web log free 9 Tempat Wisata Tulungagung yang Wajib Masuk Daftar Liburan

9 Tempat Wisata Tulungagung yang Wajib Masuk Daftar Liburan

7 min read

Tempat wisata di Tulungagung - Pantai Lumbung

Siapa yang dalam waktu dekat ini merencanakan liburan, baik itu bareng keluarga, kerabat, atau pun teman dekat? Jika Anda kebetulan berdomisili di Jawa Timur, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi daerah yang bisa dikatakan cukup terkenal sekali akan tempat wisatanya yang indah – indah, yakni Tulungagung. Tempat wisata Tulungagung ini memang pada dasarnya kebanyakan berupa pantai. Pantai di Tulungagung adalah pantai terindah di Jawa Timur yang pastinya harus banget masuk dalam daftar liburanmu nanti. Penasaran, apa saja tempat wisata di Tulungagungnya? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Kumpulan Tempat Wisata Tulungagung yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Pantai Kedung Tumpang

Destinasi wisata Tulungagung pertama yang harus masuk dalam daftar liburanmu adalah pantai Kedung Tumpang. Mungkin saja tidak banyak yang tahu jika kota kecil yang ada di Jawa Timur satu ini memiliki tempat wisata yang begitu indah dan mempesona. Pantai kedung tumpang adalah salah satu pantai terindah di Tulungagung yang pastinya harus banget dikunjungi. Uniknya, di pantai Tulungagung ini Anda tidak akan menjumpai pasir pantai seperti saat ada di wisata pantai pada umumnya, sebab di pantai tersebut dipenuhi oleh bebatuan karang. Namun hal ini ternyata yang membuat pantai kedung tumpang jadi istimewa. Apalagi lubang – lubung alami yang tercipta di tengah bebatuan karang hasilkan laguna dengan warna air yang cantik. Jangan lupa bawa kameramu untuk mengabadikan momen indah di tempat wisata di Tulungagung ini, ya!

Wisata Tulungagung - Pantai Kedung Tumpang
Wisata Tulungagung – Pantai Kedung Tumpang

Dengan banyaknya laguna yang bening dan jernih ini, biasanya tempat ini juga dijuluki pantai antimainstream. Namun perlu diperhatikan bahwa ada waktu tertentu yang dianjurkan untuk dapat berenang di laguna tersebut. Waktu yang dianjurkan adalah ketika pagi hari, dimana air laut sedang surut. Karena sangat berbahaya jika air laut sedang pasang, yang ada adalah kita akan terseret ombak hingga ke tengah laut.

Mitos Pantai Kedung Tumpang
Mitos yang beredar di masyarakat sekitar adalah tentang larangan membawa buah jeruk. Pasalnya sesepuh desa pernah berkata bahwa jeruk dapat mengundang ombak besar sehingga bisa membahayakan.

Wisata Pantai Klatak Tulungagung

Wisata lain yang juga patut dimasukkan ke dalam daftar liburanmu adalah pantai Klatak. Memiliki nama unik, pantai yang ada di Tulungagung satu ini menyajikan sebuah pemandangan yang begitu indah dan mempesona. Pantai Klatak memiliki pasir yang berwarna unik, sebab pasir di pantai ini berwarna abu – abu cenderung hitam. Tidak hanya itu, bebatuan yang ada di tepi pantai Klatak juga semakin menambah eksotisme dari pantai tersebut. Jika berminat untuk berkunjung ke pantai ini, Anda bisa menunju ke desa Keboireng, kecamatan Besuki, Tulungagung. Namun, agar momen liburan Anda di pantai Klatak jadi semakin seru, Anda bisa mengunjunginya bersama orang yang Anda sayangi.

Pantai Klatak Tulungagung
Pantai Klatak Tulungagung

Pantai Klatak sangat identik dengan keberadaan batu – batu kali, hal inilah yang menjadi pembeda dengan pantai lain di Tulungagung. Jika terkena ombak bebatuan kali tersebut saling berbenturan dan mengeluarkan bunyi “Klatak”. Konon karena hal itulah yang menjadikan cikal bakal dari penamaan pantai berbatu kali ini. Batu kali ini berasal dari sungai pegunungan selatan yang mengalir dengan alami ke bibir pantai. Perpaduan air tawar dan laut ini membuat tempat ini cocok untuk budidaya lobster.

Pantai Lumbung

Jika Anda kurang berminat untuk berkunjung ke 2 pantai di Tulungagung di atas, maka alternatifnya adalah dengan berkunjung ke pantai lumbung di Tulungagung. Walaupun memiliki nama “lumbung” akan tetapi tempat wisata di Tulungagung satu ini bukan tempat penyimpanan padi. Tetapi justru di tepian pantai lumbung Anda akan menjumpai banyaknya bebatuan karang, sehingga Anda harus lebih berhati – hati lagi saat berjalan di tepian pantai. Karena pantai lumbung di Tulungagung tersebut terbilang masih sangat perawan, sehingga masih belum banyak orang yang berkunjung ke pantai tersebut. Meskipun demikian, pantai ini sangat layak untuk Anda kunjungi, apalagi pantai tersebut menawarkan panorama yang sangat mempesona yang tidak kalah indahnya dengan pantai – pantai di Tulungagung lainnya.

Tempat wisata di Tulungagung - Pantai Lumbung
Tempat wisata di Tulungagung – Pantai Lumbung

Di Pantai Lumbung terdapat spot yang cukup unik, yakni watu lumbung. Batu lumbung cukup menarik dijadikan sebagai spot foto. Dari sisi timur batu tersebut terlihat menjulang ramping, namun dari sisi barat batu tersebut akan terlihat lebar. Selain keindahannya yang tidak diragukan lagi, lokasi pantai ini cukup menguji adrenalin. Karena kita akan diharuskan menuruni tebing yang cukup curam. Memang sudah dibuat tangga turun, namun tetap perlu berhati – hati agar tidak terpeleset.

Baca Juga : Wisata Balikpapan yang Sedang Hits, Jangan Lupa Berkunjung Agar Ikutan Ngehits!

Pantai Sine Tulungagung

Untuk tiba ke pantai terindah di Tulungagung satu ini Anda harus melakukan perjalanan darat kurang lebih sekitar 35 km dari pusat kota. Beda halnya dengan beberapa pantai di Tulungagung di atas, warna pasir di pantai ini adalah putih agak kecoklatan. Di wisata Tulungagung tersebut Anda diharuskan untuk bisa berbagi wilayah dengan para nelayan, sebab nelayan setempat juga mencari ikan dengan berangkat lewat pantai Sine. Meskipun demikian, pemandangan yang ditawarkan pantai Sine sangat worth it banget! Di sini Anda bisa asyik bermain air di tepian pantai sembari melihat nelayan yang siap atau pun baru datang menangkap ikan.

Pantai Sine Wisata Tulungagung
Pantai Sine Wisata Tulungagung

Di pantai Sine masih menjunjung tinggi adat dan budaya jawa, terlebih area pantai selatan. Pada hari tertentu terdapat kegiatan Larung Sesaji ke laut yang merupakan perwujudan rasa syukur  kepada Tuhan karena hasil laut yang melimpah. Kemudian malam harinya dilakukan pertunjukan wayang kulit.

Aktivitas wisata di Pantai Sine Tulungagung

  • Berkeliling menikmati panorama pantai
  • Menikmati Sunrise
  • Benerang / memancing ikan
  • Camping di area perkemahan
  • Bermain Sampan
  • Mengendarai ATP menyusuri pantai Sine

Pantai Molang

Jika Anda memang ingin sebuah liburan di private beach, maka jawabannya adalah pantai molang. Ya, di tempat wisata Tulungagung tersebut Anda akan merasakan seperti memiliki pantai pribadi. Hal ini karena pantai molang masih belum terjamah oleh banyak orang dan letaknya juga cukup terpencil sehingga masih sangat sepi pengunjung. So, Anda bisa bersantai dengan tenang dan damai di sebuah pantai nan indah di Tulungagung. Tetapi demikian, jika Anda berkunjung ke pantai molang, ada baiknya Anda tidak berenang, karena pantai tersebut berhadapa langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga ombak di pantai molang sangat besar, tinggi, dan panjang, jadi akan sangat membahayakan keselamatan jiwa Anda.

Pantai Molang Pantai Asik Untuk Mbolang
Pantai Molang Pantai Asik Untuk Mbolang

Pantai Molang menyuguhkan hamparan pasir putih yang sangat bersih. Lautan biru dengan deburan ombak ciri khas pantai selatan tersaji sejauh mata memandang. Terdapat juga dataran karang yang bergurat indah mengundang siapapun untuk menanjakinya. Pantai Molang mempunyai dua wilayah yang dipisahkan oleh muara sungai. Di seberang sungai, ada dataran karang luas yang sangat menawan. Jangan segan menyeberang sungai melewati jembatan alami untuk berkunjung ke dataran karang. Tak jarang kita melihat penduduk sekitar tampak memancing sembari menunggu senja tiba.

Tips Wisata Pantai Molang Tulungagung

  1. Bawalah topi serta sunblock
  2. Hindari berenang di Pantai Molang, karena ombak pantai selatan yang berbahaya
  3. Bawa perbekalan makanan dan minuman, karena masih belum ada warung
  4. Jangan ragu untuk bertanya ke warga sekitar agar tidak tersesat

Pantai Pathok Gebang

Berikutnya ada pantai Pathok Gebang yang juga menjadi salah satu tempat wisata Tulungagung terbaik yang layak masuk dalam daftar liburan. Tidak jauh berbeda dengan pantai Molang, pantai Pathok Gebang ini juga masih sangat sepi pengunjung. Namun hal tersebutlah yang menarik dari pantai indah di Tulungagung ini. Anda bisa merasakan seperti sedang berada di pantai milik pribadi yang sangat eksotis. Namun untuk bisa menuju ke tempat wisata di Tulungagung tersebut, Anda harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 – 40 menit, sembari menyusuri hutan dan mendaki perbukitan. Karena masih belum banyak pengunjung yang berlibur ke pantai tersebut, sehingga pasir di pantai ini masih sangat bersih, dan bahkan airnya yang berwarna biru tersebut sangat jernih.

Pantai Pathok Gebang
Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang mempunyai ciri khas berupa tebing dan karang yang besar dengan ombak yang sangat tinggi dan ganas. Jadi di sini Anda akan menyaksikan fenomena pemandangan dimana di kiri kanannya terdapat batu karang yang menjulang tinggi. Apabila air laut sedang pasang, maka tinggi air laut yang menghempas gugusan karang bisa mencapai hingga 20 meter.

Wisata Tulungaung Pantai Ngalur

Pilihan lain destinasi wisata terbaik yang patut dikunjungi di Tulungagung adalah pantai Ngalur. Bisa dibilang pantai ini merupakan pantai impian bagi banyak wisatawan. Sebab memiliki hamparan pasir putih yang landai dan air laut dengan warna yang bergradasi tampak begitu mempesona. Uniknya, ada beberapa pepohonan yang tumbang ataupun pohon – pohon yang sudah mati di sekitar pantai menjadikan pantai tersebut tampak semakin indah dan alami. Pantai Ngalur cocok untuk dijadikan sebagai lokasi foto prewedding ataupun hunting.

Wisata Tulungagung - Pantai Ngalur
Wisata Tulungagung – Pantai Ngalur

Ombak di Pantai Ngalur ini cukup ganas, jadi sangat tidak dianjurkan melakukan aktivitas laut seperti berenang. Anda bisa menikmati suara desiran ombak dan hembusan angin dari pinggir pantai agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan membawa kembali sampah yang dibawa atau dibuang pada tempat yang sudah disediakan. Tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan Pantai Ngalur, Anda dapat menikmatinya dengan gratis.

Jalan menuju lokasi pantai pertama berjalan menuju lokasi pantai Sanggar yang memang lokasi sangat berdekatan dengan tempat wisata. Setelah sampai pantai Sanggar, kawan bakal menemukan dua jalur kanan dan kiri. Kalau jalur ke arah kanan menuju ke arah pantai patok Gebang, sedangkan ke arah kiri sampai lokasi tujuan.
Jalur kedua ini lebih beresiko, yakni melewati dusun Pantai Sanggar. Nah, disana kawan-kawan bisa bertanya langsung kepada warga setempat, supaya dipandu sampai ke lokasi wisata pantai.

Pantai Popoh

Pantai Popoh ini juga masuk ke dalam daftar pantai populer di Jawa Timur, sehingga pada saat Anda berkunjung ke Tulungagung Anda harus banget meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai Popoh tersebut. Walaupun pada dasarnya di pantai ini Anda akan menjumpai banyak nelayan, namun hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan Anda dalam menikmati keindahan pantai Popoh. Apalagi di sekitar kawasan wisata Tulungagung tersebut ada sebuah bukit cantik. Dari bukit inilah Anda bisa melihat keindahan horizon dan gulungan ombak pantai yang cukup tinggi.

Pantai Popoh Jawa Timur
Pantai Popoh Jawa Timur

Pantai Popoh ini pertama kali ditemukan oleh seorang tumenggung (Camat) yang bernama eyang Tumenggung Yudonegoro yang berasal dari Mataram pada tahun 1373. Dahulu di Pantai ini banyak sekali hidup ikan yang oleh penduduk sekitar dinamakan ikan sisirpoh. Nama Pantai Popoh diambil dari nama belakang ikan tersebut.

Pantai ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian timur dan bagian barat. Pada bagian timur memiliki wilayah yang cukup terjal dan berbatu dengan deburan ombak yang cukup besar, sehingga kita tidak dapat berjalan di pesisir pantainya. Namun oleh pengelola kawasan ini telah dipasangi garis pengaman bagi pengunjung yang ingin menikmati susasana alam di tempat ini. Sedangkan pada bagian barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Di sini kita akan melihat banyak perahu-perahu wisata dan perahu nelayan yang ingin melaut.

Pantai Sidem Wisata Tulungagung

Terakhir ada pantai Sidem yang juga harus banget masuk dalam daftar liburan Anda. Pantai Sidem ini letaknya cukup dekat dengan pantai Popoh di Tulungagung. Pantai Sidem terletak tepat di barat Pantai Popoh. Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Besole, Kec. Besuki, Tulungagung. Pantai Sidem memiliki pasir berwarna cokelat. Ombak pantai ini sangat tenang sebagaimana umumnya ombak-ombak pantai teluk.

Pantai Sidem Tulungagung
Pantai Sidem Tulungagung

Demikianlah kumpulan tempat wisata Tulungagung yang wajib masuk daftar liburan Anda. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Temukan informasi tempat wisata lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

0

Kolam Renang Cikini

wisataExpo
3 min read

Pantai Kuta

wisataExpo
4 min read

Bukit Bintang Bogor

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *