan irigasi. Tempat ini bernama Danau Kayangan Lembah Sari, berlokasi di kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai. Jarak yang perlu ditempuh dari pusat kota Pekanbaru menuju obyek wisata danau Kayangan Lembah Sari sekitar 10 Km. Pemandangan alam yang disuguhkan sangat mempesona. Dengan disertai suasana sejuk dan santai, maka danau Kayangan bisa dijadikan pilihan yang cocok sebagai tujuan rekreasi keluarga.

Wisata Pekanbaru Danau Kayangan Lembah Sari
Wisata Pekanbaru Danau Kayangan Lembah Sari

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di area danau ini, antara lain memancing ikan, berlayar mengelilingi danau serta masih banyak lainnya. Terdapat juga beberapa festival lokal yang diadakan di danau Kayangan, semacam lomba balapan perahu dayung, lomba perahu tongkang, lomba pacuan itik, pameran kaligrafi Islam, bazaar UKM, dsb. Sebagian besar dari kegiatan festival tersebut masih bersifat tradisional, namun justru itulah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Taman Wisata Alam Mayang

Kota Pekanbaru memang dikenal sebagai kota yang panas. Namun bukan berarti tidak ada tempat dengan udara yang segar serta pemandangan yang asri. Untuk dapat menikmati wisata Pekanbaru tersebut, cobalah untuk mengunjungi tempat yang bernama taman wisata Alam Mayang Pekanbaru. Tempat ini berupa taman hiburan dengan luas sekitar 24 Hektar dan berkonsep rekreasi di alam terbuka. Taman wisata Alam Mayang beralamatkan  di Jl. H. Imam Munandar, Kecamatan Bukit Raya.

Taman Wisata Alam Mayang
Taman Wisata Alam Mayang

Selain menyajikan suasana alam yang begitu asri, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai fasilitas wisata air. Antara lain sepeda air, karpet ajaib, banana boat, bebek air, camper boat, kereta naga, mandi bola serta balon loncak. Bagi Anda yang phobia terhadap air jangan risau, karena tersedia juga beberapa permainan outdoor dengan konsep outbond seperti Safary Train, Flying Fox dan ATV.

Benteng Tujuh Lapis Wisata Pekanbaru

Benteng tujuh lapis merupakan sebuah peninggalan sejarah pada zaman penjajahan Belanda sebagai benteng pertahanan pejuang masyarakat Dalu-Dalu. Benteng ini dibangun dengan menggunakan material tanah liat dengan luas sekitar 3 hektar. Benteng tujuh lapis berada di kecamatan Tambusai Utara, kabupaten Rokan Hulu dan berjarak sekitar 23 km dari makam raja-raja Rambah. Benteng ini memiliki 7 lapis gundukan tanah dengan tinggi hingga 11 meter. Selain itu memiliki parit sedalam 10 meter sehingga sangat sesuai untuk dijadikan sebagai benteng pertahanan.

Benteng Tujuh Lapis
Benteng Tujuh Lapis

Namun objek wisata ini tidak terawat dengan baik. Banyak benteng sudah tidak seperti aslinya, selain itu juga banyak yang sudah rata dengan tanah. Hal ini dikarenakan penduduk setempat memilih tinggal di kawasan benteng tujuh lapos daripada rumah jatah dari pemerintah yang terlalu sempit dan kecil. Sampai saat ini belum ada kerja nyata dari pemerintah setempat dalam melestarikan benteng tujuh lapis.

Riau Fantasi Pekanbaru

Salah satu lokasi wisata yang dijadikan sebagai pusat hiburan di Pekanbaru adalah Riau Fantasi (Labersa Theme Park dan Labersa Water Park). Labersa water park merupakan tempat wisata air terlengkap dan terbesar di pulau Sumatera. Luas wilayah ini mencapai 6,5 hektar dan dilengkapi dengan keamanan yang ketat. Labersa water park diresmikan pada tahun 2009 dan sejak saat itu tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Riau Fantasi Pekanbaru
Riau Fantasi Pekanbaru

Labersa water park Pekanbaru memiliki lima jenis kolam bermain dilengkapi dengan fasilitas wanaha yang berbeda-beda, serta disesuaikan dengan umur pengunjung. Kolam tersebut adalah Adult Pool, Adventure Pool, Lazy River Pool, Baby Pool, serta Crocodile River Pool. Fasilitas pendukung lainnya yang ada di sini adalah mushola, food court, toilet serta gazebo dengan free wifi.

Sungai Kampar

Kampar merupakan sebuah sungai yang panjang dari pegunungan bukit barisan. Sungai Kampar memiliki dua cabang besar yang dikenal sebagai Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Pada setiap pasang, gelombang tinggi dari laut mengalir masuk dan bertemu arus hilir dari Kampar. Dari pertemuan kedua arus tersebut serta disokong bentuk corong sungai, terbentuklah fenomena ombak sungai Kampar.

Selancar Sungai Kampar
Selancar Sungai Kampar

Kecepatan ombak yang dihasilkan bisa mencapai 40 km/jam serta dengan ketinggian ombak berkisar diantara 4 sampai 6 meter. Fenomena inilah yang menjadikan sungai Kampar sebagai surga bagi para peselancar. Mereka menginginkan tantangan baru selain berselancar di lautan. Namun tetap perlu diperhatikan dari segi keamanan, karena selancar merupakan olahraga yang memerlukan latihan serta pengalaman yang cukup.

Itulah 7 tempat wisata Pekanbaru paling populer yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi berikutnya. Temukan tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataexpo[dot]com.

 

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Pulau Weh

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *