Wisata Coban Rais

3 min read

Batu Flower Garden Coban Rais Malang

Kota Batu memiliki banyak wisata Air Terjun yang indah dan mengagumkan. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah air terjun Coban Rais. Objek wisata air terjun ini dulunya bernama Coban Sabrangan. Dinamakan Sabrangan karena jika ingin menuju ke lokasi tersebut harus menyeberangi belasan sungai. Sama seperti coban lain pada umumnya, wisata ini terletak pada pegunungan tepatnya di Gunung Panderman dengan ketinggian 1025 mdpl. Air terjun coban Rais Batu memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan tingkat kecuraman mencapai 90 derajat. Kawasan wisata Batu ini merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi dari sekian banyak coban lainnya seperti Coban Nirwana, Coban Pelangi, Coban Rondo dan lain sebagainya.

Wisata Coban Rais Malang berbeda dengan destinasi wisata alam lain di Kota Batu. Di coban Rais terdapat beberapa wahana serta spot yang keren khusus untuk memanjakan pengunjung. Salah satu kawasan wisata Batu ini tidak hanya mengandalkan pemandangan wisata air terjunnya saja. Tetapi juga menyediakan berbagai spot instagenik yang kekinian di Bukit Bulu dan Batu Flower Garden.

Aneka Spot Foto di Wisata Coban Rais Batu Malang

The Hobbiton Bukit Bulu

Ketika sudah berada di Coban Rais, tentunya kurang afdol kalau tidak sekalian mampir ke Bukit Bulu yang memiliki beragam spot-spot kece untuk selfie. Yang lagi hits saat ini adalah Rumah Hobbit. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk bergaya dan berpose di depan kamera.

Rumah Hobbit Wisata Coban Rais Batu
Rumah Hobbit Wisata Coban Rais Batu

Lokasi rumah Hobbit ini berada di lereng Bukit Bulu. Sehingga memiliki tingkat kemiringan yang cukup tajam yang menambah keseruan dalam berwisata. Ditambah lagi stuktur tanah disekitar tempat ini cukup lembut yang membuat pijakan kaki menjadi sedikit berbeda dibandingkan dengan tempat lain. Jadi diharapkan Anda untuk selalu berhati-hati agar tidak jatuh.

Batu Flower Garden Coban Rais

Batu Flower Garden merupakan salah satu spot yang wajib dikunjungi apabila berada di sekitaran Coban Rais Malang. Terdapat berbagai jenis tanaman dan bunga yang dibentuk serta disusun dengan rapi. Batu Flower Garden merupakan sebuah bukit yang dirancang sedemikian rupa agar terlihat sangat cantik dan instagenic.

Batu Flower Garden Malang
Batu Flower Garden Malang

Untuk saat ini, Batu Flower Garden hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua. Selain tempat dan jalurnya yang rumit serta sempit, para wisatawan pun juga sangat disarankan untuk menempuhnya dengan berjalan kaki agar bisa sampai ke Batu Flower Garden ini.

Gardu Pandang Coban Rais Batu

Masih berada di kawasan Coban Rais Batu, terdapat wisata Gardu Pandang yang bisa dinikmati untuk melihat pemandangan alam kota Batu. Pada umumnya wisatawan akan langsung menuju Gardu Pandang yang paling populer yang berbentuk tulisan “I LOVE U”. Karena dititik inilah merupakan spot yang sempurna untuk berswafoto ria.

Gardu Pandang Wisata Malang
Gardu Pandang Wisata Malang

Gardu pandang di Bukit Bulu tidak hanya satu saja, jadi jika Anda tak sabar mengantri, langsung saja pilih gardu pandang yang paling sepi. Pemandangan puncak perbukitannya masih sama-sama memukau!

Baca Juga : Serunya Bermain Air Kolam Renang di Tangerang

Sepeda Layang / Gowes Air

Gowes air atau sepeda layang ini merupakan salah satu spot wisata yang ada di Bukit Bulu Batu Flower Garden. Lokasinya masih berada di lingkup coban Rais. Beberapa spot baru disini memang ditujukan untuk membangkitkan lagi kunjungan wisata di Air terjun Rais. Salah satunya dengan spot-spot swafoto yang bikin jatung cenat-cenut ini yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Sepeda Atas Coban Rais
Sepeda Atas Coban Rais

Meskipun terlihat berbahaya, namun pengunjung tak perlu terlalu khawatir. Sebab, sudah ada tali pengait yang menjadi pengaman para pegowes air ini. Akan tetapi, kewaspadaan harus tetap selalu diutamakan walaupun sudah dijamin aman oleh petugas. Wisata ini juga bisa juga sebagai terapi bagi Anda yang trauma dengan ketinggian.

Hammock Camp Coban Rais Malang

Sebenarnya Hammock adalah tempat untuk bersantai melepas lelah setelah mengelilingi area Coban Rais. Tapi pada kenyatannya, Hammock lebih dari sebuah tempat bersantai saja, namun bisa dikatakan sebagai wahana yang juga menguji nyali. Susunan tempat tidur bersusun yang letaknya di tepi jurang dengan kedalaman berkisar antara 50 meter hingga 100 meter.

Hammocking Wisata Coban Rais Batu Malang
Hammocking Wisata Coban Rais Batu Malang

Lokasi dan Rute Menuju Coban Rais

Secara administratif kawasan wisata air terjun ini terletak di dusun Dresel, desa Oro-oro Ombo, kecamatan Batu, kota Batu. Lokasinya memang cukup jauh dari jalan utama. Namun Anda bisa dengan mudah menemukan lokasinya dari Google Map karena sudah ditandai dalam GPS. Apabila berangkat dari kota Batu, menuju lokasi Coban Rais ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Rute yang diambil dimulai dari Kota Batu yaitu ambil arah ke studio Batu TV di desa Oro Oro Ombo hingga mencapai kawasan parkir coban Rais. Bagi yang ingin berwisata ke Air terjun Rais atau Bukit Bulu, harus dipastikan dulu kondisi badan dalam keadaan fit dan menggunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki gunung. Kurang lebih perjalanan tracking memakan waktu sekitar 40 menit.

Baca Juga : Daftar Wisata Jombang Yang Sedang Booming

Bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum bisa berangkat dari terminal Landungsari. Naik angkot berwarna kuning menuju ke kota Batu. Ada beberapa trik yang harus diketahui agar tidak salah jurusan. Di terminal Landungsari terdapat dua angkot yang berwana pink dan kuning. Dimana, warna pink akan mengantar menuju ke terminal batu. Jadi, jangan sampai salah memilih angkot agar tidak perlu oper lagi di terminal Batu.

Saat naik angkot warna kuning, Anda bisa turun di pertigaan tugu oro-oro ombo. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan apabila tidak macet dan angkotnya tidak ngetem. Setelah sampai di pertigaan ini Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Itulah informasi wisata Coban Rais Batu yang sayang untuk Anda lewatkan. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Mengiat Nusa Dua

wisataExpo
3 min read

Paralayang Puncak

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Surabaya

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *