Wisata Klaten

4 min read

Wisata Klaten Pilihan Paling Favorit Wisatawan

Klaten adalah sebuah kota atau kabupaten yang masuk pada wilayah administratif Provinsi Jawa Tengah. Klaten memiliki beberapa potensi tersembunyi terkait tempat wisata, mulai dari wisata buatan, wisata alam, wisata religi sampai wisata keluarga. Beberapa tempat wisata Klaten ada yang sudah dikembangkan dan dikelola dengan baik, namun tak jarang juga yang masih dalam tahap pembenahan dari Pemerintah Daerah setempat.

Saat ini berlibur sudah menjadi kebutuhan utama, terlebih lagi untuk kaum milenial yang sudah disibukkan dengan rutinitas kerja setiap hari. Ditambah dengan kemacetan yang menjadi makanan sehari – hari, menjadikan pikiran tegang sehingga perlu liburan agar lebih fresh. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tempat wisata Klaten pilihan wisatawan.

Destinasi Wisata Klaten Paling Populer

Pulau Jawa memang memiliki banyak pilihan untuk berlibur. Pada pembahasan kali ini, kami lebih fokus untuk membahas tempat wisata di Klaten yang memang sedang naik daun. Selain sebagai tempat wisata, wilayah Klaten juga sangat cocok untuk wisata edukasi. Berbagai peninggalan bersejarah serta museum juga tersedia disini.

Kabupaten Klaten berada di sekitar lereng Gunung Merapi. Hingga saat ini gunung Merapi masih dikenal sebagai gunung berapi yang teraktif di Indonesia. Dengan kondisi tersebut, banyak keuntungan dan kekhawatiran yang dihinggapi masyarakat sekitar. Namun masyarakat kabupaten Klaten dapat memanfaatkan keberadaan dari gunung berapi tersebut.

Salah satu yang terlihat adalah banyaknya sumber mata air atau lebih dikenal dengan sebutan umbul yang memiliki air jernih nan segar. Selain digunakan sebagai kebutuhan sehari – hari seperti mandi, mencuci dan pengairan sawah, tidak sedikit pula sumber mata air tersebut dijadikan sebagai destinasi tempat wisata.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita mulai daftar tempat wisata Klaten yang patut dijadikan referensi untuk rencana berlibur berikutnya.

Wisata Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok merupakan satu diantara sumber mata air lain yang berada di kawasan kabupaten Klaten. Pada awalnya tempat wisata sumber mata air Ponggok ini hanyalah tempat pemandian biasa yang hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Saat ini kondisinya sudah berubah drastis, Umbul Ponggok Klaten sudah ditata sedemikian rupa dan dijadikan tempat wisata Klaten yang potensial. Kelebihan utama dari sumber air Klaten ini adalah airnya yang jernih serta terdapat berbagai macam ikan air tawar didalamnya.

Seiring kemajuan teknologi dan semakin trendingnya berbagai sosial media dengan menonjolkan postingan berupa foto, maka Umbul Ponggok juga melakukan inovasi. Tempat wisata di Klaten ini menyediakan spot khusus untuk berfoto dengan konsep yang berbeda. Diantaranya adalah foto dengan motor di dalam air, bermain gitar dalam air hingga foto prewedding.

Candi Prambanan Wisata Klaten

Tempat wisata Klaten berikutnya adalah Candi Prambanan. Secara geografis, Candi Prambanan berada di perbatasan antara kabupaten Klaten dengan Provinsi Yogyakarta. Tempat wisata Candi Prambanan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Candi Prambanan Jawa Tengah
Candi Prambanan Jawa Tengah

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari kerajaan Mataram Kuno, hal tersebut sesuai dengan prasasti Siwagrha.

Secara umum terdapat 8 candi utama yang disebut dengan candi Trimurti atau yang berarti “tiga wujud”. Trimurti tersebut dimaksudkan untuk 3 dewa Hindu tertinggi, yaitu Dewa Brahma Sang Pencipta, Dewa Siwa Sang Pemusnah dan Dewa Wisnu Sang Pemelihara. Dari sini kita juga bisa belajar sejarah maupun ilmu budaya dari agama Hindu.

Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro merupakan sebuah bukit batu karst yang berada diketinggian sekitar 300 mdpl. Wisata Bukit Sidoguro mulai dikenal semenjak pemerintah kabupaten Klaten melakukan revitalisasi ulang dalam kurun waktu 2019 dengan anggaran sekitar 2,8 miliar rupiah.

Bukit Sidoguro Wisata Klaten
Bukit Sidoguro Wisata Klaten

Bukit batu kapur putih berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Klaten. Bukit yang biasa disebut dengan bukit Turis ini memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari terminal induk Kabupaten Klaten.

Tepat di puncak bukit Sidoguro, Anda akan disambut tatanan taman yang unik dan instagramable. Selain itu ada juga beberapa pohon buatan yang menyerupai payung pada Gardens by The Bay Singapura. Disinilah pusat tempat untuk berfoto ria.

Museum Gula Gondang Winangoen Jawa Tengah

Museum Gula Jawa Tengah ini sering dikenal juga dengan nama Museum Gula Klaten. Pada tempat ini terdapat berbagai macam benda bersejarah yang berhubungan dengan industri gula.

Berikut ini beberapa koleksi barang sejarah yang terdapat pada museum Gula Gondang Winangoen.

  1. Lokomotif Pengangkut Tebu Pada Zaman dahulu
  2. Berbagai jenis varian Tebu
  3. Mesin Giling Masa Lampau
  4. Maket Pabrik Gula

Tentu saja untuk menarik minat pengunjung, pihak pengelola menawarkan service lain berupa wisata keluarga lengkap dengan rest area serta beberapa cafe yang unik. Ada beberapa permainan adventure yang menarik serta kolam renang yang cocok bagi putra – putri Anda. Bagi Anda pecinta kopi juga bisa merasakan nikmatnya kopi Banaran Cafe sambil beristirahat sejenak.

Candi Sewu Jawa Tengah

Candi Sewu identik dengan kisah Bandung Bondowoso dalam memenuhi keinginan Roro Jonggrang untuk membuat seribu candi. Kala itu Bandung Bondowoso tidak berhasil memenuhi syarat yang diajukan, kemudian dikutuklah Roro Jonggrang menjadi batu sebagai pelengkap candi yang dibuat.

Candi Sewu Klaten sebenarnya adalah kumpulan dari candi kecil. Mungkin jumlahnya tidak tepat seribu, namun orang Jawa banyak yang mengibaratkan jumlah yang banyak dengan sebutan “sewu”.

Secara tata letak, tempat wisata Candi Sewu bisa dikatakan masih dalam satu komplek dengan candi Prambanan. Sehingga apabila Anda berkunjung ke candi Prambanan, bisa juga mengunjungi candi Sewu. Disini juga disediakan kereta wisata yang siap mengantar berkeliling wilayah Candi.

Riverboarding Kali Pusur

Wisata air sampai saat ini merupakan wisata favorit hampir semua orang. Klaten juga menyediakan wisata air yang menyerupai rafting atau arung jeram. Biasanya wisata air seperti ini dilakukan pada sungai yang memiliki arus deras dan curam.

Wisata River Boarding Kali Pusur
Wisata River Boarding Kali Pusur

Rivertubing atau riverboarding sedikit berbeda dengan rafting. Rivertubing menggunakan media mirip papan seluncur untuk menyusuri sungai Pusur Klaten. Riverboarding KaliPusur Klaten dikelola oleh kelompok bisnis wisata lokal di Klaten yang bernama PASMAJA Riverboarding.

Ziarah Makam Ki Ageng Gribig Jatinom

Pulau Jawa memang menjadi pusat awal mula penyebaran agama Islam. Salah satu ulama yang cukup tersohor dari Klaten adalah Ki Ageng Gribig. Secara silsilah, beliau masih dalam keturunan Prabu Brawijaya dari kerajaan Majapahit. Layaknya penyebaran agama Islam pada masa Walisongo, para ulama berupaya menggabungkan dengan adat budaya masyarakat setempat agar lebih mudah diterima.

Terdapat tradisi unik di sekitar kawasan makam ini, yaitu pembagian kue apem yang dilakukan pada hari jumat, sekitar tanggal 15 bulan Sapar dalam kalender Jawa. Acara tersebut dikenal dengan nama Ya Qowiyu. Acara Ya Qowiyu Jatinom Klaten ini merupakan salah satu agenda wisata Klaten yang unik.

Demikian review wisata Klaten Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak objek wisata menarik lainnya di kabupaten Klaten dan akan kami bahas pada artikel berikutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Museum Geologi Bandung

wisataExpo
3 min read

Tempat Wisata di Batu

wisataExpo
4 min read

Pantai Indrayanti

wisataExpo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *