Pulau Moyo

4 min read

Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

Wisata Indonesia memang sangat melimpah dan beranekaragam. Membicarakan pariwisata di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, khususnya tentang wisata alam. Kali ini kita akan mengupas mengenai objek wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Pulau Sumbawa. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa di sekitaran Sumbawa terdapat banyak sekali pulau-pulau berukuran tidak begitu besar namun memiliki keindahan yang luar biasa. Salah satunya adalah Pulau Moyo.

Pulau Moyo merupakan salah satu pulau yang berada di dalam wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Pantai dengan pasir putih, air yang biru dan suasana yang tenang menjadi daya tarik tersendiri yang sangat menggoda. Bahkan mendiang Putri Diana pernah menghabiskan liburannya dengan mengunjungi pulau Moyo. Meskipun lokasinya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Sumbawa, namun fasilitas wisata yang ada di pulau ini tidak kalah dari tempat lain. Terdapat resort mewah kelas internasional yaitu Amanwana.

Daftar Tempat Wisata Pulau Moyo Sumbawa yang Harus Dikunjungi

  1. Pantai Tanjung Pasir

    Dengan garis pantai yang panjang, Pulau Moyo memiliki banyak pantai yang keindahannya bisa dikatakan setara dengan yang ada di Lombok bahkan Raja Ampat. Hampir semuanya memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Pasir.

    Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo
    Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

    Pantai Tanjung Pasir memiliki hamparan pasir putih yang paling luas di antara pantai yang lain. Air lautnya yang biru dan jernih seolah memanggil-manggil minta didekati. Anda bisa sekedar bermain air di pinggiran pantainya atau mencoba berenang di kedalaman untuk bercengkrama dengan hewan laut dan terumbu karang yang ada di sana.

  2. Pantai Raja Sua Pulau Moyo

    Pantai Raja Sua Pulau Moyo Sumbawa
    Pantai Raja Sua Pulau Moyo Sumbawa

    Dari Pantai Tanjung Pasir Anda bisa melanjutkan wisata menuju ke Pantai Raja Sua. Jaraknya hanya sekitar 20 menit dengan perahu motor. Pantai ini memang tidak terlalu banyak memiliki pasir putih. Area pantainya didominasi oleh hutan dengan padang rumput dan pepohonan tinggi. Namun, kejernihan airnya bagaikan cermin yang memancarkan keindahan biota laut di bawahnya.

    Pantai Raja Sua Pulau Moyo SumbawaPantai Raja Sua merupakan salah satu spot favorit untuk snorkeling maupun menyelam. Di kedalaman, Anda bahkan bisa menemukan White Coral yang biasa digunakan untuk perhiasan sekaligus memiliki khasiat untuk kesehatan. Selain sebagai tempat untuk snorkeling atau diving, disekitar Pantai Raja Sua terdapat hamparan savana yang cukup luas.

  3. Takat Sagele Pulau Moyo

    Takat Sagele sebenarnya adalah sebuah gundukan karang yang terbentuk dari koral, terumbu karang mati dan pasir. Wisata ke Pulau Moyo disarankan ketika musim kemarau, sehingga bisa melihat dengan jelas gundukan karang karena tidak tertutup air. Letaknya pun tidak jauh dari Desa Labuhan Aji, cukup ditempuh selama kurang lebih 20 menit.

    Sunset Takat Sagele Sumbawa
    Sunset Takat Sagele Sumbawa

    Selain menikmati keindahan bawah laut yang mempesona, tempat ini juga merupakan tempat terbaik di Pulau Moyo untuk menikmati sunset. Di sini Anda dapat menikmati kemewahan dalam menyaksikan sunset di tempat yang sepi, tenang dan dikelilingi oleh lautan.

  4. Air Terjun Diwu Mbai

    Air Terjun Diwu Mbai
    Air Terjun Diwu Mbai

    Air terjun Diwu Mbai terletak di desa Brang Rea. Walaupun ukurannya kecil dan dengan ketinggian hanya sekitar 3 meter, namun terdapat sesuatu yang menarik di sini. Karena dikelilingi oleh pepohonan yang berusia tua, maka akar-akar pohonnya yang mejuntai di atas air dapat digunakan untuk bergelantungan sebelum menceburkan diri kedalam aliran air terjun. Air terjun pulau Moyo Diwu Mbai ini sering dianggap sebagai oase ditengah panasnya cuaca pulau Moyo.

    Air Terjun Diwu Mbai Pulau MoyoUntuk menuju ke Air terjun Diwu Mbai, Anda dapat berangkat dari desa Labuan Aji dengan berjalan kaki kurang lebih selama satu jam. Sepanjang perjalanan Anda akan menikmati keindahan alam yang masih asri dan terjaga. Namun bagi Anda yang tidak kuat berjalan kaki, Anda juga dapat menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh masyarakat setempat.

  5. Pantai Poto Jarum

    Pantai Poto Jarum memiliki ciri khas dibanding dengan pantai lain di Pulau Moyo, yaitu bebatuan besar yang mudah Anda temui di sekitar bibir pantainya. Pantai ini merupakan salah satu kawasan yang dilindungi sehingga Anda tidak akan menemukan bangunan di sekitarnya.

    Pantai Poto Jarum di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa
    Pantai Poto Jarum di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa

    Ombaknya yang tenang dengan air berwarna biru toska membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Keindahan alam bawah lautnya juga menjadi tujuan utama siapa pun yang datang kemari. Pantai ini dapat ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan perahu motor nelayan setempat dari Pantai Tanjung Pasir. Atau jika Anda berangkat dari Pantai Kencana, akan memerlukan waktu tempuh sekitar 70 menit.

  6. Air Terjun Mata Jitu

    Air terjun yang terletak di kawasan hutan Pulau Moyo ini sangatlah menawan. Selain airnya yang sangat jernih, suasana alam di sekitarnya juga masih asri, ditambah dengan merdunya kicauan burung. Yang paling mengagumkan ialah adanya stalagmit di sekitarnya, yang tentunya sangat jarang terdapat di air terjun lainnya di Indonesia.

    Air Terjun Mata Jitu Nusa Tenggara Barat
    Air Terjun Mata Jitu Nusa Tenggara Barat

    Di air terjun inilah mendiang Putri Diana Spencer sempat berendam sembari menikmati kesejukan dan keasrian hutan Pulau Moyo. Warga setempat pun menjulukinya dengan sebutan “Queen Waterfall”. Air Terjun Mata Jitu memiliki tujuh kolam yang saling berundak. Bentuknya yang unik ini seolah menggambarkan air terjun yang ada dalam cerita peri negeri dongeng.

    Untuk menuju ke Air Terjun Mata Jitu dapat ditempuh dengan trekking (walaupun juga ada ojek dari desa Labuan Aji). Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi keindahan pemandangan hutan dan perkebunan jambu mete milik masyarakat setempat.

  7. Pantai Ai Manis

    Hampir mirip dengan Pantai Raja Sua, di Pantai Ai Manis Anda akan disuguhkan lanskap hutan tropis di area dekat dengan pantai. Bebatuan di sekitar area pantai juga bisa jadi spot asyik untuk berfoto. Tidak hanya menyajikan keindahan pantai dan panorama bawah lautnya, pantai Ai Manis juga menyajikan keindahan hutan tropis yang terdapat di sekitarnya.

    Pantai Ai Manis Pulau Moyo NTB
    Pantai Ai Manis Pulau Moyo NTB

    Untuk akses menuju pantai ini sendiri terdapat beberapa pilihan. Jika Anda berangkat dari Sumbawa Besar, Anda dapat menggunakan kapal motor dari Pantai Kencana dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit. Sedangkan jika Anda berangkat dari  pantai Tanjung Pasir, Anda dapat menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 20 menit.

Baca Juga : Paralayang Majalengka – Wisata Ekstrim Penguji Adrenalin

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang tempat wisata Pulau Moyo Nusa Tenggara Barat yang layak dimasukkan dalam daftar kunjungan wisata. Semuanya memiliki standard Internasional dan memang dipersiapkan khusus oleh pemerintah untuk menarik wisatawan mancanegara. Semoga dapat memberi inspirasi bagi Anda yang bingung akan menghabiskan waktu liburan dan belum menentukan tujuan wisata. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya diseluruh Indonesia maupun di luar Indonesia dengan terus mengunjungi wisataExpo.

Pantai Mengiat Nusa Dua

wisataExpo
3 min read

Paralayang Puncak

wisataExpo
4 min read

Makanan Khas Surabaya

wisataExpo
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *