Tips Liburan Bersama Keluarga Agar Penuh Warna

4 min read

Tips Liburan Bersama Keluarga

Kali ini wisataExpo akan berbagi tips liburan bersama keluarga. Liburan bersama keluarga menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, terlebih lagi jika kedua orang tuanya merupakan pekerja kantoran yang tidak bisa setiap saat selalu bersama. Selain untuk menjaga hubungan kedekatan antar anggota keluarga, liburan sekeluarga juga mempunyai banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak.

Tips Liburan Bersama Keluarga
Tips Liburan Bersama Keluarga

Liburan bersama keluarga tentulah sangat berbeda dengan liburan sendiri ataupun liburan dengan rekan kerja. Banyak persiapaan yang diperlukan agar tidak menimbulkan masalah saat berlibur. Yang paling utama tentu adalah persiapan untuk anak-anak. Apalagi ketika terdapat balita ataupun anak dibawah usia 10 tahun. Sudah barang tentu memerlukan perhatian khusus, mulai dari keperluan yang dibawa maupun tujuan tempat wisatanya.

Untuk itulah liburan keluarga memerlukan persiapan yang matang jauh-jauh hari. Selain dari sisi transportasi maupun penginapan, kesepakatan tempat wisata juga perlu dibicarakan lebih dulu agar semuanya sepakat dan tidak ada yang berat hati ketika sudah waktunya berlibur.

Berikut tips liburan bersama keluarga agar menyenangkan dan penuh warna :

Pertimbangkan Menggunakan Jasa Travel yang Terpercaya

Memang dari sisi biaya akan lebih besar, namun Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan lebih nyaman. Karena tidak perlu repot-repot memikirkan segala keperluan penginapan maupun akomodasi. Semua sudah dipersiapkan dengan rapi oleh agent Travel pilihan. Pastikan Anda menggunakan jasa travel yang terpercaya serta sudah memiliki jam terbang yang tinggi.

Baca Juga : Tips Wisata Murah dan Menyenangkan

Ajarkan Anak untuk lebih ekspresif

Biarkan anak Anda untuk berkreasi ketika berlibur. Hal tersebut dapat membantu saraf motorik maupun kreativitasnya menjadi berkembang lebih baik. Tidak ada salahnya juga memberikan kesempatan kepada anak untuk menentukan tempat wisata atau sekedar memberikan masukan mengenai jenis liburannya (bisa pantai, gunung, pertanian dll). Yang terpenting adalah Anda tetap yang menentukan apakah tempat wisata tersebut sesuai dengan umur maupun keamanan keluarga.

Mengajarkan Anak Agar Ekspresif
Mengajarkan Anak Agar Ekspresif

Jangan khawatir untuk mengajak anak berkotor ria, karena itu adalah salah satu pengalaman yang tak ternilai. Mungkin awalnya anak Anda akan sedikit kaget dengan suasana liburan tersebut, namun hal tersebut berguna untuk mengajarkan tentang beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dengan kesehariannya. Saya yakin ketika anak diberikan kebebasan ber-eksplorasi, imajinasinya akan semakin terasah. Namun jangan lupa untuk tetap selalu mengawasi segala kegiatan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Ketika Menikmati Wisata Pulau Pari

Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan Saja

Pastikan untuk tidak membawa semua perlengkapan yang tidak terlalu perlu. Selain lebih efisien, juga mengajarkan kita untuk dapat memanfaatkan barang yang ada. Yang sering terjadi adalah membawa barang yang hampir memenuhi bagasi kendaraan, namun ketika sampai di tempat wisata yang terpakai hanya beberapa saja. Tentu saja hal tersebut sangatlah merugikan baik dari sisi waktu maupun efisiensi.

Tips Liburan Bersama Keluarga – Perhatikan Cuaca

Tips liburan bersama keluarga berikutnya adalah dengan memperhatikan cuaca atau musim pada tujuan tempat wisata. Hal ini sangat penting agar liburan bisa lebih tepat sasaran. Misalnya cuaca/musim penghujan, jangan memilih tempat wisata outdoor, pilihlah tempat wisata yang indoor agar segala kegiatan liburan tidak terkendala cuaca dan menjadi lebih maksimal.

Hindari lokasi wisata ekstrem

Jika ingin liburan bersama keluarga berjalan nyaman dan aman, hindari memilih lokasi wisata yang ekstrem. Hal tersebut penting karena belum tentu semua anggota keluarga dapat beradaptasi dengan suasana yang ekstrem. Jadikan keselamatan dan kenyamaan prioritas utama saat berlibur.

Hindari Lokasi Wisata Ekstrem
Hindari Lokasi Wisata Ekstrem

Sediakan bagasi kosong untuk menampung Oleh-oleh

Tips liburan bersama keluarga berikutnya berkaitan dengan oleh-oleh. Liburan tidak akan terlepas dengan yang namanya oleh-oleh. Sudah menjadi hal yang tak terbantahkan bahwa setiap tempat wisata memiliki oleh-oleh khas yang tidak dapat dijumpai di tempat lainnya. Oleh karena itu siapkanlah bagasi kosong/tas kosong khusus untuk tempat oleh-oleh. Kebanyakan wisatawan akan kebingungan ketika akan pulang karena barang bawaan menjadi lebih banyak. Oleh sebab itu lebih baik kita sediakan tempat khusus untuk oleh-oleh ketika selesai berlibur.

Pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi badan yang prima

Liburan sudah pasti akan menguras energi kita. Karena mayoritas aktifitas akan banyak dilakukan diluar sehingga membutuhkan stamina yang prima. Jangan sampai ketika sudah waktunya berlibur justru kondisi badan lagi kurang fit, tentu saja hal tersebut dapat mengganggu agenda liburan atau malah yang lebih parah adalah gagalnya liburan bersama keluarga. Jangan lupa juga untuk persiapan selalu membawa vitamin, obat-obatan serta perlengkapan kesehatan untuk pertolongan pertama.

Hindari liburan dengan tema monoton – Tips Liburan Bersama Keluarga

Banyak orang tua yang masih belum mengerti keinginan anak. Mereka akan mengajak rekreasi ke tempat yang mainstream seperti puncak, taman rekreasi, taman safari, wahana bermain, dsb. Hal tersebut dilakukan karena tidak memiliki pilihan lain serta karena hanya memiliki waktu terbatas yakni weekend saja. Untuk itu diperlukan tambahan cuti bagi orang tua yang kesehariannya bekerja kantoran agar dapat menikmati liburan lebih leluasa.

Carilah tempat wisata yang berbeda-beda, gali potensi anak serta ketertarikan anak terhadap dunia luar. Hal tersebut sekaligus mengajarkan anak agar berani keluar dari zona nyaman. Biarkan anak-anak bereksplorasi dengan alam sekitar, jauhkan sementara gadget dari pikiran mereka.

Pilih lokasi wisata yang mudah dijangkau transportasi

Jika Anda adalah pasangan muda yang belum memiliki buah hati, tips diatas dapat diabaikan. Namun apabila Anda sudah memiliki anak bahkan masih berusia balita, pastikan lokasi wisata tujuan mudah dijangkau dari segi transportasi. Karena yang namanya anak kecil, pasti memerlukan perlengkapan yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa, selain itu daya tahan anak kecil masih belum terlalu kuat. Apabila tujuan tempat wisata susah dijangkau, yang didapatkan justru hanya rasa capek dan membuat liburan keluarga menjadi tidak nyaman.

Pilih penginapan yang sesuai dengan budget

Jangan terlalu fokus pada hotel untuk bermalam. Memang yang paling simple dan nyaman adalah hotel, namun itu akan membuat kantong lebih boros. Banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih, mulai dari villa, homestay maupun apartemen. Pastikan penginapannya memiliki ruang tengah yang cukup besar untuk sekedar berkumpul bersama keluarga. Tujuan utama dari liburan bersama keluarga adalah kebersamaan, bukan kemewahan.

Pilih Penginapan yang Sesuai dengan Budget - Tips Liburan Bersama Keluarga
Pilih Penginapan yang Sesuai dengan Budget

Tips Liburan Bersama Keluarga – Jeli Mencari Tiket Promo

Jika rencana liburan akan menggunakan transportasi umum, pastikan Anda mendapatkan tiketnya jauh-jauh hari agar harganya bersahabat. Selain itu Anda juga harus jeli dalam mencari tiket promo agar bisa lebih berhemat. Kita tentu tidak mau rencana liburan bersama keluarga gagal hanya karena tidak mendapatkan tiket transportasi.

Itulah beberapa tips liburan bersama keluarga agar penuh warna yang dapat Anda terapkan. Biasanya gaya berlibur setiap keluarga berbeda-beda, namun tips diatas sudah dipilih yang sifatnya general. Semoga dengan mengikuti tips tersebut, Anda dapat menikmati waktu yang berkualitas bersama orang-orang tersayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *