Rekomendasi 9 Tempat Wisata Surabaya Yang Wajib diKunjungi

6 min read

Wahana Ciputra Waterpark Wisata Surabaya

Wisata Surabaya – Surabaya merupakan salah satu kota yang sangat penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Di kota Surabaya ini banyak pertempuran-pertempuran melawan penjajah yang dilakukan sehingga mendapat julukan Kota Pahlawan. Di era setelah kemerdekaan hingga sekarang, kota Surabaya menjelma menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota ini menjadi salah satu pusat bisnis di Indonesia, khususnya provinsi Jawa Timur.

Untuk yang suka jalan-jalan, Surabaya juga menjadi salah satu tujuan menarik dan unik. Tempat wisata di Surabaya identik dengan hal yang berhubungan dengan sejarah. Mulai dari monumen bersejarah hingga museum yang menyimpan benda-benda koleksi yang unik dan menarik. Mari kita bahas lebih dalam beberapa tempat wisata Surabaya.

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Surabaya

Tempat Wisata Monumen Kapal Selam

Tempat Wisata Monumen Kapal Selam atau lebih sering disingkat Monkasel sebenarnya merupakan sebuah kapal selam yang sudah tak berfungsi. Pada zaman dahulu, tempat wisata Monumen Kapal Selam ini merupakan salah satu armada tempur Angkatan Laut Republik Indonesia. Tempat Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya ini sudah pernah digunakan dalam sejumlah pertempuran termasuk dalam Pertempuran Laut Aru. Tempat Wisata Kapal selam yang mempunyai nama KRI Pasopati 410 di angkat ke darat dan diletakkan di kota Surabaya sebagai salah satu bukti sejarah Republik Indonesia. Sehingga menjadi salah satu peninggalan zaman perang yang bersejarah.

Wisata Surabaya - Monumen Kapal Selam
Wisata Surabaya – Monumen Kapal Selam

KRI Pasopati merupakan kapal jenis SS tipe Whiskey Class memiliki panjang 76,6 meter dan lebar 6,30 meter. Kapal selam yang mulai beroperasi sejak tanggal 29 Januari 1962 ini mengemban beberapa tugas. Antara lain menghancurkan garis batas musuh, melakukan pengintaian, dan melakukan penggerebekan secara diam-diam. Selama beroperasi, KRI Pasopati telah dipimpin oleh 14 komandan yang berbeda. Beberapa yang pernah memimpin kapal selam ini adalah Mayor Laut (P) Sigitjoto Soedirdjo sebagai komandan pertama dan Mayor Laut (P) Imam Zaki sebagai komandan terakhir.

Tempat Wisata House Of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan salah satu wisata Surabaya yang memiliki nilai sejarah. Nama lain dari tempat wisata House Of Sampoerna adalah Museum Sampoerna. Tempat Wisata House Of Sampoerna merupakan sebuah museum yang menjadi saksi perjalanan salah satu merk rokok ternama di Indonesia. Di Tempat ini Anda bisa menemukan benda-benda vintage yang berhubungan dengan sejarah rokok Sampoerna yang didirikan oleh Liem Seeng Tee. Di bangunan inilah pertama kali rokok Samperna diproduksi. Bangunan ini sebelumnya merupakan sebuah panti asuhan pria yang dikelola oleh kolonial Belanda sebelum digunakan sebagai pabrik rokok. Dan ini merupakan pabrik rokok pertama yang diproduksi PT. HM Sampoerna pada tahun 1932. Hingga akhirnya sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat produksi rokok tersebut.

Museum House of Sampoerna Surabaya
Museum House of Sampoerna Surabaya

Sejarah Liem Seeng Tee

Pada akhir tahun 1898, Liem Tioe meninggalkan Anxi, sebuah desa Fujian di China. Dia membawa dua anaknya yang masih kecil menggunakan kapal yang kemudian berlayar menuju selatan Samudra Hindia hingga akhirnya tiba di Surabaya. Sebelum meninggal karena terjangkit malaria, Liem Tioe menyerahkan anak lelakinya, Seeng Tee untuk diadopsi sebuah keluarga Tionghoa di Bojonegoro. Seeng Tee mendapatkan banyak pelajaran mengenai sistem perdagangan Cina dari ayah angkatnya.

Pada 1912 Seen Tee menikahi seorang gadis dan mulai bekerja di sebuah pabrik rokok di Lamongan. Pemilik perusahaan tersebut mengamati bahwa Seeng Tee memiliki bakat alami untuk meramu tembakau Indonesia. Pada tahun 1916, Seeng Tee mendapatkan kesempatan luar biasa untuk membeli sejumlah besar tembakau berbagai jenis dari seorang pedagang yang mengalami kebangkrutan. Pada tahun 1913, usaha mereka berdua telah menggunakan nama Handel Maatschappij Liem Seeng Tee secara informal, yang tak lama kemudian berganti menjadi Handel Maatschappij Sampoerna. Setelah Perang Dunia II, nama perusahaan diganti lagi menjadi nama Indonesia menjadi PT Hanjaya Mandala Sampoerna, dengan tetap mempertahankan unsur HM.

Pantai Kenjeran dan Patung Buddha Empat Wajah

Di Tempat Wisata Pantai Kenjeran ini Anda bisa menikmati suasana pantai sambil melakukan berbagai macam aktivitas seperti memancing, menikmati pemandangan laut, atau menikmati sajian kuliner ikan bakar. Wisata Pantai Kenjeran letaknya sekitar 9 km dari pusat kota Surabaya. Di sekitar pantai Kenjeran ini ada salah satu tempat wisata menarik yakni Patung Buddha 4 Wajah. Selain  itu patung tersebut juga memiliki 8 tangan. Patung Buddha Empat Wajah memiliki warna emas dengan tinggi mencapai 36 meter.

Patung Buddha 4 Wajah Tempat Wisata di Surabaya
Patung Buddha 4 Wajah Tempat Wisata di Surabaya

Empat wajah patung Budha merupakan sebuah lambang dari sifat murah hati, pengasih, adil dan meditasi. Sedangkan 8 tangan yang ada melambangkan kekuatan yang dimiliki dengan memegang benda yang berbeda – beda. Benda yang dipegang antara lain tasbih, tongkat kebesaran, cakram, kitab suci, kerang, teratai serta ada yang membawa semacam cangkir berisi air suci. Patung Buddah Empat Wajah merupakan wisata Surabaya favorit umat Buddha karena patung tersebut mirip dengan patung Thao Maha Brahma yang berada di Altar Erawan Bangkok.

Wisata Kebun Binatang Surabaya

Tempat Wisata Kebun Binatang Surabaya lebih populer dengan singkatan KBS. Kebun binatang ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap, bahkan pernah menjadi kebun binatang dengan koleksi terlengkap di Asia Tenggara. Ada lebih dari 350 spesies binatang yang terdapat di kebun binatang yang didirikan pada tanggal 31 Agustus 1916 ini. Untuk luas area kebun binatang ini mencapai 37 hektar. Sama seperti kebun binatang lainnya, lokasi kebun binatang ini berlokasi di kawasan hutan kota. Jadi, suasana disana sudah pasti adem. Sehingga bisa membuat pikiran menjadi lebih relax dan segar.

Wisata Kebun Binatang Surabaya
Wisata Kebun Binatang Surabaya

Pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan kepada binatang tertentu serta pada waktu/jam tertentu. Hal tersebut tentu sangatlah seru serta dapat menambah wawasan bagi anak – anak. Sebagai tempat wisata yang sudah cukup senior, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, antara lain

  1. Jembatan Pantau
  2. Jogging Track
  3. Foto Box
  4. Perpustakaan

Baca Juga : Pilihan Tempat Wisata Jogja Terbaik untuk Wisata Malam

Tempat Wisata Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Tempat Wisata Masjid Agung Al-Akbar Surabaya merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Istiqlal. Masjid Nasional Al Akbar atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya (MAS) berada di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Masjid Agung Al-Akbar Surabaya ini mempunyai bentuk yang sangat megah dengan kubah berwarna biru yang tampak cantik dari kejauhan. Masjid ini dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995. Untuk Bangunan masjid sendiri terkesan megah dan luas yaitu mempunyai panjang 147 meter dan lebar 128 meter, sehingga bisa menampung banyak jamaah.

Masjid Agung Al Akbar
Masjid Agung Al Akbar

Arsitektur masjid Agung Surabaya dikerjakan oleh tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama konsultan ahli yang telah berpengalaman membangun masjid-masjid besar di Indonesia. Mengingat posisi lahan yang labil, maka pembuatan pondasi dilakukan dengan sistem pondasi dalam atau pakubumi. Lebih dari 2000 tiang pancang digunakan sebagai pondasi masjid ini.

Tempat Wisata Ciputra Waterpark Surabaya

Apabila Lamongan punya WBL, maka Surabaya punya Ciputra Waterpark. Wisata Surabaya ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 28 September 2014 oleh PT Ciputra Surya Tbk. Berada pada kawasan komplek perumahan Citraland yang disebut “The Singapore of Surabaya”. Tempat Wisata Ciputra Waterpark Surabaya ini menyuguhkan tiket gratis untuk pengunjung yang berusia 60 tahun keatas. Karena konsep tempat ini murni taman bermain bernuansa air. Tak ada kolam renang yang dalamnya lebih dari 1 meter. Di tempat ini Anda bisa bermain air sepuasnya.

Wahana Ciputra Waterpark Jawa Timur
Wahana Ciputra Waterpark Jawa Timur

Beberapa wahana di Ciputra Waterpark Surabaya yang Populer

  • Sinbad’s Playground
  • Roc Tower dengan ketinggian hingga 15 meter
  • Syracuse Beach
  • Marina Lagoon
  • Tartarus Pool
Rute ke Ciputra Waterpark Surabaya
Melalui jalan tol Surabaya-Gresik sekitar 20km. Akan ada papan penunjuk keluar tol menuju kawasan Ciputra Waterpark. Alamatnya adalah waterpark Boulevard Kav 1

Tempat Wisata Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu merupakan jembatan super panjang yang menghubungkan antara pulau Jawa (Surabaya) dan pulau Madura. Tempat Wisata Jembatan Suramadu yang dibangun diatas laut ini diharapkan bisa membuat lalu lintas transportasi ke pulau Madura dan pulau Jawa menjadi lebih mudah. Pada saat ini jembatan Suramadu masih memegang status sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Suramadu secara resmi di buka pada tahun 2009 yang terdiri atas tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Pada saat malam, pemandangan jembatan ini terlihat sangat menawan dan menggoda para fotografer untuk mengabadikan gambarnya.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Tempat Wisata Taman Bungkul

Tempat Wisata Taman Bungkul merupakan sebuah taman yang sangat populer di Surabaya dengan laus 900 meter persegi. Taman ini menjadi tongkrongan favorite warga Surabaya sebab mempunyai fasilitas yang sangat lengkap seperti track jogging, track BMX, track skateboard, taman bermain serta panggung untuk event tertentu. Tempat Wisata Taman Bungkul pernah mendapatkan penghargaan The Asian Townscape Award dari PBB pada tahun 2013 sebagai taman terbaik di benua Asia. Konon, nama Taman Bungkul diambil dari nama seorang penyebar ajaran Islam yang cukup berpengaruh di Surabaya yaitu Ki Ageng Supo.

Taman-Bungkul-Surabaya
Taman-Bungkul-Surabaya

Ki Ageng Supo merupakan nama salah seorang tokoh yang cukup berpengaruh dalam penyebaran agama Islam khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Ki Ageng Supo diyakini merupakan keturunan dari Ki Gede atau Ki Ageng dari Kerajaan Majapahit. Beliau diperkirakan hidup pada masa Sunan Ampel, yakni sekitar tahun 1400-1481. Ki Ageng Supo banyak memberikan dampak positif terhadap agama Islam di daerah Surabaya. Oleh karena itu Beliau kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul yang makamnya terdapat tepat di belakang Taman Bungkul.

Tempat Wisata Masjid Cheng Ho

Tempat Wisata Masjid Cheng Ho merupakan kombinasi antara budaya China dan Islam. Pembuatan masjid ini sendiri melibatkan diskusi berbagai macam kelompok di Surabaya termasuk pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Masjid dengan artitektur China ini menjadi salah satu Tempat Wisata religi yang sangat menarik dan unik. Warna kuning, merah dan hijau yang merupakan ciri khas bangunan klenteng begitu kentara di masjid ini.

Masjid Cheng Ho Surabaya
Masjid Cheng Ho Surabaya

Pada sejarahnya, seorang saudagar Islam asal China yang bernama Laksamana Cheng Ho sedang menjelajah Asia Tenggara pada sekitar abad ke-15. Salah satu negara yang ia singgahi adalah Indonesia. Untuk bangunan yang berhubungan dengan Laksamana Cheng Ho tidak hanya ditemukan di Surabaya. Di Palembang juga ada Masjid Cheng Ho Palembang yang merupakan petilasan Laksamana Cheng Ho. Sedangkan di Di kota Semarang, juga ada Klenteng Sam Poo Kong.

Baca Juga : Tempat Wisata Ponorogo Terbaru Yang Lagi Hits

Demikianlah informasi beberapa tempat wisata Surabaya yang wajib masuk daftar liburan Anda. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua. Temukan informasi tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Dreamland

wisataExpo
4 min read

Tempat Wisata di Sampang

wisataExpo
5 min read

Tempat Wisata Di Purwokerto

wisataExpo
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *