Wisata di Garut

4 min read

Tempat Wisata di Garut Yang Jadi Favorit Wisatawan

Garut terkenal dengan dodolnya yang berada pada salah satu kabupaten Jawa Barat tepatnya antara Bandung dan Tasikmalaya. Tidak hanya dengan ciri khas makanannya, Garut juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar tempat wisata di Garut berupa kawasan wisata alam. Seperti pegunungan, pantai yang berdebur, sungai yang mengalir serta pemandian air panas.

Bagi wisatawan yang berkunjung kesini pasti akan betah berlama-lama menikmati keindahan nuansa sekitar. Selain karena masih terlihat alami, udaranya juga sangat sejuk dan segar.

Daya Tarik Alami Tempat Wisata di Garut Yang Mempesona

Pada kesempatan kali ini yang masih dalam masa pandemi Covid-19, kami mencoba memberikan ulasan seputar kawasan wisata di Garut. Namun apabila Anda ingin berlibur, pastikan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Berikut rekomendasi yang dapat kami sampaikan.

Gunung Papandayan Garut

Gunung ini berada pada Kecamatan Cisurupan, Garut Selatan. Papandayan merupakan gunung api yang banyak terkenal sebagai wisata pegunungan Jawa Barat. Objek wisata Gunung Papandayan Garut menyediakan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi mulai dari Kawah Papandayan, Hutan Mati Papandayan, Tegal Panjang, Tegal Alun, serta Camping Ground Pondok Saladah.

Keindahan Gunung Papandayan Garut
Keindahan Gunung Papandayan Garut

Ketika menggunakan kendaraan umum atau pribadi , Anda dapat turun pada area sekitar Alun-Alun Cisurupan. Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau colt buntung hingga ke area publik Taman Wisata Alam Papandayan. Bagi para pendaki harus berhati-hati karena gunung Papandayan cukup landai dan tidak bersahabat bagi pendaki yang masih awal atau bahkan anak-anak.

Gunung Cikuray

Tempat wisata alam di Garut yang satu ini memiliki tempat tersendiri di kalangan para pendaki gunung atau pecinta alam. Hal ini karena merupakan gunung paling tinggi yang ada pada area Garut, sehingga pasti memiliki daya tarik tersendiri.

Ketinggian puncak gunung 2.818 meter yang selalu berdiri kokoh memperlihatkan keperkasaaanya. Bagi Anda yang hendak melakukan pendakian Gunung Cikuray, ada tiga jalur utama yang dapat kita pilih. Memang trek pendakian gunung Cikuray lebih terjal daripada jalur pendakian Gunung Papandayan.

Dari atas puncak Gunung Cikuray, Anda akan menikmati pemandangan Kota Garut. Ketika cuaca sedang cerah, Anda pun bisa melihat gulungan awan putih yang menggumpal bak samudra. Para pendaki memberi sebutan negeri diatas awan atas hamparan awan putih tersebut.

Gunung Guntur Wisata di Garut

Pesona keindahan Gunung Guntur kawasan wisata Garut tidak kalah dengan Puncak Papandayan atau Cikuray. Keindaahan yang disuguhkan dari atas puncak objek wisata di Garut yang satu ini juga sangat indah. Ketinggian puncak gunung mencapai 2249 meter dpl.

Gunung Guntur memiliki ciri khas berupa kerikil, bebatuan dan pasir yang rentan lonsor. Oleh sebab itulah trek pendakian Gunung Guntur lebih sulit karena tanjakannya lumayan tajam dan melewati jalur berpasir.

Arung Jeram Sungai Cimanuk

Arung Jeram Sungai Cimanuk adalah salah satu objek wisata di Garut yang cocok dikunjungi para pecinta arung jeram atau rafting. Berarung jeram pada Sungai Cimanuk tentunya bisa menjadi kegiatan wisata yang menghibur untuk menghilangkan beban pikiran dari kegiatan sehari-hari.

Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk
Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sebab berlibur pada aliran sungai bersamaan dengan jeram-jeramnya yang deras, adrenalin bisa terpacu saat melakukan rafting menyusuri sungai. Saat mengarungi sungai, Anda bahkan dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan asri.

Tiket masuknya cukup beragam, salah satunya yang sangat murah adalah Rp350.000 per orang dengan minimal peserta sebanyak 25 orang. Tiket tersebut sudah tergabung semua dalam peralatan arung jeram, transportasi menuju lokasi awal, pendampingan oleh instruktur profesional, tim penyelamat berpengalaman, safety equipment, asuransi, P3K, serta satu kali makan siang dan snack.

Terdapat dua rute favorit yang dapat kita pilih untuk menyusuri sungai Cimanuk.

  1. Rute Kampung Padarek Kecamatan Boyongbong
  2. Rute Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul

Curug Sanghyang Taraje Wisata di Garut

Daerah Curug Sanghyang Taraje beralokasi pada Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut. Ketinggian air mengalir mencapai 90 meter. Berdasarkan cerita yang beredar pada masyarakat sekitar, Curug Sanghyang Taraje merupakan daerah yang Sangkuriang gunakan untuk mencapai langit dan mengambil bintang untuk Dayang Sumbi.

Tempat wisata di Garut ini memancarkan pesonanya yang indah sekali dengan adanya dua air terjun yang mengalir yang disebut curug kembar. Pada sekitar kawasan air terjun, Anda akan menikmati dengan keindahan alam yang terdampar hijau dan asri.

Curug Orok

Dalam bahasa garut Orok berarti anak. Curug orok merupakan salah satu objek wisata air terjun yang mudah akses jalannya. Anda bisa menghirup udara yang sejuk dan segar sambil melihat air terjun yang jatuh sangat deras, dengan pesona alamnya yang indah dan sejuk.

Selain menikmati kesegaran udara, Anda juga bisa berendam di bawah air terjun. Tempat wisata Curug Orok beralamatkan pada Desa Cikandang. Pesona alamnya memberikan kesejukan dan kedamaian yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas merupakan sebuah danau kawah yang berlokasi pada Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut. Dalam perjalanan menuju ke Kawah Talaga Bodas, Anda akan melihat pemandangan perbukitan yang begitu mempesona dan memanjakan mata. Sejauh mata memandang, Anda akan terpana dengan tanah berbukit yang memiliki beraneka macam sayuran seperti tomat, kol, dan lain sebagainya.

"<yoastmark

Setibanya pada tempat objek wisata Talaga Bodas, Anda dapat melakukan sejumlah kegiatan seru seperti trekking, hiking, camping, atau merasakan pemandian air panas. Apabila berkunjung pada pagi hari, Anda akan menikmati pemandangan telaga yang penuh dengan kabut. Mirip dengan Kawah Putih yang ada pada daerah Ciwidey Bandung, hanya saja relatif masih asli dan belum terlalu padat oleh wisatawan. Jarak dari pusat Kota Garut menuju ke Kawah Talaga Bodas kurang lebih sekitar 20,6 kilometer.

Kawah Kamojang Wisata di Garut

Masyarakat sekitar Kawah Kamojang mempercayai bahwa kawah tersebut bisa menyebuhkan berbagai macam penyakit. Objek wisata ini beralamat di Kecamatan Samarang, Garut, dan berada di ketinggian 1.730 meter dpl.

Pada umumnya, kawah terbentuk karena adanya letusan dari gunung berapi. Sedangkan proses terbentuknya kawah Kamohang adalah karena bekas pengeboran uap bumi atau lubang-lubang yang mengeluarkan uap panas alami dari dalam tanah. Beberapa kawah tersebut antara lain adalah Kawah Kereta Api, Kawah Hujan, Kawah Manuk, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mengarah ke tempat wisata di Garut yang satu ini, Anda dapat mengikuti rute yang menuju Kecamatan Samarang dan berbelok ke kanan pada pertigaan yang menuju Kamojang – Kampung Sampireun. Dalam perjalanan, Anda dapat mampir ke tempat wisata lain yang juga tidak kalah menarik yaitu Kebun Mawar Situpaha dan Kampung Sampireun karena daerahnya sejalur dengan jalan yang menuju Kawah Kamojang.

Setibanya pada area wisata Kamojang, Anda dapat melihat beberapa kawah yang cukup unik. Untuk masuk ke objek wisata Kawah Kamojang, ada biaya tarif masuk seharga Rp. 7.000 pada hari biasa dan Rp. 9.500 pada hari libur.

Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje bayak memiliki keunikan membuat pengunjungnya tekagum-kagum karena tidak ada pada pantai yang lain. Salah satu keunikanya adalah air ombak pada sekitaran tepi pantai mengalir masuk pada hamparan batu karang yang begitu cepat dan setelah itu kembali kearah pantai. selain itu Pantai Karang Paranje memiliki air yang jernih dan bersih.

Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje

Alasan kenapa harus berkunjung ke pantai Karang Paranje adalah karena belum terlalu terjamah sentuhan pembangunan dan masih jarang wisatawan yang berdatangan. Pantai ini memberikan pesona alam yang asri, bersih, serta suasana yang damai dan tenang. Lebih seru lagi apabila Anda datang pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Pantai Karang Paranje ini adalah tempat yang paling tepat bagi orang yang super sibuk dengan kegiatan sehari-hari untuk melepaskan kejenuhan. Masih banyak lagi deretan pantai cantik dengan pesona alam yang menawan.

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang ini juga tak kalah menariknya dengan pantai lainnya. Alamat pantai ini berada pada daerah Pameungpeuk, sekitar 87 kilometer dari pusat Kota Garut. Untuk menuju ke lokasi, Anda melakukan perjalanan sekitar 3,5 jam dengan menggunakan mobil.

Pantai Sayang Heulang adalah Pantai yang juga jangan sampai terlewatkan kita kunjungi saat berlibur ke Garut. Hamparan pasir pantainya yang bersih dan batu-batu karang yang tersebar seputaran pantai pasti akan membuat betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Sekitaran pantai terdapat banyak pepohonan rindang yang bisa kita gunakan untuk beristirahat sambil menyaksikan deburan ombak dan menikmati angin pantai yang sejuk. Bagi siapa yang suka berselancar, tempat wisata yang satu ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk melakukan olahraga air.

Terus kunjungi wisata expo untuk mendapatkan informasi beberapa tempat wisata terbaru dan terkenal lainnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang sudah kita kunjungi agar selalu terjaga kelestariannya.

Taman Herbal Insani

wisataExpo
4 min read

Pantai Sadranan

wisataExpo
4 min read

Bukit Mas Lampung

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *