Wisata Wonogiri

5 min read

Waduk Gajah Mungkur Tempat Wisata di Wonogiri

Wonogiri terkenal dengan sebutan kota Gaplek. Sebagai salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah, tentu saja Wonogiri memiliki beragam destinasi wisata yang sayang dilewatkan. Salah satu objek wisata Wonogiri yang paling terkenal adalah Waduk Gajah Mungkur. Masih banyak potensi tempat wisata di Wonogiri yang patut di jelajahi. Kabupaten Wonogiri diapit oleh dua provinsi yaitu provinsi Yogyakarta dan provinsi Jawa Timur.

Total penduduk di Kabupaten Wonogiri ada sekitar 1,5 juta jiwa dengan mempunyai luas wilayah 1.822,37 km persegi. Wonogiri menyuguhkan wisata pegunungan yang indah dan menakjubkan, selain itu wonogiri juga terdapat objek wisata pantai, Goa dan wisata waduk. Mari kita kupas lebih dalam lagi tentang tempat wisata di Wonogiri yang menarik untuk dikunjungi.

8 Destinasi Wisata Wonogiri Yang Banyak Dikunjungi

1. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur telah menjadi ikon dari wisata di Wonogiri. Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Wonogiri tanpa mengunjungi waduk ini. Waduk Gajah Mungkur letaknya sangat strategis yaitu hanya berjarak 3 km dari kota Wonogiri. Waduk ini merupakan waduk buatan yang dibangun pada era Pemerintahan Presiden Soeharto yang bertujuan untuk mendukung sistem pertanian. Waduk Gajah Mungkur mulai dibangun sekitar 8 tahun lamanya, dimulai pada tahun 1970 dan selesai pada tahun 1978.

"Waduk

Dengan luas sekitar 8800 hektar, Waduk Gajah Mungkur mampu mengairi ribuan hektar sawah mulai dari Kabupaten Sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten. Saat ini Waduk Gajah Mungkur dijadikan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun luar kota. Disini wisatawan dapat menikmati panorama waduk yang indah dengan menikmati hembusan angin waduk yang segar serta kita dapat menikmati hasil ikan waduk yang sangat lezat.

2. Wisata Wonogiri Pantai Nampu

Tempat Wisata Pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri ini menyuguhkan keindahan alamnya dengan pasir putih serta batu karang yang sangat indah. Wisata Wonogiri yang satu ini masih dibilang asri karena belum banyak terjamah oleh pengunjung karena letaknya yang jauh dari perkotaan. Di pantai nampu kita akan merasakan hirupan udara yang segar dan bersih membuat perasaan menjadi relax sehingga sangat cocok untuk dijadikan treatment melepas penat dan jenuh dengan rutinitas sehari-hari.

"<yoastmark

Pantai Nampu ini terletak di kecamatan paranggupito kabupaten Wonogiri, untuk menuju kesana kita dapat mengendarai bus umum dari kota solo ke arah kecamatan Paranggupito. Untuk tiket masuknya disini sangatlah murah Cuma sebesar Rp. 2000. Jadi kalau mau basah-basahan di pantai ini jangan lupa bawa baju ganti.

Fasilitas Wisata Pantai Nampu Wonogiri

  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Toilet

3. Pantai Banyutowo

Wisata wonogiri yang satu ini lokasinya bersebelahan dengan pantai Nampu yang berlokasi di kecamatan yang sama Paranggupito. Tapi lebih tepatnya di desa Gudangharjo. Pantai Banyutowo ini memiliki arti “air tawar” maksudnya disini adalah di pantai Banyutowo tersebut terdapat air tawar yang berasal dari beberapa sungai yang berada di sekitar pantai tersebut. Di pantai Banyutowo ini juga menyuguhkan keindahan batu karang yang indah serta panorama pemandangan yang memukau sehingga sayang sekali bila destinasi ini terlewatkan.

Destinasi Wisata Pantai Banyutowo
Destinasi Wisata Pantai Banyutowo
Keistimewaan Pantai Banyutowo
Keistimewaan Pantai Banyutowo yaitu memiliki air yang rasanya tidak asin. Hal ini karena Pantai Banyutowo merupakan tempat pertemuan antara air sungai dan air laut. Air tawar tersebut bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di tepi pantai.

Baca Juga : Bukit Bintang Bogor Wisata Dengan Panorama Memukau

4. Pantai Sembukan Wonogiri

Selain terdapat pantai Nampu dan Pantai Banyutowo di wisata Wonogiri ini Pantai Sembukan juga masih termasuk rentetan Pantai yang terletak di kecamatan Paranggupito. Pantai ini selain memiliki panorama pemandangan yang indah, ternyata pantai ini juga dijadikan sebagai tempat untuk bermeditasi dan ngalap berkah bagi penduduk sekitar pantai. Ini merupakan tradisi kepercayaan masyarakat setempat, selain itu di waktu tertentu di lokasi pantai Sembukan ini juga diadakan upacara larung dan acara wayangan sebagai wujud rasa syukur kepada sang Pencipta. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, pantai Sembukan juga dijadikan lokasi untuk memancing ikan yang mengasyikkan karena ikan di pantai ini sangat banyak dan segar.

Pantai Sembukan Kota Wonogiri
Pantai Sembukan Kota Wonogiri

Mitos yang beredar di masyarakat sekitar yaitu bahwa pantai Sembukan ini merupakan gerbang Nyi Roro Kidul menuju ke Keraton Surakarta. Mengingat di waktu-waktu tertentu memang dilakukan upacara khusus di pantai Sembukan ini. Beberapa pemancing yang juga kerap melihat penampakan ganjil di pantai Sembukan. Namun tentu mitos ini tak perlu Anda jadikan salah satu alasan untuk tidak berkunjung ke pantai Sembukan. Jika Anda tetap berhati-hati dan berdoa tentu Anda tidak akan mendapatkan hal buruk.

Baca Juga : Hunting Foto Terbaik di Taman Cempaka Bandung

5. Wisata Wonogiri Spiritual Kahyangan

Wisata Wonogiri ini biasanya digunakan masyarakat setempat untuk nenepi dan ritual tirakat. Di dalam adat Jawa tirakat ini biasanya dilakukan untuk dapat meraih suatu tujuan tertentu. Wisata spiritual Kahyangan ini terdapat di Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Menurut warga sekitar, Kahyangan adalah tempat dimana pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo melakukan tirakat. Di Dalam ritual meditasi itu beliau dapat berkomunikasi dengan Ratu kidul dan melakukan suatu perjanjian untuk membangun sebuah kerajaan Mataram. Di dalam sejarah pun juga di nyatakan bahwa kerajaan Mataram akhirnya dapat menguasai tanah Jawa dan menjadi salah satu kerajaan yang disegani di Nusantara.

"Tempat

Fasilitas Yang Tersedia Di Wisata Wonogiri Spiritual Kahyangan Wonogiri

  1. Mushola
  2. Penginapan
  3. Toilet
  4. Area Parkir
  5. Tempat Makan

Kahyangan sendiri memiliki enam bagian kawasan yang dikenal sebagai Sela Betek, Sela Gapit/Penangkep, Sela Payung, Sela Gilang/Pesalatan, Sela Gawok dan Pemandian Kahyangan yang tidak lain merupakan pertemuan dua arus sungai yang dikenal dengan nama Kedung. Katanya setiap bagian dari Kahyangan memiliki ceritanya masing-masing. Tempat-tempat ini pun dikenal sebagai tempat meditasi guna mencapai tujuan tertentu seperti mendapatkan suatu pekerjaan tertentu hingga menjadi pemimpin dan yang lainnya.

6. Wisata Goa Putri Kencana Wonogiri

Goa Putri Kencana merupakan destinasi wisata Wonogiri yang sedikit unik. Goa dengan luas sekitar 1000 meter persegi ini memiliki pemandangan yang sangat menawan yaitu berupa stalagtid dan stalagmid di sepanjang Goa. Lekukan alami di dalamnya juga menambah eksotis Goa Putri Kencana. Goa ini terdapat di desa Wonodadi di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak 4o km dari pusat kota Wonogiri.

"Gua

Asal usul nama Goa Putri Kencana yaitu berasal dari pemuka desa pada jaman dahulu. Beliau menyebutkan bahwa di Gunung daerah Goa Putri Kencana ini tinggal seorang wanita cantik yang mengenalkan dirinya dengan nama Putri Kencana. Sejak saat itu goa ini diberi nama Goa Putri Kencana.

7. Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia ini merupakan wisata Wonogiri yang berada di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak sekitar 38 km dari pusat kota wonogiri yaitu ke arah selatan. Arti dari karst berdasarkan wikipedia adalah sebuah bentuk permukaan bumi pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan goa. Daerah ini terbentuk oleh pelarutan batuan dan kebanyakan batu gamping. Karst yang berupa pegunungan kapur ini membentang dari ujung kabupaten Gunungkidul, kabupaten Wonogiri, dan kabupaten Pacitan. Museum ini dibangun dengan tujuan menyediakan informasi tentang kawasan Karst kepada semua pihak untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan dan wisata tetapi yang bersifat edukatif, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

8. Wisata Sendang Asri

Sendang Asri ini menjadi wahana liburan yang menarik untuk dikunjungi dalam destinasi berikutnya. Lokasi objek wisata ini terletak di jalan raya Wonogiri, desa sendang Kecamatan wonogiri Kabupaten wonogiri. Untuk Lokasi yang lebih tepatnya yaitu terletak di tepian waduk gajah mungkur, dan sendang asri ini sudah lama menjadi tempat wisata keluarga di kota wonogiri.

"Sendang

Disini terdapat banyak sekali wahana dan fasilitas yang disediakan, diantaranya ada taman satwa langka, kolam renang, kereta kelinci disamping itu juga terdapat arena water boom. Water boom disini memiliki macam permainan air seperti ember tumpah, terus terdapat seluncuran yang berkelok kelok yang mengasyikkan, terus juga terdapat lazy river. Selain wahana permainan air Sendang asri ini juga menyediakan fasilitas kuliner yang semua menunya ikan segar yang diambil dari waduk. Ada ikan nila, gurami, udang, lele semua penyajiannya hanya ada dua pilihan yaitu dibakar atau digoreng. Yang banyak varian disini adalah sambalnya ada beberapa macam olahan sambal tinggal pilih sesuai selera kita.

Sangat banyak sekali bukan tempat wisata di Wonogiri ini yang menarik untuk dapat kita kunjungi. Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di Wonogiri yang belum kita kunjungi. Mari kita eksplor lebih banyak lagi wisata Wonogiri. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Kebun Teh Kemuning

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *